Gara2 di puter jd gk max, help suhu

Diskusi pesawat rc tenaga engine
User avatar
dodi07
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 85
Joined: 03 Nov 2011, 08:18
Location: Riau - Rengat
Contact:

Gara2 di puter jd gk max, help suhu

Post by dodi07 »

Image

salam suhu, mhn izin ni minta petunjuk dan ilmunya ni..
kemarin bc2 n lht2 d google carbu engine os 55 ax, awl ny sih lht2 d google krn engine saya RPM ny blm terlalu maximal seperti yg ada di buku panduan engine nya..
kemarin sempet keputer low speed mixture control, yg lebih paranya lagi saya lp posisi awalnya, skrng kondisi engine klo di idupkan trus idle kurang lebih 5 detik trus full throttle responya kurang dan d muffler nya trlalu bnyk keluar fuel sedangkan asapnya blh di katakan gak ada,sedangkan higt speed mixture controlnya saya buka 1 1/2 putaran, sblm kejadian ini, buka 1 1/2 respon ny sangat memuaskan..
hampir 1 jam saya cari settingan low speed mixture control puter kiri puter kanan, ttp jg gk ngerti, kadang2 lagi langsam mau full throttel malah mati, puter2 lagi eh malah ngidupinnya gk perlu stater, cukup puter2 spiner pake tangan mlh idup...
sblmnya mau nanya ni suhu, cara dasar setting mixture control itu apa ya yg hrs saya ketahui..saat ini saya pake fuel cool power 15% dan d campur jarak 100 mili..
mdh2an ada para suhu yg mau berbagi ilmunya kepada saya..salam
User avatar
mandiridjaya
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 538
Joined: 30 Jul 2007, 12:41
Location: kebumen jateng 0819 0339 5758
Contact:

Re: Gara2 di puter jd gk max, help suhu

Post by mandiridjaya »

dodi07 wrote:Image

salam suhu, mhn izin ni minta petunjuk dan ilmunya ni..
kemarin bc2 n lht2 d google carbu engine os 55 ax, awl ny sih lht2 d google krn engine saya RPM ny blm terlalu maximal seperti yg ada di buku panduan engine nya..
kemarin sempet keputer low speed mixture control, yg lebih paranya lagi saya lp posisi awalnya, skrng kondisi engine klo di idupkan trus idle kurang lebih 5 detik trus full throttle responya kurang dan d muffler nya trlalu bnyk keluar fuel sedangkan asapnya blh di katakan gak ada,sedangkan higt speed mixture controlnya saya buka 1 1/2 putaran, sblm kejadian ini, buka 1 1/2 respon ny sangat memuaskan..
hampir 1 jam saya cari settingan low speed mixture control puter kiri puter kanan, ttp jg gk ngerti, kadang2 lagi langsam mau full throttel malah mati, puter2 lagi eh malah ngidupinnya gk perlu stater, cukup puter2 spiner pake tangan mlh idup...
sblmnya mau nanya ni suhu, cara dasar setting mixture control itu apa ya yg hrs saya ketahui..saat ini saya pake fuel cool power 15% dan d campur jarak 100 mili..
mdh2an ada para suhu yg mau berbagi ilmunya kepada saya..salam


Apa penyebabnya yg di merah2 itu ya? knp harus dicampur jarak 100ml???? bukanya jadi pembakaran lebih susah??? menurut sepengetahuan saya sih klo mau bikin fuel oplosan pakenya 4:1 yaitu metanol 4: jarak 1. nah klo mau dicampurin fuel nitro lebih bagus lagi krn ada nitronya. TP klo nitro jadi sepeerti merk tsb kok malah dikasih minyak jarak tok yah??? (ato cara baru) ini perlu pencerahan suhu2 gaero ahli perminyakan nih.... monggo suhu2 gaero menambahkan... :thx
User avatar
zq
trainee
trainee
Posts: 10
Joined: 10 May 2008, 08:26
Location: Bekasi Utara
Contact:

Re: Gara2 di puter jd gk max, help suhu

Post by zq »

Oom Dodi, biasanya klo setting engine, saya buka high 1,5 putaran, terus low diputar sampai ketemu rpm tertinggi, setelah dapat rpm tertinggi putar low kekiri sedikit, silahkan dicoba, mdh2an bisa membantu.

Salam,
Hari
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: Gara2 di puter jd gk max, help suhu

Post by unding »

Tutup rapat (putar kanan) mixture control valve (low speed) dan juga needle valve (hight speed), buka needle valve 3 - 4 putaran, pasang selang fuel pada input carbu tapi ini untuk ditiup pake mulut lalu buka throttel sedikit sampai ada celah terbuka kira2 0.5 - 1 mm, sambil ditiup buka perlahan- lahan mixture control valve sampai ada terasa udara yg mampu lewat (asal ada), lalu putar throttel (menutup) maka udara yg ditiupkan juga harus tersumbat. Penepatan setelan mixture control valve paling jauh 1/2 putaran dari posisi sekarang (setelah enginenya sdh bunyi). Selamat mencoba
User avatar
dodi07
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 85
Joined: 03 Nov 2011, 08:18
Location: Riau - Rengat
Contact:

Re: Gara2 di puter jd gk max, help suhu

Post by dodi07 »

om mandiridjaya: maaf sblmnyani om, kata tmn2 saya klo fuel nitro yg merk ny cool mix hrs di campur oil dikit, katanya cool mix itu terlalu kering..salam

om zq : rencana bsk pagi saya cb om, mdh2an berhasil dan maximal lgiengine nya..makasi ilmunya ya om..salam

om unding : makasi atas ilmunya, bsk saya cb jg cara om...mdh2an sangat membantu..salam
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Re: Gara2 di puter jd gk max, help suhu

Post by Kiki_54 »

Saya sependapat dengan Oom Mandirijaya bahkan saya pake coolmix 5% aja pesawat udah mabur.
jadi gak perlu dicampur minyak jarak lagi.
User avatar
dodi07
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 85
Joined: 03 Nov 2011, 08:18
Location: Riau - Rengat
Contact:

Re: Gara2 di puter jd gk max, help suhu

Post by dodi07 »

pak de Kiki_54: ok sip pak de, ntr yg galon 1 lgi gk saya mix lgi dgn minyak jarak..salam
User avatar
mandiridjaya
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 538
Joined: 30 Jul 2007, 12:41
Location: kebumen jateng 0819 0339 5758
Contact:

Re: Gara2 di puter jd gk max, help suhu

Post by mandiridjaya »

Kiki_54 wrote:Saya sependapat dengan Oom Mandirijaya bahkan saya pake coolmix 5% aja pesawat udah mabur.
jadi gak perlu dicampur minyak jarak lagi.


hahaaa betul Om Kiki, apalagi sekarang minyak jarak jarang dan harga melambung terus
User avatar
Yustitia
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 219
Joined: 30 May 2011, 12:56
Location: Cibinong
Contact:

Re: Gara2 di puter jd gk max, help suhu

Post by Yustitia »

sedikit sumbang pikiran om....kalau sudah seperti itu, caranya tutup abis Low needle valve dan high needle valve ( searah jarum jam ). kemudian buka kembali masing2 needle 1.5 putaran ( melawan arah putaran jam ). start engine, kemudian gas penuh, putar high needle sampai engine berada pada putaran paling tinggi, kemudian tambah bukaan 2-3 klik - ini supaya engine nggak terlalu Lean. setelah itu biarkan engine dalam keadan idle, sekarang giliran low needle valve yg diset, caranya....buka gas secara spontan....engine harus bisa langsung berada di posisi putaran tinggi tanpa ada gejala mbrebet atau mati, kalau mbrebet berati terlalu reach, kalau mati berarti terlalu lean....kalau ada gejala itu...sesuaikan.... sampai perpindahan putaran rendah ke tinggi lancar, jangan lupa tambah bukaan 2-3 klik ( utk low needle valve memutarnya agar jangan terlalu banyak, sedikit2 saja ). kemudian bila low needle valve sudah ok, cek sekali lagi High needle valvenya dengan cara seperti yg disebutkan diatas. Perlu juga diketahui bahwa setiap lapangan memiliki kondisi situasi yg berbeda2, untuk itu sebelum terbang sempatkan utk cek dan menyesuaikan high needle valve nya bila perlu..... dan seperti yang lainnya, saya cukup memakai cool power 5% tanpa tambahan apapun, dan lancar tanpa ada kendala. Demikian om semoga membantu,.. :deal
Last edited by Yustitia on 28 Aug 2012, 18:49, edited 1 time in total.
User avatar
dodi07
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 85
Joined: 03 Nov 2011, 08:18
Location: Riau - Rengat
Contact:

Re: Gara2 di puter jd gk max, help suhu

Post by dodi07 »

om Yustitia : sedikit sumbang pikiran om....kalau sudah seperti itu, caranya tutup abis Low needle valve dan high needle valve ( searah jarum jam ). kemudian buka kembali masing2 needle 1.5 putaran ( melawan arah putaran jam ). mau nanya om, tutup abis low n high posisi trhotel ketutup abis jg apa di buka dikit, krn wkt sya tutup low dgn posisi trohtel tertutup abis, low ny mentok, tp klo saya buka dikit, low valve ny msih bsa d puter lgi..?
td siang sya udh cb ikut cra para2 suhu d atas, full trhotel high ny udh ok n langsam jg udh ok, tp di saat engine ny saya berdriin eh mlh powernya berkurang trs lama2 mlh mati..udh hampir 1 minggu saya nyeting engine om blm jg ktmu2 setingan low nya..yg aneh ny lgi ni om, kmarin cb set high mau cb terbang, eh mlh ketemu RPM tertinggi ny dgn posisi high valve 3 putaran penuh, namun engine tiba2 powerny berkurang scr perlahan2..saya usahakan bsk upload video ny ya om, mdh2an om bs membantu..salam
Post Reply