Page 1 of 6
Angin dan Autorotation
Posted: 19 Jun 2012, 09:01
by Budiman
Sekedar berbagi, jika angin agak kurang bersahabat, dgn catatan bukan angin ribut lho ya, maka akan jadi 'teman' yg klop buat belajar untuk autorotation atopun 'baby-autorotation'.
Re: Angin dan Autorotation
Posted: 19 Jun 2012, 12:54
by panji76
betul om...saya sering terbang(pesawat elektrik) dengan angin agak kenceng dengan airfoil wing agak datar....untuk melatih jempol dan menambah jam terbang.
Re: Angin dan Autorotation
Posted: 19 Jun 2012, 12:58
by Budiman
panji76 wrote:betul om...saya sering terbang(pesawat elektrik) dengan angin agak kenceng dengan airfoil wing agak datar....untuk melatih jempol dan menambah jam terbang.
Jadi sering men-simulasi-kan situasi 'death stick' ya,Om?..maklum, saya buta dgn fixed wing neh..

Re: Angin dan Autorotation
Posted: 19 Jun 2012, 13:08
by budi.santoso
Budiman wrote:Sekedar berbagi, jika angin agak kurang bersahabat, dgn catatan bukan angin ribut lho ya, maka akan jadi 'teman' yg klop buat belajar untuk autorotation atopun 'baby-autorotation'.
Setuju..
Anyway baby-autorotation itu dijelaskan dong maksudnya gmana..?
Re: Angin dan Autorotation
Posted: 19 Jun 2012, 14:46
by Budiman
budi.santoso wrote:Budiman wrote:Sekedar berbagi, jika angin agak kurang bersahabat, dgn catatan bukan angin ribut lho ya, maka akan jadi 'teman' yg klop buat belajar untuk autorotation atopun 'baby-autorotation'.
Setuju..
Anyway baby-autorotation itu dijelaskan dong maksudnya gmana..?
Saya juga ga begitu paham dg istilah baby-autorotation ini, kalo ga salah, throttle di 'recovery' dr kondisi 'throttle cut-off' saat heli masih 'gliding' pada ketinggian tertentu, mohon koreksi, Suhu..

Kalo saya lebih banyak, recovery throttle setelah heli touch down....

Re: Angin dan Autorotation
Posted: 19 Jun 2012, 15:05
by panjitohaga
biasanya yg di sebut baby autoration itu (yg saya tahu) autorotation dari jarak yg tidak terlalu tinggi..misalnya dari posisi hover setinggi mata kita...atau jarak 2-3 meter dari tanah.

Re: Angin dan Autorotation
Posted: 19 Jun 2012, 15:22
by Budiman
panjitohaga wrote:biasanya yg di sebut baby autoration itu (yg saya tahu) autorotation dari jarak yg tidak terlalu tinggi..misalnya dari posisi hover setinggi mata kita...atau jarak 2-3 meter dari tanah.

Oh ya..bener juga....

......
Re: Angin dan Autorotation
Posted: 19 Jun 2012, 16:12
by DedDredd
Budiman wrote:budi.santoso wrote:Budiman wrote:Sekedar berbagi, jika angin agak kurang bersahabat, dgn catatan bukan angin ribut lho ya, maka akan jadi 'teman' yg klop buat belajar untuk autorotation atopun 'baby-autorotation'.
Setuju..
Anyway baby-autorotation itu dijelaskan dong maksudnya gmana..?
Saya juga ga begitu paham dg istilah baby-autorotation ini, kalo ga salah, throttle di 'recovery' dr kondisi 'throttle cut-off' saat heli masih 'gliding' pada ketinggian tertentu, mohon koreksi, Suhu..

Kalo saya lebih banyak, recovery throttle setelah heli touch down....

gliding heli emang asyik, asal jangan lupa rpm drop aja....

Re: Angin dan Autorotation
Posted: 19 Jun 2012, 16:30
by herjuno
oh brarti slama ini saya cuman brani baby autorotation.. xixixii
Re: Angin dan Autorotation
Posted: 19 Jun 2012, 17:16
by Budiman
Waspada selalu dgn tail rotor dan tail boom, saat heli 'flaring' sesaat sebelum touch down serta kemungkinan heli utk bounching(memantul) saat touch down
Heli besar yg ber-headspeed tinggi(tipikal heli 3D), sangat membantu dalam proses belajar Autorotation.