Heli mana yang lebih efficien Engine Atau electric?
- Faridfadlan
- Senior Airman
- Posts: 125
- Joined: 23 Apr 2012, 00:55
- Location: Sidoarjo
Heli mana yang lebih efficien Engine Atau electric?
Ditinjau dari segi biaya, ketahanan juga performa mana yang lebih baik mohon pencerahan para suhu.
- danielronaldo23
- Technical Sergeant
- Posts: 329
- Joined: 06 Oct 2012, 15:08
- Location: Bekasi Utara
- Contact:
Re: Heli mana yang lebih efficien Engine Atau electric?
Kayanya sih electric om. Tapi malesnya harus ganti battery terus. Itu menurut saya.
Terimakasih
Terimakasih
- doditsky
- Senior Master Sergeant
- Posts: 614
- Joined: 09 Nov 2008, 07:20
- Location: Kudus, Jawa Tengah
- Contact:
Re: Heli mana yang lebih efficien Engine Atau electric?
urun rembug...hehehehe kayak klompencapir ( eh masih ada nggak ya program itu )...saya baru di hely om suer bukan merendah...memang masih patroli dan belajar 3D dikit2
memang semua plus minus om Farid...saya asumsikan kalo kita head to head klas 600 hely dengan engine 50 ...( hehehehe pernah punyanya itu sih)...
Hely engine :
plus :
- mau main berapa kali terbang ences saja selama fuel dan batt tx rx masih
- suara dan bau nitronya bikin kangen....dan juga bikin yang nonton seneng krn ada asapnya
- (katanya suhu2 hely...hehehehe copy paste ) Power terus ada selama BBM masih
- untuk orang awam lebih keren...."wah pake mesin ya pak" pertanyaan yang sering muncul di penonton, ..kalo batt..."oooo pake batt ya...kayak mainan di rumah".....wkwkwwk Trex 550 sama dengan mainan di rumah....ya namanya juga pendapat ...yang penting bisa memberi hiburan buat masyarakat
minus
- jelas RIBET ..mau terbang harus bawa Botol BBM, starter, fuel pump, tx disamping angkat helynya
- Ribet perawatan....karena komponen engine lebih banyak....
- Boros kalo pas untuk latihan HOVER....satu tangki Trex 600 kalo hanya untuk latihan hely hanya beberapa menit...kalo untruk patroli sudah irit...nah bisa dihitung...harga satu galon 20 % -30% nitro dibagi satu tangki...so ketemu sekali terbang keluar duit berapa....
Elektric :
Untuk kelas 600 sekarang butuh 2 batt atau ada juga yang cuma satu tapi gede kapasitas
Plus :
- Praktis, tinggal charger batt ...masukkan ke tas, bawa tx dan hely...
- ( katanya suhu lagi )...powernya relatif lebih spontan
- minim perawatan ( kecuali batt lipo yang terkenal manja wkwkwkwkwk )
Minus :
- Batt lipo hely biasanya kapasitas besar so biaya awal tinggi coba lihat di hobby shop online
- butuh batt banyak kalo mau main beberapa kali terbang walaupun bisa dicharge dilapangan...kalo terbang tetep saja saya jarang bisa charger di lapangan, walaupun sudah bawa Accu mobil dan charger
- perawatn batt lipo memang harus hati2...sering di cek
- Power saat batt mau habis cenderung turun....apalagi habis blasss....
so...kalau saya pilih elektrik karena segi praktis dan jarang seting....perawatan batt kalo bagus juga bertahan lama...hehehe karena saya hanya manuver kanan kiri OK ya awet...sudah hampir setahun batt masih OK ( buat patroli loo )
mohon maaf kalo salah....salam
memang semua plus minus om Farid...saya asumsikan kalo kita head to head klas 600 hely dengan engine 50 ...( hehehehe pernah punyanya itu sih)...
Hely engine :
plus :
- mau main berapa kali terbang ences saja selama fuel dan batt tx rx masih
- suara dan bau nitronya bikin kangen....dan juga bikin yang nonton seneng krn ada asapnya
- (katanya suhu2 hely...hehehehe copy paste ) Power terus ada selama BBM masih
- untuk orang awam lebih keren...."wah pake mesin ya pak" pertanyaan yang sering muncul di penonton, ..kalo batt..."oooo pake batt ya...kayak mainan di rumah".....wkwkwwk Trex 550 sama dengan mainan di rumah....ya namanya juga pendapat ...yang penting bisa memberi hiburan buat masyarakat

minus
- jelas RIBET ..mau terbang harus bawa Botol BBM, starter, fuel pump, tx disamping angkat helynya
- Ribet perawatan....karena komponen engine lebih banyak....
- Boros kalo pas untuk latihan HOVER....satu tangki Trex 600 kalo hanya untuk latihan hely hanya beberapa menit...kalo untruk patroli sudah irit...nah bisa dihitung...harga satu galon 20 % -30% nitro dibagi satu tangki...so ketemu sekali terbang keluar duit berapa....

Elektric :
Untuk kelas 600 sekarang butuh 2 batt atau ada juga yang cuma satu tapi gede kapasitas
Plus :
- Praktis, tinggal charger batt ...masukkan ke tas, bawa tx dan hely...
- ( katanya suhu lagi )...powernya relatif lebih spontan
- minim perawatan ( kecuali batt lipo yang terkenal manja wkwkwkwkwk )
Minus :
- Batt lipo hely biasanya kapasitas besar so biaya awal tinggi coba lihat di hobby shop online
- butuh batt banyak kalo mau main beberapa kali terbang walaupun bisa dicharge dilapangan...kalo terbang tetep saja saya jarang bisa charger di lapangan, walaupun sudah bawa Accu mobil dan charger
- perawatn batt lipo memang harus hati2...sering di cek
- Power saat batt mau habis cenderung turun....apalagi habis blasss....

so...kalau saya pilih elektrik karena segi praktis dan jarang seting....perawatan batt kalo bagus juga bertahan lama...hehehe karena saya hanya manuver kanan kiri OK ya awet...sudah hampir setahun batt masih OK ( buat patroli loo )
mohon maaf kalo salah....salam
- Faridfadlan
- Senior Airman
- Posts: 125
- Joined: 23 Apr 2012, 00:55
- Location: Sidoarjo
Re: Heli mana yang lebih efficien Engine Atau electric?
Makasih banget atas masukannya, rencana sih mau naik kelas ke 600 cuma lagi bingung nentukan pilih engine atau electric tanya temen juga tambah mumet karena suara hampir berimbang, kalau tanya yang punya electric bilangnya lebih enak karena minim trouble waktu terbang, kalau tanya yang pakai engine dibilang lebih enek karena mau mabur berapa kalipun tinggal isi bbm lansung bisa mabur lagi. mohon masukan dari suhu temen -temen lain dong.



- ahmadbenny
- Chief Master Sergeant
- Posts: 926
- Joined: 06 Jul 2012, 20:58
- Location: Cipondoh - Tangerang
Re: Heli mana yang lebih efficien Engine Atau electric?
doditsky wrote:urun rembug...hehehehe kayak klompencapir ( eh masih ada nggak ya program itu )...saya baru di hely om suer bukan merendah...memang masih patroli dan belajar 3D dikit2
memang semua plus minus om Farid...saya asumsikan kalo kita head to head klas 600 hely dengan engine 50 ...( hehehehe pernah punyanya itu sih)...
Hely engine :
plus :
- mau main berapa kali terbang ences saja selama fuel dan batt tx rx masih
- suara dan bau nitronya bikin kangen....dan juga bikin yang nonton seneng krn ada asapnya
- (katanya suhu2 hely...hehehehe copy paste ) Power terus ada selama BBM masih
- untuk orang awam lebih keren...."wah pake mesin ya pak" pertanyaan yang sering muncul di penonton, ..kalo batt..."oooo pake batt ya...kayak mainan di rumah".....wkwkwwk Trex 550 sama dengan mainan di rumah....ya namanya juga pendapat ...yang penting bisa memberi hiburan buat masyarakat![]()
minus
- jelas RIBET ..mau terbang harus bawa Botol BBM, starter, fuel pump, tx disamping angkat helynya
- Ribet perawatan....karena komponen engine lebih banyak....
- Boros kalo pas untuk latihan HOVER....satu tangki Trex 600 kalo hanya untuk latihan hely hanya beberapa menit...kalo untruk patroli sudah irit...nah bisa dihitung...harga satu galon 20 % -30% nitro dibagi satu tangki...so ketemu sekali terbang keluar duit berapa....![]()
Elektric :
Untuk kelas 600 sekarang butuh 2 batt atau ada juga yang cuma satu tapi gede kapasitas
Plus :
- Praktis, tinggal charger batt ...masukkan ke tas, bawa tx dan hely...
- ( katanya suhu lagi )...powernya relatif lebih spontan
- minim perawatan ( kecuali batt lipo yang terkenal manja wkwkwkwkwk )
Minus :
- Batt lipo hely biasanya kapasitas besar so biaya awal tinggi coba lihat di hobby shop online
- butuh batt banyak kalo mau main beberapa kali terbang walaupun bisa dicharge dilapangan...kalo terbang tetep saja saya jarang bisa charger di lapangan, walaupun sudah bawa Accu mobil dan charger
- perawatn batt lipo memang harus hati2...sering di cek
- Power saat batt mau habis cenderung turun....apalagi habis blasss....![]()
so...kalau saya pilih elektrik karena segi praktis dan jarang seting....perawatan batt kalo bagus juga bertahan lama...hehehe karena saya hanya manuver kanan kiri OK ya awet...sudah hampir setahun batt masih OK ( buat patroli loo )
mohon maaf kalo salah....salam
Ini dia yang bikin saya tergila-gila sama heli engine.......


- KBSantoso
- First Lieutenant
- Posts: 1444
- Joined: 09 May 2010, 21:56
- Location: Semarang
- Contact:
Re: Heli mana yang lebih efficien Engine Atau electric?
Setelah melihat, mengamati rekan2 saya di lapangan Marina Semarang, untuk saya pribadi masih lebih praktis dan murah heli electric.
Pernah disebutkan oleh salah satu rekan, biaya satu kali terbang/ satu tangki heli Trex 700N untuk fuelnya saja berkisar 80rb rupiah. Di luar biaya perawatan heli.
Sedangkan untuk heli Trex 700E hanya berkisar 30rb sekali terbang, itu adalah biaya penyusutan umur batere, asumsi umur batere adalah 100 cycle. Syukur2 bisa awet dengan perawatan yg benar bisa 200cycle. Biaya charge bisa diabaikan karena sangat kecil nilainya (Rp 800/kWh).
Sebaiknya menginvestasikan untuk batere yang kualitas agak bagus agar awet, di samping merawat dan memakai batere secara tepat.
Itu yang saya dengar dari sharing rekan2 di komunitas saya.
Mungkin suhu2 heli bisa lebih baik menjelaskan.
Salam
Newbie Heli
Pernah disebutkan oleh salah satu rekan, biaya satu kali terbang/ satu tangki heli Trex 700N untuk fuelnya saja berkisar 80rb rupiah. Di luar biaya perawatan heli.
Sedangkan untuk heli Trex 700E hanya berkisar 30rb sekali terbang, itu adalah biaya penyusutan umur batere, asumsi umur batere adalah 100 cycle. Syukur2 bisa awet dengan perawatan yg benar bisa 200cycle. Biaya charge bisa diabaikan karena sangat kecil nilainya (Rp 800/kWh).
Sebaiknya menginvestasikan untuk batere yang kualitas agak bagus agar awet, di samping merawat dan memakai batere secara tepat.
Itu yang saya dengar dari sharing rekan2 di komunitas saya.
Mungkin suhu2 heli bisa lebih baik menjelaskan.
Salam
Newbie Heli
- topankaltim
- Senior Master Sergeant
- Posts: 672
- Joined: 20 Mar 2011, 18:47
- Location: Yogyakarta, Jakarta
Re: Heli mana yang lebih efficien Engine Atau electric?

Pertanyaannya saya kembalikan lagi ke Om Farid...Om udah pernah utak atik engine nitro atau paling tidak tahu perawatan, broken in engine atau senang utak atik mesin berbahan bakar???
kalo belum pernah atau minimal tahu suka dukanya merawat engine nitro....saya sarankan heli elektrik saja untuk kelas 600 atau 700...kecuali ingin mengejar sensasinya utak atik engine dan denger suaranya yang aduhai...silahkan berburu ilmu perawatan untuk heli engine dulu...he..he..

salam
Topan
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: Heli mana yang lebih efficien Engine Atau electric?
Kalau mau suara menggelegar kan bisa pake Benedini sound card.....pake visaton speaker....bisa diplih lagi mau heli model apa. Suaranya bisa disesuaikan dengan throtle. Kalau mau asep....ya saya biasanya sambil ngrokok saja mainnya....perih-perih deh mata wakakaka
- DedDredd
- Senior Master Sergeant
- Posts: 570
- Joined: 11 Sep 2010, 17:04
- Location: Kediri-Jogja
Re: Heli mana yang lebih efficien Engine Atau electric?
Kalo cari irit di biaya tiapp kali terbangnya ya pake heli gasser atau konversi elektrik/nitro ke gasoline,sekali terbang paling 7-10rb. kalo power si relatif, mo dbikin kuat jg bisa, tergantung pake engine yg disukai, sekarang banyak pilihannya.
- pitra_rcbagus
- Airman First Class
- Posts: 60
- Joined: 03 Jan 2013, 17:39
- Location: SOLO/ SURAKARTA
Re: Heli mana yang lebih efficien Engine Atau electric?
Main heli disimulator paling irit 
