Mohon review OS GT15HZ

Tentang engine , cara perawatan dan bahan bakar

Moderator: sudjai sarmo

User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Mohon review OS GT15HZ

Post by Budiman »

Sesuai dgn judul topic di atas, mohon review serta pendapat dari rekan2 semua yang telah mencoba engine tsb.
Seberapa jauh kah progress yang didapat dari engine gasolin 15 cc ini jika dibandingkan dari sepupu nya yang versi glow, yaitu OS 91 HZ, dipandang dari sisi power capability-nya saja, bukan soal operational cost nya..
Terima kasih sebelumnya

salam,

Budiman
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Mohon review OS GT15HZ

Post by toto »

halo pa'lik budiman ....... saya coba memberanikan diri untuk menjawab dan semoga mendapatkan koreksi dari para leluhur suhu ............ sejauh yang saya pahami walaupun secara volume metrik engine spark ~ engine spark akan tetapi power yang dihasilkan engine spark lebih kecil dibandingkan dengan engine glow .... sebagai perbandingan sama tapi tidak serupa yaitu antara engine glow 4S dengan 2S walaupun volumenya sama akan tetapi power yang dihasilkan engine glow 4S akan lebih kecil banding engine glow 2S ............ secara empiris saya gunakan untuk mendapatkan power yang relatif sama maka perbandingannya adalah 3 : 4

sebagai contoh implementasi maka kurang lebihnya misalnya untuk mendapatkan kesetaraan power misalnya untuk mendapatkan power setara engine glow 91HZ diperlukan volume engine spark dengan .91/3 x 4 ~ 1.20cu atau ~ 20cc demikian pula apabila ingin menggunakan engine glow 4S tapi mempunyai power relatis sama dengan engine glow 2S misalnya setara dengan engine .46cu/2S maka diperlukan engine 4S dengan volume .46/3 x 4 ~ .61cu/4S tapi umumnya menggunakan .70~72cu/4S

kenapa kok begitu, nah ini dia terus terang saya enggak bisa jawab dan untuk ini mohon pencerahan lebih lanjut dari para sesepuh suhu engine dan mohon maaf kalau penjelasan saya ini tidak ilmiah

sedikit catatan penjelasan saya diatas itu untuk implementasi dipesawat loh ya tentunya akan berbeda apabila digunakan di heli mengingat sistem mekanikal heli dan pesawat dalam menggerakan baling2 berbeda tapi bisa jadi sama apabila dipesawat pemutaran baling2 tidak secara langsung pada as motor akan tetapi melalui gigi2 ratio untuk bisa meningkatkan putarannya



salam
User avatar
randy 1203
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 312
Joined: 07 Sep 2012, 23:53
Location: citeureup

Re: Mohon review OS GT15HZ

Post by randy 1203 »

wah ini sih udah jelas penjelasannya :mtp
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Mohon review OS GT15HZ

Post by Budiman »

Terima kasih, Pak Dhe Suhu Toto...serta mohon maaf lahir dan batin, btw helinya masih parkir di rumah nunggu Pak Dhe neh...

Berdasarkan rumus hitungan yang dipaparkan Pak Dhe..saya sedikit terkejut dengan kesetaraan power OS 91HZ yang ternyata hampir equivalen dengan gasoline 20cc... :kgt
Ini berdasarkan hitungan basic power yang dimiliki engine ya, Pak Dhe?....
Yang saya ketahui selama ini bahwa gear ratio pada heli, hanya menentukan torque yang dibangkitkan dari engine serta seberapa cepat RPM headspeed (rotor disc) dari heli...kalo ga salah ...

Lah kalo secara mendasar saja, OS GT15HZ punya basic power yang jauh lebih rendah daripada OS 91HZ, berarti OS GT15HZ hanya mampu menanggung beban airframe heli ato body doang saat airborne ya, Pak Dhe?...... :hmm ...
User avatar
DedDredd
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 570
Joined: 11 Sep 2010, 17:04
Location: Kediri-Jogja

Re: Mohon review OS GT15HZ

Post by DedDredd »

Saya pernah pake OS GT15HZ, berhubung belom pernah pake engine nitro 90 jadinya belom bisa bisa mengetahui perbedaan powernya.... :hmm
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Mohon review OS GT15HZ

Post by toto »

Ceritain dong pak suhu DedDredd kalau pakai engine OS GT15HZ heli nya bisa terbang kaya gimana aja biar kita khusus nya saya bisa nambah pengetahuan walau enggak nerbangin heli ... Terima kasih sebelumnya atas sharing yg akan diceritain



Salam
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: Mohon review OS GT15HZ

Post by flylow »

toto wrote:halo pa'lik budiman ....... saya coba memberanikan diri untuk menjawab dan semoga mendapatkan koreksi dari para leluhur suhu ............ sejauh yang saya pahami walaupun secara volume metrik engine spark ~ engine spark akan tetapi power yang dihasilkan engine spark lebih kecil dibandingkan dengan engine glow .... sebagai perbandingan sama tapi tidak serupa yaitu antara engine glow 4S dengan 2S walaupun volumenya sama akan tetapi power yang dihasilkan engine glow 4S akan lebih kecil banding engine glow 2S ............ secara empiris saya gunakan untuk mendapatkan power yang relatif sama maka perbandingannya adalah 3 : 4

sebagai contoh implementasi maka kurang lebihnya misalnya untuk mendapatkan kesetaraan power misalnya untuk mendapatkan power setara engine glow 91HZ diperlukan volume engine spark dengan .91/3 x 4 ~ 1.20cu atau ~ 20cc demikian pula apabila ingin menggunakan engine glow 4S tapi mempunyai power relatis sama dengan engine glow 2S misalnya setara dengan engine .46cu/2S maka diperlukan engine 4S dengan volume .46/3 x 4 ~ .61cu/4S tapi umumnya menggunakan .70~72cu/4S

kenapa kok begitu, nah ini dia terus terang saya enggak bisa jawab dan untuk ini mohon pencerahan lebih lanjut dari para sesepuh suhu engine dan mohon maaf kalau penjelasan saya ini tidak ilmiah

sedikit catatan penjelasan saya diatas itu untuk implementasi dipesawat loh ya tentunya akan berbeda apabila digunakan di heli mengingat sistem mekanikal heli dan pesawat dalam menggerakan baling2 berbeda tapi bisa jadi sama apabila dipesawat pemutaran baling2 tidak secara langsung pada as motor akan tetapi melalui gigi2 ratio untuk bisa meningkatkan putarannya



salam


setahu saya ini terjadi karena putaran puncak untuk engine gasolin lebih rendah daripada nitro.
untuk nitro diatas kertas bisa 15.000 rpm, prakteknya 12.000 rpm, sangat susah engine standar menyentuh 15.000 rpm kalo nggak dibobok muffernya atau modif lain2.
sedangkan untuk engine gasolin lebih jujur diatas kertas dengan prakteknya, puncaknya berkisar antara 6.000 - 9.000 rpm.
tetapi dengan perbedaan tersebut maka didapat perbedaan torsi, engine gasolin lebih unggul di torsi, silakan aja coba respon engine saat nanjak vertikal atau pada saat hover.


Tidak diragukan lagi OS ini memang punya tempat khusus dihati para rc modeller.
namun pengalaman saya untuk gasolin OS tidak seperti engine2 nitronya.
engine OS gasolin membutuhkan proses break in yg lebih lama dibanding DLE,
untuk engine DLE saya berani break-in / inreyen cuma 5 menit kemudian langsung terbang,
untuk OS ini udah break in 2 liter aja kayaknya masih dead-stick terus alias mati2 enginenya.
jadi saran untuk gasolin OS mendingan break in aja 1-2 galon seperti yg disarankan.
untuk seri HZ sendiri saya belom pernah nyoba, tapi untuk saya probadi akan berasumsi sama dgn engine gasoline OS lainnya.
perbandingan power OS dgn DLE memang OS jauh lebih nendang, memang terasa pas engkol waktu start, OS lebih seret muternya dibanding DLE, asumsi kompresinya lebih ketat.

saya tidak main heli, tetapi kalau engine 15 gasolin biasanya saya akan pakai di pesawat kelas 46-55 2s 3D, atau scale/trainer maximum kelas 60 2s.
User avatar
DedDredd
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 570
Joined: 11 Sep 2010, 17:04
Location: Kediri-Jogja

Re: Mohon review OS GT15HZ

Post by DedDredd »

toto wrote:Ceritain dong pak suhu DedDredd kalau pakai engine OS GT15HZ heli nya bisa terbang kaya gimana aja biar kita khusus nya saya bisa nambah pengetahuan walau enggak nerbangin heli ... Terima kasih sebelumnya atas sharing yg akan diceritain



Salam

Sebelumnya saya ucapkan selamat lebaran, mohon maaf lahir batin kepada Suhu Toto dan para suhu yang laen.......

OSGT15HZ menurut saya merupakan engine yg mudah dan murah operasionalnya, sesuai karakteristik engine gasser, utuk hover dan patroli cuman perlu bukaan throtle 1/4 - 1/3 aja. Engine ini release ke end user kalo nggsk salah sekitar bulan januari, selama ini banyak keluhan bermunculan di forum luar, masalah piston jebol sampe bodi mesin yg berlubang juga ada. Kebanyakan masalah muncul akibat setting needle yg tll lean, akibatnya mengalami overheat, setelah hanyak keluhan barulah OS mengeluarkan petunjuk break in yg jelas beserta video nya, sayangnya terlambat setelah banyak korban. Masalah yg saya hadapi pd mesin ini sekarang adalah pd ignition modul(cdi) yg kadang mati karena selama ini salah penempatan sehingga mengalami overheat. Ya memang engine ini ternyata sangat sensitif dan kurang toleran terhadap kesalahan setting.

Saya termasuk beruntung mematuhi manual pabrik yg memang kurang jelas. Mesin selamat dengan bahan bakar pertamax dicampur dengan oli motul 800, rasio 30:1. Hasilnya piston masih bersih walo sudah saya pake terbang intensif beberapa bulan ini. Performa mesin untuk terbang cukupan lah, saya masih taraf belajar jadinya cuman bisa patroli, stall turn n maksimal loop aja dan kadang inverted flight bbrp detik.

OSGT15HZ ini diatas kertas powernya jelas lebih kecil dibanding OS91HZ, sehingga lebih ideal bila dipasang pada heli kelas 600 ato 550, power akan belimpah untuk terbang 3d.
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Mohon review OS GT15HZ

Post by toto »

Nah sekarang mana nih suhu pa'lik budiman sudah turun petuah para suhu hely dan engine gasoline ... :ktk


Utk suhu pa'lik terima kasih atas sharingnya dan sebaliknya disampaikan juga permohonan maaf lahir dan bathin serta salam utk keluarga



Salam
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Mohon review OS GT15HZ

Post by Budiman »

Setelah menimbang-nimbang, apalagi dg petunjuk2 yg sudah ada, maka saya sudah memantapkan diri untuk menghapus OSGT15HZ dari wish-list saya, karena jauh dari pengharapan yg sesuai utk aplikasi yg saya perlukan saat ini. Terimakasih atas segala saran serta penerahan dr rekan2 sekalian.

salam
Post Reply