Page 1 of 6

Angin dan Autorotation

Posted: 19 Jun 2012, 09:01
by Budiman
Sekedar berbagi, jika angin agak kurang bersahabat, dgn catatan bukan angin ribut lho ya, maka akan jadi 'teman' yg klop buat belajar untuk autorotation atopun 'baby-autorotation'.

Re: Angin dan Autorotation

Posted: 19 Jun 2012, 12:54
by panji76
betul om...saya sering terbang(pesawat elektrik) dengan angin agak kenceng dengan airfoil wing agak datar....untuk melatih jempol dan menambah jam terbang.

Re: Angin dan Autorotation

Posted: 19 Jun 2012, 12:58
by Budiman
panji76 wrote:betul om...saya sering terbang(pesawat elektrik) dengan angin agak kenceng dengan airfoil wing agak datar....untuk melatih jempol dan menambah jam terbang.

Jadi sering men-simulasi-kan situasi 'death stick' ya,Om?..maklum, saya buta dgn fixed wing neh..:tlt

Re: Angin dan Autorotation

Posted: 19 Jun 2012, 13:08
by budi.santoso
Budiman wrote:Sekedar berbagi, jika angin agak kurang bersahabat, dgn catatan bukan angin ribut lho ya, maka akan jadi 'teman' yg klop buat belajar untuk autorotation atopun 'baby-autorotation'.

Setuju..
Anyway baby-autorotation itu dijelaskan dong maksudnya gmana..?

Re: Angin dan Autorotation

Posted: 19 Jun 2012, 14:46
by Budiman
budi.santoso wrote:
Budiman wrote:Sekedar berbagi, jika angin agak kurang bersahabat, dgn catatan bukan angin ribut lho ya, maka akan jadi 'teman' yg klop buat belajar untuk autorotation atopun 'baby-autorotation'.

Setuju..
Anyway baby-autorotation itu dijelaskan dong maksudnya gmana..?

Saya juga ga begitu paham dg istilah baby-autorotation ini, kalo ga salah, throttle di 'recovery' dr kondisi 'throttle cut-off' saat heli masih 'gliding' pada ketinggian tertentu, mohon koreksi, Suhu..:thx

Kalo saya lebih banyak, recovery throttle setelah heli touch down.... :pis

Re: Angin dan Autorotation

Posted: 19 Jun 2012, 15:05
by panjitohaga
biasanya yg di sebut baby autoration itu (yg saya tahu) autorotation dari jarak yg tidak terlalu tinggi..misalnya dari posisi hover setinggi mata kita...atau jarak 2-3 meter dari tanah. :pis

Re: Angin dan Autorotation

Posted: 19 Jun 2012, 15:22
by Budiman
panjitohaga wrote:biasanya yg di sebut baby autoration itu (yg saya tahu) autorotation dari jarak yg tidak terlalu tinggi..misalnya dari posisi hover setinggi mata kita...atau jarak 2-3 meter dari tanah. :pis

Oh ya..bener juga....:pis......

Re: Angin dan Autorotation

Posted: 19 Jun 2012, 16:12
by DedDredd
Budiman wrote:
budi.santoso wrote:
Budiman wrote:Sekedar berbagi, jika angin agak kurang bersahabat, dgn catatan bukan angin ribut lho ya, maka akan jadi 'teman' yg klop buat belajar untuk autorotation atopun 'baby-autorotation'.

Setuju..
Anyway baby-autorotation itu dijelaskan dong maksudnya gmana..?

Saya juga ga begitu paham dg istilah baby-autorotation ini, kalo ga salah, throttle di 'recovery' dr kondisi 'throttle cut-off' saat heli masih 'gliding' pada ketinggian tertentu, mohon koreksi, Suhu..:thx

Kalo saya lebih banyak, recovery throttle setelah heli touch down.... :pis



gliding heli emang asyik, asal jangan lupa rpm drop aja.... :pis

Re: Angin dan Autorotation

Posted: 19 Jun 2012, 16:30
by herjuno
oh brarti slama ini saya cuman brani baby autorotation.. xixixii

Re: Angin dan Autorotation

Posted: 19 Jun 2012, 17:16
by Budiman
Waspada selalu dgn tail rotor dan tail boom, saat heli 'flaring' sesaat sebelum touch down serta kemungkinan heli utk bounching(memantul) saat touch down

Heli besar yg ber-headspeed tinggi(tipikal heli 3D), sangat membantu dalam proses belajar Autorotation.