Page 7 of 7

Re: Wingloading

Posted: 23 Sep 2011, 08:58
by iwan21
christoffel wrote:
sebagai contoh, coba hitung berapa wing loading quadcopter ? pasti akan besar ....
lalu kenapa bisa terbang pelan sekali atau malah berhenti (hover) ?
==> jangan lupa, prop yg berfungsi sebagai sayap kan sudah berputar dg kecepatan cukup tinggi ...

.



tambah pusing deh kalo sayap putar ikut2 dibahas hiks.... :whoaa

utk sayap putar, bukannya wing area = dish area om?, bukan blade area ?
kalo pake blade area iya pasti kecil dan wingloading gede banget, tapi kalo pake dish area kan jadi kecil wing loadingnya ?
mohon pencerahannya

Re: Wingloading

Posted: 23 Sep 2011, 13:07
by toto
heeemmmmmmmmmm terjawab sudah sebagian berkat umpan lambung om suhu chris kemudian di passing oleh om suhu rodji ............. nah sekarang tinggal menunggu finalisasi pengolahan bolanya menuju gawang ...... :ide

salam

Re: Wingloading

Posted: 23 Sep 2011, 13:10
by christoffel
iwan21 wrote:utk sayap putar, bukannya wing area = dish area om?, bukan blade area ?
kalo pake blade area iya pasti kecil dan wingloading gede banget, tapi kalo pake dish area kan jadi kecil wing loadingnya ?
mohon pencerahannya

sebenarnya tetap pake blade area om, karena bladenya kan yg berfungsi sebagai wing. cuman karena sudah berputar, jadi sudah punya kecepatan, meskipun pesawatnya masih diam.

setelah putaran mencapai rpm tertentu, stall speed nya sudah terlampaui, barulah dianggap sebagai disc, jadi bisa pake disc area. kalau pada gyroplane, ini sekitar 1000rpm (tergantung juga dg blade nya). perhitungan dg disc area ini cuman untuk memudahkan saja, karena pada gyroplane kan rotornya tidak pake power sendiri (seperti glider tanpa motor). ==> tidak bisa diterapkan pada multi copter karena bladenya berputar dengan power sendiri ...
sederhananya begini : gyroplane kan juga punya stall speed yg tidak nol. kalau terbang dibawah stall speed, ya bisa jatuh ... sedangkan multicopter bisa hover saja (speed pesawat = nol) karena airspeed pada sayap nya (blade) sudah diatas stall speed.
ini sebabnya multicopter cenderung pake pitch kecil, diameter besar, blade lebar atau malah 3-blade.
di sini pitch prop jadi seperti AoA pada sayap.
kalau pada gyro plane, pitch blade nya lebih di tujukan untuk menyerap airspeed menjadi putaran blade, bukan untuk sudut serang (AoA), jadi boleh dianggap AoA nya nol. (blade tidak meniupkan angin ke bawah, ini terjadi karena blade tidak pake power dari motor).

mudah2an bisa diterima ... dan bolanya bisa masuk gawang, (mumpung kipernya lagi makan siang ...) :) :)

Re: Wingloading

Posted: 23 Sep 2011, 13:15
by toto
om suhu christoffel nih tahu aja kalau penonton menyimak sambil makan tapi menunya saya enggak ada yang namanya siang adanya yang dimakan ya nasi+rendang+telur+cabe ijo suhu dan makannya di siang hari ............... :wek

terima kasih suhu penonto puas sampai piring hampir mental nih gara2 mau tepok tangan ............ :ok


salam