Thunder Tiger Raptor E700 Build & Set Up Thread (with pics)

Membahas repair , tips n tricks ,dll

Moderators: Syafik, kadek

User avatar
panjitohaga
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 14 Aug 2011, 06:23
Location: Melbourne, AUS

Thunder Tiger Raptor E700 Build & Set Up Thread (with pics)

Post by panjitohaga »

Selamat malam suhu2,

Saya mau ikutan share foto2 dan dokumentasi selama saya ngebangun RC Helicopter Thunder Tiger E700. Seperti biasanya karena pelan2 nge build nya jadi sambil di dokumentasikan biar bisa diskusi bareng kawan2 disini.

Tidak semua nya saya foto jadi hanya beberapa hal yang saya anggap penting dan unik saja yang saya coba bahas disini ya.

Pembukaan
Raptor E700 adalah heli electric kelas 700 terbaru keluaran Thunder Tiger. Fitur2nya banyak mengacu pada flagship product nya mereka yang E720 tapi dengan bentuk yang lebih compact. Buat yang familiar dengan model yang E720 pasti tau bagaimana mahalnya spare parts nya tapi ini berbeda dengan model yang E700 dimana spare parts nya jauh lebih murah dengan kualitas yang hampir sama.

The Box
Kesan pertama pasti selalu dari kemasan :) E700 dikemas dengan apik dan bisa dilihat ada foto Jagoan heli Nick Maxwell di box nya. Nick Maxwell banyak memberi masukan kepada Thunder Tiger dalam mendesain heli tersebut.

Image


Ketika box nya dibuka bisa langsung terlihat bagian2 heli yg terbuat dari metal dibungkus rapih di box yg berbeda.

Image

Image


Di dalam box nya selain parts2 dan canopy di sertakan juga Carbon fiber tail blades ukuran 105mm dan juga tools, locktite dan grease untuk membantu membangun helinya.

Di gambar di bawah ini bisa diliat ada Torx driver yang disediakan. Ini salah satu fitur unik dari E700 dimana baut2 (bolts) untuk di frame nya menggunakan tipe Torx.

Image


Tail Boom Bracket
Bagian tail heli ini menggunakan system torque tube dengan bevel gears di depan dan belakang boom nya.

Disini mesh antara gear nya harus dipastikan supaya tidak goyang ke atas/bawah (vertical play), ini bisa di atur dengan menambahan washer di antara gear dan bearingnya. Dan supaya putaran gear nya halus diberi gemuk sedikit.

Image


Oh iya untuk mengamankan rakitan antara shaft dan gear nya, dipasangkan sebuah pin kecil seperti terlihat di foto. Untuk lebih amannya lagi saya tambahan heatshrink buat jaga2 takut pin nya keluar.

Image

Image


Frame & Motor
Frame terbagi dua atas dan bawah. Kualitas frame nya lumayan ok tapi saya tetap amplas supaya pinggirannya tidak tajam untuk jaga2.

Image


Untuk motor saya pakai motor align 750MX – sebagai catatan ukuran frame kanan dan kiri tidak begitu lebar jadi pilihan motor juga terbatas.

Didalam box di sudah disediakan Pinion ukuran 13T.

Image

Image


Ok sampai sini dulu nanti saya lanjutkan lagi :)
User avatar
joeidoy
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 261
Joined: 24 Feb 2009, 21:39
Location: Gang DAMAI Jogja

Re: Thunder Tiger Raptor E700 Build & Set Up Thread (with pi

Post by joeidoy »

Klo nontonin pidionya Nick Maxwell make heli ini pokok'nya Ngiler dah.. :smt083

Nungguin kelanjutan build threadnya Om :tv:
User avatar
ahmadbenny
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 925
Joined: 06 Jul 2012, 20:58
Location: Cipondoh - Tangerang

Re: Thunder Tiger Raptor E700 Build & Set Up Thread (with pi

Post by ahmadbenny »

Ambil posisi juga,nunggu lanjutanya........... :ktk :ktk :ktk
User avatar
panjitohaga
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 14 Aug 2011, 06:23
Location: Melbourne, AUS

Re: Thunder Tiger Raptor E700 Build & Set Up Thread (with pi

Post by panjitohaga »

Main Gear Set
Salah satu fitur unik dari E700 adalah main gear nya yang menggunakan tipe Herringbone seperti halnya heli2 keluaran Mikado. Heli dengan Herringbone main gear biasanya suaranya lebih halus dibandingkan main gear dengan straight cut atau single helical.

Dari pabriknya One way bearing dan one way bearing shaftnya sudah terpasang pada main gear, tapi untuk lebih aman saya lepas semua. One way bearing nya saya kasih sedikit light oil untuk pelumas dan baut2nya saya kasih locktite.

Image


Untuk bagian main shaft, ada lock ring yg harus dipasang di bawah upper block set nya. Jadi untuk lebih gampang masangnya upper block set nya di cabut dulu dan dipasang bareng dengan main shaftnya:

Image

Image


Dipasang berbarengan dengan main gear:

Image



Head system & Control arms
Untuk bagian merakit linkage balls di control arms dan swashplate saya memakai locktite warna merah supaya lebih kuat dan juga bagian2 ini jarang dibuka jadi tidak perlu takut susah untuk dibukanya nanti.

Image

Image


Untuk catatan disini, kit saya tidak termasuk mixer arm dan grip lever versi terbaru – jadi beberapa part yang versi terbaru saya beli terpisah:

Image



Landing Skid
Tidak ada yang special dari landing skid nya kecuali bentuknya yang agak melengkung dan aneh. Lengkungan ini gunanya supaya gampang untuk memasukan battery lipo (nanti akan saya kasih lihat fotonya supaya lebih jelas)

Image



Tail Drive Shaft
Disini saya ingin memperlihatkan fitur bearing untuk tail drive shaft untuk torque tube nya. Bearingnya tertutup dengan housing dari plastik yang agak elastis. Fitur ini membuat tail drive shaft sangat mudah ketika dimasukan kedalam tail boom.

Image
User avatar
joeidoy
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 261
Joined: 24 Feb 2009, 21:39
Location: Gang DAMAI Jogja

Re: Thunder Tiger Raptor E700 Build & Set Up Thread (with pi

Post by joeidoy »

panjitohaga wrote:Untuk catatan disini, kit saya tidak termasuk mixer arm dan grip lever versi terbaru – jadi beberapa part yang versi terbaru saya beli terpisah:

Image


klo diamati ini bukan model dfc tpi juga bukan hps :hmm
Dengan head system sperti ini berarti utk pitch waktu swashplate naik ke atas sudut blade malah jadi minus ya Om?
klo utk cyclic-nya tetap normal ato terbalik juga Om? jadi penasaran...
User avatar
panjitohaga
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 14 Aug 2011, 06:23
Location: Melbourne, AUS

Re: Thunder Tiger Raptor E700 Build & Set Up Thread (with pi

Post by panjitohaga »

joeidoy wrote:klo diamati ini bukan model dfc tpi juga bukan hps :hmm
Dengan head system sperti ini berarti utk pitch waktu swashplate naik ke atas sudut blade malah jadi minus ya Om?
klo utk cyclic-nya tetap normal ato terbalik juga Om? jadi penasaran...


Betul sekali om :D , jadi ketika swahplate naik ke atas sudut blade jadi minus untuk collective/cyclic.
User avatar
ahmadbenny
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 925
Joined: 06 Jul 2012, 20:58
Location: Cipondoh - Tangerang

Re: Thunder Tiger Raptor E700 Build & Set Up Thread (with pi

Post by ahmadbenny »

joeidoy wrote:
panjitohaga wrote:Untuk catatan disini, kit saya tidak termasuk mixer arm dan grip lever versi terbaru – jadi beberapa part yang versi terbaru saya beli terpisah:

Image


klo diamati ini bukan model dfc tpi juga bukan hps :hmm
Dengan head system sperti ini berarti utk pitch waktu swashplate naik ke atas sudut blade malah jadi minus ya Om?
klo utk cyclic-nya tetap normal ato terbalik juga Om? jadi penasaran...


Kalo di perhatiin emang aneh juga ya.... :hmm apa gerakan servo cyclik'y kebalik juga,atau puteran mainblade'y berlawanan arah jarum jam x om... :nw :gg
User avatar
SUPRI
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 136
Joined: 18 Jan 2007, 10:51
Location: Bekasi

Re: Thunder Tiger Raptor E700 Build & Set Up Thread (with pi

Post by SUPRI »

ahmadbenny wrote:
joeidoy wrote:
panjitohaga wrote:Untuk catatan disini, kit saya tidak termasuk mixer arm dan grip lever versi terbaru – jadi beberapa part yang versi terbaru saya beli terpisah:

Image


klo diamati ini bukan model dfc tpi juga bukan hps :hmm
Dengan head system sperti ini berarti utk pitch waktu swashplate naik ke atas sudut blade malah jadi minus ya Om?
klo utk cyclic-nya tetap normal ato terbalik juga Om? jadi penasaran...


Kalo di perhatiin emang aneh juga ya.... :hmm apa gerakan servo cyclik'y kebalik juga,atau puteran mainblade'y berlawanan arah jarum jam x om... :nw :gg


mungkin menurut saya yang kebalik adalah posisi pushrood nya blade holdernya.
User avatar
yog1_p
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 197
Joined: 30 Oct 2008, 13:30
Location: cikarang jababeka

Re: Thunder Tiger Raptor E700 Build & Set Up Thread (with pi

Post by yog1_p »

kalo dibandingin ama gambar di box, emang kelihatan swash naek jadi minus
:gg
User avatar
panjitohaga
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 265
Joined: 14 Aug 2011, 06:23
Location: Melbourne, AUS

Re: Thunder Tiger Raptor E700 Build & Set Up Thread (with pi

Post by panjitohaga »

Iya om, ketika swashplate naik ke atas sudut blades jadi minus. Buat yang pernah punya produk keluaran Thunder Tiger biasanya ini bukan hal yang baru :)

Ok kita lanjut lagi ya.


Tail
Untuk bagian tail, tidak banyak yang saya mau bahas disini. Hanya ingin kasih liat sistem pin yang sama dipakai di bagian gearbox. Disini saya kasih heatshrink juga untuk jaga2.

Image


Untuk tail support rod saya tambahkan Bridge supaya tambah kaku dan bikin ngga gerak2 ketika ada vibrasi. Ini bikin sendiri dari cable ties dan selang blastik.

Image




Electronics
Rata2 electronics yang saya pakai adalah pindahan dari heli lama saya (7HV). Untuk cyclic servo saya pakai Futaba BLS 253 dan untuk tail servo pakai BLS 256 HV. Karena cyclic servo nya tidak HV jadi semuanya pakai arus 6v dari BEC keluaran Gryphon tipe quasar.

Image


BEC nya mengambil arus dari lipo 6s, jadi tergabung di sisi negative ESC nya. Untuk ESC pakai Castle Edge 120HV – saya sengaja pakai ESC ini karena sudah ada built-in phase/rpm sensor jadi saya bisa pakai external Governor dari Vbar FBL unit.

Image


Mechanism Neutral Position Setting & Swash levelling
Ok sekarang saya mau kasih lihat fitur yang menurut saya paling mantab dari heli ini. Buat yang mikir sistem mekanik dan linkage nya ribet karena tidak langsung dari servo ke swashplate – tidak perlu takut!

Linkage dari servo ke control arm dan dari control arm ke swashplate itu panjangnya tetap (fixed length) dan tidak butuh di sesuaikan supaya swashplate nya rata (posisi netral).

Yang harus dilakukan untuk mengkalibrasi posisi netralnya adalah (langkah ini dilakukan biasanya ketika ngeset FBL unit):

1. Pastikan tidak ada trim atau sub trim di radio dan FBL unit
2. Pastikan throttle curve di TX nya lurus 45 derajat (0-50-100)
3. Pastikan servo horn nya longgar
4. masukan driver/obeng ukuran 3mm ke lobang yg sudah disediakan di control arm dan frame dari satu sisi ke sisi yg lainnya

Image

Image


5. kemudian posisikan throttle stick di tengah jadi servo ada di posisi netral. (langkah ini kalo di Vbar tidak perlu)
6. kencangkan baut2 di servo horn. SELESAI!

Image


Sekarang swashplate nya sudah rata dan tinggal rubah dan sesuaikan linkage dari swashplate ke blade grips untuk mendapatkan 0 derajat!.

Untuk mendapatkan posisi 90 derajat di tail servo – tinggal di putar2 servo hornnya sampai dapat 90’ kemudian di kencangkan baut2nya.

Image


Ini menurut saya inovasi yang sangat bermanfaat sekali. Jadi secara mekanik semuanya bisa di set dengan mudah dan tidak butuh trim sama sekali dan tidak butuh swash leveller!




135’ degree swashplate
Ketika mengeset FBL unit jangan lupa untuk memilih opsi 135’ (atau 140’ kalo tidak ada 135’) dibagian swashplate.

Karena saya pakai Vbar, pilihan ini tidak ada jadi harus di konfigurasi secara manual. Dibagian Swashplate plate, masuk ke expert parameters kemudian ganti nilai2 di servo parameters seperti berikut:

Image




Battery Tray
Battery tray E700 terbuat dari plastik dengan fitur kunci dibagian belakang nya

Image


Terkunci di spacer antara frame:

Image


Tray nya bisa dimasukan dari depan atau dari belakang – sesuai selera masing2 :)

Image



Ok kayanya sudah hampir semua dibahas dan helinya sudah dibangun dan di set…selanjutnya tinggal maiden!
Post Reply