tanya down thrust...

Teori dan pembahasan aerodinamika

Moderator: NGL

User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

tanya down thrust...

Post by anelah »

Dng sudut down thrust 5deg letak CG kira2 seperempat diameter (bentuk sayap lingkaranan).
Apakah dengan membuat sudut down thrust lebih besar dan menggeser CG sedikit kearah tail bisa diperoleh pesawat dengan karakter terbang lebih lamban? Dalam hal ini motor thrust cukup kuat.

Kalau salah ya muhun maap.
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: tanya down thrust...

Post by iwan21 »

Faktor yg membuat terbang lebih lamban adalah wing loading yg rendah pak, setau saya gak ada hubungan sama down thrust dan juga geser2 CG
User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: tanya down thrust...

Post by anelah »

klu wingloding 14gr/dm2, akan tetapi pesawat terbang nggak lamban itu kira2 faktor penyebabnya dimana? tks.
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: tanya down thrust...

Post by toto »

om anelah kalau boleh tahu maksud lambat ini selambat gimana ya dan jenis pesawatnya apa terus bentuk/profil sayap nya seperti abis itu terbuat dari apa

nah kalau data ini komplit mungkin suhu iwan21 bisa ngasih resep nya lebih maknyus deh

wing loading beloh kecil tapi beda bentuk/profil sayap tidak tertutup akan beda juga dalam menciptakan daya angkatnya .... ini juga kalau enggak salah loh ya



salam
User avatar
anelah
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 743
Joined: 25 Dec 2008, 07:18
Location: Lampung

Re: tanya down thrust...

Post by anelah »

Ok, bentuk sayap lingkaran, bahan depron 3mm. Versi nutball dengan diameter 25cm dan 15cm. Saya sangat suka dng pesawat jenis ini, lucu bentuknya.
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: tanya down thrust...

Post by toto »

wah mungkin yang membuat harapan om anelah bahwa pesawat bisa terbang pelan karena salah satu nya bentuk sayapnya itu juga deh .......... bentuknya memang boleh manis dan lucu terus wingloadingnya pun kecil tapi mungkin bisa jadi tidak pada kecepatan rendah tidak bisa menciptakan tekanan udara yang lebih rendah di permukaan sayap nya ............ bahasa atau tulisan pinternya saya yakin suhu iwan21 sebagai sesepuh suhu pesawat imoet2 akan lebih manjur dalam menjelaskan dan kemudian memberikan arahan selanjutnya agar apa yang di cita2kan oleh om anelah dapat tercapai ............... :ide





salam
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: tanya down thrust...

Post by christoffel »

menurut hemat saya pesawatnya om anelah memang kurang lambat dari desain nya, karena ukuran pesawatnya kecil defenisi "lambat" nya yg jadi relatif juga.
menurut aturan scale : stall speed juga sebanding dg wing span.
sedangkan stall speed berbanding terbalik dg wing loading.
jadi wing loading juga harus berbanding terbalik dg wing span.
ilustrasinya begini: kalau mobil beneran jalan 150km/jam dibilang ngebit, maka kalau mobil yg sama tapi dg scala 1:10 nya (panjang nya 1/10, lebarnya 1/10, tingginya juga 1/10) cukup jalan 15km/jam saja untuk bisa di bilang ngebut.

wing loading pesawat om anelah sekarang 14gr/dm2 dg wingspan 25cm
ini kira2 kalau dibandingkan dg pesawat size 40 yg WS nya sekitar 150m kan berarti wing loading nya setara 14 x 150/25 = 84gr/dm2
dengan WL segini jelas ini bukan pesawat lambat kan ...
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: tanya down thrust...

Post by AgoesAurelz »

inti dari pertanyaan diatas adalah soal Down Trust, CG dan hubungannya dengan Lambatnya laju pesawat....
dan sudah dijawab.... tidak ada hubungannya...

Kelambatan laju pesawat dari sangat dipengaruhi oleh bentuk/model sayap, wingloading, wingchord (sudah dijawab juga diatas)

Selain itu tentu besar power motor yg dipakai dan ukuran propeller juga sangat berpengaruh!...
Saya lihat dari pertama tidak dibahas specs motor dan propeller (padahal ini juga berpengaruh utk membuat pesawat bisa melaju dgn lambat tapi mantap)
om mau buat pswt lambat tentu harus melihat specs motor juga...
Carilah motor dgn kv yg rendah,
pilih propeller berdiameter besar dgn pitch nya kecil tapi lebar... (lebih ke Thrust daripada ke speed!)
Pastilah handling pesawat akan enak utk manuver2 pada kecepatan yg sangat rendah (spt karakter utk pswt 3D)...
bahkan pesawat akan mampu terbang "tanpa kecepatan" (statis)....alias terbang di "zona stall"
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: tanya down thrust...

Post by toto »

nah kalau om christoffel dan suhu AA sudah muncul enak nih langsung pada contoh nya tidak hanya berdasarkan teori doang .............. sekalian kemarin ke surabaya enggak sempet menghadap seluruh suhu di surabaya cuman ketemu suhu syafik dan diki aja padahal udah klinteran di sekitar pondok chandra tapi hanya berakhir di restoran ikan laut doang .......................... :shy




salam
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: tanya down thrust...

Post by christoffel »

betul om AA.
om anelah ini bikin pertanyaan tentang pesawat ini di beberapa thread dan kebetulan saya baca semua, jadi saya mengerti arah pertanyaan nya.

yg saya jawab di atas itu untuk pertanyaan om anelah yg ini
klu wingloding 14gr/dm2, akan tetapi pesawat terbang nggak lamban itu kira2 faktor penyebabnya dimana? tks.


untuk pertanyaan di awal thread, seperti yg dikatakan suhu iwan diatas :
Faktor yg membuat terbang lebih lamban adalah wing loading yg rendah pak, setau saya gak ada hubungan sama down thrust dan juga geser2 CG

Saya bisa mengerti logika om anelah. dan ini ada benarnya juga.
supaya pesawat bisa terbang, Lift=weight.
Lift selain di pengaruhi oleh airspeed, airfoil dan luas sayap, juga dipengaruhi oleh AoA (sudut serang sayap).
Lift paling besar di dapat saat max AoA. katakan lah 45 derajat. maka pada posisi ini pesawat akan tengadah.
Pada posisi ini, sebagian dari thrust juga akan membantu Lift mengangkat pesawat, jadi airspeed bisa dikurangi juga. (terbang bisa sangat lambat).
manuver ini sering kita kenal sebagai high-alpha. om AA yg sering main ducted pasti sudah sering melakukan ... hehehe...
cuman, meskipun posisi pesawatnya tengadah, bukan berarti berat belakang.
CG nya tetap normal, cuman ada trim elevator up yg cukup.

mudah2an cukup jelas
Last edited by christoffel on 19 Jul 2012, 12:49, edited 1 time in total.
Post Reply