Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Buat yang baru belajar bikin pesawat

Moderators: im-sad, GandrungMaBur

User avatar
arwany
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 96
Joined: 14 Nov 2013, 14:10
Location: Nusa Dua
Contact:

Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by arwany »

Mungkin ini pertanyaan yang mudah dijawab bagi suhu2 disini, krn sy masih sangat baru dan pengen belajar aeromodeling. Rencana sy ingin membuat projek pertama sy, tp sy bingung menentukan spec komponen yg harus sy beli.

misal sy ingin membuat pesawat dengan lebar sayap 80cm dan dan bobot blm diketahui krn blm membuat. spec komponen brp kah yg hrs sy beli spt motor, propeller, ESC dan batre.

mohon petunjuknya suhu2 disini......
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by iwan21 »

Begini om stepnya ( kalo ada yg kurang tolong om2 yg laen nambahin ya)
1. tentuin mau buat pesawat apa, slow flyer, sport, 3D, jet ? dll
2. Cari patokan wingloading buat jenis pesasat sesuai karakter terbang yg dipilih (antara 20 - 30 gr/dm2 yg aman)
3. karena target wingspan udah ditentuin ( 80cm), itu bukan lebar ya om, tapi bentang sayap alias wingspan, tinggal tentuin lebar sayapnya ( wingchord), pake wing aspect ratio (perbandingan wingchord / wingspan), mau 1:4, 1:5 atau 1:6
4. setelah luasan sayap dapet (wingspan x wingchord), bis adihitung berat maksimum pesawatnya, dg cara mengalikan luas sayap dg wingloading
5. kalo berat maksimum dah dapet, cari lagi patokan power loading buat pesawat dimaksud ( antara 0,2 - 0,3 Watt/gr)
6. dari jasil berat maksimum dan power loading, kalo dikalikan, kita dapetin angka power ( dalam watt) minimum yg diperluin, tinggal kaliin aja 125% dari angak tsb, dapet deh motornya
7. Watt motor kan udah dapet, tinggal milih kV nya kan?. kV kembali lagi nyesuain dg karakter pesawatnya, dari kV dan power, akan keliatan perlu propeler ukruan berapa nantinya
8. Gimana milih ESC nya ?, esc = 125% dari arus maksmimum motor, arus maksimum motor = Watt motor dibagi tegangan batere . tegangan batere umumnya dipake lipo 3 sel alias 11,1 Volt
9. gimana milih kapasitas batere sekarang ?, kapasitas batere kaitannya dg arus maksimum motor dan lama terbang, initnya si batere mesti mampu menyuplai arus sesuai keperluan motor ( didapat dari kapasitas batere dikali nilai C, tapi amanya jangan sampe ada diangka tsb, paling enggak hasil kali ini mesti 1,5 x kebutuhan motor agar batere awet)
10. servo gimana?, saya pake cara bodoh aja, torsi servo harus minimal 2x berat terbang, itu aja
11. Kalo hitungannya pas, maka kita gak akan pake motor+ESC+batere+servo yg over sized, semuanya akan pake komponen yg pas, gak nambah berat yg gak perlu, hemat batere, terbang cukupan waktunya


Mohon bisa ditambahin lagi ya kalo ada yg kurang, atau dikorekesi kalo ada yg keliru, maklum elmu KIRA2NE dari nenek moyang :gg
User avatar
yoyonh
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 707
Joined: 01 Aug 2010, 23:16
Location: Bekasi
Contact:

Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by yoyonh »

iwan21 wrote:Begini om stepnya ( kalo ada yg kurang tolong om2 yg laen nambahin ya)
1. tentuin mau buat pesawat apa, slow flyer, sport, 3D, jet ? dll
2. Cari patokan wingloading buat jenis pesasat sesuai karakter terbang yg dipilih (antara 20 - 30 gr/dm2 yg aman)
3. karena target wingspan udah ditentuin ( 80cm), itu bukan lebar ya om, tapi bentang sayap alias wingspan, tinggal tentuin lebar sayapnya ( wingchord), pake wing aspect ratio (perbandingan wingchord / wingspan), mau 1:4, 1:5 atau 1:6
4. setelah luasan sayap dapet (wingspan x wingchord), bis adihitung berat maksimum pesawatnya, dg cara mengalikan luas sayap dg wingloading
5. kalo berat maksimum dah dapet, cari lagi patokan power loading buat pesawat dimaksud ( antara 0,2 - 0,3 Watt/gr)
6. dari jasil berat maksimum dan power loading, kalo dikalikan, kita dapetin angka power ( dalam watt) minimum yg diperluin, tinggal kaliin aja 125% dari angak tsb, dapet deh motornya
7. Watt motor kan udah dapet, tinggal milih kV nya kan?. kV kembali lagi nyesuain dg karakter pesawatnya, dari kV dan power, akan keliatan perlu propeler ukruan berapa nantinya
8. Gimana milih ESC nya ?, esc = 125% dari arus maksmimum motor, arus maksimum motor = Watt motor dibagi tegangan batere . tegangan batere umumnya dipake lipo 3 sel alias 11,1 Volt
9. gimana milih kapasitas batere sekarang ?, kapasitas batere kaitannya dg arus maksimum motor dan lama terbang, initnya si batere mesti mampu menyuplai arus sesuai keperluan motor ( didapat dari kapasitas batere dikali nilai C, tapi amanya jangan sampe ada diangka tsb, paling enggak hasil kali ini mesti 1,5 x kebutuhan motor agar batere awet)
10. servo gimana?, saya pake cara bodoh aja, torsi servo harus minimal 2x berat terbang, itu aja
11. Kalo hitungannya pas, maka kita gak akan pake motor+ESC+batere+servo yg over sized, semuanya akan pake komponen yg pas, gak nambah berat yg gak perlu, hemat batere, terbang cukupan waktunya


Mohon bisa ditambahin lagi ya kalo ada yg kurang, atau dikorekesi kalo ada yg keliru, maklum elmu KIRA2NE dari nenek moyang :gg



Mantap. :mtp
Lengkap dan detil banget A sampai Z.
Terima kasih pak Roji,
User avatar
BZ123456
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1177
Joined: 26 Dec 2011, 21:46
Location: Jak-Tim

Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by BZ123456 »

Lengkap pak dhe.....apalagi ditambahi rebusan singkong dan teh manis....Aku minggu akhir Desember nongkrong di Cibereum ah...masih ditrima gak?
User avatar
anakpahuluan
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 73
Joined: 22 Oct 2011, 10:53
Location: Banjarbaru-KALSEL

Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by anakpahuluan »

:yes ...ulasannya.. udah ketemu penjelasan singkat dan detil
User avatar
orchiplane
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 849
Joined: 04 Nov 2011, 08:56
Location: JAKARTA
Contact:

Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by orchiplane »

numpang diprint suhu.. :gg
User avatar
arwany
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 96
Joined: 14 Nov 2013, 14:10
Location: Nusa Dua
Contact:

Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by arwany »

iwan21 wrote:Begini om stepnya ( kalo ada yg kurang tolong om2 yg laen nambahin ya)
1. tentuin mau buat pesawat apa, slow flyer, sport, 3D, jet ? dll
2. Cari patokan wingloading buat jenis pesasat sesuai karakter terbang yg dipilih (antara 20 - 30 gr/dm2 yg aman)
3. karena target wingspan udah ditentuin ( 80cm), itu bukan lebar ya om, tapi bentang sayap alias wingspan, tinggal tentuin lebar sayapnya ( wingchord), pake wing aspect ratio (perbandingan wingchord / wingspan), mau 1:4, 1:5 atau 1:6
4. setelah luasan sayap dapet (wingspan x wingchord), bis adihitung berat maksimum pesawatnya, dg cara mengalikan luas sayap dg wingloading
5. kalo berat maksimum dah dapet, cari lagi patokan power loading buat pesawat dimaksud ( antara 0,2 - 0,3 Watt/gr)
6. dari jasil berat maksimum dan power loading, kalo dikalikan, kita dapetin angka power ( dalam watt) minimum yg diperluin, tinggal kaliin aja 125% dari angak tsb, dapet deh motornya
7. Watt motor kan udah dapet, tinggal milih kV nya kan?. kV kembali lagi nyesuain dg karakter pesawatnya, dari kV dan power, akan keliatan perlu propeler ukruan berapa nantinya
8. Gimana milih ESC nya ?, esc = 125% dari arus maksmimum motor, arus maksimum motor = Watt motor dibagi tegangan batere . tegangan batere umumnya dipake lipo 3 sel alias 11,1 Volt
9. gimana milih kapasitas batere sekarang ?, kapasitas batere kaitannya dg arus maksimum motor dan lama terbang, initnya si batere mesti mampu menyuplai arus sesuai keperluan motor ( didapat dari kapasitas batere dikali nilai C, tapi amanya jangan sampe ada diangka tsb, paling enggak hasil kali ini mesti 1,5 x kebutuhan motor agar batere awet)
10. servo gimana?, saya pake cara bodoh aja, torsi servo harus minimal 2x berat terbang, itu aja
11. Kalo hitungannya pas, maka kita gak akan pake motor+ESC+batere+servo yg over sized, semuanya akan pake komponen yg pas, gak nambah berat yg gak perlu, hemat batere, terbang cukupan waktunya


Mohon bisa ditambahin lagi ya kalo ada yg kurang, atau dikorekesi kalo ada yg keliru, maklum elmu KIRA2NE dari nenek moyang :gg


Mantap, thanks ilmunya om....
tp msh bingung point 7, semakin besar kv nya semakin gmn karakternya om?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by iwan21 »

arwany wrote:Mantap, thanks ilmunya om....
tp msh bingung point 7, semakin besar kv nya semakin gmn karakternya om?


Dari elmu KIRA2NE lagi, makin besar kv, makin kecil diameter propeler yg dipake, makin kecil thrustnya tapi makin tinggi pitch speednya
User avatar
denysafari
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 707
Joined: 25 Feb 2012, 14:25
Location: Cikarang ( kerja ) garut jawa barat ( asal )
Contact:

Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by denysafari »

print juga ah... :cling
User avatar
arwany
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 96
Joined: 14 Nov 2013, 14:10
Location: Nusa Dua
Contact:

Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

Post by arwany »

iwan21 wrote:
arwany wrote:Mantap, thanks ilmunya om....
tp msh bingung point 7, semakin besar kv nya semakin gmn karakternya om?


Dari elmu KIRA2NE lagi, makin besar kv, makin kecil diameter propeler yg dipake, makin kecil thrustnya tapi makin tinggi pitch speednya


Skali lg thanks om... udh dpt ilmu br lg.....
Post Reply