Saya setuju banget dengan masalah kesetimbangan seperti yg sudah dijadikan topik sama kangmas guru wisnu dan kompensasi selama terbang melalui surface control pasti akan selalu terjadi mengingat pada saat pesawat terbang kan masih ada faktor lainnya yaitu kondisi udara
Alangkah indahnya apabila kompensasi itu dilakukan hanya karena semata kondisi udara saja bukan harus melakukan kompensasi karena ada nya kekurangan sempurnaan struktur pesawat, nah untuk ini contoh nya dgn melihat ke foto dari arah depan pesawat yg digantung itu yg menarik adalah posisi vertical stab sudah agak miring kekanan pada kondisi sayap miring kekiri nah gimana nanti jadinya pada saat sayap setimbang berarti vertical stab makin miring ke kanan dong ......

..... Maap ya kangmas wisnu ini sekedar menjadi pemerhati foto saja loh enggak ada maksud apa2 cuman lagi ngebayangin aja gimana entar rasa terbangnya pada saat sayap sudah setimbang tapi ada stab atau control surface nya yg miring ......
Pandangan saya ini disampaikan semata agar nantinya kalau udah bikin sayap setimbang tapi setelah dirangkai kok ternyata ada aja rasa lainnya, nah dari situ jangan terus putus asa atau merasa kayanya sia2 saja setelah menyetimbangkan sayaploh ya, tetep punya arti kok semua usaha dalam membuat pesawat se perfect mungkin dan justru disini tantangannya .....
Salam