Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Diskusi dan pengenalan dasar dasar pesawat rc untuk pemula

Moderators: toto, Susilo

Post Reply
User avatar
abiazfa69
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 378
Joined: 03 Jun 2009, 12:00
Location: Banyuwangi
Contact:

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by abiazfa69 »

iwan21 wrote:kalo diatas dikit gitu rasanya cukup

tadi pagi di test maiden.... hasilnya ... hidung maunya nunduk terus bisa di cover pake elevator..
tapi mesti bank ke kanan... apa mungkin karena kurang side thrust ya suhu... soal nya ini belum pake sidethrust.....
Mohon pecerahan dari suhu2 sekalian :thx :thx
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by christoffel »

mas abiazfa69 ...
dicoba aja mas, begini ...
- pesawat ditrim hingga terbang level dg separuh throtle.
- throtle di buka max, perhatikan pesawatnya, apakah naik atau menukik. kalau naik artinya kurang downthrust. kalau turun artinya kebanyakan down thrust.

untuk right thrust, nyobanya waktu take off. full throtle kemudian di-up. kalau naiknya cenderung kekiri artinya kurang right thrust. dan sebaliknya ...
User avatar
abiazfa69
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 378
Joined: 03 Jun 2009, 12:00
Location: Banyuwangi
Contact:

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by abiazfa69 »

Om Chris Trims jawaban nya
ini gambar pesawat saya

Image

pesw belum bisa terbang tinggi buat ngetrim begitu hanlaunch cenderung nunduk dan bank ke kanan jadi mesti mainin ruder ama elevator biar bertahan di udara dan berakhir jatuh karena oleng terus.. :whoaa :whoaa :whoaa

sempat test sblm HL full throt narik nya aga kebawah memang :pyg :pyg :pyg :pyg
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by christoffel »

ok. berarti terlalu banya downthrust. kalo lihat posisi motornya, lebih cenderung dibelakang dari pada diatas CG. jadi untuk ngurangin down thrust motornya malah harus radha ngangkat keatas (dilihat dari depan).

perlu diingat : downthrust dan right thrust hanya untuk mengkoreksi gangguan kestabilan yg di timbulkan oleh motor+propeller (thrust) saja. jadi pesawat sudah harus mampu terbang stabil pada saat glide tanpa motor hidup.
Last edited by christoffel on 07 Aug 2011, 13:27, edited 1 time in total.
User avatar
abiazfa69
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 378
Joined: 03 Jun 2009, 12:00
Location: Banyuwangi
Contact:

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by abiazfa69 »

makasih Om Chris.. sya coba betulin dudukan motor nya :thx
User avatar
threadsetter
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 72
Joined: 22 Dec 2007, 15:28
Location: Dumai - Riau

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by threadsetter »

salam kenal buat rekan2 dimari :thx

sebelumnya ane juga rada heran dengan posisi motor di pes wing tiger ane..

ane coba lurusin kedudukan motornya.. tapi setelah nanya2 dan baca dimari, langsung ane kembalikan ke posisi semula :bow:

untung belum sempat terbang :-"
User avatar
Adilgun
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 314
Joined: 18 Oct 2010, 11:12
Location: Purwakarta

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by Adilgun »

christoffel wrote:mas abiazfa69 ...
dicoba aja mas, begini ...
- pesawat ditrim hingga terbang level dg separuh throtle.
- throtle di buka max, perhatikan pesawatnya, apakah naik atau menukik. kalau naik artinya kurang downthrust. kalau turun artinya kebanyakan down thrust.

untuk right thrust, nyobanya waktu take off. full throtle kemudian di-up. kalau naiknya cenderung kekiri artinya kurang right thrust. dan sebaliknya ...


suhu chris, mo tanya..
pesawat saya piper j homemade....ketika takeoff melintir ke kekiri, brarti kurang right thrust ya...?

terimakasih
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by christoffel »

biasanya begitu om.
right thrust itu hanya untuk kompensasi momen puntir motor/engine saja.
jadi kalau motor/engine di matikan/idle, pesawat harus bisa terbang lurus.
kalau ini sudah oke, baru utak atik right thrust / down thrust ...
kalau pada posisi motor/engine mati/idle pesawat tidak bisa lurus, berarti yg salah bukan right thrust nya tapi memang pesawatnya belum oke ...
User avatar
DIMAS
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 512
Joined: 28 Dec 2008, 19:50
Location: Ciputat

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by DIMAS »

Nambahin dikit om,
Mungkin ini bisa untuk pertimbangan juga, di halaman 3
viewtopic.php?f=210&t=8588&start=0

Salam...
User avatar
Adilgun
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 314
Joined: 18 Oct 2010, 11:12
Location: Purwakarta

Re: Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by Adilgun »

om kalo propelernya yang kontra rotating ngaruh gak ke right trust?
Post Reply