Wing Rocking

Tutorial mengenai gerakan2 manuver pesawat RC

Moderators: su-31, DIMAS

User avatar
yrakluz
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 258
Joined: 11 Aug 2010, 07:48
Location: Cinere, Jakarta
Contact:

Wing Rocking

Post by yrakluz »

Buat saya, salah satu manuver pesawat yang keren adalah Elevator, pesawat turun (hampir) vertikal spt heli. Nah, kalau di simulator saya udah agak bisa tuh manuver tsb, tapi kenapa ya kalau di real life wing pesawat goyang2? (wing rocking ya istilahnya?).

Nah, pertanyaannya:
1. Teorinya apa sih kenapa bisa muncul wing rocking?
2. Gimana cara mengatasinya spy bisa Elevator? Management throttle dan elevator?
3. Apakah wing rocking itu terkait dg struktur si pesawat sendiri?

Mohon masukan dari para suhu :thx :thx
User avatar
dadhipta
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 339
Joined: 03 Feb 2009, 10:11
Contact:

Re: Wing Rocking

Post by dadhipta »

yrakluz wrote:Buat saya, salah satu manuver pesawat yang keren adalah Elevator, pesawat turun (hampir) vertikal spt heli. Nah, kalau di simulator saya udah agak bisa tuh manuver tsb, tapi kenapa ya kalau di real life wing pesawat goyang2? (wing rocking ya istilahnya?).

Nah, pertanyaannya:
1. Teorinya apa sih kenapa bisa muncul wing rocking?
2. Gimana cara mengatasinya spy bisa Elevator? Management throttle dan elevator?
3. Apakah wing rocking itu terkait dg struktur si pesawat sendiri?

Mohon masukan dari para suhu :thx :thx


Setahu saya yg masih berlevel muridnya suhu2 di forum ini, spt di bawah, cmiiw.

1a. Desain/geometri aerofoil sayap kurang bagus shg di ujung masih ada 'lift' sementara semakin dekat fuse semakin berkurang. Seharusnya terbalik, semakin ke ujung semakin berkurang ngangkatnya, (lihat saja, semakin ke ujung biasanya semakin tipis dan sempit, begitu juga dg aileronnya).
1b. CG terlalu ke belakang jadi mudah mendekati stall. Terasa sekali jika pas 'slow high alpha harrier', kalo level flight dg kecepatan normal biasanya gak kelihatan.

2a. Geser CG dikit (eksperimen) ke depan, tergantung seberapa parah wingrock shg pas kecepatan rendah tidak mudah stall (makanya biasanya rekomendasi CG awal dari pabrikan itu 'nose heavy' alias cenderung berat depan supaya aman).
2b. Kemungkinan kedua sayap tidak setimbang shg perlu 'lateral balance' menyetimbangkan kanan-kiri thd garis fuselage.
2c. Solusi ke-3, jual yg lama dan beli baru yg sdh banyak review tanpa wingrock, he he ... :whoaa :whoaa

3. Bisa jadi spt no.1a. Bedanya kit yg bernama dan merek antah-berantah, he he ... Lihat saja video2 3DHobbyShop, walaupun kecepatan rendah tetap saja gak ada wingrocking. Scott Stoop aerofoil sayap desainnya, tapi beda harga bisa hampir 2X-nya krn kualitas dan struktur memang topp markotopp n jozz gandhozz (orang Jogja bilangnya begitu) ...

Silahkan mencoba hal2 spt di teknik trimming pesawat sebelum solusi 2c. :hah :hah

http://www.rcplanetalk.com/trim.html
http://www.geistware.com/rcmodeling/flight_trimming.htm
http://www.rcgroups.com/forums/showthread.php?t=429892&highlight=trimming+chart+pdf#post5502822
http://www.nsrca.org/trimA.htm
http://www.flyinggiants.com/forums/attachments/fg191/117494d1217541937-trim-chart-based-article-peter-goldsmith-pgoldsmithtrimming.pdf
http://rcy2k.tripod.com/trim.htm

Kalo pesawat sdh mendekati 'sempurna' biasanya hover pun bisa 'lepas tangan', tinggal main2 di throttle saja (kebanyakan pesawat PA spt ini, spt di video2nya).

Maaf kalo banyak kurangnya krn selama ini masih mainan gabus terus, jadi memang suka mleyak-mleyok susah di-trimming krn terlalu lentur. Tapi bagus utk latihan krn jika sdh punya yg 'sungguhan' terbangnya moga2 bisa lebih presisi dan cantik. :ngl :ngl

Met bereksperimen ... :tlt :tlt
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Wing Rocking

Post by toto »

wing rocking merupakan indikasi bahwa pesawat sudah memasuki kondisi stall kalau diterusin maka akan masuk stall spin

hal ini terjadi karena daya angkat sayap sudah makin berkurang khususnya di ujung sayap luasannya semakin kecil dan makin terasa wing rocking ini khususnya pesawat yg mempunyai wing tappered dibagian depan (leading edge) dan belakang (trailing edge) misalnya jenis extra atau cap dibandingnya dengan pesawat yg tappered nya cuman bagian belakang sedang sayap bagian depan dari tip ke tip lurus misalnya edge dan untuk ini yg bisa dibilang paling anteng ya apalagi kalau bukan pesawat dengan bentuk square

pada posisi harrier apalagi high alpha maka luasan sayap akan semakin kecil untuk bisa menghasilkan lift karena luasan efektif nya ya seluas sayap miring itu di proyeksikan ke arah datar, kalau sayap nya tappered maka semakin ke ujung luasan efektifnya semakin kecil maka lift yg di hasilkan tentunya semakin kecil apalagi speednya rendah akhirnya tidak mampu lagi flow angin efektif, nah untuk ini saya lihat suhu2 dengan kepiawiannya dalam me manage throttle, elevator dan aileron membuat pesawat bisa menclok tuh dimana sebelumnya dibuat si ujung bawah rudder ngeglosor dulu di rumput, paling enak ya apalagi kalau di glosorin di becekan asyik deh

kira2 gitu deh yg hasil pengamatan yg saya lakukan dari para suhu kalau lagi bersenda gurau dengan pesawat, sebelum cover rudder bagian bawah pada beset atau bocel kayanya tuh suhu2 belon puas nyiksa si pesawat

dan ada satu lagi kata kunci nya semakin kecil pesawat nya akan semakin susah melakukan harrier high alpha jadi kalau sudah piawi pake pesawat kecil entarnya kalau pakai pesawat besar bisa sambil merem kaya om suhu dadhipta bilang



salam
User avatar
dadhipta
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 339
Joined: 03 Feb 2009, 10:11
Contact:

Re: Wing Rocking

Post by dadhipta »

Betul suhu Toto, semakin besar semakin anteng (kata PakDeSurib juga begitu :-) Tapi yg kecil2 bisa dijadikan senjata utk melatih refleks, jadi jika suatu saat sdh masanya naik kelas ke yg lebih besar sudah lebih dari siap ... :plk :plk :plk

Ini saja contoh 3D extremist :pyg :pyg Ternyata gak perlu lapangan yg luas ... :ngl :ngl




Salam 'fly low n slow' sampai hampir stall, hajar saja engine/motornya ... :pis :pis
Last edited by dadhipta on 15 Feb 2012, 08:34, edited 1 time in total.
User avatar
dadhipta
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 339
Joined: 03 Feb 2009, 10:11
Contact:

Re: Wing Rocking

Post by dadhipta »

Duh, maaf double-post nih ... :flu :flu
User avatar
yrakluz
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 258
Joined: 11 Aug 2010, 07:48
Location: Cinere, Jakarta
Contact:

Re: Wing Rocking

Post by yrakluz »

makasih banyak suhu dadhipta dan suhu toto, penjelasan yang panjang lebar... :thx :thx :thx

thanks juga linknya. Saya percaya bahwa setting dan trimming itu 50% menjamin keberhasilan melakukan manuver. Sisanya baru ditentukan oleh jempol... :pis
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Wing Rocking

Post by christoffel »

sekedar saran, coba throtle dan alpha ditambah "sedikit". gunanya untuk meningkatkan airspeed di sayap supaya lepas dari stall ...

saya juga penggemar manuever ini karena terlihat cantik sekali .... (dan setengah nggak masuk akal ... hehehe)
User avatar
dadhipta
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 339
Joined: 03 Feb 2009, 10:11
Contact:

Re: Wing Rocking

Post by dadhipta »

christoffel wrote:sekedar saran, coba throtle dan alpha ditambah "sedikit". gunanya untuk meningkatkan airspeed di sayap supaya lepas dari stall ...

saya juga penggemar manuever ini karena terlihat cantik sekali .... (dan setengah nggak masuk akal ... hehehe)


Betul Om Chris, kalo saya biasanya CG-nya dimajuin dikit jadi otomatis utk 'high alpha' pasti harus nambah throttle dikit juga shg ujung2nya wingrock berkurang. Pesawat yg kembar identik pun belum tentu sama karakternya, pasti ada sedikit variasinya dan dg experimen dapat menemukan 'sweetspot'nya.
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Wing Rocking

Post by su-31 »

yrakluz wrote:...setting dan trimming itu 50% menjamin keberhasilan melakukan manuver. Sisanya baru ditentukan oleh jempol... :pis


Manuver "Elevator" itu ya memang Stall toh ??,
Ya harus STALL supaya jadi "Elevator"...

Kalo sayap kanan dan kiri, stall nya enggak bareng/bersamaan, gimana ya ??? ___o___

Ini Edge 100cc PBudi.., saya timbang lateral ballance nya, (Setting & Trimming)
..trus diterbangin sm PBudi/P1 (Jempol).

Image
Kalo liat langsung ato ada Videonya, baru percaya deh..., indahnya "Elevator" :)
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Wing Rocking

Post by Budi »

nganu.....saya itu bisanya cuma manuver escalator...... :tlt :ha3 :wk3


manuver elevator ora iso....



karena, kalau angin gede baru bisa manuver elevator.... :wek

btw, wing rocking mustahil dihilangkan dengan geometris , mungkin lebih tepat dikurangi......kalaupun bisa, (tergantung kondisi angin).....wing rocking bisa nyaris hilang, tapi sebagai gantinya, jempolnya yang rocking....... :ha3
Post Reply