Belajar Terbang.. Teknik dasar menerbangkan model

Diskusi dan pengenalan dasar dasar pesawat rc untuk pemula

Moderators: toto, Susilo

User avatar
cak-opiq
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 93
Joined: 19 Sep 2012, 22:28

Belajar Terbang.. Teknik dasar menerbangkan model

Post by cak-opiq »

Maap om Admin..
di arsip disini biar tidak kececer & smoga bermanfaat bagi yg baru mulai terbang..

Teknik mulai bermain terbang:
- Persiapan terbang: periksa semua gerak bidang kendali. Agar mudah, hadapkan pesawat kearah lurus menjauhi pilot. Periksa gerakan rudder, aeleron, elevator sudah benar.
- take-off: beberapa pesawat tinggal naikkan trotel tidak menghentak hingga pesawat naik dgn sendirinya, jangan keburu napsu untuk menanjak agar tidak kehilangan kecepatan dan mudah dikontrol. Kalo keliru pesawat bisa mundur...
- lakukan manuver setelah ketinggian & kecepatan pesawat cukup.

Pelajari ARAH / Orientasi.
Pemula sangat mudah kehilangan orientasi pesawat, terutama saat arah terbalik.
Pikirkan saja arah jarum jam mau gerak searah jarum atau sebaliknya. Ini lebih efektif dibanding memikirkan kiri/kanan.



Kenali Transmitter:
Image

Bidang Kontrol: Pastikan stick pada transmitter gerakanya cocok dgn bidang kemudi pada pesawat.
Image
Image
Image
Rudder: dipandang dari atas.
Image

Demi keamanan:
- Lakukan dgn simulator seblm terbang beneran. Saya melakukan disimulator sampai bisa menerbangkan pesawat arah mendekati pilot pada pesawat terbalik (invert).
- bisa karena ala biasa: belok pertama pakai mikir, lama-lama jd otomatis. Reflek itu bagus untuk modal penyelamatan dlm keadaan darurat.
- Perhatikan faktor" keamanan spt paparan http://gaero.org/forum/viewforum.php?f=70
Last edited by cak-opiq on 16 Jan 2013, 19:27, edited 4 times in total.
User avatar
cak-opiq
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 93
Joined: 19 Sep 2012, 22:28

Re: Belajar Terbang.. Teknik dasar menerbangkan model

Post by cak-opiq »

take-off

- Percepat pesawat tapi jangan menghentak.
- Jaga rudder agar tidak belok kiri/kanan hingga kecepatan yang cukup.
- tarik elevator perlahan jangan mendadak hingga keudara.
- biarkan pesawat maju dengan tetap menanjak tapi jangan menanjak mendadak.
- belokkan pesawat sebelum jarak jangkauan terlewati dan turunkan trottel agar cepat lalu menuju posisi pesawat tidak naik dan tidak turun.
- sisanya: lanjutgan...
Image
Image

Membelokkan Pesawat:
- Miringkan pesawat maka akan belok, tambahkan rudder searah. Gerakan stik rudder & aeleron sama arah.
- Pesawaat akan miring dan belok, bidang horisontal sayap berkurang sehingga pesawat turun.
- tarik elevator biar tetap level, jaga kemiringan pesawat jangan sampai penumpangnya tumpah.
- Terutama pesawat dihedral juga glider dgn wingtip belok pakai aeleron saja bisa.. belok pakai rudder akan lbh tertib terbangnya sblm pindah ke gaya 3D.
- Untuk pesawat 3D aerobatic sayap simetris datar, belok ya pakai rudder..
- Utamakan keselamatan meskipun kecelakaan tidak menyebakan kecacatan pada pilotnya. <= ini salah.. utamakan keselamatan..ini model, sama bahayanya nerbangin aslinya..
Last edited by cak-opiq on 12 Jan 2013, 23:45, edited 2 times in total.
User avatar
cak-opiq
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 93
Joined: 19 Sep 2012, 22:28

Re: Belajar Terbang.. Teknik dasar menerbangkan model

Post by cak-opiq »

Saya kutip saja kesini:
terjemah sekenanya saja buat teman" yg tidak berkenan dgn bhs inggris.
"Loop
inside loop
Image
- Dari datar & lurus, tambah trotel (mentok juga boleh) mulai tarik elevator sehinga mendongak. Tambahkan throttle untuk menjaga kecepatan aliran udara.
- Tetap tambahkan tarikan elevator sampai pesawat terbalik,
- pada posisi invert ini lalu kurangi trotel secara lumayan atau matikan trotel.
- Tambah tarikan elevator untuk menjaga kebagusan lingkaran;
- Saat hadap lurus kebawah tambah throttle.
- Saat sudah datar kembali tambah trotel lagi buat ngebut.

Kelihatan gampang tapi susah, butuh ketrampilan kendali trotle untuk menjaga "airspeed" biar melingkernya bagus.

Bagi pemula jadi oval jg sudah bagus. Untuk pesawat trainer atau glider butuh turun dulu sebelum masuk posisi loop [A] agar cukup airspeed.
Lakukan pada ketinggian banyak untuk pertama kalinya demi keamanan.

[b]Outside Loop


Teorinya mirip inside loop, kecuali elevatornya disodok untuk menjadi lingkaran. Katanya ngak semua macam pesawat bisa
Image

airplane roll / Melintir
Image
- dari datar lurus, tarik elevator sikit biar agak naik,
- gerakkan aeleron mentok kiri/kanan atau secukupnya.
- Saat melintir menuju invert sodokan elevator mungkin dibutuhkan, jaga sodokan, kembalikan elevator saat pesawat sudah kembali level lalu lepas stik aeleron.

Snap roll
This is a very fast and sudden roll. It's done by stalling the wing right before rolling. The stall causes a wing to drop, which accelerates the roll. To perform, reduce the plane's airspeed, then apply full rudder and a bit of up elevator. You should see the plane stall and drop a wingtip.

Add full aileron in the same direction as rudder. As the roll is completed, neutralize the controls. This completes your basic inside snap roll. The snap roll is stressful on the airframe, and can lead to a spin. Consider this an advanced maneuver, and initially perform "3 mistakes high".

Spin
In a spin the aircraft is rotating about a vertical axis, with the wing in a stalled condition. One of the easiest ways to enter this is by doing a snap roll, and holding the control deflections. You can flatten the spin out (slow the descent rate) by gradually decreasing the aileron deflection. Make sure you start off at high altitude!
Image

Inverted Spin
Like a regular spin but performed inverted. From inverted flight, push down elevator and give full rudder and full aileron. Hold the controls to maintain the spin. Reduce as aileron as desired to flatten the spin.

Stall turns and Hammerheads
These are easy and fun to do,and good maneuvers for turning around the ends of the flying field.
- dari datar lurus, tarik elevator dan sodok trotel sampai terbang vertikal.
- Kurangi atau matikan trotel, pesawat akan stall dan memutar.
- Untuk menjadi hammerhead, gerakkan rudder sampai mentok, bila rudder kurang efektif kasih full trotel sesaat saat stall,
- Setelah turun yang cukup tambahkan trotel Mentok juga boleh sambil tarik elevator menuju terbang level.
Image

Inverted Flying
Flying upside down is fun, and with the right plane is easier than it looks. Please note that some trainers, especially polyhedral planes, will fly poorly upside down. Enter a loop (or roll). When inverted, neutralize your elevator (or aileron) and continue flying. Note that you will probably need to apply a bit of down elevator to maintain inverted flight. Your pitch axis is reversed while inverted (down elevator moves the nose up), so pay attention! inverted flight"
Image

Slow roll:
- kecepatan cukup, diatas setengah trotel dlm video.
- gerakkan stik aeleron kiri/kanan.

silahkan di deskripsikan triknya..
Last edited by cak-opiq on 12 Jan 2013, 18:14, edited 5 times in total.
User avatar
cak-opiq
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 93
Joined: 19 Sep 2012, 22:28

Re: Belajar Terbang.. Teknik dasar menerbangkan model

Post by cak-opiq »

Knife Edge:
- Jalankan pesawat pada ketinggian cukup.
- Jalankan dengan datar misal dari sisi kanan ke sisi kiri.
- gerakkan aeleron hingga bidang sayap menghadap kita hingga pesawat berbaring miring sempurna, sayap miring vertikal sempurna.
- gerakkan rudder ke kanan/kiri kalo perlu sampai mentok Lalu atur trottel naik turun untuk mendapatkan knife edge.
- peran yang paling penting ada pada jempol kiri untuk mengontrol trottel & rudder.
- atur kemiringan pakai jempol kiri gerakan kiri-kanan (rudder), imbangi dengan trotel.


silahkan di deskripsikan triknya..
Last edited by cak-opiq on 12 Jan 2013, 15:15, edited 2 times in total.
User avatar
cak-opiq
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 93
Joined: 19 Sep 2012, 22:28

Re: Belajar Terbang.. Teknik dasar menerbangkan model

Post by cak-opiq »

Manuver dasar penerbangan:
Dokumen spt berikut: http://www.mini-iac.com/Portals/0/Downl ... _BASIC.pdf
User avatar
cak-opiq
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 93
Joined: 19 Sep 2012, 22:28

Re: Belajar Terbang.. Teknik dasar menerbangkan model

Post by cak-opiq »

Last edited by cak-opiq on 12 Jan 2013, 13:06, edited 1 time in total.
User avatar
cak-opiq
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 93
Joined: 19 Sep 2012, 22:28

Re: Belajar Terbang.. Teknik dasar menerbangkan model

Post by cak-opiq »

Terbang kelas menengah
Dokumen terbangnya: http://www.mini-iac.com/Portals/0/Downl ... ediate.pdf
User avatar
cak-opiq
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 93
Joined: 19 Sep 2012, 22:28

Re: Belajar Terbang.. Teknik dasar menerbangkan model

Post by cak-opiq »

Water Fall:

silahkan yg expert berbagi kata-kata untuk trik & kuncinya...
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Belajar Terbang.. Teknik dasar menerbangkan model

Post by iwan21 »

cak-opiq wrote:- Utamakan keselamatan meskipun kecelakaan tidak menyebakan kecacatan pada pilotnya.


Kurang pas nih, kecelakaan tetap bisa menyebabkan pilot atapun orang2 sekitar cacat, bahkan cacat permanen
Walau itu pesawat model beratnya katakan cuma 500 gr, tapi kalo kecepatan tumbukannya 20 km/jam ya tetep bisa menyebabkan cacat.

Kita kuatirkan pernyataan diatas akan menyebabkan orang , terutama pemula, terbang dg sembrono.
Padahal masalah keselamatan , baik pilot, penonton maupun property adalah hal utama yg harus diperhatikan dan difahami dari awal kalo orang akan terjun ke hobby ini.

Coba baca deh kisah2 yg pernah dialamin para aeromodeller di forum ini, bahkan sampe ada yg sampe cacat permanen.


Tapi terimakasih udah mau berbagi ilmu disini, ilmu yg bermanfaat buat saya dan rekan2 lain di forum
Cuman anu, bahasannya kok campur2 antara yg buat beginner, kelas intermediate dan yg udah advance... :gg
(Padahal judulnya menarik : Belajar Terbang.. Teknik dasar menerbangkan [pesawat]model)
User avatar
cak-opiq
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 93
Joined: 19 Sep 2012, 22:28

Re: Belajar Terbang.. Teknik dasar menerbangkan model

Post by cak-opiq »

Trims sangat-sangat Om suhu..
Saat tadi menulis juga kpikiran... tapi tetap dilanjut & saya mengaku bersalah...
Dan keterangan Om tsb semakin menguatkan betapa pentingnya keselamatan baik pilot, dan lingkungannya.

Sepertinya blm nangkring judul prosedur keselamatan disub forum ini.. (kalo bisa safety di sticky) meski didalam forum pernah dibahas kiranya dijadikan judul akan sangat membantu para tamu yg hadir kesini..
Dan seharusnya judul tsb harus "eye catching" mengingat pentingnya penting sanget.. :)

Dan dalam pikiran saya (dgn tidak mengurangi rasa hormat) sub forum ini mestinya naik tingkat lepas dari general menjadi "Basic Knowledge, Panduan & Tutorial" mengingat pentingnya hal mendasar ini sblm menginjak hal" yg advance bagi konsumsi kawan" yg sudah berpengalaman. Namun sangat Dipahami bila tetap disini dgn pertimbangan lain..

Berharap yg banyak ilmu menulis berbagai panduan & tutorial yg sangat bermanfaat bagi kawan" yang ingin mulai hobbi terbang seperti saya..

Kalo bahasa campur" mohon maap. belepotan masih belajar.. :cling
Post Reply