Para suhu n senior Grage Aeromodelling saya mau tanya, gimana caranyanya memodifikasi ban depan Cessna agar bisa kokoh n kuat kadang klu pas main dipasir atau tdk rata saat Landing selalu ban Depannya bengkok keblkng...mungkin ada solusi dari Suhu n senior diGrage Aeromodelling....
ridarkad wrote:Para suhu n senior Grage Aeromodelling saya mau tanya, gimana caranyanya memodifikasi ban depan Cessna agar bisa kokoh n kuat kadang klu pas main dipasir atau tdk rata saat Landing selalu ban Depannya bengkok keblkng...mungkin ada solusi dari Suhu n senior diGrage Aeromodelling....
ganti pake kawat baja yang keras om...tp resikonya jd tambah berat dikit... saran sy sih latihan landing yang bagus aja om... krn hampir semua pesawat rc desain landing gearnya emang dibikin ngga kokoh...
untuk yang hobi landing kasar kayak daku mending pake standar om. daripada nanti kitnya rusak soale saya pernah coba di WD ganti kawat baja., hasilnya dudukan servo yang jadi tempat jepitan lG nya rusak
mungkin bisa dipertimbangkan soal landing gear, satu sisi kalau LG kuat enak juga sih enggak perlu sering betulinnya, tapi disisi lain kalo LG kuat entar kalau landing kurang mulus bisa jadi yang rompal fuselage atau wing nya ........ nah dengan kemungkinan kaya gitu mau pilih yang mana hayo ............... betulin LG atau fuselage atau sayap ................. kalau saya menghindari hal itu semua dengan mencoba dan tetap berlatih seperti fatwa suhu ariebudi, jangan bosen2 latihan landing dengan baik dan benar dengan kiat2nya biar bisa landing mulus pasti suhu ariebudi enggak keberatan untuk berbagi sekalian membimbingnya ..............
toto wrote:mungkin bisa dipertimbangkan soal landing gear, satu sisi kalau LG kuat enak juga sih enggak perlu sering betulinnya, tapi disisi lain kalo LG kuat entar kalau landing kurang mulus bisa jadi yang rompal fuselage atau wing nya ........ nah dengan kemungkinan kaya gitu mau pilih yang mana hayo ............... betulin LG atau fuselage atau sayap ................. kalau saya menghindari hal itu semua dengan mencoba dan tetap berlatih seperti fatwa suhu ariebudi, jangan bosen2 latihan landing dengan baik dan benar dengan kiat2nya biar bisa landing mulus pasti suhu ariebudi enggak keberatan untuk berbagi sekalian membimbingnya ..............
salam
hahaha...eyang suhu toto ini paling pinter kalo mengolah kata...saya juga masih belajar landing eyang...belum berani balajar terbang lebih lanjut kalo landing belum lulus...mungkin sedikit tips aja...nanti lebih lanjut akan dijelaskan secara gamblang oleh eyang suhu toto...sarat mutlak untuk berlatih landing yang bagus adalah terbang lurus dan stabil dalam segala kecepatan dan kondisi angin...krn ngga ada landing yg dilakukan dalam posisi belok...hehehe...idealnya landing arahnya headwind tp kodisi tertentu kadang jg harus landing dengan crosswind...ambil ancang2 landing dengan terbang lurus kearah runway...kurangi trotel sedikit2 agar pesawat turun tahan elevator agar posisi pesawat tetap level...mainkan ruder untuk mengatur arah pesawat...jangan pake aileron krn rawan stall...pertahankan posisi pesawat turun perlahan...usahakan landing dengan roda menyentuh landasan bersamaan ato threepoint landing...selamat berlatih...*mohon koreksinya eyang toto kalo sy ngawurnya kelewatan...hihihi
alhamdulillah, kalau begawan suhu ariebudi udah turun dari mayapada semua masalah landing selesai sudah ...... saya cuman dikit aja nambahin ya suhu ..... gini nih kalau saya waktu landing posisi elevator saya trim sedemikian rupa dari mulai line up sampai mendekati posisi flare kalau sempet, jadi selama penerbangan saya enggak pernah membiarkan trim elevator tidak tersentuh ...... ...... posisi takeoff - cruising - landing posisi trim elevator berbeda, ini saya nyontoh waktu duduk di cockpit pesawat di samping pak kusir mengendarai kudanya ............. ternyata kok enak ya dan akhirnya jadi kebiasaan deh sampe saat ini .......
eh dikit lagi deng, kalau pakai remote digital kan setiap klik dari trim bisa diset, di remote saya normal nya setiap klik trim angkanya 4 (satuannya saya enggak tahu) nah untuk ini saya besarkan jadi 8 biar lebih terasa efeknya saat trim di klik .... gituh lok tapi ini bukan klik bca loh ...
nambahin lagi boleh ya...sedikit warning aja buat saya yang lg belajar...jangan membiasakan diri landing dengan cut throtle diatas...karena ngga semua pesawat mau diperlakukan seperti ini...berlatihlah landing dengan mengatur power...happy landing...
*maap om ridarkad...malah jg pd ngelantur nih...masalah landing gear udah ada pencerahan yang bagus do om opikandi ya...