Bingung menentukan kombinasi spec komponen
Moderators: im-sad, GandrungMaBur
- arwany
- Airman First Class
- Posts: 96
- Joined: 14 Nov 2013, 14:10
- Location: Nusa Dua
- Contact:
Bingung menentukan kombinasi spec komponen
Mungkin ini pertanyaan yang mudah dijawab bagi suhu2 disini, krn sy masih sangat baru dan pengen belajar aeromodeling. Rencana sy ingin membuat projek pertama sy, tp sy bingung menentukan spec komponen yg harus sy beli.
misal sy ingin membuat pesawat dengan lebar sayap 80cm dan dan bobot blm diketahui krn blm membuat. spec komponen brp kah yg hrs sy beli spt motor, propeller, ESC dan batre.
mohon petunjuknya suhu2 disini......
misal sy ingin membuat pesawat dengan lebar sayap 80cm dan dan bobot blm diketahui krn blm membuat. spec komponen brp kah yg hrs sy beli spt motor, propeller, ESC dan batre.
mohon petunjuknya suhu2 disini......
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen
Begini om stepnya ( kalo ada yg kurang tolong om2 yg laen nambahin ya)
1. tentuin mau buat pesawat apa, slow flyer, sport, 3D, jet ? dll
2. Cari patokan wingloading buat jenis pesasat sesuai karakter terbang yg dipilih (antara 20 - 30 gr/dm2 yg aman)
3. karena target wingspan udah ditentuin ( 80cm), itu bukan lebar ya om, tapi bentang sayap alias wingspan, tinggal tentuin lebar sayapnya ( wingchord), pake wing aspect ratio (perbandingan wingchord / wingspan), mau 1:4, 1:5 atau 1:6
4. setelah luasan sayap dapet (wingspan x wingchord), bis adihitung berat maksimum pesawatnya, dg cara mengalikan luas sayap dg wingloading
5. kalo berat maksimum dah dapet, cari lagi patokan power loading buat pesawat dimaksud ( antara 0,2 - 0,3 Watt/gr)
6. dari jasil berat maksimum dan power loading, kalo dikalikan, kita dapetin angka power ( dalam watt) minimum yg diperluin, tinggal kaliin aja 125% dari angak tsb, dapet deh motornya
7. Watt motor kan udah dapet, tinggal milih kV nya kan?. kV kembali lagi nyesuain dg karakter pesawatnya, dari kV dan power, akan keliatan perlu propeler ukruan berapa nantinya
8. Gimana milih ESC nya ?, esc = 125% dari arus maksmimum motor, arus maksimum motor = Watt motor dibagi tegangan batere . tegangan batere umumnya dipake lipo 3 sel alias 11,1 Volt
9. gimana milih kapasitas batere sekarang ?, kapasitas batere kaitannya dg arus maksimum motor dan lama terbang, initnya si batere mesti mampu menyuplai arus sesuai keperluan motor ( didapat dari kapasitas batere dikali nilai C, tapi amanya jangan sampe ada diangka tsb, paling enggak hasil kali ini mesti 1,5 x kebutuhan motor agar batere awet)
10. servo gimana?, saya pake cara bodoh aja, torsi servo harus minimal 2x berat terbang, itu aja
11. Kalo hitungannya pas, maka kita gak akan pake motor+ESC+batere+servo yg over sized, semuanya akan pake komponen yg pas, gak nambah berat yg gak perlu, hemat batere, terbang cukupan waktunya
Mohon bisa ditambahin lagi ya kalo ada yg kurang, atau dikorekesi kalo ada yg keliru, maklum elmu KIRA2NE dari nenek moyang
1. tentuin mau buat pesawat apa, slow flyer, sport, 3D, jet ? dll
2. Cari patokan wingloading buat jenis pesasat sesuai karakter terbang yg dipilih (antara 20 - 30 gr/dm2 yg aman)
3. karena target wingspan udah ditentuin ( 80cm), itu bukan lebar ya om, tapi bentang sayap alias wingspan, tinggal tentuin lebar sayapnya ( wingchord), pake wing aspect ratio (perbandingan wingchord / wingspan), mau 1:4, 1:5 atau 1:6
4. setelah luasan sayap dapet (wingspan x wingchord), bis adihitung berat maksimum pesawatnya, dg cara mengalikan luas sayap dg wingloading
5. kalo berat maksimum dah dapet, cari lagi patokan power loading buat pesawat dimaksud ( antara 0,2 - 0,3 Watt/gr)
6. dari jasil berat maksimum dan power loading, kalo dikalikan, kita dapetin angka power ( dalam watt) minimum yg diperluin, tinggal kaliin aja 125% dari angak tsb, dapet deh motornya
7. Watt motor kan udah dapet, tinggal milih kV nya kan?. kV kembali lagi nyesuain dg karakter pesawatnya, dari kV dan power, akan keliatan perlu propeler ukruan berapa nantinya
8. Gimana milih ESC nya ?, esc = 125% dari arus maksmimum motor, arus maksimum motor = Watt motor dibagi tegangan batere . tegangan batere umumnya dipake lipo 3 sel alias 11,1 Volt
9. gimana milih kapasitas batere sekarang ?, kapasitas batere kaitannya dg arus maksimum motor dan lama terbang, initnya si batere mesti mampu menyuplai arus sesuai keperluan motor ( didapat dari kapasitas batere dikali nilai C, tapi amanya jangan sampe ada diangka tsb, paling enggak hasil kali ini mesti 1,5 x kebutuhan motor agar batere awet)
10. servo gimana?, saya pake cara bodoh aja, torsi servo harus minimal 2x berat terbang, itu aja
11. Kalo hitungannya pas, maka kita gak akan pake motor+ESC+batere+servo yg over sized, semuanya akan pake komponen yg pas, gak nambah berat yg gak perlu, hemat batere, terbang cukupan waktunya
Mohon bisa ditambahin lagi ya kalo ada yg kurang, atau dikorekesi kalo ada yg keliru, maklum elmu KIRA2NE dari nenek moyang

- yoyonh
- Senior Master Sergeant
- Posts: 707
- Joined: 01 Aug 2010, 23:16
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen
iwan21 wrote:Begini om stepnya ( kalo ada yg kurang tolong om2 yg laen nambahin ya)
1. tentuin mau buat pesawat apa, slow flyer, sport, 3D, jet ? dll
2. Cari patokan wingloading buat jenis pesasat sesuai karakter terbang yg dipilih (antara 20 - 30 gr/dm2 yg aman)
3. karena target wingspan udah ditentuin ( 80cm), itu bukan lebar ya om, tapi bentang sayap alias wingspan, tinggal tentuin lebar sayapnya ( wingchord), pake wing aspect ratio (perbandingan wingchord / wingspan), mau 1:4, 1:5 atau 1:6
4. setelah luasan sayap dapet (wingspan x wingchord), bis adihitung berat maksimum pesawatnya, dg cara mengalikan luas sayap dg wingloading
5. kalo berat maksimum dah dapet, cari lagi patokan power loading buat pesawat dimaksud ( antara 0,2 - 0,3 Watt/gr)
6. dari jasil berat maksimum dan power loading, kalo dikalikan, kita dapetin angka power ( dalam watt) minimum yg diperluin, tinggal kaliin aja 125% dari angak tsb, dapet deh motornya
7. Watt motor kan udah dapet, tinggal milih kV nya kan?. kV kembali lagi nyesuain dg karakter pesawatnya, dari kV dan power, akan keliatan perlu propeler ukruan berapa nantinya
8. Gimana milih ESC nya ?, esc = 125% dari arus maksmimum motor, arus maksimum motor = Watt motor dibagi tegangan batere . tegangan batere umumnya dipake lipo 3 sel alias 11,1 Volt
9. gimana milih kapasitas batere sekarang ?, kapasitas batere kaitannya dg arus maksimum motor dan lama terbang, initnya si batere mesti mampu menyuplai arus sesuai keperluan motor ( didapat dari kapasitas batere dikali nilai C, tapi amanya jangan sampe ada diangka tsb, paling enggak hasil kali ini mesti 1,5 x kebutuhan motor agar batere awet)
10. servo gimana?, saya pake cara bodoh aja, torsi servo harus minimal 2x berat terbang, itu aja
11. Kalo hitungannya pas, maka kita gak akan pake motor+ESC+batere+servo yg over sized, semuanya akan pake komponen yg pas, gak nambah berat yg gak perlu, hemat batere, terbang cukupan waktunya
Mohon bisa ditambahin lagi ya kalo ada yg kurang, atau dikorekesi kalo ada yg keliru, maklum elmu KIRA2NE dari nenek moyang
Mantap.

Lengkap dan detil banget A sampai Z.
Terima kasih pak Roji,
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen
Lengkap pak dhe.....apalagi ditambahi rebusan singkong dan teh manis....Aku minggu akhir Desember nongkrong di Cibereum ah...masih ditrima gak?
- anakpahuluan
- Airman First Class
- Posts: 73
- Joined: 22 Oct 2011, 10:53
- Location: Banjarbaru-KALSEL
Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen

- orchiplane
- Chief Master Sergeant
- Posts: 849
- Joined: 04 Nov 2011, 08:56
- Location: JAKARTA
- Contact:
Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen
numpang diprint suhu.. 

- arwany
- Airman First Class
- Posts: 96
- Joined: 14 Nov 2013, 14:10
- Location: Nusa Dua
- Contact:
Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen
iwan21 wrote:Begini om stepnya ( kalo ada yg kurang tolong om2 yg laen nambahin ya)
1. tentuin mau buat pesawat apa, slow flyer, sport, 3D, jet ? dll
2. Cari patokan wingloading buat jenis pesasat sesuai karakter terbang yg dipilih (antara 20 - 30 gr/dm2 yg aman)
3. karena target wingspan udah ditentuin ( 80cm), itu bukan lebar ya om, tapi bentang sayap alias wingspan, tinggal tentuin lebar sayapnya ( wingchord), pake wing aspect ratio (perbandingan wingchord / wingspan), mau 1:4, 1:5 atau 1:6
4. setelah luasan sayap dapet (wingspan x wingchord), bis adihitung berat maksimum pesawatnya, dg cara mengalikan luas sayap dg wingloading
5. kalo berat maksimum dah dapet, cari lagi patokan power loading buat pesawat dimaksud ( antara 0,2 - 0,3 Watt/gr)
6. dari jasil berat maksimum dan power loading, kalo dikalikan, kita dapetin angka power ( dalam watt) minimum yg diperluin, tinggal kaliin aja 125% dari angak tsb, dapet deh motornya
7. Watt motor kan udah dapet, tinggal milih kV nya kan?. kV kembali lagi nyesuain dg karakter pesawatnya, dari kV dan power, akan keliatan perlu propeler ukruan berapa nantinya
8. Gimana milih ESC nya ?, esc = 125% dari arus maksmimum motor, arus maksimum motor = Watt motor dibagi tegangan batere . tegangan batere umumnya dipake lipo 3 sel alias 11,1 Volt
9. gimana milih kapasitas batere sekarang ?, kapasitas batere kaitannya dg arus maksimum motor dan lama terbang, initnya si batere mesti mampu menyuplai arus sesuai keperluan motor ( didapat dari kapasitas batere dikali nilai C, tapi amanya jangan sampe ada diangka tsb, paling enggak hasil kali ini mesti 1,5 x kebutuhan motor agar batere awet)
10. servo gimana?, saya pake cara bodoh aja, torsi servo harus minimal 2x berat terbang, itu aja
11. Kalo hitungannya pas, maka kita gak akan pake motor+ESC+batere+servo yg over sized, semuanya akan pake komponen yg pas, gak nambah berat yg gak perlu, hemat batere, terbang cukupan waktunya
Mohon bisa ditambahin lagi ya kalo ada yg kurang, atau dikorekesi kalo ada yg keliru, maklum elmu KIRA2NE dari nenek moyang
Mantap, thanks ilmunya om....
tp msh bingung point 7, semakin besar kv nya semakin gmn karakternya om?
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen
arwany wrote:Mantap, thanks ilmunya om....
tp msh bingung point 7, semakin besar kv nya semakin gmn karakternya om?
Dari elmu KIRA2NE lagi, makin besar kv, makin kecil diameter propeler yg dipake, makin kecil thrustnya tapi makin tinggi pitch speednya
- denysafari
- Senior Master Sergeant
- Posts: 707
- Joined: 25 Feb 2012, 14:25
- Location: Cikarang ( kerja ) garut jawa barat ( asal )
- Contact:
Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen
print juga ah... 

- arwany
- Airman First Class
- Posts: 96
- Joined: 14 Nov 2013, 14:10
- Location: Nusa Dua
- Contact:
Re: Bingung menentukan kombinasi spec komponen
iwan21 wrote:arwany wrote:Mantap, thanks ilmunya om....
tp msh bingung point 7, semakin besar kv nya semakin gmn karakternya om?
Dari elmu KIRA2NE lagi, makin besar kv, makin kecil diameter propeler yg dipake, makin kecil thrustnya tapi makin tinggi pitch speednya
Skali lg thanks om... udh dpt ilmu br lg.....