engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Moderator: sudjai sarmo
- barubisaterbang
- Senior Master Sergeant
- Posts: 590
- Joined: 19 Sep 2010, 09:13
- Location: ciledug-tangerang
engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Permisi para suhu engine
Saya ada engine DL50cc dari teman jauh
Menurut info dari dia engine ini sdh 2 tahun tidak di nyalakan
Setelah sampai ke saya, saya lihat kondisi engine masih mulus
Shaft saya putar dengan tangan tanpa prop, kompresinya terasa tapi tidak begitu berat jika dibanding dengan engine 20cc yg saya ada
Saya mau tanya, langkah" apa saja yg harus dikerjakan sebelum menyalakan engine ini
Trims bantuannya suhu"....
Saya ada engine DL50cc dari teman jauh
Menurut info dari dia engine ini sdh 2 tahun tidak di nyalakan
Setelah sampai ke saya, saya lihat kondisi engine masih mulus
Shaft saya putar dengan tangan tanpa prop, kompresinya terasa tapi tidak begitu berat jika dibanding dengan engine 20cc yg saya ada
Saya mau tanya, langkah" apa saja yg harus dikerjakan sebelum menyalakan engine ini
Trims bantuannya suhu"....
- panji76
- Master Sergeant
- Posts: 484
- Joined: 16 Aug 2011, 01:43
- Location: Madiun
- Contact:
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
urun rembuk om...kebiasaan saya,kalau dapet engine 2cond langsung saya bongkar guna mengetahui jeroannya,sekalian bersih2.
- endycute
- Staff Sergeant
- Posts: 213
- Joined: 26 Jun 2012, 21:41
- Location: Balikpapan-KalTim
- Contact:
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
betul kata om Panji..minimal harus tau dulu kondisi piston sama cylinder.. 

- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
kalo saya? nyalain aja langsung 

- justinus
- Second Lieutenant
- Posts: 1224
- Joined: 03 Apr 2007, 15:53
- Location: Surabaya
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Kalo diputar ga ada suara yg mencurigakan, seperti kata om flylow, nyalain aja langsung. Jangan dibongkar2 malah runyam mungkin.
- flylow
- Senior Master Sergeant
- Posts: 550
- Joined: 02 Oct 2012, 10:58
- Location: Palembang - South Sumatera
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
kalo dibongkar dulu mesti siapin packing set yg baru, nanti masangnya lagi juga kalau belum biasa malah bisa jadi tambah ribet.
engine DL itu adalah nenek moyangnya DLE made in china dibuat dari copy DA/dessert aircraft buatan amrik.
kemudian karena ada masalah internal dirubah nama jadi DLE.
DLA juga konon adalah produk/pabrik yg itu2 juga.
kalau mau dihidupkan perika CDInya, pastikan bisa keluar api, sambungin ke batre 4.8-6 volt, jangan lebih dari 6 volt karena bisa terbakar.
koneksikan ke sensornya, kemudian busi dicopot aja, sambungin ke konektor kepala busi.
puter2 prop shaft, amati magnetnya harus melewati sensor, pada saat bersamaan lihat apa ada keluar api dari busi?
hati2 jgn kena tangan ujung businya, kalo kesetrum lumayan bisa bikin kurus.
kalau nyala, siapin aja mesinnya di dudukan yg kuat.
kemudian coba hidupkan, biar yakin coba needlenya buka masing2 1 3/4 puteran, dari maksimal kanan (arah jarum jam) balikin 1 3/4 puteran ke arah kebalikan jarum jam.
tutup choke, puter2 prop shaftnya, lihat bensin naik atau tidak ke karbu.
kalau ke karbu gak naik, coba jadi 2 puteran. kalo diputer2 dan choke ditutup bensin masih gak naik2 kemungkinan membran karbu kotor.
buka membrannya dan bersihkan, semprot dengan bensin campur. pas buka hari2 jangan sampe sealnya sobek/putus.
kalo masih juga gak ngisep mungkin udah rusak, ganti aja karbunya sama yg baru.
kalo bensin bisa naik, coba puter sampe batuk sekali (cdi tersambung ke batre)
buka choke kemudian engkol lagi sampe hidup.
gunakan propeller 22x8, 22x10, 23x8 atau 23x10. jangan dihidupkan tanpa propeller.
kalau udah nyala 1-2 menit kotoran bisa keluar semua, kecuali kalo udah ada kerak di cylinder head.
bensin campurannya 100cc oli shell 2T, 4 liter bensin, atau 25cc oli 1 liter bensin/pertamax
engine DL itu adalah nenek moyangnya DLE made in china dibuat dari copy DA/dessert aircraft buatan amrik.
kemudian karena ada masalah internal dirubah nama jadi DLE.
DLA juga konon adalah produk/pabrik yg itu2 juga.
kalau mau dihidupkan perika CDInya, pastikan bisa keluar api, sambungin ke batre 4.8-6 volt, jangan lebih dari 6 volt karena bisa terbakar.
koneksikan ke sensornya, kemudian busi dicopot aja, sambungin ke konektor kepala busi.
puter2 prop shaft, amati magnetnya harus melewati sensor, pada saat bersamaan lihat apa ada keluar api dari busi?
hati2 jgn kena tangan ujung businya, kalo kesetrum lumayan bisa bikin kurus.
kalau nyala, siapin aja mesinnya di dudukan yg kuat.
kemudian coba hidupkan, biar yakin coba needlenya buka masing2 1 3/4 puteran, dari maksimal kanan (arah jarum jam) balikin 1 3/4 puteran ke arah kebalikan jarum jam.
tutup choke, puter2 prop shaftnya, lihat bensin naik atau tidak ke karbu.
kalau ke karbu gak naik, coba jadi 2 puteran. kalo diputer2 dan choke ditutup bensin masih gak naik2 kemungkinan membran karbu kotor.
buka membrannya dan bersihkan, semprot dengan bensin campur. pas buka hari2 jangan sampe sealnya sobek/putus.
kalo masih juga gak ngisep mungkin udah rusak, ganti aja karbunya sama yg baru.
kalo bensin bisa naik, coba puter sampe batuk sekali (cdi tersambung ke batre)
buka choke kemudian engkol lagi sampe hidup.
gunakan propeller 22x8, 22x10, 23x8 atau 23x10. jangan dihidupkan tanpa propeller.
kalau udah nyala 1-2 menit kotoran bisa keluar semua, kecuali kalo udah ada kerak di cylinder head.
bensin campurannya 100cc oli shell 2T, 4 liter bensin, atau 25cc oli 1 liter bensin/pertamax
- barubisaterbang
- Senior Master Sergeant
- Posts: 590
- Joined: 19 Sep 2010, 09:13
- Location: ciledug-tangerang
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
flylow wrote:kalo dibongkar dulu mesti siapin packing set yg baru, nanti masangnya lagi juga kalau belum biasa malah bisa jadi tambah ribet.
engine DL itu adalah nenek moyangnya DLE made in china dibuat dari copy DA/dessert aircraft buatan amrik.
kemudian karena ada masalah internal dirubah nama jadi DLE.
DLA juga konon adalah produk/pabrik yg itu2 juga.
kalau mau dihidupkan perika CDInya, pastikan bisa keluar api, sambungin ke batre 4.8-6 volt, jangan lebih dari 6 volt karena bisa terbakar.
koneksikan ke sensornya, kemudian busi dicopot aja, sambungin ke konektor kepala busi.
puter2 prop shaft, amati magnetnya harus melewati sensor, pada saat bersamaan lihat apa ada keluar api dari busi?
hati2 jgn kena tangan ujung businya, kalo kesetrum lumayan bisa bikin kurus.
kalau nyala, siapin aja mesinnya di dudukan yg kuat.
kemudian coba hidupkan, biar yakin coba needlenya buka masing2 1 3/4 puteran, dari maksimal kanan (arah jarum jam) balikin 1 3/4 puteran ke arah kebalikan jarum jam.
tutup choke, puter2 prop shaftnya, lihat bensin naik atau tidak ke karbu.
kalau ke karbu gak naik, coba jadi 2 puteran. kalo diputer2 dan choke ditutup bensin masih gak naik2 kemungkinan membran karbu kotor.
buka membrannya dan bersihkan, semprot dengan bensin campur. pas buka hari2 jangan sampe sealnya sobek/putus.
kalo masih juga gak ngisep mungkin udah rusak, ganti aja karbunya sama yg baru.
kalo bensin bisa naik, coba puter sampe batuk sekali (cdi tersambung ke batre)
buka choke kemudian engkol lagi sampe hidup.
gunakan propeller 22x8, 22x10, 23x8 atau 23x10. jangan dihidupkan tanpa propeller.
kalau udah nyala 1-2 menit kotoran bisa keluar semua, kecuali kalo udah ada kerak di cylinder head.
bensin campurannya 100cc oli shell 2T, 4 liter bensin, atau 25cc oli 1 liter bensin/pertamax
Terima kasih untuk petunjuknya suhu
Engine sekarang sudah terpasang dipesawat
Nanti cb saya ikutin petunjuk dari om
Jadi ke dua jarum diputar sama 1 3/4 putaran ya om..
Last edited by barubisaterbang on 18 Sep 2013, 18:11, edited 3 times in total.
- barubisaterbang
- Senior Master Sergeant
- Posts: 590
- Joined: 19 Sep 2010, 09:13
- Location: ciledug-tangerang
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
flylow wrote:kalo dibongkar dulu mesti siapin packing set yg baru, nanti masangnya lagi juga kalau belum biasa malah bisa jadi tambah ribet.
engine DL itu adalah nenek moyangnya DLE made in china dibuat dari copy DA/dessert aircraft buatan amrik.
kemudian karena ada masalah internal dirubah nama jadi DLE.
DLA juga konon adalah produk/pabrik yg itu2 juga.
kalau mau dihidupkan perika CDInya, pastikan bisa keluar api, sambungin ke batre 4.8-6 volt, jangan lebih dari 6 volt karena bisa terbakar.
koneksikan ke sensornya, kemudian busi dicopot aja, sambungin ke konektor kepala busi.
puter2 prop shaft, amati magnetnya harus melewati sensor, pada saat bersamaan lihat apa ada keluar api dari busi?
hati2 jgn kena tangan ujung businya, kalo kesetrum lumayan bisa bikin kurus.
kalau nyala, siapin aja mesinnya di dudukan yg kuat.
kemudian coba hidupkan, biar yakin coba needlenya buka masing2 1 3/4 puteran, dari maksimal kanan (arah jarum jam) balikin 1 3/4 puteran ke arah kebalikan jarum jam.
tutup choke, puter2 prop shaftnya, lihat bensin naik atau tidak ke karbu.
kalau ke karbu gak naik, coba jadi 2 puteran. kalo diputer2 dan choke ditutup bensin masih gak naik2 kemungkinan membran karbu kotor.
buka membrannya dan bersihkan, semprot dengan bensin campur. pas buka hari2 jangan sampe sealnya sobek/putus.
kalo masih juga gak ngisep mungkin udah rusak, ganti aja karbunya sama yg baru.
kalo bensin bisa naik, coba puter sampe batuk sekali (cdi tersambung ke batre)
buka choke kemudian engkol lagi sampe hidup.
gunakan propeller 22x8, 22x10, 23x8 atau 23x10. jangan dihidupkan tanpa propeller.
kalau udah nyala 1-2 menit kotoran bisa keluar semua, kecuali kalo udah ada kerak di cylinder head.
bensin campurannya 100cc oli shell 2T, 4 liter bensin, atau 25cc oli 1 liter bensin/pertamax
- zaki
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2242
- Joined: 19 May 2008, 20:43
- Location: Cilegon - BANTEN
- Contact:
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
flylow wrote:kalo dibongkar dulu mesti siapin packing set yg baru, nanti masangnya lagi juga kalau belum biasa malah bisa jadi tambah ribet.
engine DL itu adalah nenek moyangnya DLE made in china dibuat dari copy DA/dessert aircraft buatan amrik.
kemudian karena ada masalah internal dirubah nama jadi DLE.
DLA juga konon adalah produk/pabrik yg itu2 juga.
kalau mau dihidupkan perika CDInya, pastikan bisa keluar api, sambungin ke batre 4.8-6 volt, jangan lebih dari 6 volt karena bisa terbakar.
koneksikan ke sensornya, kemudian busi dicopot aja, sambungin ke konektor kepala busi.
puter2 prop shaft, amati magnetnya harus melewati sensor, pada saat bersamaan lihat apa ada keluar api dari busi?
hati2 jgn kena tangan ujung businya, kalo kesetrum lumayan bisa bikin kurus.
kalau nyala, siapin aja mesinnya di dudukan yg kuat.
kemudian coba hidupkan, biar yakin coba needlenya buka masing2 1 3/4 puteran, dari maksimal kanan (arah jarum jam) balikin 1 3/4 puteran ke arah kebalikan jarum jam.
tutup choke, puter2 prop shaftnya, lihat bensin naik atau tidak ke karbu.
kalau ke karbu gak naik, coba jadi 2 puteran. kalo diputer2 dan choke ditutup bensin masih gak naik2 kemungkinan membran karbu kotor.
buka membrannya dan bersihkan, semprot dengan bensin campur. pas buka hari2 jangan sampe sealnya sobek/putus.
kalo masih juga gak ngisep mungkin udah rusak, ganti aja karbunya sama yg baru.
kalo bensin bisa naik, coba puter sampe batuk sekali (cdi tersambung ke batre)
buka choke kemudian engkol lagi sampe hidup.
gunakan propeller 22x8, 22x10, 23x8 atau 23x10. jangan dihidupkan tanpa propeller.
kalau udah nyala 1-2 menit kotoran bisa keluar semua, kecuali kalo udah ada kerak di cylinder head.
bensin campurannya 100cc oli shell 2T, 4 liter bensin, atau 25cc oli 1 liter bensin/pertamax
wah inpo yg bermanpaat..karna saya juga butuh belajar nyalain dle 55 dari om adipur nih

- toto
- Brigadier General
- Posts: 3445
- Joined: 16 May 2007, 10:45
- Location: Cibinong
- Contact:
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Setuju sangat dengan suhu pa'lik Justinus dan suhu om flylow ... Saya juga pernah dapat engine lebih lama dari 2 tahun istirahat dan alhamdulillah sesuai dengan yang sudah dijelaskan tuntas sama omsuhu flylow sang engine langsung jreng kok, dari semua itu yang dilakukan cuman pasangin busi baru dan sebelum nya melalui lubang busi masukan olie beberapa tetes terus diselenger pakai starter tanpa busi dipasang abis itu beres deh ....
Sekedar sharing saja ada rekan yang iseng bersih2 engine dengan mrentelin semua tuh engine berakhir dengan chatting mohon saran ber ulang2 ......
Salam
Q

Sekedar sharing saja ada rekan yang iseng bersih2 engine dengan mrentelin semua tuh engine berakhir dengan chatting mohon saran ber ulang2 ......

Salam
Q