semoga tak terulang

Share cerita mengenai safety dalam aeromodelling .

Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer

User avatar
ernest
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 163
Joined: 28 Jul 2012, 07:43
Location: Balikpapan
Contact:

semoga tak terulang

Post by ernest »

lagi serius nyeting rudder untuk main besok. . .ampe jam 12 malam. . .kena marah istri plus di kunciin kamar. . .tanda2 keracunan makin parah. . . :hi3 :hi3

akibat teledor plus ngk dengar saran istri. . .TX futaba 8J + RX di nyalakan. . .dan setting di meja putar. . .rudder dah ngelock dengan bermodalkan FLYMENTOR DAN GY240 COPTERX udah semangat sekali untuk main besok. . tapi ada keanehan pitch curva terbalik posisi apa bila thortel di naikan posisi curva blade bukan + melankan -. . .dan mencoba setting TX kembali. . .mungkin karna tidak punya pengetahuan yang mempuni ch 3 di rubah ke normal :hmm . . .sehingga rpm langsung full dan berhubung posisi saya terlalu dekat dengan heli ini lah yang terjadi :hi3

Image

Image

Image
main gear langsung rontok dan gear loss sehinggan blade berhenti berputar walaupun motor terus berputar. . .bersukur sekali apa bila main gear ngk rontok mungkin bisa lebih parah lagi. . .

mudahan ini musibah terahir dalam dunia aero. . . :doa
User avatar
andreas13
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 816
Joined: 12 Oct 2010, 01:22
Location: ((..(ungaran)..))

Re: semoga tak terulang

Post by andreas13 »

wah om..hati hati dngan yg sudah trjadi ,alangkah baiknya saat seting heli kabel mtor ke esc dicabut minimal 2 kabel dr ke 3 kbel tersebut... Ikut prihatin om n lekas sembuh lukanya..

harusnya yang dirubah nilai dari SWASH-MIX om ... di nilai pitch... misal awalnya kebalik di +60 dirubah ke -60 .....

semoga tidak terulang lagi ya om .....

dan tetap SAFETY FIRST :doa
User avatar
umar rai
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 650
Joined: 03 Sep 2012, 08:39
Location: GRESIK

Re: semoga tak terulang

Post by umar rai »

TURUT BERSEDIH PAK ERNEST, :kgt


:doa SAFETY FIRST adalah modal utama kita dalam menyalurkan hobby kita ini.

Saat akan setting ESC, usahakan lepas main gear, pasti aman banget, dan usahakan nemani istri dulu, takut kalo istri marah, nanti ada effect ke pikiran kita saat setting Heli, yang men drive kita terburu-buru om :nja .

Semoga cepat sembuh dan semoga tak terulang kembali.


WARM REGARDS,
UMAR
GAC
User avatar
ahmadbenny
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 925
Joined: 06 Jul 2012, 20:58
Location: Cipondoh - Tangerang

Re: semoga tak terulang

Post by ahmadbenny »

andreas13 wrote:wah om..hati hati dngan yg sudah trjadi ,alangkah baiknya saat seting heli kabel mtor ke esc dicabut minimal 2 kabel dr ke 3 kbel tersebut... Ikut prihatin om n lekas sembuh lukanya..

harusnya yang dirubah nilai dari SWASH-MIX om ... di nilai pitch... misal awalnya kebalik di +60 dirubah ke -60 .....

semoga tidak terulang lagi ya om .....

dan tetap SAFETY FIRST :doa


Sangat setuju dengan saran suhu andreas13,sangat di anjurkan pada saat seting heli 2 kabel dari esc harus di lepas dulu,demi keamanan........ :mtp
User avatar
simanjuntak
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 103
Joined: 30 Apr 2008, 18:36
Location: DKI Jakarta
Contact:

Re: semoga tak terulang

Post by simanjuntak »

Duh hati2 Pak, kalau perlu main bladenya dicopot dan benar kalau perlu kabel motornya dicopot juga. Dan kalau perlu remotenya aktifkan sw throttle cut, jd setting2 tx aman.
User avatar
fly123
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 228
Joined: 24 Nov 2010, 10:40
Location: Lampung Timur

Re: semoga tak terulang

Post by fly123 »

safety first harus di utamakan.
pelajaran berharga buat saya,selama ini saya saat mau terbang kadang lupa cek kondisi pesawat.
User avatar
Abdinik
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 786
Joined: 08 Jul 2010, 10:05
Location: Mojokerto-Jombang
Contact:

Re: semoga tak terulang

Post by Abdinik »

kejadian yang sama persis dengan pengalaman saya, merubah posisi ch3/throtle menjadi normal...
Alhamdulillah saya dulu tidak separah om ernest,hanya pada yang sedikit tergores.
cabut kabel dari ESC yang ke motor om untuk seting2, pasti aman banget
suatu pelajaran buat kita semua, pada saat melakukan seting Heli/pesawat
lebih baik kabel dari ESC ke motor di lepas
"safety First"


salam
User avatar
Maria Nindhya
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 629
Joined: 04 Jul 2012, 14:45
Location: Bunderan HI Jakarta

Re: semoga tak terulang

Post by Maria Nindhya »

:doa semoga cepat sembuh..
User avatar
zaki
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2242
Joined: 19 May 2008, 20:43
Location: Cilegon - BANTEN
Contact:

Re: semoga tak terulang

Post by zaki »

:kgt semoga cepet sembuh om :doa
User avatar
ombhie
Major General
Major General
Posts: 4286
Joined: 19 Jun 2011, 17:34
Location: semarang
Contact:

Re: semoga tak terulang

Post by ombhie »

sebelumnya saya turut prihatin ya om ernest... :flu

tp yg namanya pengalaman adalah guru terbaik bagi kita semua... :ide

cuma pengalaman itu bermacam macam variasinya... :htg

semoga tak terulang lagi buat anda n aero modeler lainnya... :pis

wasalam...
Post Reply