Modifikasi "EDF to Pusher jet" (SU-34 Fullback) UPDATED! :)

Experimen , modifikasi dan konversi pesawat

Moderator: hadi

User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Modifikasi "EDF to Pusher jet" (SU-34 Fullback) UPDATED! :)

Post by AgoesAurelz »

Diawali dengan rasa ketidakpuasan atas performa SU-34 Fullback (product dari Freewings)
Saya mencoba untuk merubah supaya bisa lebih ngacir lagi....

Awalnya ide saya muncul utk membuat dual powers yaitu motor aslinya (2unit EDF's) plus 1 motor pusher jadi total 3 motor.... sempet mencari pencerahan dari suhu Iwan21 utk masalah electronicnya.... tapi sayang, nampaknya ide ini "terlalu gila".. memang secara ide sih bagus, tapi prakteknya letak CG tidak dapat mengimbangi karena bagian belakang pesawat jadi sangat-sangat berat.... mustahil mencari imbangannya...beratnya minta ampunn!! Akhirnya pilihan terakhir adalah membongkar system EDF (Electronic Ducted Fan) menjadi Pusher Jet!....
Sudah bukan rahasia umum kalo system Pusher Jet jauh lebih unggul dari EDF, baik dari segi efisiensi maupun dari segi performance....

Mulailah project ini....

Motor saya ganti sekelas heli T-Rex 500 yaitu: Hyperion HS 3026 (1600kv)
berat 196gram, Battery bisa pakai Lipo 4s hingga 6s

Image
Bandingkan size-nya dengan motor sekelasnya... (size is matter om.... i love the BIG one!!!)

Operasi dimulai.... Razor blades action......bedah perut... harus hati-hati supaya mulusss.....
Image

2unit Motor EDF aslinya dicopot (berat ditimbang...400gram!)....Ajipp gilee beratnya....
Image

Potong buntut dildo belakang.... pasang motor baru.... kasi Araldite..... jadi deh....
Image
BIG enough to push this jet...
Image

Pasang Propeller 8x6.... wah ternyata propeller kena tanah.... terpaksa tambahin "roda penyanga"...
Image

Hasil timbang badan netto (tanpa battery).... 1350 gram
Image

SU-34 FULLBACK is done!!!.... still sexy ass as it look....
Image

Ready to rock.... tinggal tunggu maiden aja di lap Selaparang...... (tunggu hari dan waktu yg tepat...)
Image

wish me luck....
Last edited by AgoesAurelz on 18 Mar 2012, 11:39, edited 1 time in total.
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Modifikasi "EDF to Pusher jet" (SU-34 Fullback)

Post by justinus »

Gimana hasil test Ampere nya dgn prop 8x6?

Kalau lihat tabelnya 70 Amp, 1470 watt.
Last edited by justinus on 12 Mar 2012, 14:17, edited 1 time in total.
User avatar
danielgti
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 535
Joined: 16 Jan 2011, 09:19
Location: Bekasi Timur

Re: Modifikasi "EDF to Pusher jet" (SU-34 Fullback)

Post by danielgti »

Izin duduk manis menunggu liputan terbang nya , pastine suarane muantap . . . :pis
User avatar
orchiplane
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 847
Joined: 04 Nov 2011, 08:56
Location: JAKARTA
Contact:

Re: Modifikasi "EDF to Pusher jet" (SU-34 Fullback)

Post by orchiplane »

Waah penasaran ama take off nya nii..up nya kena prop nya ga ya..
User avatar
yantoaa77
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 302
Joined: 30 Mar 2010, 18:32

Re: Modifikasi "EDF to Pusher jet" (SU-34 Fullback)

Post by yantoaa77 »

Mantaaps Om,, :plk :plk
Bisa2 kena racun jet lagi nih..
BTW..salut ide tentang RODA PENYANGGAH (ga terpikirkan sebelumnya, hehe) saya selalu take dg di lempar.. :thx
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Modifikasi "EDF to Pusher jet" (SU-34 Fullback)

Post by AgoesAurelz »

justinus wrote:Gimana hasil test Ampere nya dgn prop 8x6?

Kalau lihat tabelnya 70 Amp, 1470 watt.


Belum sempet saya ukur om...
Uda ada yg nyoba dari forum luar negri, specs yg sama dari yg saya pakai... bisa 251 km/jam
Saya malah jadi ragu-ragu kalo jet bodynya masih pake foam EPS (bukan EPO) apa kuat?...
Apa ngga hancur lebur kalo digeber sekenceng itu yaa... :-k :-k
Lebih besar nafsu pilotnya daripada kemampuan pswt nih kayaknya.... ](*,) ](*,)

(I run that same motor in my DF Hyperion HS-3026-1600Kv with 8x6E apc 4s 265035-70c lipos it pulls 102amps @ 1452watts my best speed so fat is 251kph
Just my opinion
Cheers
http://rcb.shopnz.biz/catalog/produc...513e34871138d7 )


eniwei, thanks buat comments nya om-omku sekalian... :bow:
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Modifikasi "EDF to Pusher jet" (SU-34 Fullback)

Post by iwan21 »

Gak apa2 om, asal terbangnya lurus, jangan dibikin nukik2 atawa nanjak2 ekstrim aja kekekekekekeekk
User avatar
emilhp
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 738
Joined: 27 Oct 2008, 15:22
Location: Pangkalan Kerinci-Pelalawan - Riau
Contact:

Re: Modifikasi "EDF to Pusher jet" (SU-34 Fullback)

Post by emilhp »

:plk Hayo om AA, di geber . . kalau ngejar speed kan terbangnya sudah pasti normal . . lurus gak pake jumpalitan, .. kayaknya aman2 aja tuh. (sotaw mode)
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Modifikasi "EDF to Pusher jet" (SU-34 Fullback)

Post by justinus »

AgoesAurelz wrote:Uda ada yg nyoba dari forum luar negri, specs yg sama dari yg saya pakai... bisa 251 km/jam
Saya malah jadi ragu-ragu kalo jet bodynya masih pake foam EPS (bukan EPO) apa kuat?...
Apa ngga hancur lebur kalo digeber sekenceng itu yaa... :-k :-k
Lebih besar nafsu pilotnya daripada kemampuan pswt nih kayaknya.... ](*,) ](*,)



Kalo bodynya sih mungkin ok, yang saya kuatirkan engine mountnya yang mbrodol kalau tidak dilapisi fiber. Juga cek getaran motor, karena kelihatannya propeller tidak dipasang pakai prop adapter.
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Modifikasi "EDF to Pusher jet" (SU-34 Fullback)

Post by AgoesAurelz »

memang terlihat ringkih.. tapi itu uda saya kasi lem araldite cukup banyak om.. sekarang sih uda keras/rigid... dan untuk shaft adaptor kebetulan saya ngga punya yg diameter shaft 5mm, jadi terpaksa pake cara "minimalis"... mudah-2an cukup "realistis"...
Prop juga sudah saya balancer supaya ngga terlalu getar wkt RPM tinggi...
memang ngga saya paksain dulu utk maiden nanti... sementara masih pake lipo 4s dulu sambil lihat sikon... kalo beberapa kali aman baru saya geber abis2an dgn lipo 6s....

Barusan saya bongkar lagi perutnya... siapin compartment yg lebih besar lagi buat batterynya... sekarang muat dgn 2 unit battery (3000mah + 2200mah).... persiapan buat terbang lama... lumayan gede penambahan compartmentnya.... saya rasa dengan penambahan ini masih mumpuni wingloading dan powernya.. ini termasuk pswt foamy bersize besar soalnya...
Post Reply