Awal kisah berawal dari seorang teman GAC yang minta dibuatin pesawat homemade... trus sy bilang sediakan aja sparepartnya...tanpa basa basi teman itupun langsung order di salah satu HS Lokal... tibanya part2 tersebut langsung diserahkan ke sy.... singkat cerita...ESC yg di order merk Em*x 30A...dan setelah di test, baru separuh throtle tiba2 cut off... hal ini terjadi berulang2 kali...hingga diputuskan untuk melakukan setting ESC... oleh karena merk tsb diatas baru kali ini sy gunakan, sy bingung gimana cara settingnya krn tdk disertai manual booknya Uji coba yg bermodalkan nekatpun dimulai...settingan yg biasa sy lakukan di ESC2 sebelumnya sy terapkan pada ESC ini... Alhasil...Tiba2 propeller berputar sendiri tanpa diperintah...dan kekuatannya sebanding dengan full throtle dan pada saat yg sama propeller mengenai tangan sy...sehingga tangan sy terluka... berikut penampakannya...
Namun setelah kejadian ini sy terdiam sejenak dan bertanya dalam hati...kira2 dimana letak kesalahan sy yg mengakibatkan propeller tiba2 berputar dengan kencangnya?? Koneksi dari batrei ke ESC sy cabut dan sy pasang kembali...setelah ditest, ternyata Cut Off yg terjadi sebelumnya tdk terjadi lagi...hatipun lega sampai2 darah yg mengalir dari luka ditangan sy tak terasa... Namun lucunya...settingan yg sy lakukan pada ESC tsb sy lupa... entah gimana jadinya sampai ESC jadi normal.. Sungguh pengalaman yg sangat luar biasa...namun krn kecintaan sy terhadap hobby ini, kejadian diatas tdk bikin nyali sy ciut sedikitpun...hehehehe...
waduh om BG semoga lekas sembuh lukanya.. kok bisa tiba2 berputar ya? karena memang kalo yang biasa saya praktekan pas setting esc itu; posisi throttle memang di set full, lalu konek esc ke baterai sampai bel motor bunyi sekali lanjut throttle saya off.. tapi nda' tau juga apa beda merk esc beda cara settingnya.. #cmiiw maklum saya mungkin juga ke depannya harus dikasih jarak aman om antara kita dengan motor, biar selamet
agansetiadi wrote:waduh om BG semoga lekas sembuh lukanya.. kok bisa tiba2 berputar ya? karena memang kalo yang biasa saya praktekan pas setting esc itu; posisi throttle memang di set full, lalu konek esc ke baterai sampai bel motor bunyi sekali lanjut throttle saya off.. tapi nda' tau juga apa beda merk esc beda cara settingnya.. #cmiiw maklum saya mungkin juga ke depannya harus dikasih jarak aman om antara kita dengan motor, biar selamet
Amiiin....makasih om agansetiadi atas doanya... emang sich kalo sy set ESC sebelum2nya hanya pake yg biasanya seperti yg om bilang...di set dengan full throtle menunggu bunyi ESC selesai...lalu throtle di off...tapi gak tau juga dimana letak kesalahannya... Untuk jarak sich sebelumnya sdh sy perkirakan gak bakal kena tangan, tapi ketika propeller tiba2 berputar sebanding dengan power full throtle, maka dengan sendirinya pesawat menerkam sy dengan liarnya...itulah yg namanya pengalaman...hehehehe btw,...skali lagi makasih ya om...
Nambahin sdikit sharing juga om BG... Klo masih setting ini itu slalu lepas propeller aja. Jika ingin mengetahui fungsi esc ke motor,pada shaft motor bisa ditempel isolasi kertas skitar 3-5cm dengan penempelan kayak bentuk bendera gitu. Nanti keliatan ko arah putaran motor ataupun rpm nya.
Saya juga pernah ngalami kayak gini pas setting QC..3 dari 4 prop QC mengenai tangan dan jidat saya. Sangat bersyukur karena yang kena jidat masih berjarak 2cm dari mata.