(ASk) TOrquetube VS Belt

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
agusfirmansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 335
Joined: 14 Jun 2012, 16:31
Location: Cipondoh-Tangerang
Contact:

(ASk) TOrquetube VS Belt

Post by agusfirmansyah »

Salam sejahtera......
Saya punya kendala masalah armada saya HK 450 PRO TT........stiap main selalu masalah waktu landing , dan selalu memakan korban gear torquetube,,,,,yg mau saya tanyakan kepada om" dan suhu" manakah yg lebih bagus untuk di mainkan karena saya pemula,,,,,,,,apakah harus ganti ke belt atau harus bertahan pakai torquetube.mhon kiranya di berikan pencerahan nya......om-om dan suhu-suhu....
salam.....

( maaf kalau tread ii pernah di bahas sebelumnya....) :thx :thx :thx
User avatar
hidayat07
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 946
Joined: 14 Dec 2010, 11:19
Location: makassar

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by hidayat07 »

maaf Om Agus,sama - sama masih belajar.....sebaiknya untuk pemula kaya kita2 ini pakai system Belt saja dulu.mengingat cost yg perlu dikeluarkan relatif -siap2 saja.........-kalo pake belt, setengah hard landing pun ga papa ko'...tidak ada yg rompal untuk bagian tail.sy hanya mambagi ide karena jangan sampai apa yg di rasakan Om Agus bisa membuat semangat belajar hely jadi kendor alias loyo gara2 kost tidak seimbang dengan kemajuan belajarnya..dan hal tersebut pernah sy rasakan....jadinya jadi kurang semangat deh...apalagi seperti sy yg butuh waktu beberapa hari untuk order part.
salam.....
mohon maaf jika ada yg kurang berkenan
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1271
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by Budiman »

Kalo menurut saya sih..karena heli yg telah dimiliki telah dilengkapi dg torque tube, ya lebih baik dipergunakan dg se-baik2nya, soalnya jika dikonversi ke belt-driven, malah akan menambah biaya lagi...sedangkan penggunaan torque tube pd heli 450 jelas lebih menguntungkan dr pada belt-driven.
Sekarang hal yg patut diperbaiki adalah 'kenapa harus hard landing?'.. heli saat landing dari posisi hover tidak perlu mengalami hard landing jika pitch curve yg dipilih telah sesuai serta melakukan transisi pitch management secara gradual alias tidak ter-buru2...
Lagi pula heli bukanlah fixed wing yg punya resiko untuk selalu mengalami hard landing saat belajar mendarat
User avatar
andreas13
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 816
Joined: 12 Oct 2010, 01:22
Location: ((..(ungaran)..))

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by andreas13 »

menurut saya memang untuk pemula lebih baik pakai sistem belt drive dulu... walaupun dari segi kelebihan torque tube lebih bagus ... namun dalam segi belajar pemula ... akan menjemukan kalau baru hover sebentar ... tailblade terkena rumput atau batu/permukaan yang ga rata .... jadi gear TT rontok harus ngoprek lagi... habis waktu dan beaya... itu menurut saya lho... :pis
User avatar
doditsky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 614
Joined: 09 Nov 2008, 07:20
Location: Kudus, Jawa Tengah
Contact:

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by doditsky »

betul om Agus yang di nasehatkan suhu suhu...
saya belajar pake TT juga...asal minta tolong setting hely super lemot dijamin landing bisa smoth.......hehehehe kalo saya hati sudah nggak sregg ya landing dulu.......walaupun hanya naik semeter turun lagi...lama2 kan tinggi juga....hihihihii yang penting tidak bikin kantong jebol walaupun main hely :ha3 :ha3 .....semangat semangat !!!!!! :plk :plk :plk
User avatar
DedDredd
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 570
Joined: 11 Sep 2010, 17:04
Location: Kediri-Jogja

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by DedDredd »

kalo saya biar tailblade aman, vertical stab saya tambah plat aluminium biar lebih panjang lagi, meminimalisr resiko nyambar rumput ato tanah...
User avatar
Tralala
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 270
Joined: 20 Jan 2007, 19:04
Location: Timika-Papua
Contact:

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by Tralala »

Klo dari segi Cost hard landing memang TT lebih gampang belanja part ketimbang Belt...(coba belajar landing yg baik dulu...nggak perlu conversi ke belt...karena butuh dana lebih klo main conversi)
TT maupun Belt sama saja pak...nggak ada mana yang bagus dan yang kurang bagus,...semuanya bagus dan tergantung selera saja...jadi klo ada yang beranggapan TT lebih bagus saya kurang setuju...he...he....
User avatar
andreansyah
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 348
Joined: 12 Oct 2010, 21:13
Location: jak-tim
Contact:

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by andreansyah »

kalo menurut sy bertahan saya apa yg kita punya ,jalan keluarnya seperti yg om Budiman katakan,latihan perlahan2 dulu gimana supaya ndak hard landing ,krn menurut saya TT maupun belt masing2 punya kelebihan dan kekurangan. tinggal kita yg harus belajar mengendalikannya .btw semangat om Agus
User avatar
johansipp
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 22 Dec 2010, 12:12

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by johansipp »

kalo masih belajar landing & takeoff, cari landasan yang super rata dari tanah keras tanpa ada batu yang mengganggu..

sebaiknya dalam kondisi tidak terlalu berangin, karena saat kita menurunkan heli faktor angin masih ada sehingga mempengaruhi ketingian heli.

jangan latihan di atas rumput sepakbola, malah menambah tegang aja saat landing kawatir terguling karena tidak rata.
landing skid heli 450 masih imut" kalo dilapangan rumput buat latihan.

batu, gundukan tanah+rumput gak cocok untuk tail blade dan gear TT

kalo saya lebih suka TT, kalo masih belt kita wajib cek kekencangan belt nya setiap flight.
User avatar
bonojoker
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 130
Joined: 23 Nov 2011, 10:49
Location: Pekanbaru
Contact:

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt

Post by bonojoker »

andreansyah wrote:kalo menurut sy bertahan saya apa yg kita punya ,jalan keluarnya seperti yg om Budiman katakan,latihan perlahan2 dulu gimana supaya ndak hard landing ,krn menurut saya TT maupun belt masing2 punya kelebihan dan kekurangan. tinggal kita yg harus belajar mengendalikannya .btw semangat om Agus



Yups :plk
Benul Suhu


dan untuk spare parts di kolaborasikan Om. agusfirmansyah
klw pake parts bawaan HK agak lembek sich

TT nya pake Align atau Tarot
awet lebih lama
:pis
Semangat Ya Om

"Semua ada prosesnya"
Post Reply