saya pernah membaca sebuah artikel yang menyatakan bahwa, pesawat terbang model pada umumnya di buat berdasarkan rumus rumus yang belaku pada pesawat terbang komersil.... pertanyaan saya kira kira sebagai acuan yang mendasar dalam membuat pesawat model, apakah kita harus menggunakan rumusan tersebut?
kemudian saya juga ingin mengetahui rumusan yang kompeten terhadap
pembuatan pesawat model. kira nya rekan rekan semua di forum ini dapat membantu saya.... walaupun sekedar hobby tapi, dunia aeromodeling juga membawa manfaat dalam dunia pendidikan sebab kita menggunakan rumusan yang kompeten yang di bahas dalam Ilmu fisika, sehingga jika ada pemula yang ingin bergabung dapat lebih terarah dalam perhitungan yang pas (secara teori dan hitungan dengan rumusan yang sesuai).
thanks all!
Rumus2 Aerodinamika
Moderator: NGL
- Olland
- trainee
- Posts: 22
- Joined: 22 Feb 2007, 22:33
- Location: Kota Jayapura-Papua
- Contact:
- SUPRI
- Senior Airman
- Posts: 136
- Joined: 18 Jan 2007, 10:51
- Location: Bekasi
Re: Rumus2 Aerodinamika
Salam kenal pak Olland,
Memang dalam pembuatan pesawat aeromodeling seharusnya kita mengacu pada rumus-rumus yang kompeten, karena dalam aeromodeling tersebut marupakan bagian dari dunia penerbangan dan tidak akan lepas dari ilmu Nautica. Pada dasarnya dalam pembuatan pesawat baik itu model ataupun yang sesungguhnya, si perancang harus memperhitungan beberapa aspek yang terjadi pada pesawat tersebut antara lain : Gaya hambat, gaya lift, Longitudinal, Lateral Direktional, kekuatan sayap, dll.
Namun dalam kenyataannya banyak para aeromodeler membuat persawat tidak menggunakan perhitungan ini dikarenakan pengalaman aeromodeler yang sudah mendarah daging ( hee.....heeee.....) atau biasanya dengan menggunakan rumus Nice Looks....., Namun untuk penentuan CG pesawat para aeromodeler tidak bisa menawar lagi, harus pas...pas... dan pas......
Untuk rumus yang digunakan, ada sebagian orang yang menggunakan buku petunjuk yang dikarang oleh Bp. Budi Atmoko (WWW.GEOCITIES.COM/TINBDG), beliau adalah seorang yang ahli dalam bidang ilmu nautic.
Memang dalam pembuatan pesawat aeromodeling seharusnya kita mengacu pada rumus-rumus yang kompeten, karena dalam aeromodeling tersebut marupakan bagian dari dunia penerbangan dan tidak akan lepas dari ilmu Nautica. Pada dasarnya dalam pembuatan pesawat baik itu model ataupun yang sesungguhnya, si perancang harus memperhitungan beberapa aspek yang terjadi pada pesawat tersebut antara lain : Gaya hambat, gaya lift, Longitudinal, Lateral Direktional, kekuatan sayap, dll.
Namun dalam kenyataannya banyak para aeromodeler membuat persawat tidak menggunakan perhitungan ini dikarenakan pengalaman aeromodeler yang sudah mendarah daging ( hee.....heeee.....) atau biasanya dengan menggunakan rumus Nice Looks....., Namun untuk penentuan CG pesawat para aeromodeler tidak bisa menawar lagi, harus pas...pas... dan pas......
Untuk rumus yang digunakan, ada sebagian orang yang menggunakan buku petunjuk yang dikarang oleh Bp. Budi Atmoko (WWW.GEOCITIES.COM/TINBDG), beliau adalah seorang yang ahli dalam bidang ilmu nautic.
- Olland
- trainee
- Posts: 22
- Joined: 22 Feb 2007, 22:33
- Location: Kota Jayapura-Papua
- Contact:
makasih pak jwbanya. mengenai buku yang bapak maksudkan, sudah tidak ada lagi di pasaran. dan beberapa waktu lalu saya bertanya tentang buku tersebut kepada pak budi. tetapi katanya buku tersebut sudah tidak ada di pasaran lg dan master dari buku tersebut juga tidak beliau simpan.
tapi kira2 rumus2 tersebut di internet?
tapi kira2 rumus2 tersebut di internet?
- jedx
- Technical Sergeant
- Posts: 313
- Joined: 17 Jan 2007, 16:34
- Location: BPT ( Bekasi Pinggir Tol ) ... Asline Ponorogo
- Contact:
- NF
- Administrator
- Posts: 4065
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- Olland
- trainee
- Posts: 22
- Joined: 22 Feb 2007, 22:33
- Location: Kota Jayapura-Papua
- Contact:
- SUPRI
- Senior Airman
- Posts: 136
- Joined: 18 Jan 2007, 10:51
- Location: Bekasi
Olland wrote:kira2 ada yang punya buku yang pengarang nya Pak Budi Atmoko gak.... soalnya saya lebih pengentahu lebih dalam mengenai pembuatan pesawat model. kalo ada boleh dong di foto kopi....
Thanks
Kalau jarang yang punya pak, saya juga pernah konvirmasi tentang buku tersebut dan memang sudah terbit lagi.
Ini adalah Contoh Perhitungan Pesawat
1
Perhitungan Luas Sayap
Panjang Sayap = 1.500 mm
Lebar Cord = 210 mm
Luas Sayap = 1.500 mm x 210 mm
= 315.000 mm2
Ratio Sayap = (1.500 ^ 2) / 315.000 mm2
= 2.250.000 / 315.000 mm2
= 7.142857143
Dibulatkan = 7.14
2
Perhitungan Luas Ekor
Panjang Ekor = 400 mm
Lebar Tengah = 165 mm
Lebar Tepi = 100 mm
Panjang Lengan Ekor = 600 mm (dihitung dari CG sampai dengan 1/3 lebar tengah Ekor)
Luas ½ Ekor = ((165+100)/2) x (400/2)
= 132,5 x 200
= 26.500
Luas Ekor = 2 x ½ luas ekor
= 2 x 26.500
= 53.000 mm2
Ratio Volume Ekor = (Luas Ekor x Panjang Lengan Ekor) / (Luas Sayap x Lebar Cord)
= (53.000 x 600) x (315.000 x 210)
= 31.800.000 / 66.150.000
= 0.480725624
dibulatkan = 0.48
Nilai Ratio Volume Ekor Berkisar antara 0.4 s/d 1.00
3
Perhitungan Luas Fin
Panjang Fin = 200 mm
Lebar Bawah = 165 mm
Lebar atas = 100 mm
Panjang Lengan Fin = 600 mm (dihitung dari CG sampai dengan 1/3 lebar Bawah Fin)
Luas Fin = ((165 + 100)/2) x 200
= 132.5 x 200
= 26.500 mm2
Ratio Volume Fin = (Luas Fin x Panjang Lengan Fin) / (Luas Sayap x Panjang Sayap)
= (26.500 x 600) x (315.000 x 1500)
= 15.900.000 / 472.500.000
= 0.033
Nilai Ratio Volume Fin Berkisar antara 0.01 s/d 0.05
- Olland
- trainee
- Posts: 22
- Joined: 22 Feb 2007, 22:33
- Location: Kota Jayapura-Papua
- Contact:
- coyo
- Chief Master Sergeant
- Posts: 808
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
coba tanya langsung ke penulisnya aza http://www.geocities.com/tinbdg/
'kali aza masih punya stok
'kali aza masih punya stok
- coyo
- Chief Master Sergeant
- Posts: 808
- Joined: 17 Jan 2007, 17:00
- Location: Kota Jababeka, Cikarang
- Contact:
http://www.geocities.com/tinbdg/book_vcd.htm
Ada 2 buku, yg kuning (pengenalan aza) ama yg biru (ada itung2annya juga)

Ada 2 buku, yg kuning (pengenalan aza) ama yg biru (ada itung2annya juga)
