Page 1 of 2
Menentukan keseimbangan sayap Pesawat
Posted: 13 Feb 2013, 21:24
by wisnumurti
Mohon maaf suhu andaikan topik ini pernah dibahas,
Suhu suhu yang baik hati

mohon pencerahan ilmunya, apakah selain menentukan CG (yang diforum ini sudah dibahas) kita juga harus menentukan keseimbangan sayap dalam artian pada keadaan statis digantung pada sumbu tengah fuselage sayap tidak oleng ke kiri atau ke kanan?
seperti gambaran dibawah ini:

dari gambar terlihat sayap pesawat berat sebelah kiri.
metode yang saya gunakan adalah menggantung ujung depan dan ujung ekor pesawat pada kondisi pesawat rata rata air.

apakah memang seperti itu, mengingat pernah melihat pesawat dengan sayap yang dilem sana sini tapi kok ya masih terbang dengan mulusnya.

Re: Menentukan keseimbangan sayap Pesawat
Posted: 13 Feb 2013, 21:36
by AnnasKaruniawan
bantu sedikit jawab om
keseimbangan kanan-kiri (lateral balance) biasanya dapat diakali dengan trim aileron. misal wing lebih berat kanan maka aileron di trim sedikit ke kiri. begitu juga sebaliknya.
namun kalo untuk pesawat tipe aerobatik yang butuh ke-presisian, maka wing juga harus seimbang. bisa diakali dengan pengurangan bagian wing yang terlalu berat atau kebalikannya penambahan sedikit pemberat pada wing yang lebih ringan supaya seimbang.
salam
Re: Menentukan keseimbangan sayap Pesawat
Posted: 13 Feb 2013, 21:47
by wisnumurti
AnnasKaruniawan wrote:bantu sedikit jawab om
keseimbangan kanan-kiri (lateral balance) biasanya dapat diakali dengan trim aileron. misal wing lebih berat kanan maka aileron di trim sedikit ke kiri. begitu juga sebaliknya.
namun kalo untuk pesawat tipe aerobatik yang butuh ke-presisian, maka wing juga harus seimbang. bisa diakali dengan pengurangan bagian wing yang terlalu berat atau kebalikannya penambahan sedikit pemberat pada wing yang lebih ringan supaya seimbang.
salam
salam kenal mas , terima kasih atas pencerahannya, ini pesawat tanpa aileron , mesti mengurangi beban salah satu sisinya kalo begitu heheh
Re: Menentukan keseimbangan sayap Pesawat
Posted: 14 Feb 2013, 01:01
by toto
Ikutan tanya boleh kan bukan dalam artian pesimis antara usaha dan hasilnya nanti ...... Seberapa efektifkah menyetimbangkan sayap (tentunya perbedaan nya tidak terlalu ekstrem) pada pesawat yang ukurannya "kecil" selain sebagai latihan untuk belajar bagaimana mengukur dan membuat agar sayap setimbang ....
Mohon maaf ya atas pertanyaan saya yg nyeleneh ini semata karena pengen nambah pengetahuan saja loh ya .....
Salam
Re: Menentukan keseimbangan sayap Pesawat
Posted: 14 Feb 2013, 12:59
by wisnumurti
Hehehe kalo saya, biasane pada saat pembuatan spar yang dari bahan bambu saya timbang kiri kanan sampai imbang..walau ketika sayap sudah jadi ragu apakah hasilnya akan seimbang, karena juga belum nemu cara nimbang sayap tanpa fuselage....
Re: Menentukan keseimbangan sayap Pesawat
Posted: 14 Feb 2013, 13:39
by toto
Kalau cara nimbang apapun utk melihat kesetimbangan suatu benda pasti kan ditumpu persis di tengah nya kan kangmas .... Tinggal masalahnya setelah di rakit kan banyak tuh yg akhir nya akan akhir nya secara keseluruhannya menjadi tidak setimbang, antara lain :
1. Penempatan pernak pernik di dalam fuselage;
2. Berat servo dan kabel extension nya kalau pake;
3. Sticker yg di tempel di sayap;
4. Berat landing gear dan wheel dan wheel pants;
5. Kalau pesawat eng adalah kondisi isi fuel tank antara full dan empty tank;
6. Apalagi ya ........
Tadi yg di atas itu kemungkinan Baru dari sisi fisik masih ada lagi yg membuat pesawat secara aerodinamika terbang tidak setimbang ...... Eh kok jadi OoT ya ....
Salam
Re: Menentukan keseimbangan sayap Pesawat
Posted: 14 Feb 2013, 16:23
by wisnumurti
Hehehe terus solusinya yaa tetep ketrampilan bermain dengan aeleron ya pak toto? hehehhe..lhaa sayap dihedral pun tetep akan seperti itu juga karena pengaruh penempatan pernak pernik ugo rampe dsb

Re: Menentukan keseimbangan sayap Pesawat
Posted: 14 Feb 2013, 18:50
by toto
Saya setuju banget dengan masalah kesetimbangan seperti yg sudah dijadikan topik sama kangmas guru wisnu dan kompensasi selama terbang melalui surface control pasti akan selalu terjadi mengingat pada saat pesawat terbang kan masih ada faktor lainnya yaitu kondisi udara
Alangkah indahnya apabila kompensasi itu dilakukan hanya karena semata kondisi udara saja bukan harus melakukan kompensasi karena ada nya kekurangan sempurnaan struktur pesawat, nah untuk ini contoh nya dgn melihat ke foto dari arah depan pesawat yg digantung itu yg menarik adalah posisi vertical stab sudah agak miring kekanan pada kondisi sayap miring kekiri nah gimana nanti jadinya pada saat sayap setimbang berarti vertical stab makin miring ke kanan dong ......

..... Maap ya kangmas wisnu ini sekedar menjadi pemerhati foto saja loh enggak ada maksud apa2 cuman lagi ngebayangin aja gimana entar rasa terbangnya pada saat sayap sudah setimbang tapi ada stab atau control surface nya yg miring ......
Pandangan saya ini disampaikan semata agar nantinya kalau udah bikin sayap setimbang tapi setelah dirangkai kok ternyata ada aja rasa lainnya, nah dari situ jangan terus putus asa atau merasa kayanya sia2 saja setelah menyetimbangkan sayaploh ya, tetep punya arti kok semua usaha dalam membuat pesawat se perfect mungkin dan justru disini tantangannya .....
Salam
Re: Menentukan keseimbangan sayap Pesawat
Posted: 15 Feb 2013, 09:32
by wisnumurti
Hahahah pak toto ...itu cuma pesawat pajangan pak, hasil iseng iseng ..tapi makasih komennya memberikan pencerahan untuk proses pembuatan struktur peswat terbang yang bener hehehhe

Re: Menentukan keseimbangan sayap Pesawat
Posted: 15 Feb 2013, 09:39
by toto
sip deh kangmas om suhu wisnu, iseng2 aja udah bisa bikin pesawat kaya gitu apalagi kalau serius ........... maju terus om dan sukses tapi jangan lupa keep posting ya biar kita2 juga bisa ikutan belajar ...........
salam