penentuan cg
- sulistio
- Senior Airman
- Posts: 105
- Joined: 12 Apr 2009, 20:39
penentuan cg
posisi yg tepat utk menentukan cg pesawat apa pesawat dalam posisi normal or terbalik?
- unding
- Chief Master Sergeant
- Posts: 885
- Joined: 24 Mar 2011, 22:39
- Location: Makassar
- Contact:
Re: penentuan cg
sulistio wrote:posisi yg tepat utk menentukan cg pesawat apa pesawat dalam posisi normal or terbalik?
Sama saja om, posisi mana saja yg lebih mudah ditangani.
- sulistio
- Senior Airman
- Posts: 105
- Joined: 12 Apr 2009, 20:39
Re: penentuan cg
saya coba klo posisi normal nose heavy sekali tetapi klo dibalik malah balance.pesawat saya jenis low wing
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: penentuan cg
walah. itu nggak mungkin om. seperti yg dikatakan om unding, posisi CG tidak akan berubah walaupun di bolak balik.
kemungkinan nya cara megang pesawatnya yg nggak tepat.
kalau untuk pesawat low wing, lebih gampang posisi terbalik aja megang nya ...
kemungkinan nya cara megang pesawatnya yg nggak tepat.
kalau untuk pesawat low wing, lebih gampang posisi terbalik aja megang nya ...
- qiebar
- Airman
- Posts: 39
- Joined: 14 May 2011, 14:58
Re: penentuan cg
Setiap benda punya titik berat dan titik massa... itu yang menyebabkan jika di bolak balik akan menghasilkan kecenderungan arah rotasi yg berbeda...
Perbedaannya adalah letak pusat massa suatu benda tidak dipengaruhi oleh medan gravitasi, berbeda dg titik berat yg dipengaruhi grafitasi, dengan kata lain, titik berat sama dengan CG ......
dalam kasus penentuan CG suatu pesawat, sebenarnya agak rumit, karena bisa jadi pusat grafitasi pesawat tidak benar2 persis di sayap, bisa saja bebeapa cm di atas sayap, atau persis di fuselage diatas sayap.. dengan kata lain, dititik inilah seharusnya kita menimang-nimang kecenderungan nose heavy atau tail heavy... bukan langsung di sayapnya... Itulah sebabnya mengapa HIgh wing dan low wing, memiliki karakteristik melayang/terbang yg berbeda... yg high wing, hampir seluruh berat pesawat berada di bawah sayap.. sedangkan low wing, seluruh berat pesawat justru berada di atas sayap.. jadi hati2... mengambil titik menimang ketika mencari CG. Jadi wajar jika dibolak-balik, pesawatnya memilki kecenderungann arh rotasi yg berbeda... itu artinya kita salah mengambil titik pusat tempat kita menimangnya...
Contoh simple: pernah melihat mainan anak2 seperti balon/boneka Doraemon (biasa dijual di pinggir jalanan) yg dasar boneka nya berbentuk setengah bola dan diberi pemberat? Perhatikan, posisi bonekanya selalu berdiri, kita tumbangkan pun, kembali berdiri, di balikpun (kepala di bawah) pasti kembali ke posisi semula...sampai kapanpun pasti akan terus seperti itu selama masih ada pemberatnya..
jadi ingat pelajaran SMA dulu...
CMIIW...
Perbedaannya adalah letak pusat massa suatu benda tidak dipengaruhi oleh medan gravitasi, berbeda dg titik berat yg dipengaruhi grafitasi, dengan kata lain, titik berat sama dengan CG ......
dalam kasus penentuan CG suatu pesawat, sebenarnya agak rumit, karena bisa jadi pusat grafitasi pesawat tidak benar2 persis di sayap, bisa saja bebeapa cm di atas sayap, atau persis di fuselage diatas sayap.. dengan kata lain, dititik inilah seharusnya kita menimang-nimang kecenderungan nose heavy atau tail heavy... bukan langsung di sayapnya... Itulah sebabnya mengapa HIgh wing dan low wing, memiliki karakteristik melayang/terbang yg berbeda... yg high wing, hampir seluruh berat pesawat berada di bawah sayap.. sedangkan low wing, seluruh berat pesawat justru berada di atas sayap.. jadi hati2... mengambil titik menimang ketika mencari CG. Jadi wajar jika dibolak-balik, pesawatnya memilki kecenderungann arh rotasi yg berbeda... itu artinya kita salah mengambil titik pusat tempat kita menimangnya...
Contoh simple: pernah melihat mainan anak2 seperti balon/boneka Doraemon (biasa dijual di pinggir jalanan) yg dasar boneka nya berbentuk setengah bola dan diberi pemberat? Perhatikan, posisi bonekanya selalu berdiri, kita tumbangkan pun, kembali berdiri, di balikpun (kepala di bawah) pasti kembali ke posisi semula...sampai kapanpun pasti akan terus seperti itu selama masih ada pemberatnya..
jadi ingat pelajaran SMA dulu...



CMIIW...
- sulistio
- Senior Airman
- Posts: 105
- Joined: 12 Apr 2009, 20:39
Re: penentuan cg
bagaimana dengan pesawat jenis bi plane pak.
- richard
- Technical Sergeant
- Posts: 304
- Joined: 13 Aug 2008, 18:15
- Location: Jakarta, Bali
- Contact:
Re: penentuan cg
Kalau high wing, ditimbang dlm posisi normal.
Kalau low wing dlm posisi terbalik.
Kalau biplane dlm posisi normal.
Kalau pesawatnya dari arf/pabrikan, coba timbang di titik dimana wing spar berada.
Sedikit nose heavy lebih bagus daripada tail heavy. Dan timbang dalam keadaan tanki kosong
Kalau low wing dlm posisi terbalik.
Kalau biplane dlm posisi normal.
Kalau pesawatnya dari arf/pabrikan, coba timbang di titik dimana wing spar berada.
Sedikit nose heavy lebih bagus daripada tail heavy. Dan timbang dalam keadaan tanki kosong