Pemula heli 6 ch HK 450 mohon bimbingannya
Moderators: Budiman, e12ry, Yudha
Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
- stefendy
- Technical Sergeant
- Posts: 301
- Joined: 14 Aug 2009, 08:13
- Location: Jayapura , 2°34'10.04"S - 140°41'21.37"E
Pemula heli 6 ch HK 450 mohon bimbingannya
Hari minggu 15 April 2012, saya mencoba menerbangkan heli elektrik 450 class dari HK ( used ) dengan setingan sbb
thortle = 0-30-55-75-100
pitch = -4 0 4 8 11
- Ketika terbang dengan angin kecil heli terbang normal ( heli naik turun sesuai keinginan stick throtle, ketika throtle posisi diturunkan setengah heli sudah descent ) namun ketika agak berangin ( kecepatan angin tidak tahu pasti ) dan ketika throttle posisi setengah heli tidak mau turun alias maintain di ketinggian semula dan ketika throttle di 1/4 heli baru mau turun, apakah hal ini normal?
- Ketika battery masih baru dipasang pada saat take off normal namun ketika sudah mengudara dan menambah throtle langsung tail gedhek2 ( tidak cepat namun gedhek2 ), saya menggunakan gyro hk401 dan servo hk 929 dengan setingan delay di gyro setengah dan di remote +40 ( /80 ), untuk mengoreksi yg mana? apakah di gyro-nya atau di TX-nya? ketika beberapa saat sudah terbang ( tegangan battery sudah turun ) tail tidak gedhek lagi....
- Baterry cepat panas untuk penerbangan belajar hover dan sedikit mondar mandir, apakah hal tersebut normal? atau kwalitas battery saya tidak bagus? ( battery turnigy nano 2200 c45 3cell tidak baru )
-Ketika heli agak jauh dari saya ( +- 40 mtr ) saya sudah disorientasi ( walau heli tidak sampai crash ), apakah ada tips untuk membedakan posisi heli ketika jauh dari pilot?
-Ketika saya melepas stick sekitar 5 detik ( tidak berani lebih ) heli masih tetap pada posisinya (hover, kondisi angin kecil ), apakah setingan heli sudah tepat? atau memang itu normal ? karena saya mendengar jika main heli jempol selalu goyang di stick untuk koreksi posisi heli..
Terimakasih
thortle = 0-30-55-75-100
pitch = -4 0 4 8 11
- Ketika terbang dengan angin kecil heli terbang normal ( heli naik turun sesuai keinginan stick throtle, ketika throtle posisi diturunkan setengah heli sudah descent ) namun ketika agak berangin ( kecepatan angin tidak tahu pasti ) dan ketika throttle posisi setengah heli tidak mau turun alias maintain di ketinggian semula dan ketika throttle di 1/4 heli baru mau turun, apakah hal ini normal?
- Ketika battery masih baru dipasang pada saat take off normal namun ketika sudah mengudara dan menambah throtle langsung tail gedhek2 ( tidak cepat namun gedhek2 ), saya menggunakan gyro hk401 dan servo hk 929 dengan setingan delay di gyro setengah dan di remote +40 ( /80 ), untuk mengoreksi yg mana? apakah di gyro-nya atau di TX-nya? ketika beberapa saat sudah terbang ( tegangan battery sudah turun ) tail tidak gedhek lagi....
- Baterry cepat panas untuk penerbangan belajar hover dan sedikit mondar mandir, apakah hal tersebut normal? atau kwalitas battery saya tidak bagus? ( battery turnigy nano 2200 c45 3cell tidak baru )
-Ketika heli agak jauh dari saya ( +- 40 mtr ) saya sudah disorientasi ( walau heli tidak sampai crash ), apakah ada tips untuk membedakan posisi heli ketika jauh dari pilot?
-Ketika saya melepas stick sekitar 5 detik ( tidak berani lebih ) heli masih tetap pada posisinya (hover, kondisi angin kecil ), apakah setingan heli sudah tepat? atau memang itu normal ? karena saya mendengar jika main heli jempol selalu goyang di stick untuk koreksi posisi heli..
Terimakasih
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya
Saya coba bantu,Pak..
Seperti biasa, saya akan menyarankan throttle curve pada point ke tiga berkisar pada angka antara 85 - 88%, dengan pitch pada point yang sama pada sudut 5 deg positif...ini dengan asumsi pada kondisi ini, throttle stick pada posisi di tengah dan heli mulai take-off. Ini saat memulai hover.
Alasan yang saya peroleh saat belajar dengan heli kelas ini adalah untuk menghindari panasnya ESC ato bahkan jebol..
Tentu saja, pada saat throttle stick di tengah, pitch main blade Anda saat ini membentuk sudut 4 deg positif, dan ini kurang memberikan daya angkat pada heli kecil tsb, jadi nya ya heli akan descent.....dan saat ada angin, tentu saja heli mulai terangkat karena mendapat bantuan dari angin ini. Jadi saya berpendapat ini adalah hal normal yang harus kita waspadai.Karena tidak selamanya heli akan mendapatkan bantuan dari angin.
Untuk gyro, saya kurang paham dengan gyro yang Anda gunakan sekarang. Namun, saya coba ber-andai2 saja bahwa Gyro ini adalah clone dari Futaba GY 401. Mungkin anda coba pada gyro,Anda set pada angka 0, dan gain pada Tx ,Anda set pada angka lebih dari 50%, misalkan 60%....
Ada kemungkinan, heli mengalami kelambanan respon dr Gyro saat ini....serta jangan lupa untuk memberikan tension timming belt yg tepat, jika memang heli menggunakan belt pada tail rotor.
Jika, saat hover, heli tetap stay tanpa dibantu dengan koreksi cyclic control, berarti settingan Anda memang bagus, karena swash plate heli Anda, benar2 level dengan swash degree 0 deg....saya salut dengan Anda.
Karena pada heli, pedoman yang selalu saya pegang saat ini, adalah memberikan koreksi input yang sekecil mungkin, meskipun heli saya menggunakan non flybarless...
Masalah orientasi, ini sangat relatif, ada pilot yang berpedoman pada landing skid serta ada yang mengandalkan canopy..
Saya memilih untuk berpedoman pada canopy selama ini. Tentu saja, canopy yang saya pergunakan selalu berwarna yang cerah dan sedikit kontras, misalkan warna putih, atopun warna merah dengan strip kuning...untuk saya perbedaan warna ini sangat membantu.
Bahkan biasanya, saya menggunakan bantuan stiker tertentu untuk menentukan salah satu sisi dari canopy...serta saya menghindari untuk terbang di saat sore hari, misalkan pukul 4 sore, karena pada kondisi ini, terbentuknya silhouete sangat mudah, dan sempat membuat saya kelabakan...
Demikian dulu,Pak...mudah2an dapat membantu...silahkan untuk mengajukan pertanyaan lagi jika belum paham
Seperti biasa, saya akan menyarankan throttle curve pada point ke tiga berkisar pada angka antara 85 - 88%, dengan pitch pada point yang sama pada sudut 5 deg positif...ini dengan asumsi pada kondisi ini, throttle stick pada posisi di tengah dan heli mulai take-off. Ini saat memulai hover.
Alasan yang saya peroleh saat belajar dengan heli kelas ini adalah untuk menghindari panasnya ESC ato bahkan jebol..
Tentu saja, pada saat throttle stick di tengah, pitch main blade Anda saat ini membentuk sudut 4 deg positif, dan ini kurang memberikan daya angkat pada heli kecil tsb, jadi nya ya heli akan descent.....dan saat ada angin, tentu saja heli mulai terangkat karena mendapat bantuan dari angin ini. Jadi saya berpendapat ini adalah hal normal yang harus kita waspadai.Karena tidak selamanya heli akan mendapatkan bantuan dari angin.
Untuk gyro, saya kurang paham dengan gyro yang Anda gunakan sekarang. Namun, saya coba ber-andai2 saja bahwa Gyro ini adalah clone dari Futaba GY 401. Mungkin anda coba pada gyro,Anda set pada angka 0, dan gain pada Tx ,Anda set pada angka lebih dari 50%, misalkan 60%....
Ada kemungkinan, heli mengalami kelambanan respon dr Gyro saat ini....serta jangan lupa untuk memberikan tension timming belt yg tepat, jika memang heli menggunakan belt pada tail rotor.
Jika, saat hover, heli tetap stay tanpa dibantu dengan koreksi cyclic control, berarti settingan Anda memang bagus, karena swash plate heli Anda, benar2 level dengan swash degree 0 deg....saya salut dengan Anda.
Karena pada heli, pedoman yang selalu saya pegang saat ini, adalah memberikan koreksi input yang sekecil mungkin, meskipun heli saya menggunakan non flybarless...
Masalah orientasi, ini sangat relatif, ada pilot yang berpedoman pada landing skid serta ada yang mengandalkan canopy..
Saya memilih untuk berpedoman pada canopy selama ini. Tentu saja, canopy yang saya pergunakan selalu berwarna yang cerah dan sedikit kontras, misalkan warna putih, atopun warna merah dengan strip kuning...untuk saya perbedaan warna ini sangat membantu.
Bahkan biasanya, saya menggunakan bantuan stiker tertentu untuk menentukan salah satu sisi dari canopy...serta saya menghindari untuk terbang di saat sore hari, misalkan pukul 4 sore, karena pada kondisi ini, terbentuknya silhouete sangat mudah, dan sempat membuat saya kelabakan...
Demikian dulu,Pak...mudah2an dapat membantu...silahkan untuk mengajukan pertanyaan lagi jika belum paham
- doditsky
- Senior Master Sergeant
- Posts: 614
- Joined: 09 Nov 2008, 07:20
- Location: Kudus, Jawa Tengah
- Contact:
Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya
stefendy wrote:
-Ketika heli agak jauh dari saya ( +- 40 mtr ) saya sudah disorientasi ( walau heli tidak sampai crash ), apakah ada tips untuk membedakan posisi heli ketika jauh dari pilot?
-Ketika saya melepas stick sekitar 5 detik ( tidak berani lebih ) heli masih tetap pada posisinya (hover, kondisi angin kecil ), apakah setingan heli sudah tepat? atau memang itu normal ? karena saya mendengar jika main heli jempol selalu goyang di stick untuk koreksi posisi heli..
Terimakasih
Nah kalo yang masalah orientasi hely ...sama dengan saya yang juga masih belajar om( eh nggak dink Om steffendy sudah Suhu juga ).....hehehehe betul kata suhu budiman warna canopy yang cerah....Nah kalo saya om menyarankan segera ganti hely dengan yang 600....ternyata beda banget dan sangat tenang nggak seperti 450...mungkin kalo yang sudah jago 450 akan mudah pake 600 ...kalo saya kok hanya belajar hover sebentar dan malah sering kawatir dengan angin yang bisa bikin hely 450 bisa dansa...karena sama2 jempol gemetar...trus begitu merasakan 600 ...waaaaahhhh anteng abiissssss....di ketinggian juga masih kelihatan.... laaa hely 600 ja kalo tinggi juga kecil om apalagii yang 450...hahahaha...





- stefendy
- Technical Sergeant
- Posts: 301
- Joined: 14 Aug 2009, 08:13
- Location: Jayapura , 2°34'10.04"S - 140°41'21.37"E
Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya
Suhu Budiman, terimakasih jawabanya yang membuat saya mendapat pencerahan, oh ya.. kemarin itu adalah terbang pertama saya di helikopter walaupun pernah menerbangkan raptor 50 hanya 30 detik dan langsung heli bergoncang dan mendengarkan suara blade-nya hati saya langsung ciut, untuk itu saya coba belajar dengan heli elektrik 450 class.., "hindari terbang sore hari sekitar jam 4 sore".. ini dia yang membuat saya disorientasi dan ketika itu posisi saya di timurnya heli dan benar heli hanya membentuk sebuah sliuet.. pada saat itu saya mencoba menggerakan heli bank kiri kemudian kanan yang akhirnya orientasi bisa di dapat kembali.... saya akan menset throtle di poin 3 pada 80%, jika poin 5 di 100% berarti poin 4 di 90%.... sticker..... nice idea.. terimakasih banyak om Budiman.
Suhu Doditsky, saya di dunia aeromodelling sangat masih baru terlebih di dunia heli rc, 600 class... hmmmmm.. belum dulu dech...
Suhu Doditsky, saya di dunia aeromodelling sangat masih baru terlebih di dunia heli rc, 600 class... hmmmmm.. belum dulu dech...
- DedDredd
- Senior Master Sergeant
- Posts: 570
- Joined: 11 Sep 2010, 17:04
- Location: Kediri-Jogja
Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya
Sekedar saran, jarak pandang terjauh aman untuk heli 450 untuk saya maksimal 50m, lebih dekat lebih baik asal nggak kurang dari 5-10m, kalo lagi nekat si bisa 1-2m di belakang heli kayak angon bebek hover
. untuk menerbangkan heli atau pesawat kalau saya harus menghindari posisi heli berada diantara kita dan matahari, jadi posisi paling baik untuk saya adalah terbang membelakangi matahari atau sumber cahaya. Soalnya sudah berkali-kali saya crash karena disorientasi melihat siluet heli
Kalo masalah waktu terbang menurut saya nggak masalah asalkan ada sumber cahaya yg cukup, paling sering saya terbang di pagi hari pukul 5-7 pagi, siang sampe sore juga ok, asal ada cukup cahaya yang berasal dari belakang kita, bahkan malam juga pernah tp cuman hover2 doang


Kalo masalah waktu terbang menurut saya nggak masalah asalkan ada sumber cahaya yg cukup, paling sering saya terbang di pagi hari pukul 5-7 pagi, siang sampe sore juga ok, asal ada cukup cahaya yang berasal dari belakang kita, bahkan malam juga pernah tp cuman hover2 doang

- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya
stefendy wrote:Suhu Budiman, terimakasih jawabanya yang membuat saya mendapat pencerahan, oh ya.. kemarin itu adalah terbang pertama saya di helikopter walaupun pernah menerbangkan raptor 50 hanya 30 detik dan langsung heli bergoncang dan mendengarkan suara blade-nya hati saya langsung ciut, untuk itu saya coba belajar dengan heli elektrik 450 class.., "hindari terbang sore hari sekitar jam 4 sore".. ini dia yang membuat saya disorientasi dan ketika itu posisi saya di timurnya heli dan benar heli hanya membentuk sebuah sliuet.. pada saat itu saya mencoba menggerakan heli bank kiri kemudian kanan yang akhirnya orientasi bisa di dapat kembali.... saya akan menset throtle di poin 3 pada 80%, jika poin 5 di 100% berarti poin 4 di 90%.... sticker..... nice idea.. terimakasih banyak om Budiman.
Suhu Doditsky, saya di dunia aeromodelling sangat masih baru terlebih di dunia heli rc, 600 class... hmmmmm.. belum dulu dech...
Om Stefendy,
Raptor 50 adalah salah satu heli dengan reputasi yg cukup baik.
Jika masalah berguncangnya heli, ini memerlukan analisa yg agak panjang dan tidaklah sesederhana electric heli.
Apa yg diungkapan Mas doditsky memang benar, semakin besar heli,semakin lebih terprediksi daripada heli kelas 450,karena bobotnya yg lebih berat.
Namun jika Anda hendak mengasah respon kendali Anda terhadap heli, maka heli 450 adalah yg terbaik sebagai sarananya, dulu saya juga memulai dr heli EP 450.
Jika Anda mampu menguasai si mungil 450, maka heli yg lebih besar akan terasa lebih mudah buat Anda nantinya...saya mengalaminya sendiri.
Jangan lupa untuk tetap berlatih di simulator, ini akan membantu Anda untuk lebih akrab soal orientasi saat menerbangkan heli, termasuk awareness saat tiba2 kita merasa 'blank' terhadap heli,misalkan heli nyelonong terbang over head..serta sarana untuk mencoba manuver baru, misakan terbang pattern,karena heli tidak hanya melulu hover saja,Om..hehehe
Selamat berlatih dan happy flying..
- andreansyah
- Technical Sergeant
- Posts: 348
- Joined: 12 Oct 2010, 21:13
- Location: jak-tim
- Contact:
Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya
Budiman wrote:
Jika Anda mampu menguasai si mungil 450, maka heli yg lebih besar akan terasa lebih mudah buat Anda nantinya...
penjelasan yg bijak om budiman ....

- doditsky
- Senior Master Sergeant
- Posts: 614
- Joined: 09 Nov 2008, 07:20
- Location: Kudus, Jawa Tengah
- Contact:
Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya
hihihihii betul-betul-betul.....kalo om Stefendy sih saya yakin sebentar ja pasti langsung enjoy dengan 450nya........ Kalo saya dulu ( eh sampai sekarang ding ) pasti sudah pesan sama Suhu Handoyo..."Om Han disetel yang super lemot ya, biar anteng...."
MEmang lebih komplek materialnya untuk si hely dari pada pesawat......tapi enaknya kalo mabur bisa di rem trus berhenti diatas.....asyik juga...nggak perlu main jauh2 .......

MEmang lebih komplek materialnya untuk si hely dari pada pesawat......tapi enaknya kalo mabur bisa di rem trus berhenti diatas.....asyik juga...nggak perlu main jauh2 .......
- jis7272
- Airman First Class
- Posts: 96
- Joined: 20 Feb 2012, 11:50
- Location: jakarta
- Contact:
Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya
untuk orientasi emang harus teliti ternyata, saya pikir saya aja yang mengalami disorientasi
terima kasih, ternyata kuncinya warna cerah
mau tanya juga, saya ada 1 unit heli elektrik 450, heli saya kalo posisi engga manuver alias dibikin posisi diam ditempat pada saat terbang selalu angguk-anguk ya? bukan gedek-gedek, heli masih tetap di posisinya, tapi kalo heli dicontrol maju mundur atau ke segala arah angguk-angguk nya sembuh, kira-kira apa yang harus saya cek?

terima kasih, ternyata kuncinya warna cerah
mau tanya juga, saya ada 1 unit heli elektrik 450, heli saya kalo posisi engga manuver alias dibikin posisi diam ditempat pada saat terbang selalu angguk-anguk ya? bukan gedek-gedek, heli masih tetap di posisinya, tapi kalo heli dicontrol maju mundur atau ke segala arah angguk-angguk nya sembuh, kira-kira apa yang harus saya cek?

- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1271
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: ( tanya )pemula heli mohon bimbingannya
jis7272 wrote:untuk orientasi emang harus teliti ternyata, saya pikir saya aja yang mengalami disorientasi
terima kasih, ternyata kuncinya warna cerah
mau tanya juga, saya ada 1 unit heli elektrik 450, heli saya kalo posisi engga manuver alias dibikin posisi diam ditempat pada saat terbang selalu angguk-anguk ya? bukan gedek-gedek, heli masih tetap di posisinya, tapi kalo heli dicontrol maju mundur atau ke segala arah angguk-angguk nya sembuh, kira-kira apa yang harus saya cek?
Throttle kurang besar prosentasenya pada throttle curve,Pak...
