Dng sudut down thrust 5deg letak CG kira2 seperempat diameter (bentuk sayap lingkaranan).
Apakah dengan membuat sudut down thrust lebih besar dan menggeser CG sedikit kearah tail bisa diperoleh pesawat dengan karakter terbang lebih lamban? Dalam hal ini motor thrust cukup kuat.
Kalau salah ya muhun maap.
tanya down thrust...
Moderator: NGL
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: tanya down thrust...
Faktor yg membuat terbang lebih lamban adalah wing loading yg rendah pak, setau saya gak ada hubungan sama down thrust dan juga geser2 CG
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: tanya down thrust...
klu wingloding 14gr/dm2, akan tetapi pesawat terbang nggak lamban itu kira2 faktor penyebabnya dimana? tks.
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: tanya down thrust...
om anelah kalau boleh tahu maksud lambat ini selambat gimana ya dan jenis pesawatnya apa terus bentuk/profil sayap nya seperti abis itu terbuat dari apa
nah kalau data ini komplit mungkin suhu iwan21 bisa ngasih resep nya lebih maknyus deh
wing loading beloh kecil tapi beda bentuk/profil sayap tidak tertutup akan beda juga dalam menciptakan daya angkatnya .... ini juga kalau enggak salah loh ya
salam
nah kalau data ini komplit mungkin suhu iwan21 bisa ngasih resep nya lebih maknyus deh
wing loading beloh kecil tapi beda bentuk/profil sayap tidak tertutup akan beda juga dalam menciptakan daya angkatnya .... ini juga kalau enggak salah loh ya
salam
- anelah
- Senior Master Sergeant
- Posts: 743
- Joined: 25 Dec 2008, 07:18
- Location: Lampung
Re: tanya down thrust...
Ok, bentuk sayap lingkaran, bahan depron 3mm. Versi nutball dengan diameter 25cm dan 15cm. Saya sangat suka dng pesawat jenis ini, lucu bentuknya.
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: tanya down thrust...
wah mungkin yang membuat harapan om anelah bahwa pesawat bisa terbang pelan karena salah satu nya bentuk sayapnya itu juga deh .......... bentuknya memang boleh manis dan lucu terus wingloadingnya pun kecil tapi mungkin bisa jadi tidak pada kecepatan rendah tidak bisa menciptakan tekanan udara yang lebih rendah di permukaan sayap nya ............ bahasa atau tulisan pinternya saya yakin suhu iwan21 sebagai sesepuh suhu pesawat imoet2 akan lebih manjur dalam menjelaskan dan kemudian memberikan arahan selanjutnya agar apa yang di cita2kan oleh om anelah dapat tercapai ...............
salam

salam
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: tanya down thrust...
menurut hemat saya pesawatnya om anelah memang kurang lambat dari desain nya, karena ukuran pesawatnya kecil defenisi "lambat" nya yg jadi relatif juga.
menurut aturan scale : stall speed juga sebanding dg wing span.
sedangkan stall speed berbanding terbalik dg wing loading.
jadi wing loading juga harus berbanding terbalik dg wing span.
ilustrasinya begini: kalau mobil beneran jalan 150km/jam dibilang ngebit, maka kalau mobil yg sama tapi dg scala 1:10 nya (panjang nya 1/10, lebarnya 1/10, tingginya juga 1/10) cukup jalan 15km/jam saja untuk bisa di bilang ngebut.
wing loading pesawat om anelah sekarang 14gr/dm2 dg wingspan 25cm
ini kira2 kalau dibandingkan dg pesawat size 40 yg WS nya sekitar 150m kan berarti wing loading nya setara 14 x 150/25 = 84gr/dm2
dengan WL segini jelas ini bukan pesawat lambat kan ...
menurut aturan scale : stall speed juga sebanding dg wing span.
sedangkan stall speed berbanding terbalik dg wing loading.
jadi wing loading juga harus berbanding terbalik dg wing span.
ilustrasinya begini: kalau mobil beneran jalan 150km/jam dibilang ngebit, maka kalau mobil yg sama tapi dg scala 1:10 nya (panjang nya 1/10, lebarnya 1/10, tingginya juga 1/10) cukup jalan 15km/jam saja untuk bisa di bilang ngebut.
wing loading pesawat om anelah sekarang 14gr/dm2 dg wingspan 25cm
ini kira2 kalau dibandingkan dg pesawat size 40 yg WS nya sekitar 150m kan berarti wing loading nya setara 14 x 150/25 = 84gr/dm2
dengan WL segini jelas ini bukan pesawat lambat kan ...
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: tanya down thrust...
inti dari pertanyaan diatas adalah soal Down Trust, CG dan hubungannya dengan Lambatnya laju pesawat....
dan sudah dijawab.... tidak ada hubungannya...
Kelambatan laju pesawat dari sangat dipengaruhi oleh bentuk/model sayap, wingloading, wingchord (sudah dijawab juga diatas)
Selain itu tentu besar power motor yg dipakai dan ukuran propeller juga sangat berpengaruh!...
Saya lihat dari pertama tidak dibahas specs motor dan propeller (padahal ini juga berpengaruh utk membuat pesawat bisa melaju dgn lambat tapi mantap)
om mau buat pswt lambat tentu harus melihat specs motor juga...
Carilah motor dgn kv yg rendah,
pilih propeller berdiameter besar dgn pitch nya kecil tapi lebar... (lebih ke Thrust daripada ke speed!)
Pastilah handling pesawat akan enak utk manuver2 pada kecepatan yg sangat rendah (spt karakter utk pswt 3D)...
bahkan pesawat akan mampu terbang "tanpa kecepatan" (statis)....alias terbang di "zona stall"
dan sudah dijawab.... tidak ada hubungannya...
Kelambatan laju pesawat dari sangat dipengaruhi oleh bentuk/model sayap, wingloading, wingchord (sudah dijawab juga diatas)
Selain itu tentu besar power motor yg dipakai dan ukuran propeller juga sangat berpengaruh!...
Saya lihat dari pertama tidak dibahas specs motor dan propeller (padahal ini juga berpengaruh utk membuat pesawat bisa melaju dgn lambat tapi mantap)
om mau buat pswt lambat tentu harus melihat specs motor juga...
Carilah motor dgn kv yg rendah,
pilih propeller berdiameter besar dgn pitch nya kecil tapi lebar... (lebih ke Thrust daripada ke speed!)
Pastilah handling pesawat akan enak utk manuver2 pada kecepatan yg sangat rendah (spt karakter utk pswt 3D)...
bahkan pesawat akan mampu terbang "tanpa kecepatan" (statis)....alias terbang di "zona stall"
- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: tanya down thrust...
nah kalau om christoffel dan suhu AA sudah muncul enak nih langsung pada contoh nya tidak hanya berdasarkan teori doang .............. sekalian kemarin ke surabaya enggak sempet menghadap seluruh suhu di surabaya cuman ketemu suhu syafik dan diki aja padahal udah klinteran di sekitar pondok chandra tapi hanya berakhir di restoran ikan laut doang ..........................
salam

salam
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: tanya down thrust...
betul om AA.
om anelah ini bikin pertanyaan tentang pesawat ini di beberapa thread dan kebetulan saya baca semua, jadi saya mengerti arah pertanyaan nya.
yg saya jawab di atas itu untuk pertanyaan om anelah yg ini
untuk pertanyaan di awal thread, seperti yg dikatakan suhu iwan diatas :
Saya bisa mengerti logika om anelah. dan ini ada benarnya juga.
supaya pesawat bisa terbang, Lift=weight.
Lift selain di pengaruhi oleh airspeed, airfoil dan luas sayap, juga dipengaruhi oleh AoA (sudut serang sayap).
Lift paling besar di dapat saat max AoA. katakan lah 45 derajat. maka pada posisi ini pesawat akan tengadah.
Pada posisi ini, sebagian dari thrust juga akan membantu Lift mengangkat pesawat, jadi airspeed bisa dikurangi juga. (terbang bisa sangat lambat).
manuver ini sering kita kenal sebagai high-alpha. om AA yg sering main ducted pasti sudah sering melakukan ... hehehe...
cuman, meskipun posisi pesawatnya tengadah, bukan berarti berat belakang.
CG nya tetap normal, cuman ada trim elevator up yg cukup.
mudah2an cukup jelas
om anelah ini bikin pertanyaan tentang pesawat ini di beberapa thread dan kebetulan saya baca semua, jadi saya mengerti arah pertanyaan nya.
yg saya jawab di atas itu untuk pertanyaan om anelah yg ini
klu wingloding 14gr/dm2, akan tetapi pesawat terbang nggak lamban itu kira2 faktor penyebabnya dimana? tks.
untuk pertanyaan di awal thread, seperti yg dikatakan suhu iwan diatas :
Faktor yg membuat terbang lebih lamban adalah wing loading yg rendah pak, setau saya gak ada hubungan sama down thrust dan juga geser2 CG
Saya bisa mengerti logika om anelah. dan ini ada benarnya juga.
supaya pesawat bisa terbang, Lift=weight.
Lift selain di pengaruhi oleh airspeed, airfoil dan luas sayap, juga dipengaruhi oleh AoA (sudut serang sayap).
Lift paling besar di dapat saat max AoA. katakan lah 45 derajat. maka pada posisi ini pesawat akan tengadah.
Pada posisi ini, sebagian dari thrust juga akan membantu Lift mengangkat pesawat, jadi airspeed bisa dikurangi juga. (terbang bisa sangat lambat).
manuver ini sering kita kenal sebagai high-alpha. om AA yg sering main ducted pasti sudah sering melakukan ... hehehe...
cuman, meskipun posisi pesawatnya tengadah, bukan berarti berat belakang.
CG nya tetap normal, cuman ada trim elevator up yg cukup.
mudah2an cukup jelas
Last edited by christoffel on 19 Jul 2012, 12:49, edited 1 time in total.