HEAD SPEED IDEAL

Khusus untuk membahas dasar2 heli rc

Moderators: Budiman, e12ry, Yudha

Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
User avatar
rindra
Airman
Airman
Posts: 32
Joined: 28 Jul 2007, 19:27

HEAD SPEED IDEAL

Post by rindra »

Salam kenal bapak-bapak suhu eh..Bung suhu?!?sy newbie banget nih ada pertanyaan khususnya untuk heli electric,

1. Berapa head speed ideal untuk trex S dalam kondisi normal hover dan idle up (aerobatic)? yg digunakan motor 3550KV, esc 35A, pinion 11T.

2. Selain mengatur head speed lewat pinion dan kv motor apa mungkin head speed diatur lewat throttle curv (misal yang digunakan motor 4200KV, terlalu kenceng sehingga throttle max 80%, mid 30%), apakah hal tersebut bisa mengakibatkan motor rusak? untuk yang ini motor 4200KV pinion 11T esc 30A, bat 2200 20C (heli DF60).

3. Gimana nentuin head speed ideal buat suatu jenis heli? apa dari berat heli?ukuran blade DLL?

4. Sy udah 2x pake motor 3200KV align untuk DF 60 walkera, yang pertama kebakar motor + ESC, yg kedua Motornya aja, kira2 kenapa ya? pit standar aja 0-10, pinion 11T batre 20c 2200, blade lebih kecil dari 325. Malahan yang ke-2 cuma kepake 2x batre #-o , esc yg pertama 25 yg ke-2 35A :-k

Maaf deh pertanyaan banyak, tapi malu bertanya sesat dijalan...ato malumaluin 8-[

MERDEKAAAAAAAA
User avatar
andre77
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 376
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

Halo Rindra

1.maksud dari head speed ideal itu kalo di ukur dengan RPM meter kali ya,wah saya sih blom pernah hitung nanti kapan2 saya coba itung dengan bantuan teman,tapi prinsip dasarnya semakin besar throtle dari pada pitch maka akan smemakin efisien dan mengurangi beban arus.

2.pake motor 4200 kv kan tujuannya untuk menambah performa ya jangan dikurangi dong biar aja tetap 100% throtle curvenya,asal ESC harus memadai misal motor 4200 pake esc 30 A ini gawat esc kekecilan rawan kebakar,tapi ada juga motor yang di tulisannya 4200kv tapi pake esc 25A udah cukup saya rasa mungkin motor itu gak real 4200KV.

3.nentuin head speed bisa dari teori2 yang sudah ada dan sedikit modifikasi dari kita sendiri alias mesti try & eror,sambil kita rasakan mana yang sesuai dan pas untuk kita tapi patokan usahakan RPM lebih tinggi dari pitch.kalo kita pake blade yang lebih kecil bisa juga untuk menambah lift kita naikkan RPM dengan menambah throtle curve.

4.wah ini seperti yang di alami oleh pak Budi mungkin beliau bisa menerangkan tapi prinsipnya throtle mesti lebih tinggi dari pitch supaya beban motor dan esc tidak begitu besar saya pakai throtle curve untuk idle up 100 95 90 95 100 terbang 5 menit lipo cuma anget aja
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: HEAD SPEED IDEAL

Post by Budiman »

rindra wrote:Salam kenal bapak-bapak suhu eh..Bung suhu?!?sy newbie banget nih ada pertanyaan khususnya untuk heli electric,

1. Berapa head speed ideal untuk trex S dalam kondisi normal hover dan idle up (aerobatic)? yg digunakan motor 3550KV, esc 35A, pinion 11T.

2. Selain mengatur head speed lewat pinion dan kv motor apa mungkin head speed diatur lewat throttle curv (misal yang digunakan motor 4200KV, terlalu kenceng sehingga throttle max 80%, mid 30%), apakah hal tersebut bisa mengakibatkan motor rusak? untuk yang ini motor 4200KV pinion 11T esc 30A, bat 2200 20C (heli DF60).

3. Gimana nentuin head speed ideal buat suatu jenis heli? apa dari berat heli?ukuran blade DLL?

4. Sy udah 2x pake motor 3200KV align untuk DF 60 walkera, yang pertama kebakar motor + ESC, yg kedua Motornya aja, kira2 kenapa ya? pit standar aja 0-10, pinion 11T batre 20c 2200, blade lebih kecil dari 325. Malahan yang ke-2 cuma kepake 2x batre #-o , esc yg pertama 25 yg ke-2 35A :-k

Maaf deh pertanyaan banyak, tapi malu bertanya sesat dijalan...ato malumaluin 8-[

MERDEKAAAAAAAA



Alo pak Rindra,

soal motor align dan esc yg terbakar..saya belum perna mengalami motor align terbakar..jangan sampe de.. #-o
tapi utk urusan ESC terbakar..perna mengalami 2 kali..setelah saya telusuri ini disebabkan oleh pemasangan heat sink yg salah dr pihak manufactur...kemudian saya adakan modifikasi sedikit,ternyata banyak membantu..dan menu cut off dr ESC krn high temperature lebih teraplikasi dengan adanya modifikasi ini...

mungkin temen2 yg laen bisa nambahin,

salam,

budi
User avatar
andre77
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 376
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

Untuk mengetahui putaran rotor head menurut saya,kita tingal menghitung

Jumlah main gear / jumlah pinion = total putaran pinion dalam 1 kali putaran blade,misal 100/10=10 misal motor kita di 1000rpm jadi tingal bagi aja 1000/10=jadi 100 rpm pada rotor head.

kalo salah mohon di persory
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Coba menambah...

Untuk ukuran heli trex atau sekelasnya dengan stok blade yang ada min 315mm cukup dperlukan RPM 2500 untuk terbang standar atau RPM 2800 untuk Acrobatic, bisa diukur dg apa ya alatnya... gak tau sih...

Tapi secara manual juga bisa dihitung kasaran...
(RPM Motor x voltase) : (Pinion Main Gear/Pinion Motor)
misal
(3550 x 11,1) / (150/11) = 2889,xxx

Itu kalau tegangan batterynya segitu lho... mungkin jg tidak nyampe maksimal... dan semakin besat pinion gear, maka semakin cepat RPM blade tapi akan membuat beban lipo semakin besar dan ESC juga

Kalau salah dipersory juga #-o #-o
User avatar
arief
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 60
Joined: 29 Jan 2007, 01:26
Location: Jakarta
Contact:

Post by arief »

setau saya sih headspeed optimum adalah sekitar 2000RPM sama seperti heli beneran, bisa diukur menggunakan Tachometer. lebih dari itu biasanya blade holder akan retak atau pecah atau blade yg pecah

dari target 2000rpm dan KV motor g digunakan, bisa dihitung menggunakan rumus di atas utk mendapatkan angka pinion
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Wah kalau standar RPM 2000, pake motor 3550kv dg pinion gear 11T kebesaran pak ya... kalau hitungannya sih ketemu RPM 2800

Ada nggak pinion lebih kecil dari 11T ya...
User avatar
Mukti
Airman
Airman
Posts: 46
Joined: 19 Jan 2007, 13:17
Location: Bekasi

Post by Mukti »

Ini semua setahu saya:
1. Untuk T-Rex ideal headspeed 2200rpm untuk aerobatic dan 1800~2000 untuk hover, tapi ada yang main 3D sampai 2500rpm, ini didapat dengan mengalikan KV motor dengan tegangan batt max dan dikalikan lagi dengan ratio gear. Ratio gear setiap Heli beda, T-Rex XL dengan T-Rex S setahu saya beda, yang beda di jumlah gigi main gear (seperti keterangan P.Syafik)
2. Efisiensi Motor maksimum adalah pada Speed maksimumnya jadi usahakan untuk manuver 3D ada di speed motor maksimum. Untuk Hover dan FF gak masalah mainin di TH Curve.
3. Headspeed ideal memang beda2 tiap Heli, semakin besar heli sebaiknya HS semakin rendah agar counter torque nya lebih mudah, tapi otomatis harus punya Power Drive yang punya torsi besar di Rpm yang lebih rendah, misalnya kalau Heli engine pakai Engine yang lebih besar, gasoline atau pakai 4 Stroke. Semakin rendah HS flightynya lebih tenang.
4.Mungkin Walkera DF60 ratio gearnya lebih rendah pak, sehingga konsumsi arusnya juga lebih tinggi. mungkin harus pake pinion 9T.
User avatar
andre77
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 376
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

betul juga kata pak Arief untuk heli elektrik sih enak kira bisa cek menggunakan RPM meter tapi sebaiknya di lakukan 2 orang jadi kita bisa dapet head sped setelah mendapat beban dari blade.
User avatar
arief
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 60
Joined: 29 Jan 2007, 01:26
Location: Jakarta
Contact:

Post by arief »

bukankah blade TREX hanya tahan sampai 2200RPM? hehehe cara ukur yg paling gampang, sebelum blade pecah berarti headspeed masih aman
Post Reply