tadi pagi di test maiden.... hasilnya ... hidung maunya nunduk terus bisa di cover pake elevator.. tapi mesti bank ke kanan... apa mungkin karena kurang side thrust ya suhu... soal nya ini belum pake sidethrust..... Mohon pecerahan dari suhu2 sekalian
mas abiazfa69 ... dicoba aja mas, begini ... - pesawat ditrim hingga terbang level dg separuh throtle. - throtle di buka max, perhatikan pesawatnya, apakah naik atau menukik. kalau naik artinya kurang downthrust. kalau turun artinya kebanyakan down thrust.
untuk right thrust, nyobanya waktu take off. full throtle kemudian di-up. kalau naiknya cenderung kekiri artinya kurang right thrust. dan sebaliknya ...
Om Chris Trims jawaban nya ini gambar pesawat saya
pesw belum bisa terbang tinggi buat ngetrim begitu hanlaunch cenderung nunduk dan bank ke kanan jadi mesti mainin ruder ama elevator biar bertahan di udara dan berakhir jatuh karena oleng terus..
sempat test sblm HL full throt narik nya aga kebawah memang
ok. berarti terlalu banya downthrust. kalo lihat posisi motornya, lebih cenderung dibelakang dari pada diatas CG. jadi untuk ngurangin down thrust motornya malah harus radha ngangkat keatas (dilihat dari depan).
perlu diingat : downthrust dan right thrust hanya untuk mengkoreksi gangguan kestabilan yg di timbulkan oleh motor+propeller (thrust) saja. jadi pesawat sudah harus mampu terbang stabil pada saat glide tanpa motor hidup.
Last edited by christoffel on 07 Aug 2011, 13:27, edited 1 time in total.
christoffel wrote:mas abiazfa69 ... dicoba aja mas, begini ... - pesawat ditrim hingga terbang level dg separuh throtle. - throtle di buka max, perhatikan pesawatnya, apakah naik atau menukik. kalau naik artinya kurang downthrust. kalau turun artinya kebanyakan down thrust.
untuk right thrust, nyobanya waktu take off. full throtle kemudian di-up. kalau naiknya cenderung kekiri artinya kurang right thrust. dan sebaliknya ...
suhu chris, mo tanya.. pesawat saya piper j homemade....ketika takeoff melintir ke kekiri, brarti kurang right thrust ya...?
biasanya begitu om. right thrust itu hanya untuk kompensasi momen puntir motor/engine saja. jadi kalau motor/engine di matikan/idle, pesawat harus bisa terbang lurus. kalau ini sudah oke, baru utak atik right thrust / down thrust ... kalau pada posisi motor/engine mati/idle pesawat tidak bisa lurus, berarti yg salah bukan right thrust nya tapi memang pesawatnya belum oke ...