Ada apa dg OS55AX-ku?

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
Ryuhey
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 61
Joined: 13 Apr 2011, 02:35
Location: Kediri
Contact:

Ada apa dg OS55AX-ku?

Post by Ryuhey »

Mohon saran suhu...

Knp ya engineku kok matian diatas,pdhal seblm terbang uda distel n dibolak balik pesawatnya engine enak bgt n yg pasti ndak mati.Tp wkt terbang ndak ada semenit lgs mati... :kgt
Tanki bhn bkr uda sy cek n normal,prop pake 12x8,busi no.8 n Fuel pake CoolMix 5%.
Head Cylinder prnh sy copot (tanpa ngutak ngatik linier n piston) n sy kasih lem trebond,ini sy lakukan krn seblmnya ada rembesan oli.
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Post by unding »

Ryuhey wrote:Mohon saran suhu...

Knp ya engineku kok matian diatas,pdhal seblm terbang uda distel n dibolak balik pesawatnya engine enak bgt n yg pasti ndak mati.Tp wkt terbang ndak ada semenit lgs mati... :kgt
Tanki bhn bkr uda sy cek n normal,prop pake 12x8,busi no.8 n Fuel pake CoolMix 5%.
Head Cylinder prnh sy copot (tanpa ngutak ngatik linier n piston) n sy kasih lem trebond,ini sy lakukan krn seblmnya ada rembesan oli.

Penyakit bawaan OS 55 AX, propeller yg digunakan kebesaran kalau bisa turunkan menjadi 12 x 7 atau 11 x 8, setting needle valve (buka full throtter) pada rpm tertinggi, setelah dapat needlenya dibuka (putar kiri) sebanyak 3 klik.
User avatar
roykamal
Airman
Airman
Posts: 30
Joined: 15 Jul 2010, 22:09

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Post by roykamal »

bener om.. prop kegedean 11x8 tuh pas bgt
coba aja ganti
trus cylinder head jgn pake lem om....coba di bersihkan dan di pasang ulang ...
mungkin posisi kebalik...
cek idle needle juga sapa tau terlalu lean...
selamat mencoba :bye
User avatar
Ryuhey
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 61
Joined: 13 Apr 2011, 02:35
Location: Kediri
Contact:

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Post by Ryuhey »

roykamal wrote:bener om.. prop kegedean 11x8 tuh pas bgt
coba aja ganti
trus cylinder head jgn pake lem om....coba di bersihkan dan di pasang ulang ...
mungkin posisi kebalik...
cek idle needle juga sapa tau terlalu lean...
selamat mencoba :bye



Ok...
Utk prop akan sy pake 11x8
Trus knp ya wkt dibwh saya geber sampe 5mnt pun engine kagak mati alias normal sekali n terbang malah mati,itu apa krn prop yg kegedeanya suhu?
Yg dimaksud posisi kebalik,apanya ya suhu?Apa packing kuningannya itu?
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Post by unding »

Ryuhey wrote:
roykamal wrote:bener om.. prop kegedean 11x8 tuh pas bgt
coba aja ganti
trus cylinder head jgn pake lem om....coba di bersihkan dan di pasang ulang ...
mungkin posisi kebalik...
cek idle needle juga sapa tau terlalu lean...
selamat mencoba :bye



Ok...
Utk prop akan sy pake 11x8
Trus knp ya wkt dibwh saya geber sampe 5mnt pun engine kagak mati alias normal sekali n terbang malah mati,itu apa krn prop yg kegedeanya suhu?
Yg dimaksud posisi kebalik,apanya ya suhu?Apa packing kuningannya itu?

Pada saat pesawat bergerak (terbang) fuel dalam tangki akan terdorong/numpuk pada bagian belakang (ada gaya) yg mengakibatkan tekanan/suplay fuel ke karbu berkurang, jadi disinilah fungsinya needle valve dibuka sampai 3 klik tadi agar kekurangan tekanan tadi akan tertutupi.
User avatar
johansipp
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 22 Dec 2010, 12:12

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Post by johansipp »

Bisa juga selang fuel yg pk pemberat kependekan atau kepanjangan sehingga nyangkut pd tangki
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Post by toto »

kemungkinan engien glow mati antara lain :

1. propeller kebesaran, gunakan propeller sesuai dgn rekomendasi;
2. catu fuel terlalu lean, setelah menggunakan properller yg sesuai cari peak rpm kemudian buka high needle 2-3 klik lagi;
3. flow udara pada cowl dari lubang intake ke outlet tidak memadai sehingga terjadi turbulensi udara yang akhirnya mengkumulasi udara panas di cowl;
4. fuel clunk tidak berfungsi sempurna;
5. adanya kebocoran udara pada sistem fuel line;
6. kualitas glow plug yang sudah menurun;
7. ............. silahkan ditambahkan atau dikoreksi dari 6 kemungkinan di atas

monggo dipersilahkan cek satu2 semoga ketemu permasalahannya dan selamat terbang kembali dengan hati tenang tanpa dihantui dengan dead stick



salam
User avatar
Andri_Adr
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 403
Joined: 03 Sep 2012, 13:35
Location: duri-bandung-garut
Contact:

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Post by Andri_Adr »

toto wrote:kemungkinan engien glow mati antara lain :

1. propeller kebesaran, gunakan propeller sesuai dgn rekomendasi;
2. catu fuel terlalu lean, setelah menggunakan properller yg sesuai cari peak rpm kemudian buka high needle 2-3 klik lagi;
3. flow udara pada cowl dari lubang intake ke outlet tidak memadai sehingga terjadi turbulensi udara yang akhirnya mengkumulasi udara panas di cowl;
4. fuel clunk tidak berfungsi sempurna;
5. adanya kebocoran udara pada sistem fuel line;
6. kualitas glow plug yang sudah menurun;
7. ............. silahkan ditambahkan atau dikoreksi dari 6 kemungkinan di atas

monggo dipersilahkan cek satu2 semoga ketemu permasalahannya dan selamat terbang kembali dengan hati tenang tanpa dihantui dengan dead stick



salam


om suhu toto,

izin menambahkan berdasarkan pengalaman saja..mohon koreksi jika salah.

8. kualitas fuel yang sudah/tidak bagus, karena pengalaman saya kurang bersahabat dengan coolmix 5% CMIIW. juga pernah terjadi dengan teman yang mencoba membuat fuel campuran sendiri. ketika di setting di ground tidak ada masalah, baik iddle, high rpm pun tidak ada masalah.. Namun pas take off baru terbang sekitar 2 meter tingginya udah dead stick..berulang ulang seperti itu..

terima kasih,

salam
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Post by toto »

terima kasih om suhu Andri atas tambahan kemungkinan yang membuat dead stick engine ... sekarang tinggal menunggu om Ryuhey gimana hasil diagnosa nya .........






salam
User avatar
Ryuhey
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 61
Joined: 13 Apr 2011, 02:35
Location: Kediri
Contact:

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Post by Ryuhey »

johansipp wrote:Bisa juga selang fuel yg pk pemberat kependekan atau kepanjangan sehingga nyangkut pd tangki



Terima ksh atas masukannya....
Utk pemberat posisi krg lbh 1cm dr dinding blkg tanki n tanki sy bolak balik normal kok pemberatnya :hmm
Post Reply