lagi serius nyeting rudder untuk main besok. . .ampe jam 12 malam. . .kena marah istri plus di kunciin kamar. . .tanda2 keracunan makin parah. . .
akibat teledor plus ngk dengar saran istri. . .TX futaba 8J + RX di nyalakan. . .dan setting di meja putar. . .rudder dah ngelock dengan bermodalkan FLYMENTOR DAN GY240 COPTERX udah semangat sekali untuk main besok. . tapi ada keanehan pitch curva terbalik posisi apa bila thortel di naikan posisi curva blade bukan + melankan -. . .dan mencoba setting TX kembali. . .mungkin karna tidak punya pengetahuan yang mempuni ch 3 di rubah ke normal . . .sehingga rpm langsung full dan berhubung posisi saya terlalu dekat dengan heli ini lah yang terjadi
main gear langsung rontok dan gear loss sehinggan blade berhenti berputar walaupun motor terus berputar. . .bersukur sekali apa bila main gear ngk rontok mungkin bisa lebih parah lagi. . .
wah om..hati hati dngan yg sudah trjadi ,alangkah baiknya saat seting heli kabel mtor ke esc dicabut minimal 2 kabel dr ke 3 kbel tersebut... Ikut prihatin om n lekas sembuh lukanya..
harusnya yang dirubah nilai dari SWASH-MIX om ... di nilai pitch... misal awalnya kebalik di +60 dirubah ke -60 .....
SAFETY FIRST adalah modal utama kita dalam menyalurkan hobby kita ini.
Saat akan setting ESC, usahakan lepas main gear, pasti aman banget, dan usahakan nemani istri dulu, takut kalo istri marah, nanti ada effect ke pikiran kita saat setting Heli, yang men drive kita terburu-buru om .
Semoga cepat sembuh dan semoga tak terulang kembali.
andreas13 wrote:wah om..hati hati dngan yg sudah trjadi ,alangkah baiknya saat seting heli kabel mtor ke esc dicabut minimal 2 kabel dr ke 3 kbel tersebut... Ikut prihatin om n lekas sembuh lukanya..
harusnya yang dirubah nilai dari SWASH-MIX om ... di nilai pitch... misal awalnya kebalik di +60 dirubah ke -60 .....
semoga tidak terulang lagi ya om .....
dan tetap SAFETY FIRST
Sangat setuju dengan saran suhu andreas13,sangat di anjurkan pada saat seting heli 2 kabel dari esc harus di lepas dulu,demi keamanan........
Duh hati2 Pak, kalau perlu main bladenya dicopot dan benar kalau perlu kabel motornya dicopot juga. Dan kalau perlu remotenya aktifkan sw throttle cut, jd setting2 tx aman.
kejadian yang sama persis dengan pengalaman saya, merubah posisi ch3/throtle menjadi normal... Alhamdulillah saya dulu tidak separah om ernest,hanya pada yang sedikit tergores. cabut kabel dari ESC yang ke motor om untuk seting2, pasti aman banget suatu pelajaran buat kita semua, pada saat melakukan seting Heli/pesawat lebih baik kabel dari ESC ke motor di lepas "safety First"