Page 1 of 4
bisa ngirit lipo ?
Posted: 21 Feb 2013, 04:51
by anelah
Bagaimana setting throttle dan pitch curve pada tx, normal flight agar bisa ngirit lipo?

Re: bisa ngirit lipo ?
Posted: 21 Feb 2013, 09:40
by toto
Halo bang kakak anelah, kalau menurut saya ya soal bagaimana mengirit lipo salah satu nya lebih dominan ke gaya terbang sang pilot nya deh selain dari type pesawat, wing loading dan masih ada unsur lainnya jadi soal settingan remote saya belum nemu nih hubungannya ..... Sekali lagi ini menurut saya loh ya dan untuk ini saya juga masih menunggu fatwa dari para suhu2 lainnya ......
Salam
Re: bisa ngirit lipo ?
Posted: 21 Feb 2013, 10:21
by iwan21
kalo liat setting nya throttle dan pitch curve , hely ya?, wah nunggu master suhu hely aja deh.
.
.
..
ikut mojok jongkok bareng waksuhu Toto
Re: bisa ngirit lipo ?
Posted: 21 Feb 2013, 10:29
by doditsky
Pakde Anelah...betul sekali yang disampaikan Master Toto.....kalo kita sering menaikkan turunkan stik trottle secara tiba2 apalagi sampai maximal dalam waktu lama akan mempercepat lipo habis...mungkin banyak faktor juga....kalo pitch dan trott mungkin ini di hely ya pakde....hely patroli sama hover menurut saya lebih cepat habis batt kalo hanya hover apalagi dinaik turunkan cepat...hahaha palagi buat jumpalitan....seting hely yang anteng dan hanya buat patroli akan lebih hemat dari pada 3D ...seting pas biar hely nggak angguk2 atau seanteng mungkin bagi saya sangat membantu hemat batt...hehehehe karena belum bisa 3D Pakde...
salam
Re: bisa ngirit lipo ?
Posted: 21 Feb 2013, 10:29
by KBSantoso
Saya juga mau jongkok di samping Om Iwan dah....
Newbie lagi belajar heli nih....
Nah suhu dari Kudus sudah memberi wejangan....

Re: bisa ngirit lipo ?
Posted: 21 Feb 2013, 11:05
by Budiman
Intinya, jangan terlalu kelamaan hover jika ingin irit power..
Re: bisa ngirit lipo ?
Posted: 21 Feb 2013, 12:26
by sahid
anelah wrote:Bagaimana setting throttle dan pitch curve pada tx, normal flight agar bisa ngirit lipo?

ketika heli sudah bisa hover dengan tenang itu menandakan daya angkat sdh optimum..., disitu sebenarnya perbandingan besarnya pitch dan "bukaan" thortle sdh harmonis....tapi tetap saja pasti susah ya menghemat batt di heli...
entar dikecilin"bukaan tortle" heli jadi manggut-manggut...
coba pak lakukan ini...-.blade yg dipakai seringan mungkin dan presisi (balanced) selalu carbon blade, lumasi gear dg silicon grease, atur celah kerenggangan antara pinion gear dg main gear, kalo tail drive nya msh menggunakan belt atur kekencanganya
pertanyaan singgkat...susah menjawabnya

Re: bisa ngirit lipo ?
Posted: 21 Feb 2013, 13:55
by anelah
(iya ini untuk heli)
ikut nongkrong juga dipojokan sambil menunggu jawaban suhu2 yang lainnya hehehehe...
maksudku...
putaran motor berbanding dengan throttle, sesuai throttle curvenya. kalau rpmnya sudah tinggi (artinya boros di lipo) tapi sudut pitch belum tepat, sesuai pitch curve, heli tidak akan naik bukan. pitch curve mengikuti manual. nah kalau rpm nya sudah tinggi (dari suaranya lho, nggak pakai alat ukur) dan pitch masih dibawah 0deg, suaranya melengking (boros di lipo kan?) gimana cara settingnya.

Re: bisa ngirit lipo ?
Posted: 21 Feb 2013, 15:37
by panjitohaga
Heli nya apa om?
Biasanya buat nambah jam terbang (flight time) yang disesuaikan itu pemilihan headspeed dan berat helinya tersebut, dasarnya kalo headspeed nya tinggi heli jadi lebih aggresif dan responsif tapi kekurangannya tentu lebih membutuhkan energy yg lebih besar jadinya battery lebih boros.
Headspeed yg rendah butuh energy yg lebih kecil dan lebih hemat battery tapi kekurangannya daya angkat dan respon heli tidak secepat HS tinggi. Supaya mendapatkan hasil yang efficient dan optimal, setidaknya kombinasi motor dan pinion nya harus disesuaikan dengan headspeed yg dimau.
Kebetulan saya senang utak atik headspeed dan berat di heli saya - salah satunya heli kelas 550/600 di set di 3 headspeed yg berbeda:
1600 rpm = 8 - 9 menit terbang
1850 rpm = 6 - 7 menit terbang
2250 rpm = 5 menit terbang
dan tentunya tergantung gaya terbang/manuver yg dilakukan dan seperti yg om sahid bilang di atas celah kerenggangan pinion + main gear di optimalkan (kekencangan belt untuk tail drive juga - kalo pakai)
Re: bisa ngirit lipo ?
Posted: 21 Feb 2013, 16:30
by bonojoker
panjitohaga wrote:Heli nya apa om?
Biasanya buat nambah jam terbang (flight time) yang disesuaikan itu pemilihan headspeed dan berat helinya tersebut, dasarnya kalo headspeed nya tinggi heli jadi lebih aggresif dan responsif tapi kekurangannya tentu lebih membutuhkan energy yg lebih besar jadinya battery lebih boros.
Headspeed yg rendah butuh energy yg lebih kecil dan lebih hemat battery tapi kekurangannya daya angkat dan respon heli tidak secepat HS tinggi. Supaya mendapatkan hasil yang efficient dan optimal, setidaknya kombinasi motor dan pinion nya harus disesuaikan dengan headspeed yg dimau.
Kebetulan saya senang utak atik headspeed dan berat di heli saya - salah satunya heli kelas 550/600 di set di 3 headspeed yg berbeda:
1600 rpm = 8 - 9 menit terbang
1850 rpm = 6 - 7 menit terbang
2250 rpm = 5 menit terbang
dan tentunya tergantung gaya terbang/manuver yg dilakukan dan seperti yg om sahid bilang di atas celah kerenggangan pinion + main gear di optimalkan (kekencangan belt untuk tail drive juga - kalo pakai)
Begitu ya Om...
Untuk mengecilkan RPM, gear pinion nya harus lebih banyak kah
misalnya dari 11 di naik kan menjadi 13
kemudian untuk celah antara pinion dan gear berapaan ya Om ?
lebih rapet atau renggang
ideal ny brp
jika diperlakukan untuk heli 450