KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?

Diskusi tentang heli engine

Moderators: ferry, sahid, handoyo6299

User avatar
SUPRI
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 136
Joined: 18 Jan 2007, 10:51
Location: Bekasi

KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?

Post by SUPRI »

Om.. Om.. ada yang bisa bantu saya..?
Lebaran kemarin pulang kempung bawa hely Raptor 50 dengan mesin OS50SXH,

sore hari di daerah wonosobo dalam cuaca dingin, saya terbangkan hely dengan menggunakan Fuel "RAPICON 30% FUEL". namun beberapa menit terbang engine tiba2 mati, setelah cek ternyata mesin sangat panas, seperti OVERHEAT.

catatan : bukaan pada nidle 1 1/2 putaran tidak saya rubah seperti waktu terbang di MGT dengan menggunakan FUEL yang biasa dipakai oleh OM BOWO. dan posisi seperti ini mesin dalam keadaan dingin / normal.

Apa ada yang salah dengan MESIN ATAU FUEL NYA...?



Description RAPICON 30% FUEL

Excellent general purpose helicopter fuel, contains 22% synthetic oil pack with 30 % nitromethane to ensure good performance, throttle response and consistent running. Contains a unique combination of anti oxidants, detergents and ignition agents.


terima kasih
User avatar
endycute
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 213
Joined: 26 Jun 2012, 21:41
Location: Balikpapan-KalTim
Contact:

Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?

Post by endycute »

menurut manual yang saya baca,kalau mesin overhead berarti campurannya terlalu "Lean/miskin" jadinya overhead karena udara yang masuk lebih banyak daripada fuel..saran saya sih setel ulang needlenya karena di area di suhu yang berbeda (dingin/panas) settingan needlenya berbeda-beda...mohon dikoreksi apabila keliru... :gg
User avatar
eenoph
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 66
Joined: 11 Jul 2011, 13:04
Location: Jakarta - Pondok Cabe

Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?

Post by eenoph »

kalo ga salah wonosobo itu di dataran tinggi ya om?
anu om, sekedar sharing yang pernah saya baca, katanya untuk dataran tinggi biasanya setingan needle dibikin lebih rich karna udara nya lebih tipis... udara tipis bikin pendinginan ga seoptimal di tempat yang lebih rendah...
benar ato enggak nya saya jg kurang tau soalnya belom pernah nyoba sendiri :hmm

monggo suhu2 engine urun pendapat....
User avatar
umar rai
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 650
Joined: 03 Sep 2012, 08:39
Location: GRESIK

Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?

Post by umar rai »

Ikut menyimak saja ya OM, maklu saya belum pernah main yg enginee soalnya :gg

Warm regards,
Umar
PAG - Gresik
User avatar
zaki
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2242
Joined: 19 May 2008, 20:43
Location: Cilegon - BANTEN
Contact:

Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?

Post by zaki »

overheat ..piston ga jebol kan pak :duar biasanya pecah

apa mati biasa terus autorotasi .....


pengalaman pke heli gitu tuh.... setingan ga di rubah..kadang di tempat yg sama pun mesti seting ulang nedlenya .... :nw
berati tadi terbang pke fuel yg beda pak dgn bisanya ..??
User avatar
ahmadbenny
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 925
Joined: 06 Jul 2012, 20:58
Location: Cipondoh - Tangerang

Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?

Post by ahmadbenny »

Sudah di cek saluran BBM nya pa blm om,ada kemungkinan suplay BBM nya tersendat tuh om,ato mungkin selang penghubung dari fuel tank k mufler bocor,jdi tekanan fuel k karburator agk berkurang(pengalaman pribadi)mohon maaf klo salah.... :doa
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?

Post by christoffel »

setting needle memang tergantung juga pada faktor lingkungan : suhu, kelembaban, tekanan (ketinggian dari permukaan laut), kadar oksigen dll.
jadi kejadian diatas termasuk normal (pilot error).
harusnya sebelum terbang di setting ulang dulu.
nggak usah dirubah setting nya, bawa pulang aja ke MGT, coba lagi disana, nanti kan normal lagi ...
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?

Post by Budiman »

OS50SXH dg bukaan needle 1.5 itu sudah default dr pabrik, malah rasanya dgn bukaan yg demikian engine sudah sangat rich. Saya meng-operasikan OS91HZ, dgn bukaan middle dan high dg kondisi cukup rich di daerah Hambalang plus heli membawa beban selain airframe, juga tidak mengalami persoalan overheat. Saya menggunakan nitro 15% saat itu. Namun, yg saya tahu,penggunaan nitro 30% justru membuat engine lebih bagus performance-nya.
Jika saya mengalami overheat, yg saya periksa lebih dulu adalah fuel line, fuel clunk dlm main tank serta bagaimana kerapatan antara muffler inlet terhadap engine outlet.
Semoga dapat membantu

salam
User avatar
flylow
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 550
Joined: 02 Oct 2012, 10:58
Location: Palembang - South Sumatera

Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?

Post by flylow »

udah coba dengan fuel 15% atau lebih kecil dr 30%?
menurut pengalaman makin gede % makin panas
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: KENAPA DENGAN HELY SAYA, ADA YANG BISA BANTU...?

Post by sahid »

SUPRI wrote:Om.. Om.. ada yang bisa bantu saya..?
Lebaran kemarin pulang kempung bawa hely Raptor 50 dengan mesin OS50SXH,

sore hari di daerah wonosobo dalam cuaca dingin, saya terbangkan hely dengan menggunakan Fuel "RAPICON 30% FUEL". namun beberapa menit terbang engine tiba2 mati, setelah cek ternyata mesin sangat panas, seperti OVERHEAT.

catatan : bukaan pada nidle 1 1/2 putaran tidak saya rubah seperti waktu terbang di MGT dengan menggunakan FUEL yang biasa dipakai oleh OM BOWO. dan posisi seperti ini mesin dalam keadaan dingin / normal.

Apa ada yang salah dengan MESIN ATAU FUEL NYA...?


terima kasih


mestinya kalo tidak ada yg menghambat si "fuel" masuk ruang bakar tidak mungkin bisa nge lean begitu apalagi sampai over heat, menurut yang kami alami fuel tersebut cukup bagus selama ini belum pernah bermasalah dg si rapi tsb. dugaan ada yg menghalangi fuel ke ruang bakar...monggo di cek.... ( ato sudah ketemu masalhnya...maaf :hmm )
Post Reply