CN-235

Mengenal lebih jauh suatu pesawat ( data dan sejarahnya )

Moderator: NF

User avatar
fidaero94
GUEST

CN-235

Post by fidaero94 »

Murni karya anak bangsa tidak???
===cekidot===

CN-235 adalah sebuah pesawat angkut turboprop kelas menengah bermesin dua. Pesawat ini dirancang bersama antara IPTN Indonesia dan CASA Spanyol. Pesawat ini diberi nama sandi Tetuka dan saat ini menjadi pesawat paling sukses pemasarannya dikelasnya.

SEJARAH
CN-235 adalah pesawat terbang hasil kerja sama antara IPTN atau Industri Pesawat Terbang Indonesia (sekarang PT.DI) dengan CASA dari Spanyol. Kerja sama kedua negara dimulai sejak tahun 1980 dan purwarupa milik Spanyol pertama kali terbang pada tanggal 11 November 1983, sedangkan purwarupa milik Indonesia terbang pertama kali pada tanggal 30 Desember 1983. Produksi di kedua negara di mulai pada tanggal Desember 1986. Varian pertama adalah CN-235 Series 10 dan varian peningkatan CN-235 Seri 100/110 yang menggunakan dua mesin General Electric CT7-9C berdaya 1750 shp bukan jenis CT7-7A berdaya 1700 shp pada model sebelumnya.

VARIAN - PT.DI
CN-235-10 :
Versi produksi awal (diproduksi 15 buah oleh masing-masing perusahaan), menggunakan mesin GE CT7-7A
CN-235-110 :
Secara umum sama dg seri 10 tetapi menggunakan mesin GE CT7-9C dalam nasel komposit baru ,mempunyai sistem kelistrikan, peringatan dan lingkungan yang lebih maju dibanding seri 100 milik CASA.
CN-235-220 :
Versi Pengembangan. Pembentukan kembali struktur untuk bobot operasi yang lebih tinggi , pengambangan aerodinamik pada tepi depan sayap sayap dan kemudi belok, pengurangan panjang landasan yang dibutuhkan dan penambahan jarak tempuh dengan beban maksimum (MTOW=Maximum Take Off Weight)
CN-235 MPA :
Versi Patroli Maritim, dilengkapi dengan sistem navigasi, komunikasi dan misi ( mulai mendekati fase operasional dan hadir dalam singapore airshow 2008 ). Pada Desember 2009 diumumkan bahwa TNI AL membeli 3 unit CN-235 MPA sebagai baguian dari rencana memiliki 6 buah pesawat MPA sampai tahun 2014. CN-235 MPA menggunakan sistem Thales AMASCOS, radar pencari Thales/EADS Ocean Master Mk II , Penjejak panas (thermal imaging) dari Thales, Elettronica ALR 733 radar warning receiver dan CAE's AN/ASQ-508 magnetic anomaly detection system. Pesawat ini juga akan mengakomodasi Rudal Exocet MBDA AM-39 atau torpedo ringan Raytheon Mk 46.[1]

CN235-330 Phoenix :
Modifikasi dari seri 220, ditawarkan IPTN ( dengan avionik Honeywell baru, EW system ARL-2002 dan 16.800 kg MTOW ) kepada Royal Australian Air Force untuk Project Air 5190 tactical airlift requirement, tapi dibatalkan karena masalah keuangan pada tahun 1998


VARIAN - EADS CASA
CN-235-10 :
Versi produksi awal (diproduksi 15 buah oleh masing-masing perusahaan), menggunakan mesin GE CT7-7A
CN-235-100 :
Secara umum sama dengan seri 10 tetapi menggunakan mesin GE CT7-9C dalam nasel komposit baru
CN-235-200 :
Versi Pengembangan dengan pembentukan kembali struktur pesawat untuk bobot operasi yang lebih tinggi , pengambangan aerodinamik pada tepi depan sayap dan kemudi belok, pengurangan panjang landasan yang dibutuhkan serta penambahan jarak tempuh dengan beban maksimum
CN-235-300 :
Modifikasi CASA pada seri 200,dengan avionik Honeywell. Kelebihan lain termasuk pengembangan sistem tekanan dan fasilitas instalasi opsional roda depan ganda.
CN-235 ASW/ASuW/MPA :
Versi Maritim
C-295 :
Versi dengan badan lebih panjang, beban 50% lebih banyak dan mesin baru PW127G.


Image
Spesifikasi (CN-235-100/110)
Karakteristik Umum

Kru: 2(dua) pilots
Kapasitas: sampai 45 penumpang
Panjang: 21.40 m (70 ft 3 in)
Bentang sayap: 25.81 m (84 ft 8 in)
Tinggi: 8.18 m (26 ft 10 in)
Area sayap: 59.1 m² (636 ft²)
Berat Kosong: 9,800 kg (21,605 lb)
Berat Isi: 15,500 kg (16,500 kg Military load) ( lb)
Maksimum takeoff: 15,100 kg (33,290 lb)
Tenaga Penggerak: 2× General Electric CT79C turboprops, 1,395 kW (1,850 bhp) each

Kemampuan

Kecepatan Maksimum: 509 km/j (317 mpj)
Jarak: 796 km (496 mil)
Ketinggian Maks: m ( ft)
Daya Menanjak: 542 m/min (1,780 ft/min)
Beban Sayap Maks: kg/m² ( lb/ft²)
Power/berat: kW/kg ( hp/lb)

Image

Tipe pesawat angkut
Produsen > Dirgantara Indonesia/EADS-CASA
Perancang > Dirgantara Indonesia/EADS-CASA

Harga satuan $ 10.000.000
???
:htg :htg




sumber info: CN-235
User avatar
dulbehek
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1048
Joined: 17 Nov 2009, 08:49
Location: banyuwangi - jember

Re: CN-235

Post by dulbehek »

dan sebagian besar cn yang terbang adalah bikinan cassa spanyol bukan PT DI.
karena katanya orang NTP kerjaan nya PT DI lelet jadi sering mengecewaka pelanggan
User avatar
MARTINBARU
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 145
Joined: 12 Sep 2009, 20:01

Re: CN-235

Post by MARTINBARU »

tertarik buat model RC nya,,,?
User avatar
fidaero94
GUEST

Re: CN-235

Post by fidaero94 »

dulbehek wrote:dan sebagian besar cn yang terbang adalah bikinan cassa spanyol bukan PT DI.
karena katanya orang NTP kerjaan nya PT DI lelet jadi sering mengecewaka pelanggan

begitu ternyata..berarti produksinya gk di Indonesia ya..?? wiiiii

MARTINBARU wrote:tertarik buat model RC nya,,,?

belum waktunya om... msh blm tertarik :htg
User avatar
Pitra Ratulangi
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 674
Joined: 17 Jul 2007, 19:12
Location: MANADO, Wakatobi, Kendari
Contact:

Re: CN-235

Post by Pitra Ratulangi »

dulbehek wrote:dan sebagian besar cn yang terbang adalah bikinan cassa spanyol bukan PT DI.
karena katanya orang NTP kerjaan nya PT DI lelet jadi sering mengecewaka pelanggan


waduh....kok bs begini ??? perasaan dulu jaman pa harto negara menslogan membiayai banyak untuk produksi pswt yg di gembar gembor karya anak bangsa....tp klu ternyta yg diproduksi bikinan neg Spanyol...... :whoaa , :whoaa :whoaa :whoaa :whoaa jelas sdh terlalu banyak dana yg terhambur sia2 utk gembar gembor tsb....Haloo Indonesiaku..., smoga cepat berakhir beban & penderitaan bngsa.. :whoaa serta produk murni karya anak bangsa bisa merebut pangsa pasar dunia....tapi yg mana ya ????? :tlt
Last edited by Pitra Ratulangi on 13 Feb 2012, 09:13, edited 1 time in total.
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: CN-235

Post by iwan21 »

fidaero94 wrote:begitu ternyata..berarti produksinya gk di Indonesia ya..?? wiiiii




Kalo Kodenya CN atau NC, itu joint production, artinya sebagian part dibikin di Spanyol, sebagian lagi di Bandung, nanti baru dirakit di kedua lokasi

Ilustrasinya kira2 gini :

misal Bandung kebagian bikin sayap dan ekor, maka Spanyol kebagian bodynya
kalo bandung mau rakit, nanti ke Spanyol pesen Body terus dikirim ke Bandung
sebaliknya juga, kalo Spanyol mau rakit, psesn sayap dan ekor dari Bandung terus dikirm ke Spanyol
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: CN-235

Post by iwan21 »

Pitra Ratulangi wrote:waduh....kok bs begini ??? perasaan dulu jaman pa harto negara menslogan membiayai banyak untuk produksi pswt yg di gembar gembor karya anak bangsa....tp klu ternyta yg diproduksi bikinan neg Spanyol...... :whoaa , :whoaa :whoaa :whoaa :whoaa jelas sdh terlalu banyak dana yg terhambur sia2 utk gembar gembor tsb....Haloo Indonesiaku..., smoga cepat berakhir beban & penderitaan bngsa.. :whoaa


Yang dimaksud pak Harto kayaknya yg N-250 deh pak, kalo CN jelas separoh2, beda lagi dg C-212 Aviocar, Indonesia cuman dapet lisensi aja utk buat ( persis kayak PZL-104 Wilga yg disini berubah nama jadi PZL-104 Gelatik, dapet lisensi dari Polandia, sayangnya ini dilengserkan saat IPTN berkembang :whoaa )
User avatar
fidaero94
GUEST

Re: CN-235

Post by fidaero94 »

oh jadi
Setengah-setengah...

(apa bisa diterapkan di aeromodelling) :thx :thx
User avatar
dulbehek
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1048
Joined: 17 Nov 2009, 08:49
Location: banyuwangi - jember

Re: CN-235

Post by dulbehek »

emang setengah2 pak tapi realitanya PT di sekarang cuma jadi perusahaan tukang jait wong pesenan KOrea tempo hari ga jadi2.
denger2 karena kapabilitas n kapasitas PTDI belum cukup untuk produksi secara penuh itu yang saya denger dari orang NTP.
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Re: CN-235

Post by Kiki_54 »

Ooh.............. :pyg :pyg :pyg
Post Reply