Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
- Ratno
- Senior Airman
- Posts: 105
- Joined: 18 Jan 2007, 18:31
- Location: Bekasi - utara
Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST
Bapak2 yg budiman ... kasih tahu dong pak .. hal-hal yg mungkin terjadi terkait dg pemasangan engine .
misl: down thrust / right thrust / centre line. dll. dan juga kenapa hrus demikian . serta apa yg menjadi pedoman terima kasih .... bapak2 yg baik
misl: down thrust / right thrust / centre line. dll. dan juga kenapa hrus demikian . serta apa yg menjadi pedoman terima kasih .... bapak2 yg baik
- Redblur
- Captain
- Posts: 1654
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
- andre77
- Technical Sergeant
- Posts: 376
- Joined: 17 Jan 2007, 14:38
- Location: BANJARMASIN
- Contact:
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
1. down thrust utk kompensasi nose agar saat throttle dinaikan nose enggak ikut2 naik juga dg akibat pesawat akan membumbung , umumnya antara 2-4 derajat ke bawah dari center line body.
2. Right thrust utk kompensasi torsi motor/engine agar tidak roll berlawanan arah dg arah putaran motor/engine, juga umunya antara 2 - 4 derajat ke kanan terhadap center line body dilihat dari belakang/atas
Kedua2nya berfungsi menjaga pesawat tetep terbang lurus baik pada throttle kecil maupun gede.
2. Right thrust utk kompensasi torsi motor/engine agar tidak roll berlawanan arah dg arah putaran motor/engine, juga umunya antara 2 - 4 derajat ke kanan terhadap center line body dilihat dari belakang/atas
Kedua2nya berfungsi menjaga pesawat tetep terbang lurus baik pada throttle kecil maupun gede.
- Mukti
- Airman
- Posts: 46
- Joined: 19 Jan 2007, 13:17
- Location: Bekasi
Bagaimana cara mengukurnya yang mudah ? Pakai busur derajat atau bagaimana ?iwan21 wrote:1. down thrust utk kompensasi nose agar saat throttle dinaikan nose enggak ikut2 naik juga dg akibat pesawat akan membumbung , umumnya antara 2-4 derajat ke bawah dari center line body.
2. Right thrust utk kompensasi torsi motor/engine agar tidak roll berlawanan arah dg arah putaran motor/engine, juga umunya antara 2 - 4 derajat ke kanan terhadap center line body dilihat dari belakang/atas
Kedua2nya berfungsi menjaga pesawat tetep terbang lurus baik pada throttle kecil maupun gede.
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Ada alatnya pak , namanya Multipurpose angle square,gabungan penggaris dan busur derajat, tapi bisa digeser2, saya beli di Okedoku cuman 5rb perak
Coba klik link dibawah, om Joko tampilin gambarnya tuh :
http://gaero.info/forum/viewtopic.php?p ... ight=#7905
Coba klik link dibawah, om Joko tampilin gambarnya tuh :
http://gaero.info/forum/viewtopic.php?p ... ight=#7905
- Redblur
- Captain
- Posts: 1654
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- Abi Ghiffa
- Senior Master Sergeant
- Posts: 646
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
Jadi kalo saya lihat pesawat dari atas,..
Nah tolong digambarin ke arah mana nich ujung as motornya mengarah ???
Ke Kiri 2 -4 derajat ?
trus ke bawah 2-4 derajat juga ?
Biar yang lain jelas juga,..soalnya saya sempet salah persepsi tentang Right Trust ini,..saya malah anggap nggak begitu important
Suhu Rodji : Iya mau saya bikin 3D WD nya
thanks

Nah tolong digambarin ke arah mana nich ujung as motornya mengarah ???
Ke Kiri 2 -4 derajat ?
trus ke bawah 2-4 derajat juga ?
Biar yang lain jelas juga,..soalnya saya sempet salah persepsi tentang Right Trust ini,..saya malah anggap nggak begitu important
Suhu Rodji : Iya mau saya bikin 3D WD nya

thanks
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact: