[ASK]glow engine pake avtur

Kepala cenat cenut , sering menghayal , melamun , berhalusinasi , kebanyakan ide ??? Daripada kesambet , lebih baik tuangkan ide Anda disini

Moderators: toto, justinus, christoffel, rachmatjeny

User avatar
botakkeramat
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 108
Joined: 18 May 2010, 18:34
Location: SUKAWATI, BALI

[ASK]glow engine pake avtur

Post by botakkeramat »

ada yang penah coba ?
soalnya saya denger2 di forum sebelah kinerja mesin jet yang pake turbin mirip dgn mesin diesel, trus setelah saya cari info mesin diesel mirip sama glow engine :tlt
n kalo pake avgas gimana ?
saya denger2 lagi avgas kandungan O2 nya banyak jadi mungkin bisa menggantikan nitromethane yang mahal itu
bingung nih suhu :pyg , mohon pencerahan :ide
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: [ASK]glow engine pake avtur

Post by toto »

sambil nunggu para suhu turun gunung sekalian nambahin pertanyaan ya om kangmas botakkeramat, dijudulnya tanya glow engine pakai avtur tapi didalamnya glow engine pakai avgas, nah sekarang avtur sama avgas sama enggak ya, maaf nih pertanyaan numpangnini bener2 saya enggak tahu loh jadi mohon penjelasan suhu2 dan kangmas dimas botakkeramat supaya entar ngikutin penjelasannya sama jadi lebih mudeng, terima kasih




salam
User avatar
rasyidrisyad
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 502
Joined: 24 Sep 2011, 12:38
Location: Sidoarjo - Surabaya

Re: [ASK]glow engine pake avtur

Post by rasyidrisyad »

... newbie ijin jawab suhu ..., setau saya prinsip kerja dari mesin Jet, atau dalam penerbangan disebut GTE atau Gas Turbin Engine itu berbeda dengan mesin diesel dan glow park dalam hal konversi energi maupun tata cara pembakaran bahan bakar ..., untuk GTE dia menggunakan AVTUR atau aviation turbin fuel senyawa mirip kerosin atau minyak tanah yg punya specifikasi yg kusus untuk titik beku dan titik didih ..., dan pasti berbeda dengan AVGAS dan Nitro.
mohon ma'af bila salah, sekedar sharing... :thx :thx :thx
User avatar
joniharjono
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 130
Joined: 11 Jan 2010, 11:21
Location: Bogor

Re: [ASK]glow engine pake avtur

Post by joniharjono »

hicks.....ilmu tingakat tinggi....belon nyampe.....soalnya ngertinya cuman ngecas battery TU****Y.... :pyg
User avatar
dulbehek
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1050
Joined: 17 Nov 2009, 08:49
Location: banyuwangi - jember

Re: [ASK]glow engine pake avtur

Post by dulbehek »

beda banget om avtur atau aviation turbin adalah karosen yang di murnikan dan ditambah dengan jat antibeku sedang avgas atau aviation gasoline itu adalah gasoline dengan jat anti beku dan kemampuan terbakar di suhu rendah (suhu ruang kerja dan suhu bahan bakar) dengan angka oktan mirip2 sama pertamax plus.
peruntukan nya juga beda metanol n avgas buat motor bakar torak yang butuh nilai oktan , klo avgas buat turbi (oktan nya kecil tapi klo kebakar panas nya gede sehingga bisa menghasilkan suhu yang tinggi n memutar bilah pv=nrt)
secara sistem kerja juga beda. angka oktan nya juga beda. sisrem kerja nya juga beda. walau pada intinya sama sama sistem kompresi. satunya turbin gas (avtur) satunya lagi motor bakar torak (avgas, pertamax, metanol, etanol). satunya butuh ignition satunya juga butuh seeeh. pokok nya bedaa deh.
keliatan jelas toh satunya dia bisa selft ignition cuma modal bara di spark plug (etanol/metanol n) n satunya butuh ignition dari spark plug ( avgas/gasoline) mungkin gara2 angka oktan nya si metanol lebih geda (lage2 lupa).
mending klo punyak avtur dikasihkan ibuk didapur buat ngisi kompor ajah jangan dipake aneh2 kagak bakal murup motor bakar torak klo di kasih avtur kecuali buat disel kayae masih bisa murup.





klo mesin metanol itu bukan sama dengan mesin diesel.
lah bahan bakarnya ajah jelas beda
klo disel pake solar om. dia punyak kemampuan self ignition di tekanan tinggi mangkanya dia punya istilah angka tetan atau setan yah atau apa gitu
:tlt :tlt :tlt :tlt :tlt :tlt
aku agak lupa
sedang metanol dia loh kompresinya rendah (hasil iseng2 muter2 mesin nya temen2)
dan dia bukan terbakar gara2 tekanan, tapi gara2 ada bara api di ujung spark plug.
:hah :hah :hah
entah lah om aku agak lupa
maklum kuliah ajah kagak lulus2
:flu :flu :flu :flu :flu
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 529
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Re: [ASK]glow engine pake avtur

Post by sudjai sarmo »

@ botak keramat
Kalau Anda bisa memakai Avtur untuk Mesin Methanol maka nantinya nama Anda akan masuk daftar penemuan hebat tingkat dunia karena Anda adalah orang pertama di dunia yang bisa menggunakan Avtur ( Minyak Tanah ) untuk mesin yang biasanya pakai Methanol. Semoga tercapai.
User avatar
botakkeramat
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 108
Joined: 18 May 2010, 18:34
Location: SUKAWATI, BALI

Re: [ASK]glow engine pake avtur

Post by botakkeramat »

toto wrote:sambil nunggu para suhu turun gunung sekalian nambahin pertanyaan ya om kangmas botakkeramat, dijudulnya tanya glow engine pakai avtur tapi didalamnya glow engine pakai avgas, nah sekarang avtur sama avgas sama enggak ya, maaf nih pertanyaan numpangnini bener2 saya enggak tahu loh jadi mohon penjelasan suhu2 dan kangmas dimas botakkeramat supaya entar ngikutin penjelasannya sama jadi lebih mudeng, terima kasih




salam

maaf suhu, tapi kalo menurut saya avtur itu beda sama avgas, kalo avtur itu dipake di pesawat jet, trus kalo avgas itu dipake idi pesawat yang bermesin piston, gitu saya denger2 suhu :pyg

newbie ijin jawab suhu ..., setau saya prinsip kerja dari mesin Jet, atau dalam penerbangan disebut GTE atau Gas Turbin Engine itu berbeda dengan mesin diesel dan glow park dalam hal konversi energi maupun tata cara pembakaran bahan bakar ..., untuk GTE dia menggunakan AVTUR atau aviation turbin fuel senyawa mirip kerosin atau minyak tanah yg punya specifikasi yg kusus untuk titik beku dan titik didih ..., dan pasti berbeda dengan AVGAS dan Nitro.
mohon ma'af bila salah, sekedar sharing... :thx :thx :thx


beda banget om avtur atau aviation turbin adalah karosen yang di murnikan dan ditambah dengan jat antibeku sedang avgas atau aviation gasoline itu adalah gasoline dengan jat anti beku dan kemampuan terbakar di suhu rendah (suhu ruang kerja dan suhu bahan bakar) dengan angka oktan mirip2 sama pertamax plus.
peruntukan nya juga beda metanol n avgas buat motor bakar torak yang butuh nilai oktan , klo avgas buat turbi (oktan nya kecil tapi klo kebakar panas nya gede sehingga bisa menghasilkan suhu yang tinggi n memutar bilah pv=nrt)
secara sistem kerja juga beda. angka oktan nya juga beda. sisrem kerja nya juga beda. walau pada intinya sama sama sistem kompresi. satunya turbin gas (avtur) satunya lagi motor bakar torak (avgas, pertamax, metanol, etanol). satunya butuh ignition satunya juga butuh seeeh. pokok nya bedaa deh.
keliatan jelas toh satunya dia bisa selft ignition cuma modal bara di spark plug (etanol/metanol n) n satunya butuh ignition dari spark plug ( avgas/gasoline) mungkin gara2 angka oktan nya si metanol lebih geda (lage2 lupa).
mending klo punyak avtur dikasihkan ibuk didapur buat ngisi kompor ajah jangan dipake aneh2 kagak bakal murup motor bakar torak klo di kasih avtur kecuali buat disel kayae masih bisa murup.





klo mesin metanol itu bukan sama dengan mesin diesel.
lah bahan bakarnya ajah jelas beda
klo disel pake solar om. dia punyak kemampuan self ignition di tekanan tinggi mangkanya dia punya istilah angka tetan atau setan yah atau apa gitu
:tlt :tlt :tlt :tlt :tlt :tlt
aku agak lupa
sedang metanol dia loh kompresinya rendah (hasil iseng2 muter2 mesin nya temen2)
dan dia bukan terbakar gara2 tekanan, tapi gara2 ada bara api di ujung spark plug.
:hah :hah :hah
entah lah om aku agak lupa
maklum kuliah ajah kagak lulus2
:flu :flu :flu :flu :flu


wah terimakasih suhu penjelasannya..., jadi so far ga bisa yah ? :thx :thx
sudjai sarmo wrote:@ botak keramat
Kalau Anda bisa memakai Avtur untuk Mesin Methanol maka nantinya nama Anda akan masuk daftar penemuan hebat tingkat dunia karena Anda adalah orang pertama di dunia yang bisa menggunakan Avtur ( Minyak Tanah ) untuk mesin yang biasanya pakai Methanol. Semoga tercapai.

gimana mau tercapai suhu, ide saya ini sepertinya ngawur berat :whoaa :whoaa :whoaa
User avatar
sudjai sarmo
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 529
Joined: 30 Jan 2007, 04:37
Location: Banjarbaru.
Contact:

Re: [ASK]glow engine pake avtur

Post by sudjai sarmo »

Hampir semua mesin apapun pasti mempunyai siklus yang hampir sama, disana ada udara yang dicampur bahan bakar, lalu ada siklus pemampatan kemudian pembakaran dan siklus pengubahan panas menjadi tenaga mekanis. Pemakaian bahan bakar disesuaikan dengan kekhususan dari mesin tersebut. Pesawat terbang bisa memakai mesin apapun dari Mesin Uap, Mesin Bensin, mesin Diesel, Mesin Jet, Mesin Prop Jet atau Ram Jet juga Rocket. ( Video tentang Pesawat yang menggunakan berbagai macam mesin bisa didownloads melalui Youtube ). Yang diperlukan pesawat terbang adalah mesin yang ringan, bandel, berdaya tahan tinggi, tanpa melihat mesin dari jenis apapun. Perlu kita ketahui bahwa yang namanya pesawat terbang didisain lalu dibuat dengan ketelitian dan kecermatan yang sangat tinggi. Mesin pesawat kalau masih mengalami mogok pasti oleh pabriknya akan dianalisa sedetil mungkin apakah penyebabnya dari konstruksi mesin yang salah ataukah dari kesalahan manusia yang mengoperasikannya. Ini menyangkut reputasi pabrik mesin tersebut. Oleh sebab itu kalau kita bandingkan dengan mesin Mobil saat ini boleh dibilang mesin pesawat kalah maju. Kalau pada mesin Mobil setiap penemuan hal yang baru langsung diaplikasikan ke mesin tetapi tidak demikian pada mesin pesawat, pihak pabrikan harus men test penemuan tersebut mungkin ber ribu kali sebelum diaplikasikan pada mesin pesawat. Itu dilakukan untuk menghindari trouble engine saat terbang. Pada pesawat Britten Norman Islander buatan Inggris yang saya tau bermesin Lycoming buatan Amerika dengan 300 HP 9.560CC 6Cyl 2400RPM Max bahan bakar Aviation Gasoline Oktan 100LL, coba kita bandingkan dengan mesin mobil saat ini yang hanya mempunyai kapasitas silinder hanya separuhnya dengan bahan bakar beroktan dibawahnya tetapi mempunyai daya jauh diatasnya. Kenapa bisa begitu ?. Karena pesawat tidak memerlukan kelebihan tersebut kalau nantinya malah menurunkan kinerja mesin, yang diperlukan pesawat hanyalah mesin yang terbukti bandel dan dirawat sesuai petunjuk pabrik diantaranya setiap 50 Jam mesin harus ganti Busi semuanya karena tidak mau ambil resiko nantinya Busi mati saat terbang, kan diangkasa tidak ada bengkel.
Jadi kembali ke masalah bahan bakar Avtur atau Aviation Gasoline Turbine apakah bisa diaplikasikan ke mesin yang menggunakan Methanol ?.Secara teori bisa tetapi pada prakteknya memerlukan modifikasi untuk mesin tersebut. Kalau mau dipakai Avtur mesin tersebut harus diubah menjadi mesin Diesel gara bisa membakar Avtur hanya dengan kompresi lalu untuk daya ledak yang tinggi bahan bakarnya juga harus dicampur dengan bahan yang ber oktan tinggi seperti Ether dan jangan lupa juga dengan minyak pelumasnya.
Ciri khas mesin Diesel adalah tidak diperlukan Busi, perbandingan kompresinya harus bisa disetel ( Diatur ). Pada mesin ini fungsi Avtur ( minyak Tanah ) untuk menimbulkan pembakaran saat ada kompresi lalu fungsi Ether untuk mempercepat pembakaran agar bisa dicapai putaran tinggi sedang fungsi minyak pelumas untuk melicinkan perkakas mesin yang bergesekan agar tidak mudah aus dan juga mencegah kebocoran kompresi.
Sudah siap menggunakan Avtur Bung Botak Keramat ?. Semoga mimpi Anda tercapai.
User avatar
dulbehek
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1050
Joined: 17 Nov 2009, 08:49
Location: banyuwangi - jember

Re: [ASK]glow engine pake avtur

Post by dulbehek »

klo saya pak avtur lebih enak dipake masak
apinya biru pak
he he he he he he
dan diesel ada businya kok pak tapi nyala nya awal2 gitu ajah
Last edited by dulbehek on 14 Feb 2012, 14:52, edited 1 time in total.
User avatar
antokrose
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 15 Jun 2011, 14:18
Location: candi - sidoarjo

Re: [ASK]glow engine pake avtur

Post by antokrose »

nyimak ae rek zam8il ngopi ilmu nya mazih zempit :ha3 :ha3 :ha3 :ha3 :ha3 :ha3
Post Reply