Batasan dalam menurunkan nilai KV motor - multicopter

Membahas brushless motor bikinan sendiri , rewinding motor BL , dll

Moderators: unding, coyo

User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Batasan dalam menurunkan nilai KV motor - multicopter

Post by wisnumurti »

mohon maaf suhu semoga gak salah kamar, lagi coba coba bermain dengan multicopter, dimana konfigurasi yang saya gunakan adalah quad dengan FC naza m-lite, untuk motor saat ini menggunakan emax CF2822 prop 8 x 4.5 dan emax esc simonk 20amp dengan frame class 330, battery 3 sell 5000mah . total berat 1 kg tanpa elektronik lainnya.
dari hasil pengukuran KV saya mendapatkan kv maks 1150 sampai 1300 kv. dan waktu terbang 20 menit hover. saya berencana untuk menggulung ulang motor untuk menurunkan nilai kv sekitar 800 - 900 kv agar tetap bisa menggunakan prop 8 x 45. apakah hal ini dimungkinkan untuk mendapatkan waktu terbang yang lama? mohon pencerahan para senior.
User avatar
jerrysim
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 167
Joined: 26 May 2013, 10:30
Location: Jakarta Timur

Re: Batasan dalam menurunkan nilai KV motor - multicopter

Post by jerrysim »

Pertanyaan tingkat mahir nih, sayang ilmu saia ga sampe kalau sudah urusan jeroan motor. ](*,)

Tapi mau coba ikut komentar aja deh.
Mas Wisnu ngukur KV nya pakai apa ya? Kalau melihat spek-nya sih kekuatan dorong si EMAX CF2822 adalah 840g-850g jadi kalau dikali 4, kekuatan dorong maksimal jadi 3400g dong ya? Kalau lilitannya dikurangin mungkin masih bisa ya, kan berat totalnya cuma 1kg. Tapi gatau sih apa efeknya ke durasi terbang.
:hmm

Image

Karena takut komentarnya makin ngaco, ijin menyimak saja deh eaaa...
:gg

wisnumurti wrote:mohon maaf suhu semoga gak salah kamar, lagi coba coba bermain dengan multicopter, dimana konfigurasi yang saya gunakan adalah quad dengan FC naza m-lite, untuk motor saat ini menggunakan emax CF2822 prop 8 x 4.5 dan emax esc simonk 20amp dengan frame class 330, battery 3 sell 5000mah . total berat 1 kg tanpa elektronik lainnya.
dari hasil pengukuran KV saya mendapatkan kv maks 1150 sampai 1300 kv. dan waktu terbang 20 menit hover. saya berencana untuk menggulung ulang motor untuk menurunkan nilai kv sekitar 800 - 900 kv agar tetap bisa menggunakan prop 8 x 45. apakah hal ini dimungkinkan untuk mendapatkan waktu terbang yang lama? mohon pencerahan para senior.
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: Batasan dalam menurunkan nilai KV motor - multicopter

Post by wisnumurti »

untuk ngukur kvnya saya pake kv meter, dari estimasi itungan berdasarkan data motor dengan gr/watt = 4gr/watt dapat lumayan 20 menit, jadi kepikir untuk menurunkan nilai kv dengan memperbanyak gulungan, cuma belum tahu batasan berdasarkan ukuran stator rotor dan magnet. dan saya sendiri belum ukur nilai thrustnya dengan prop 8 x 4.5, gak punya meterannya hehehe
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Batasan dalam menurunkan nilai KV motor - multicopter

Post by iwan21 »

jerrysim wrote:Pertanyaan tingkat mahir nih, sayang ilmu saia ga sampe kalau sudah urusan jeroan motor. ](*,)

Tapi mau coba ikut komentar aja deh.
Mas Wisnu ngukur KV nya pakai apa ya? Kalau melihat spek-nya sih kekuatan dorong si EMAX CF2822 adalah 840g-850g jadi kalau dikali 4, kekuatan dorong maksimal jadi 3400g dong ya? Kalau lilitannya dikurangin mungkin masih bisa ya, kan berat totalnya cuma 1kg. Tapi gatau sih apa efeknya ke durasi terbang.
:hmm

Image



dari tabel diatas, coba liat bagian maksimum current
angka 840-850 gra dicapai dg current 15 dan 16,5 ampere, tapi dg catatan hanya boleh terjadi selama dibawah 60 detk :cling
artinya angka diatas gak bisa kita pake utk operasional om, itu angka munculnya di test bench atau lab nya pabrik utk menyatakan power dan thrust motor maksimal

Sementara utk Multikopter, kita perlu power dan thrust kontinyu ( maklum gak punya sayap, jadi ngapungnya bener2 ngandelin propeler), dan rata2 power maksimal aman motor itu di angka 60-70% test bench , jadi sekitar 580 gram dan arus 12 ampere

Ditambah lagi, gak aman kalo main multikopter di full throttle terus, kalo ada apa2 gak ada sisa power buat bail out ( bailnya kita hover dg throttle 60 % supaya aman)
jadi, dari 580 gram tadi, kita pake cuman 60% nya = 350 gram

maka, kalo ini Q/C, berat yg bisa dipikul adalah 350 x 4 = 1400 gram

Gitu kira2 dari ilmu sotoy akibat pagi2 belom sarapan hihihihihihihii :gg
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9640
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Batasan dalam menurunkan nilai KV motor - multicopter

Post by iwan21 »

wisnumurti wrote:mohon maaf suhu semoga gak salah kamar, lagi coba coba bermain dengan multicopter, dimana konfigurasi yang saya gunakan adalah quad dengan FC naza m-lite, untuk motor saat ini menggunakan emax CF2822 prop 8 x 4.5 dan emax esc simonk 20amp dengan frame class 330, battery 3 sell 5000mah . total berat 1 kg tanpa elektronik lainnya.
dari hasil pengukuran KV saya mendapatkan kv maks 1150 sampai 1300 kv. dan waktu terbang 20 menit hover. saya berencana untuk menggulung ulang motor untuk menurunkan nilai kv sekitar 800 - 900 kv agar tetap bisa menggunakan prop 8 x 45. apakah hal ini dimungkinkan untuk mendapatkan waktu terbang yang lama? mohon pencerahan para senior.


Perubahan KV berbanding terbalik dg diameter propeler om, jadi kalo KV turun maka diameter prop mesti naik, kalo enggak thrustnya akan turun banyak
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Batasan dalam menurunkan nilai KV motor - multicopter

Post by christoffel »

ingat lagi : hukum kekekalan energi.
usaha yg diperlukan untuk mengangkat dan memindahkan aircraft nya akan tetap sama karena berat nya kan tetap sama.
jadi kalau maksudnya untuk memperpanjang durasi terbang, yg bisa dilakukan :
- memperbanyak kapasitas batt
- menambah efisiensi motor + prop ==> efisiensi thrust
ini nggak mungkin di capai dengan hanya merubah jumlah lilitan.
nilai kv sejatinya hanya untuk menyesuaikan RPM, tegangan batt, dan ukuran prop
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: Batasan dalam menurunkan nilai KV motor - multicopter

Post by wisnumurti »

Wah trims suhu suhu banyak wejangan dan banyak faktor yang saya lupakan ternyata..setuju dengan om christ nurunin kv artinya harus nambah panjang prop...maaf saya hanya kepikir nurunin kv..jumlah lilitan naik, resistansi motor naik..arus turun..hukum daya = arus kuadrat di kali resistansi, nah pathokan hukum ini mambuat jadi kepikir nurunin nilai kv tapi tidak jauh jauh.
User avatar
Ary
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 499
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Re: Batasan dalam menurunkan nilai KV motor - multicopter

Post by Ary »

Jangan lupa juga, untuk frame kelas 330 max prop yg bisa digunakan adalah diameter 9 inch.....
User avatar
wisnumurti
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 381
Joined: 31 Dec 2009, 12:03
Location: Cilandak, Tasikmalaya and Magelang
Contact:

Re: Batasan dalam menurunkan nilai KV motor - multicopter

Post by wisnumurti »

Ary wrote:Jangan lupa juga, untuk frame kelas 330 max prop yg bisa digunakan adalah diameter 9 inch.....


Sipp om arry frame saya hk330 maksimum cuma 8 inch dah mentok..baru mau coba ke prop 7x45 inch 3 blade.
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Batasan dalam menurunkan nilai KV motor - multicopter

Post by christoffel »

3 blade efisiensi prop-thrust nya menurun. jadi kalau tujuan nya untuk memperpanjang durasi terbang sebaiknya tetap pake 2 blade
Post Reply