Page 1 of 2
engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Posted: 18 Sep 2013, 10:28
by barubisaterbang
Permisi para suhu engine
Saya ada engine DL50cc dari teman jauh
Menurut info dari dia engine ini sdh 2 tahun tidak di nyalakan
Setelah sampai ke saya, saya lihat kondisi engine masih mulus
Shaft saya putar dengan tangan tanpa prop, kompresinya terasa tapi tidak begitu berat jika dibanding dengan engine 20cc yg saya ada
Saya mau tanya, langkah" apa saja yg harus dikerjakan sebelum menyalakan engine ini
Trims bantuannya suhu"....
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Posted: 18 Sep 2013, 10:43
by panji76
urun rembuk om...kebiasaan saya,kalau dapet engine 2cond langsung saya bongkar guna mengetahui jeroannya,sekalian bersih2.
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Posted: 18 Sep 2013, 10:47
by endycute
betul kata om Panji..minimal harus tau dulu kondisi piston sama cylinder..

Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Posted: 18 Sep 2013, 12:08
by flylow
kalo saya? nyalain aja langsung

Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Posted: 18 Sep 2013, 14:50
by justinus
Kalo diputar ga ada suara yg mencurigakan, seperti kata om flylow, nyalain aja langsung. Jangan dibongkar2 malah runyam mungkin.
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Posted: 18 Sep 2013, 15:04
by flylow
kalo dibongkar dulu mesti siapin packing set yg baru, nanti masangnya lagi juga kalau belum biasa malah bisa jadi tambah ribet.
engine DL itu adalah nenek moyangnya DLE made in china dibuat dari copy DA/dessert aircraft buatan amrik.
kemudian karena ada masalah internal dirubah nama jadi DLE.
DLA juga konon adalah produk/pabrik yg itu2 juga.
kalau mau dihidupkan perika CDInya, pastikan bisa keluar api, sambungin ke batre 4.8-6 volt, jangan lebih dari 6 volt karena bisa terbakar.
koneksikan ke sensornya, kemudian busi dicopot aja, sambungin ke konektor kepala busi.
puter2 prop shaft, amati magnetnya harus melewati sensor, pada saat bersamaan lihat apa ada keluar api dari busi?
hati2 jgn kena tangan ujung businya, kalo kesetrum lumayan bisa bikin kurus.
kalau nyala, siapin aja mesinnya di dudukan yg kuat.
kemudian coba hidupkan, biar yakin coba needlenya buka masing2 1 3/4 puteran, dari maksimal kanan (arah jarum jam) balikin 1 3/4 puteran ke arah kebalikan jarum jam.
tutup choke, puter2 prop shaftnya, lihat bensin naik atau tidak ke karbu.
kalau ke karbu gak naik, coba jadi 2 puteran. kalo diputer2 dan choke ditutup bensin masih gak naik2 kemungkinan membran karbu kotor.
buka membrannya dan bersihkan, semprot dengan bensin campur. pas buka hari2 jangan sampe sealnya sobek/putus.
kalo masih juga gak ngisep mungkin udah rusak, ganti aja karbunya sama yg baru.
kalo bensin bisa naik, coba puter sampe batuk sekali (cdi tersambung ke batre)
buka choke kemudian engkol lagi sampe hidup.
gunakan propeller 22x8, 22x10, 23x8 atau 23x10. jangan dihidupkan tanpa propeller.
kalau udah nyala 1-2 menit kotoran bisa keluar semua, kecuali kalo udah ada kerak di cylinder head.
bensin campurannya 100cc oli shell 2T, 4 liter bensin, atau 25cc oli 1 liter bensin/pertamax
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Posted: 18 Sep 2013, 18:05
by barubisaterbang
flylow wrote:kalo dibongkar dulu mesti siapin packing set yg baru, nanti masangnya lagi juga kalau belum biasa malah bisa jadi tambah ribet.
engine DL itu adalah nenek moyangnya DLE made in china dibuat dari copy DA/dessert aircraft buatan amrik.
kemudian karena ada masalah internal dirubah nama jadi DLE.
DLA juga konon adalah produk/pabrik yg itu2 juga.
kalau mau dihidupkan perika CDInya, pastikan bisa keluar api, sambungin ke batre 4.8-6 volt, jangan lebih dari 6 volt karena bisa terbakar.
koneksikan ke sensornya, kemudian busi dicopot aja, sambungin ke konektor kepala busi.
puter2 prop shaft, amati magnetnya harus melewati sensor, pada saat bersamaan lihat apa ada keluar api dari busi?
hati2 jgn kena tangan ujung businya, kalo kesetrum lumayan bisa bikin kurus.
kalau nyala, siapin aja mesinnya di dudukan yg kuat.
kemudian coba hidupkan, biar yakin coba needlenya buka masing2 1 3/4 puteran, dari maksimal kanan (arah jarum jam) balikin 1 3/4 puteran ke arah kebalikan jarum jam.
tutup choke, puter2 prop shaftnya, lihat bensin naik atau tidak ke karbu.
kalau ke karbu gak naik, coba jadi 2 puteran. kalo diputer2 dan choke ditutup bensin masih gak naik2 kemungkinan membran karbu kotor.
buka membrannya dan bersihkan, semprot dengan bensin campur. pas buka hari2 jangan sampe sealnya sobek/putus.
kalo masih juga gak ngisep mungkin udah rusak, ganti aja karbunya sama yg baru.
kalo bensin bisa naik, coba puter sampe batuk sekali (cdi tersambung ke batre)
buka choke kemudian engkol lagi sampe hidup.
gunakan propeller 22x8, 22x10, 23x8 atau 23x10. jangan dihidupkan tanpa propeller.
kalau udah nyala 1-2 menit kotoran bisa keluar semua, kecuali kalo udah ada kerak di cylinder head.
bensin campurannya 100cc oli shell 2T, 4 liter bensin, atau 25cc oli 1 liter bensin/pertamax
Terima kasih untuk petunjuknya suhu
Engine sekarang sudah terpasang dipesawat
Nanti cb saya ikutin petunjuk dari om
Jadi ke dua jarum diputar sama 1 3/4 putaran ya om..
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Posted: 18 Sep 2013, 18:06
by barubisaterbang
flylow wrote:kalo dibongkar dulu mesti siapin packing set yg baru, nanti masangnya lagi juga kalau belum biasa malah bisa jadi tambah ribet.
engine DL itu adalah nenek moyangnya DLE made in china dibuat dari copy DA/dessert aircraft buatan amrik.
kemudian karena ada masalah internal dirubah nama jadi DLE.
DLA juga konon adalah produk/pabrik yg itu2 juga.
kalau mau dihidupkan perika CDInya, pastikan bisa keluar api, sambungin ke batre 4.8-6 volt, jangan lebih dari 6 volt karena bisa terbakar.
koneksikan ke sensornya, kemudian busi dicopot aja, sambungin ke konektor kepala busi.
puter2 prop shaft, amati magnetnya harus melewati sensor, pada saat bersamaan lihat apa ada keluar api dari busi?
hati2 jgn kena tangan ujung businya, kalo kesetrum lumayan bisa bikin kurus.
kalau nyala, siapin aja mesinnya di dudukan yg kuat.
kemudian coba hidupkan, biar yakin coba needlenya buka masing2 1 3/4 puteran, dari maksimal kanan (arah jarum jam) balikin 1 3/4 puteran ke arah kebalikan jarum jam.
tutup choke, puter2 prop shaftnya, lihat bensin naik atau tidak ke karbu.
kalau ke karbu gak naik, coba jadi 2 puteran. kalo diputer2 dan choke ditutup bensin masih gak naik2 kemungkinan membran karbu kotor.
buka membrannya dan bersihkan, semprot dengan bensin campur. pas buka hari2 jangan sampe sealnya sobek/putus.
kalo masih juga gak ngisep mungkin udah rusak, ganti aja karbunya sama yg baru.
kalo bensin bisa naik, coba puter sampe batuk sekali (cdi tersambung ke batre)
buka choke kemudian engkol lagi sampe hidup.
gunakan propeller 22x8, 22x10, 23x8 atau 23x10. jangan dihidupkan tanpa propeller.
kalau udah nyala 1-2 menit kotoran bisa keluar semua, kecuali kalo udah ada kerak di cylinder head.
bensin campurannya 100cc oli shell 2T, 4 liter bensin, atau 25cc oli 1 liter bensin/pertamax
Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Posted: 18 Sep 2013, 18:31
by zaki
flylow wrote:kalo dibongkar dulu mesti siapin packing set yg baru, nanti masangnya lagi juga kalau belum biasa malah bisa jadi tambah ribet.
engine DL itu adalah nenek moyangnya DLE made in china dibuat dari copy DA/dessert aircraft buatan amrik.
kemudian karena ada masalah internal dirubah nama jadi DLE.
DLA juga konon adalah produk/pabrik yg itu2 juga.
kalau mau dihidupkan perika CDInya, pastikan bisa keluar api, sambungin ke batre 4.8-6 volt, jangan lebih dari 6 volt karena bisa terbakar.
koneksikan ke sensornya, kemudian busi dicopot aja, sambungin ke konektor kepala busi.
puter2 prop shaft, amati magnetnya harus melewati sensor, pada saat bersamaan lihat apa ada keluar api dari busi?
hati2 jgn kena tangan ujung businya, kalo kesetrum lumayan bisa bikin kurus.
kalau nyala, siapin aja mesinnya di dudukan yg kuat.
kemudian coba hidupkan, biar yakin coba needlenya buka masing2 1 3/4 puteran, dari maksimal kanan (arah jarum jam) balikin 1 3/4 puteran ke arah kebalikan jarum jam.
tutup choke, puter2 prop shaftnya, lihat bensin naik atau tidak ke karbu.
kalau ke karbu gak naik, coba jadi 2 puteran. kalo diputer2 dan choke ditutup bensin masih gak naik2 kemungkinan membran karbu kotor.
buka membrannya dan bersihkan, semprot dengan bensin campur. pas buka hari2 jangan sampe sealnya sobek/putus.
kalo masih juga gak ngisep mungkin udah rusak, ganti aja karbunya sama yg baru.
kalo bensin bisa naik, coba puter sampe batuk sekali (cdi tersambung ke batre)
buka choke kemudian engkol lagi sampe hidup.
gunakan propeller 22x8, 22x10, 23x8 atau 23x10. jangan dihidupkan tanpa propeller.
kalau udah nyala 1-2 menit kotoran bisa keluar semua, kecuali kalo udah ada kerak di cylinder head.
bensin campurannya 100cc oli shell 2T, 4 liter bensin, atau 25cc oli 1 liter bensin/pertamax
wah inpo yg bermanpaat..karna saya juga butuh belajar nyalain dle 55 dari om adipur nih

Re: engine gas DL50cc sudah lama tidak nyala....
Posted: 18 Sep 2013, 18:49
by toto
Setuju sangat dengan suhu pa'lik Justinus dan suhu om flylow ... Saya juga pernah dapat engine lebih lama dari 2 tahun istirahat dan alhamdulillah sesuai dengan yang sudah dijelaskan tuntas sama omsuhu flylow sang engine langsung jreng kok, dari semua itu yang dilakukan cuman pasangin busi baru dan sebelum nya melalui lubang busi masukan olie beberapa tetes terus diselenger pakai starter tanpa busi dipasang abis itu beres deh ....
Sekedar sharing saja ada rekan yang iseng bersih2 engine dengan mrentelin semua tuh engine berakhir dengan chatting mohon saran ber ulang2 ......
Salam
Q