beda banget om avtur atau aviation turbin adalah karosen yang di murnikan dan ditambah dengan jat antibeku sedang avgas atau aviation gasoline itu adalah gasoline dengan jat anti beku dan kemampuan terbakar di suhu rendah (suhu ruang kerja dan suhu bahan bakar) dengan angka oktan mirip2 sama pertamax plus.
peruntukan nya juga beda metanol n avgas buat motor bakar torak yang butuh nilai oktan , klo avgas buat turbi (oktan nya kecil tapi klo kebakar panas nya gede sehingga bisa menghasilkan suhu yang tinggi n memutar bilah pv=nrt)
secara sistem kerja juga beda. angka oktan nya juga beda. sisrem kerja nya juga beda. walau pada intinya sama sama sistem kompresi. satunya turbin gas (avtur) satunya lagi motor bakar torak (avgas, pertamax, metanol, etanol). satunya butuh ignition satunya juga butuh seeeh. pokok nya bedaa deh.
keliatan jelas toh satunya dia bisa selft ignition cuma modal bara di spark plug (etanol/metanol n) n satunya butuh ignition dari spark plug ( avgas/gasoline) mungkin gara2 angka oktan nya si metanol lebih geda (lage2 lupa).
mending klo punyak avtur dikasihkan ibuk didapur buat ngisi kompor ajah jangan dipake aneh2 kagak bakal murup motor bakar torak klo di kasih avtur kecuali buat disel kayae masih bisa murup.
klo mesin metanol itu bukan sama dengan mesin diesel.
lah bahan bakarnya ajah jelas beda
klo disel pake solar om. dia punyak kemampuan self ignition di tekanan tinggi mangkanya dia punya istilah angka tetan atau setan yah atau apa gitu
aku agak lupa
sedang metanol dia loh kompresinya rendah (hasil iseng2 muter2 mesin nya temen2)
dan dia bukan terbakar gara2 tekanan, tapi gara2 ada bara api di ujung spark plug.
entah lah om aku agak lupa
maklum kuliah ajah kagak lulus2
