Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Diskusi dan pengenalan dasar dasar pesawat rc untuk pemula

Moderators: toto, Susilo

Post Reply
User avatar
Ratno
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 105
Joined: 18 Jan 2007, 18:31
Location: Bekasi - utara

Tanya DOWN THRUST & RIGHT THRUST

Post by Ratno »

Bapak2 yg budiman ... kasih tahu dong pak .. hal-hal yg mungkin terjadi terkait dg pemasangan engine .
misl: down thrust / right thrust / centre line. dll. dan juga kenapa hrus demikian . serta apa yg menjadi pedoman terima kasih .... bapak2 yg baik
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

kayaknya sih arah/Sudut penaruhan mesin deh

jadi ngadep bawah/atas/kiri/kanan berapa derajat
kalau Center line kayak nya tengah deh...

terus yg saya tau sih
kalau ngadep ke bawah nga bisa take off.....
User avatar
andre77
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 376
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

Down trust dan right trust untuk meminimalkan efek guling dari torsi yang di timbulkan oleh putaran propeler.
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

1. down thrust utk kompensasi nose agar saat throttle dinaikan nose enggak ikut2 naik juga dg akibat pesawat akan membumbung , umumnya antara 2-4 derajat ke bawah dari center line body.

2. Right thrust utk kompensasi torsi motor/engine agar tidak roll berlawanan arah dg arah putaran motor/engine, juga umunya antara 2 - 4 derajat ke kanan terhadap center line body dilihat dari belakang/atas

Kedua2nya berfungsi menjaga pesawat tetep terbang lurus baik pada throttle kecil maupun gede.
User avatar
Mukti
Airman
Airman
Posts: 46
Joined: 19 Jan 2007, 13:17
Location: Bekasi

Post by Mukti »

iwan21 wrote:1. down thrust utk kompensasi nose agar saat throttle dinaikan nose enggak ikut2 naik juga dg akibat pesawat akan membumbung , umumnya antara 2-4 derajat ke bawah dari center line body.

2. Right thrust utk kompensasi torsi motor/engine agar tidak roll berlawanan arah dg arah putaran motor/engine, juga umunya antara 2 - 4 derajat ke kanan terhadap center line body dilihat dari belakang/atas

Kedua2nya berfungsi menjaga pesawat tetep terbang lurus baik pada throttle kecil maupun gede.
Bagaimana cara mengukurnya yang mudah ? Pakai busur derajat atau bagaimana ?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Ada alatnya pak , namanya Multipurpose angle square,gabungan penggaris dan busur derajat, tapi bisa digeser2, saya beli di Okedoku cuman 5rb perak

Coba klik link dibawah, om Joko tampilin gambarnya tuh :
http://gaero.info/forum/viewtopic.php?p ... ight=#7905
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1654
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

oh alah aku....

ini khusus engine yah bukan elektrik??
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

sama aja dek Blur, engine dan elektrik kan prinsipnya sama
User avatar
Abi Ghiffa
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 646
Joined: 19 Jan 2007, 13:30
Location: Jakarta - Lombok
Contact:

Post by Abi Ghiffa »

Jadi kalo saya lihat pesawat dari atas,..

Image

Nah tolong digambarin ke arah mana nich ujung as motornya mengarah ???
Ke Kiri 2 -4 derajat ?
trus ke bawah 2-4 derajat juga ?

Biar yang lain jelas juga,..soalnya saya sempet salah persepsi tentang Right Trust ini,..saya malah anggap nggak begitu important

Suhu Rodji : Iya mau saya bikin 3D WD nya :D
thanks
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

Kalo diliat dari atas kayak foto diatas, maka right thrust itu sumbu motoro mengarah kekanan
Post Reply