Page 1 of 8
Boeing 737-300 Air Asia
Posted: 08 Sep 2007, 22:37
by blitsz
sengaja cari tempat duduk di belakang sayap.... penasaran sama apa yang terjadi dengan sayap 737-300 pas mau landing
sekitar 2 menit sebelum mendarat...
di atas hanggar Merpati Juanda...
landing....
kok ada bagian sayap yg turun dan naik yah... ada yg bisa kasih penjelasan?

Posted: 08 Sep 2007, 23:05
by tomee
teorinya sih...
yang turun buat descent, yang naik buat ngerem alias fungsi flap...
mohon koreksi kalo salah...
Posted: 09 Sep 2007, 08:02
by Redblur
yg bawah itu menahan
biar nga stall yah ??
atau yg airbrake menahan pesawat ke bawah
Posted: 09 Sep 2007, 09:11
by flytosky
yang turun kebawah itu, namanya flaps. biasa kalau take off, itu hanya keluar dikit (sekitar 5 - 15 derajat), kalau landing bisa sekitar 20 - 45 derajat (umumnya sih full flaps alias 45 derajat). fungsinya untuk menambah gaya angkat pada kecepatan rendah. jadi, walaupun pesawat udah pada kecepatan rendah (150 - 120 kias), pesawat tetap bisa glide, padahal kalau tanpa flaps, pesawatnya udah stall dari kapan kapan coba.
untuk jenis jenis flaps dan fungsinya, bisa dilihat di
http://en.wikipedia.org/wiki/Flap_%28aircraft%29
trus yang naik keatas itu namanya spoiler. kalau di udara, fungsinya sebagai airbrake yang gunanya untuk mengurangi kecepatan atau ketinggian. nah, spoiler ini biasanya berfungsi untuk landing. biasanya sebelum landing, spoiler di arm, agar begitu roda menyentuh landasan, itu spoiler (kalau landing lebih umum disebut sebagai lift dumper) langsung aktif, berfungsi untuk menghancurkan aliran udara agar pesawat tidak airborne lagi.
http://en.wikipedia.org/wiki/Spoiler_%28aeronautics%29
ada satu lagi yang unik kalau naik Boeing 737-200. karena dia pake engine JT8D classic, jadi reverser akan mengembang seperti ember pecah seperti pic dibawah ini
fungsinya untuk menahan semburan mesin jet, sehingga semburan nya jadi membalik kearah depan yang mana sedikit banyak membantu mengurangi kecepatan pesawat. reverser ini hanya bisa aktif waktu didaratan, tapi tidak diudara.
kenapa di Boeing 737 seri selain 300 ga ada reverser seperti di 737-200? ada, tapi bentuknya lain karena mesin yang digunakan bukan JT8D (the most expensive carosene stove in the world, kata temen gw), tapi udah make CFM56 (
http://en.wikipedia.org/wiki/CFM_International_CFM56 ). kalau JT8D bentuk thrust reversernya mengembang ke atas dan bawah, kalau CFM56 dan mesin mesin terbaru sekarang udah menganut sistem sliding ke belakang.
mudah mudahan membantu.
Posted: 09 Sep 2007, 11:37
by Ravenchan
penjelasannya lengkap sekali van.. jangan2 irvan ini pilot benaran yang dah pensiun dan beralih ke RC nih. btw untuk spoiler saya rasa masih belum ada yang coba di RC plane ya..
Posted: 09 Sep 2007, 13:05
by blitsz
hebat si Irvan euy....
cerita (dongeng) dan narasinya selalu komplit
@ravenchan: sepertinya emang belum ada yg coba pake spoiler.. boros di servo kali...

Posted: 09 Sep 2007, 15:19
by NF
aeromodeler kalo jadi penumpang pesawat terbang..........ya begitulah,.....apa yang ada di plototin sampe puas....(except miss stewardesnya)...
kadang merhati'in wing dan engine...kadang malah bawa gps pribadi buat track tujuan......
Posted: 09 Sep 2007, 19:28
by Redblur
hihihi..........aku pernah tuh liat yg mesin nya gitu
sampe bingung dikira mesinnya jebol hahah!!
Posted: 10 Sep 2007, 06:12
by sudjai sarmo
Sayap depanpun juga ikut nunduk kebawah pada saat mau landing sehingga profil sayapnya menyerupai sayap glider agar daya angkatnya bertambah. Itulah geniusnya perancang pesawat yang berkecepatan tinggi pada saat menjelajah tetapi terbang slow pada saat mau mendarat dengan tanpa stol.
Posted: 10 Sep 2007, 09:16
by flytosky
ohya, flaps dibagian sayap depan itu namanya Slats. fungsinya untuk meningkatkan AoA (Angel of Attack / sudut serang ) pesawat pada kecepatan rendah. biasanya digunakan untuk bermanuver pada kecepatan rendah atau untuk landing.
koreksi sedikit pak Ja'i, bukan stol tapi stall. stol itu berarti Short Take-off / Landing. sedangkan stall berarti kehilangan gaya angkat karena kecepatan pesawat yang terlalu rendah (maaf, bukan bermaksud menggurui lho pak. tapi sering kita salah tulis istilah dalam dunia penerbangan yang kadang bisa bermaksud lain)
@Ravenchan, spoiler udah ada yang menerapkan di aeromodelling koq. waktu sy liat di video Joe Nall 2005, pada pake spoiler, terutama untuk pesawat pesawat yang kecepatannya sangat tinggi seperti turbine.
@NF, wakkakaka...tau aja sy ga pernah pelototin cabin crew nya? hahaha...lebih merdu suara JT8D daripada sapaan cabin crew. hahahaha...teman saya pernah tuh bawa GPS buat tracking, bahkan waypointnya pun udah sama persis. bahkan ada yang lebih gila lagi, bawa laptop, main flight simulator sesuai airport departure - airport destination. hasilnya sama persis waktunya. wakakakaka....
kalau pada jeli, di aeromodelling udah ada yang menerapkan thrust reverser lho. itu pesawat 4D yang pake Variable Pitch Props, fungsinya sama dengan thrust reverser.