KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?
Moderators: ferry, sahid, handoyo6299
- SUPRI
- Senior Airman
- Posts: 136
- Joined: 18 Jan 2007, 10:51
- Location: Bekasi
KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?
Om.. Om.. ada yang bisa bantu saya..?
Lebaran kemarin pulang kempung bawa hely Raptor 50 dengan mesin OS50SXH,
sore hari di daerah wonosobo dalam cuaca dingin, saya terbangkan hely dengan menggunakan Fuel "RAPICON 30% FUEL". namun beberapa menit terbang engine tiba2 mati, setelah cek ternyata mesin sangat panas, seperti OVERHEAT.
catatan : bukaan pada nidle 1 1/2 putaran tidak saya rubah seperti waktu terbang di MGT dengan menggunakan FUEL yang biasa dipakai oleh OM BOWO. dan posisi seperti ini mesin dalam keadaan dingin / normal.
Apa ada yang salah dengan MESIN ATAU FUEL NYA...?
Description RAPICON 30% FUEL
Excellent general purpose helicopter fuel, contains 22% synthetic oil pack with 30 % nitromethane to ensure good performance, throttle response and consistent running. Contains a unique combination of anti oxidants, detergents and ignition agents.
terima kasih
Lebaran kemarin pulang kempung bawa hely Raptor 50 dengan mesin OS50SXH,
sore hari di daerah wonosobo dalam cuaca dingin, saya terbangkan hely dengan menggunakan Fuel "RAPICON 30% FUEL". namun beberapa menit terbang engine tiba2 mati, setelah cek ternyata mesin sangat panas, seperti OVERHEAT.
catatan : bukaan pada nidle 1 1/2 putaran tidak saya rubah seperti waktu terbang di MGT dengan menggunakan FUEL yang biasa dipakai oleh OM BOWO. dan posisi seperti ini mesin dalam keadaan dingin / normal.
Apa ada yang salah dengan MESIN ATAU FUEL NYA...?
Description RAPICON 30% FUEL
Excellent general purpose helicopter fuel, contains 22% synthetic oil pack with 30 % nitromethane to ensure good performance, throttle response and consistent running. Contains a unique combination of anti oxidants, detergents and ignition agents.
terima kasih
- endycute
- Staff Sergeant
- Posts: 213
- Joined: 26 Jun 2012, 21:41
- Location: Balikpapan-KalTim
- Contact:
Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?
menurut manual yang saya baca,kalau mesin overhead berarti campurannya terlalu "Lean/miskin" jadinya overhead karena udara yang masuk lebih banyak daripada fuel..saran saya sih setel ulang needlenya karena di area di suhu yang berbeda (dingin/panas) settingan needlenya berbeda-beda...mohon dikoreksi apabila keliru... 

- eenoph
- Airman First Class
- Posts: 66
- Joined: 11 Jul 2011, 13:04
- Location: Jakarta - Pondok Cabe
Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?
kalo ga salah wonosobo itu di dataran tinggi ya om?
anu om, sekedar sharing yang pernah saya baca, katanya untuk dataran tinggi biasanya setingan needle dibikin lebih rich karna udara nya lebih tipis... udara tipis bikin pendinginan ga seoptimal di tempat yang lebih rendah...
benar ato enggak nya saya jg kurang tau soalnya belom pernah nyoba sendiri
monggo suhu2 engine urun pendapat....
anu om, sekedar sharing yang pernah saya baca, katanya untuk dataran tinggi biasanya setingan needle dibikin lebih rich karna udara nya lebih tipis... udara tipis bikin pendinginan ga seoptimal di tempat yang lebih rendah...
benar ato enggak nya saya jg kurang tau soalnya belom pernah nyoba sendiri

monggo suhu2 engine urun pendapat....
- umar rai
- Senior Master Sergeant
- Posts: 650
- Joined: 03 Sep 2012, 08:39
- Location: GRESIK
Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?
Ikut menyimak saja ya OM, maklu saya belum pernah main yg enginee soalnya
Warm regards,
Umar
PAG - Gresik

Warm regards,
Umar
PAG - Gresik
- zaki
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2242
- Joined: 19 May 2008, 20:43
- Location: Cilegon - BANTEN
- Contact:
Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?
overheat ..piston ga jebol kan pak
biasanya pecah
apa mati biasa terus autorotasi .....
pengalaman pke heli gitu tuh.... setingan ga di rubah..kadang di tempat yg sama pun mesti seting ulang nedlenya ....
berati tadi terbang pke fuel yg beda pak dgn bisanya ..??

apa mati biasa terus autorotasi .....
pengalaman pke heli gitu tuh.... setingan ga di rubah..kadang di tempat yg sama pun mesti seting ulang nedlenya ....

berati tadi terbang pke fuel yg beda pak dgn bisanya ..??
- ahmadbenny
- Chief Master Sergeant
- Posts: 925
- Joined: 06 Jul 2012, 20:58
- Location: Cipondoh - Tangerang
Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?
Sudah di cek saluran BBM nya pa blm om,ada kemungkinan suplay BBM nya tersendat tuh om,ato mungkin selang penghubung dari fuel tank k mufler bocor,jdi tekanan fuel k karburator agk berkurang(pengalaman pribadi)mohon maaf klo salah.... 

- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?
setting needle memang tergantung juga pada faktor lingkungan : suhu, kelembaban, tekanan (ketinggian dari permukaan laut), kadar oksigen dll.
jadi kejadian diatas termasuk normal (pilot error).
harusnya sebelum terbang di setting ulang dulu.
nggak usah dirubah setting nya, bawa pulang aja ke MGT, coba lagi disana, nanti kan normal lagi ...
jadi kejadian diatas termasuk normal (pilot error).
harusnya sebelum terbang di setting ulang dulu.
nggak usah dirubah setting nya, bawa pulang aja ke MGT, coba lagi disana, nanti kan normal lagi ...
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?
OS50SXH dg bukaan needle 1.5 itu sudah default dr pabrik, malah rasanya dgn bukaan yg demikian engine sudah sangat rich. Saya meng-operasikan OS91HZ, dgn bukaan middle dan high dg kondisi cukup rich di daerah Hambalang plus heli membawa beban selain airframe, juga tidak mengalami persoalan overheat. Saya menggunakan nitro 15% saat itu. Namun, yg saya tahu,penggunaan nitro 30% justru membuat engine lebih bagus performance-nya.
Jika saya mengalami overheat, yg saya periksa lebih dulu adalah fuel line, fuel clunk dlm main tank serta bagaimana kerapatan antara muffler inlet terhadap engine outlet.
Semoga dapat membantu
salam
Jika saya mengalami overheat, yg saya periksa lebih dulu adalah fuel line, fuel clunk dlm main tank serta bagaimana kerapatan antara muffler inlet terhadap engine outlet.
Semoga dapat membantu
salam
- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?
udah coba dengan fuel 15% atau lebih kecil dr 30%?
menurut pengalaman makin gede % makin panas
menurut pengalaman makin gede % makin panas
- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2000
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?
SUPRI wrote:Om.. Om.. ada yang bisa bantu saya..?
Lebaran kemarin pulang kempung bawa hely Raptor 50 dengan mesin OS50SXH,
sore hari di daerah wonosobo dalam cuaca dingin, saya terbangkan hely dengan menggunakan Fuel "RAPICON 30% FUEL". namun beberapa menit terbang engine tiba2 mati, setelah cek ternyata mesin sangat panas, seperti OVERHEAT.
catatan : bukaan pada nidle 1 1/2 putaran tidak saya rubah seperti waktu terbang di MGT dengan menggunakan FUEL yang biasa dipakai oleh OM BOWO. dan posisi seperti ini mesin dalam keadaan dingin / normal.
Apa ada yang salah dengan MESIN ATAU FUEL NYA...?
terima kasih
mestinya kalo tidak ada yg menghambat si "fuel" masuk ruang bakar tidak mungkin bisa nge lean begitu apalagi sampai over heat, menurut yang kami alami fuel tersebut cukup bagus selama ini belum pernah bermasalah dg si rapi tsb. dugaan ada yg menghalangi fuel ke ruang bakar...monggo di cek.... ( ato sudah ketemu masalhnya...maaf
