Page 1 of 2

Ada apa dg OS55AX-ku?

Posted: 21 Jul 2013, 06:52
by Ryuhey
Mohon saran suhu...

Knp ya engineku kok matian diatas,pdhal seblm terbang uda distel n dibolak balik pesawatnya engine enak bgt n yg pasti ndak mati.Tp wkt terbang ndak ada semenit lgs mati... :kgt
Tanki bhn bkr uda sy cek n normal,prop pake 12x8,busi no.8 n Fuel pake CoolMix 5%.
Head Cylinder prnh sy copot (tanpa ngutak ngatik linier n piston) n sy kasih lem trebond,ini sy lakukan krn seblmnya ada rembesan oli.

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Posted: 21 Jul 2013, 08:29
by unding
Ryuhey wrote:Mohon saran suhu...

Knp ya engineku kok matian diatas,pdhal seblm terbang uda distel n dibolak balik pesawatnya engine enak bgt n yg pasti ndak mati.Tp wkt terbang ndak ada semenit lgs mati... :kgt
Tanki bhn bkr uda sy cek n normal,prop pake 12x8,busi no.8 n Fuel pake CoolMix 5%.
Head Cylinder prnh sy copot (tanpa ngutak ngatik linier n piston) n sy kasih lem trebond,ini sy lakukan krn seblmnya ada rembesan oli.

Penyakit bawaan OS 55 AX, propeller yg digunakan kebesaran kalau bisa turunkan menjadi 12 x 7 atau 11 x 8, setting needle valve (buka full throtter) pada rpm tertinggi, setelah dapat needlenya dibuka (putar kiri) sebanyak 3 klik.

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Posted: 21 Jul 2013, 09:26
by roykamal
bener om.. prop kegedean 11x8 tuh pas bgt
coba aja ganti
trus cylinder head jgn pake lem om....coba di bersihkan dan di pasang ulang ...
mungkin posisi kebalik...
cek idle needle juga sapa tau terlalu lean...
selamat mencoba :bye

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Posted: 21 Jul 2013, 10:50
by Ryuhey
roykamal wrote:bener om.. prop kegedean 11x8 tuh pas bgt
coba aja ganti
trus cylinder head jgn pake lem om....coba di bersihkan dan di pasang ulang ...
mungkin posisi kebalik...
cek idle needle juga sapa tau terlalu lean...
selamat mencoba :bye



Ok...
Utk prop akan sy pake 11x8
Trus knp ya wkt dibwh saya geber sampe 5mnt pun engine kagak mati alias normal sekali n terbang malah mati,itu apa krn prop yg kegedeanya suhu?
Yg dimaksud posisi kebalik,apanya ya suhu?Apa packing kuningannya itu?

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Posted: 21 Jul 2013, 12:16
by unding
Ryuhey wrote:
roykamal wrote:bener om.. prop kegedean 11x8 tuh pas bgt
coba aja ganti
trus cylinder head jgn pake lem om....coba di bersihkan dan di pasang ulang ...
mungkin posisi kebalik...
cek idle needle juga sapa tau terlalu lean...
selamat mencoba :bye



Ok...
Utk prop akan sy pake 11x8
Trus knp ya wkt dibwh saya geber sampe 5mnt pun engine kagak mati alias normal sekali n terbang malah mati,itu apa krn prop yg kegedeanya suhu?
Yg dimaksud posisi kebalik,apanya ya suhu?Apa packing kuningannya itu?

Pada saat pesawat bergerak (terbang) fuel dalam tangki akan terdorong/numpuk pada bagian belakang (ada gaya) yg mengakibatkan tekanan/suplay fuel ke karbu berkurang, jadi disinilah fungsinya needle valve dibuka sampai 3 klik tadi agar kekurangan tekanan tadi akan tertutupi.

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Posted: 21 Jul 2013, 16:09
by johansipp
Bisa juga selang fuel yg pk pemberat kependekan atau kepanjangan sehingga nyangkut pd tangki

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Posted: 21 Jul 2013, 18:15
by toto
kemungkinan engien glow mati antara lain :

1. propeller kebesaran, gunakan propeller sesuai dgn rekomendasi;
2. catu fuel terlalu lean, setelah menggunakan properller yg sesuai cari peak rpm kemudian buka high needle 2-3 klik lagi;
3. flow udara pada cowl dari lubang intake ke outlet tidak memadai sehingga terjadi turbulensi udara yang akhirnya mengkumulasi udara panas di cowl;
4. fuel clunk tidak berfungsi sempurna;
5. adanya kebocoran udara pada sistem fuel line;
6. kualitas glow plug yang sudah menurun;
7. ............. silahkan ditambahkan atau dikoreksi dari 6 kemungkinan di atas

monggo dipersilahkan cek satu2 semoga ketemu permasalahannya dan selamat terbang kembali dengan hati tenang tanpa dihantui dengan dead stick



salam

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Posted: 21 Jul 2013, 20:50
by Andri_Adr
toto wrote:kemungkinan engien glow mati antara lain :

1. propeller kebesaran, gunakan propeller sesuai dgn rekomendasi;
2. catu fuel terlalu lean, setelah menggunakan properller yg sesuai cari peak rpm kemudian buka high needle 2-3 klik lagi;
3. flow udara pada cowl dari lubang intake ke outlet tidak memadai sehingga terjadi turbulensi udara yang akhirnya mengkumulasi udara panas di cowl;
4. fuel clunk tidak berfungsi sempurna;
5. adanya kebocoran udara pada sistem fuel line;
6. kualitas glow plug yang sudah menurun;
7. ............. silahkan ditambahkan atau dikoreksi dari 6 kemungkinan di atas

monggo dipersilahkan cek satu2 semoga ketemu permasalahannya dan selamat terbang kembali dengan hati tenang tanpa dihantui dengan dead stick



salam


om suhu toto,

izin menambahkan berdasarkan pengalaman saja..mohon koreksi jika salah.

8. kualitas fuel yang sudah/tidak bagus, karena pengalaman saya kurang bersahabat dengan coolmix 5% CMIIW. juga pernah terjadi dengan teman yang mencoba membuat fuel campuran sendiri. ketika di setting di ground tidak ada masalah, baik iddle, high rpm pun tidak ada masalah.. Namun pas take off baru terbang sekitar 2 meter tingginya udah dead stick..berulang ulang seperti itu..

terima kasih,

salam

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Posted: 21 Jul 2013, 20:57
by toto
terima kasih om suhu Andri atas tambahan kemungkinan yang membuat dead stick engine ... sekarang tinggal menunggu om Ryuhey gimana hasil diagnosa nya .........






salam

Re: Ada apa dg OS55AX-ku?

Posted: 22 Jul 2013, 07:11
by Ryuhey
johansipp wrote:Bisa juga selang fuel yg pk pemberat kependekan atau kepanjangan sehingga nyangkut pd tangki



Terima ksh atas masukannya....
Utk pemberat posisi krg lbh 1cm dr dinding blkg tanki n tanki sy bolak balik normal kok pemberatnya :hmm