Page 1 of 4
(ASk) TOrquetube VS Belt
Posted: 14 Aug 2012, 01:12
by agusfirmansyah
Salam sejahtera......
Saya punya kendala masalah armada saya HK 450 PRO TT........stiap main selalu masalah waktu landing , dan selalu memakan korban gear torquetube,,,,,yg mau saya tanyakan kepada om" dan suhu" manakah yg lebih bagus untuk di mainkan karena saya pemula,,,,,,,,apakah harus ganti ke belt atau harus bertahan pakai torquetube.mhon kiranya di berikan pencerahan nya......om-om dan suhu-suhu....
salam.....
( maaf kalau tread ii pernah di bahas sebelumnya....)

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
Posted: 14 Aug 2012, 01:31
by hidayat07
maaf Om Agus,sama - sama masih belajar.....sebaiknya untuk pemula kaya kita2 ini pakai system Belt saja dulu.mengingat cost yg perlu dikeluarkan relatif -siap2 saja.........-kalo pake belt, setengah hard landing pun ga papa ko'...tidak ada yg rompal untuk bagian tail.sy hanya mambagi ide karena jangan sampai apa yg di rasakan Om Agus bisa membuat semangat belajar hely jadi kendor alias loyo gara2 kost tidak seimbang dengan kemajuan belajarnya..dan hal tersebut pernah sy rasakan....jadinya jadi kurang semangat deh...apalagi seperti sy yg butuh waktu beberapa hari untuk order part.
salam.....
mohon maaf jika ada yg kurang berkenan
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
Posted: 14 Aug 2012, 04:57
by Budiman
Kalo menurut saya sih..karena heli yg telah dimiliki telah dilengkapi dg torque tube, ya lebih baik dipergunakan dg se-baik2nya, soalnya jika dikonversi ke belt-driven, malah akan menambah biaya lagi...sedangkan penggunaan torque tube pd heli 450 jelas lebih menguntungkan dr pada belt-driven.
Sekarang hal yg patut diperbaiki adalah 'kenapa harus hard landing?'.. heli saat landing dari posisi hover tidak perlu mengalami hard landing jika pitch curve yg dipilih telah sesuai serta melakukan transisi pitch management secara gradual alias tidak ter-buru2...
Lagi pula heli bukanlah fixed wing yg punya resiko untuk selalu mengalami hard landing saat belajar mendarat
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
Posted: 14 Aug 2012, 07:26
by andreas13
menurut saya memang untuk pemula lebih baik pakai sistem belt drive dulu... walaupun dari segi kelebihan torque tube lebih bagus ... namun dalam segi belajar pemula ... akan menjemukan kalau baru hover sebentar ... tailblade terkena rumput atau batu/permukaan yang ga rata .... jadi gear TT rontok harus ngoprek lagi... habis waktu dan beaya... itu menurut saya lho...

Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
Posted: 14 Aug 2012, 07:31
by doditsky
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
Posted: 14 Aug 2012, 07:47
by DedDredd
kalo saya biar tailblade aman, vertical stab saya tambah plat aluminium biar lebih panjang lagi, meminimalisr resiko nyambar rumput ato tanah...
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
Posted: 14 Aug 2012, 09:02
by Tralala
Klo dari segi Cost hard landing memang TT lebih gampang belanja part ketimbang Belt...(coba belajar landing yg baik dulu...nggak perlu conversi ke belt...karena butuh dana lebih klo main conversi)
TT maupun Belt sama saja pak...nggak ada mana yang bagus dan yang kurang bagus,...semuanya bagus dan tergantung selera saja...jadi klo ada yang beranggapan TT lebih bagus saya kurang setuju...he...he....
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
Posted: 14 Aug 2012, 09:43
by andreansyah
kalo menurut sy bertahan saya apa yg kita punya ,jalan keluarnya seperti yg om Budiman katakan,latihan perlahan2 dulu gimana supaya ndak hard landing ,krn menurut saya TT maupun belt masing2 punya kelebihan dan kekurangan. tinggal kita yg harus belajar mengendalikannya .btw semangat om Agus
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
Posted: 14 Aug 2012, 09:58
by johansipp
kalo masih belajar landing & takeoff, cari landasan yang super rata dari tanah keras tanpa ada batu yang mengganggu..
sebaiknya dalam kondisi tidak terlalu berangin, karena saat kita menurunkan heli faktor angin masih ada sehingga mempengaruhi ketingian heli.
jangan latihan di atas rumput sepakbola, malah menambah tegang aja saat landing kawatir terguling karena tidak rata.
landing skid heli 450 masih imut" kalo dilapangan rumput buat latihan.
batu, gundukan tanah+rumput gak cocok untuk tail blade dan gear TT
kalo saya lebih suka TT, kalo masih belt kita wajib cek kekencangan belt nya setiap flight.
Re: (ASk) TOrquetube VS Belt
Posted: 14 Aug 2012, 10:34
by bonojoker
andreansyah wrote:kalo menurut sy bertahan saya apa yg kita punya ,jalan keluarnya seperti yg om Budiman katakan,latihan perlahan2 dulu gimana supaya ndak hard landing ,krn menurut saya TT maupun belt masing2 punya kelebihan dan kekurangan. tinggal kita yg harus belajar mengendalikannya .btw semangat om Agus
Yups
Benul Suhu
dan untuk spare parts di kolaborasikan Om. agusfirmansyah
klw pake parts bawaan HK agak lembek sich
TT nya pake Align atau Tarot
awet lebih lama
Semangat Ya Om
"Semua ada prosesnya"