Wash Out

Diskusi dan pengenalan dasar dasar pesawat rc untuk pemula

Moderators: toto, Susilo

User avatar
sandiarta
Airman
Airman
Posts: 46
Joined: 03 May 2007, 16:07
Location: Cakung Jakarta Timur
Contact:

Wash Out

Post by sandiarta »

Beberapa kali saya sempat naik pesawat Airbus. Satu perbedaan yang menonjol yang terlihat oleh saya adalah pada sayap. Pada seri Airbus ujung sayap selalu ada lengkungan naik (wash out ??? tlg di koreksi kalau salah) sedangkan kompetitornya Boeing pada ujung sayap mendatar aja tanpa wash out (kecuali seri B737 900ER).

Pertanyaan saya apakah gunanya WASH OUT?
Bagaimana mengimplementasikannya di pesawat model?
Apakah pesawat model perlu menggunakan wash out?

Mohon pencerahan dari teman-teman.
User avatar
NF
Administrator
Administrator
Posts: 4082
Joined: 18 Jan 2007, 14:10
Location: semarang, jateng
Contact:

Post by NF »

wash out...,gunanya untuk menjaga supaya pada beberapa kasus belok / dive ,sayap tidak sampai stall..
kalo wing tip/wing let untuk menjinakan aliran udara turbulent, supaya bisa menambah jarak terbang,lift...,ntar saya buka buku lagi, sapa tahu salah....hehehe....
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 992
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Post by su-31 »

Washout adalah: Decrease of incidence from root to tip.

Waktu ujian ground school dulu, soal ini selalu keluar.., jadi hafal definisinya.

Jadi sayap nya twist... (melintir ?), sehingga incidence lebih kecil pada Tip.
Stall pada sayap umumnya mulai dari Tip.
Tip stall, masuk spin...dan crash !.

Jadi, dalam upaya menyamakan urut2an stall pada sayap, dibuatlah washout.
Pada pesawat model, banyak digunakan washout pada model2 Scale.
Contoh, di Dakota (DC-3) saya, kit dari MK, jelas2 dibuat Washout, utk mengurangi tendency tip stall.

Washout (Twist) tidak jelas keliatan.
Kalau mau jelas harus liat dari samping (penampang/ wing chord nya).
Yg jelas keliatan, ya Winglet.., itu yg di Tip.., dan gunanya untuk mengurangi Tip Vortex.

Demikian yg saya ketahui, maaf dan mohon koreksi kalau salah...
User avatar
shaify
Gaero Ambassador
Gaero Ambassador
Posts: 198
Joined: 20 Jan 2007, 20:31
Location: PK-JT 310
Contact:

Post by shaify »

@ su 31: apa semua pesawat sebaiknya pake washout?
sy sering juga neh ngalamin pesawat geal geol..
User avatar
sandiarta
Airman
Airman
Posts: 46
Joined: 03 May 2007, 16:07
Location: Cakung Jakarta Timur
Contact:

Post by sandiarta »

su-31 wrote:Washout adalah: Decrease of incidence from root to tip.

Waktu ujian ground school dulu, soal ini selalu keluar.., jadi hafal definisinya.

Jadi sayap nya twist... (melintir ?), sehingga incidence lebih kecil pada Tip.
Stall pada sayap umumnya mulai dari Tip.
Tip stall, masuk spin...dan crash !.

Jadi, dalam upaya menyamakan urut2an stall pada sayap, dibuatlah washout.
Pada pesawat model, banyak digunakan washout pada model2 Scale.
Contoh, di Dakota (DC-3) saya, kit dari MK, jelas2 dibuat Washout, utk mengurangi tendency tip stall.

Washout (Twist) tidak jelas keliatan.
Kalau mau jelas harus liat dari samping (penampang/ wing chord nya).
Yg jelas keliatan, ya Winglet.., itu yg di Tip.., dan gunanya untuk mengurangi Tip Vortex.

Demikian yg saya ketahui, maaf dan mohon koreksi kalau salah...



Sebelum berlanjut, apa benar wash out yang saya maksud? yaitu ujung sayap yang di tekuk hampir 90 derajat? kebanyakan hal ini ada di jenis pesawat Airbus?

kalau memang demikian dan gunanya seperti yang di jelaskan oleh SU-31 kenapa lebih banyak Airbus yang mempopulerkan sayap dengan wash out?
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

yg pak Sandi liat itu yg dimaksud pak Wisnu Winglet atau wing tip vorticer, untuk mengurangi vortex.

Kalo wash out sendiri adalah wing incidence pada wingtip lebih kecil /kebawah dibanding pada wingroot.
Utk jelasnya nanti saya tunjukin kalo ke MGT-2 deh
User avatar
sandiarta
Airman
Airman
Posts: 46
Joined: 03 May 2007, 16:07
Location: Cakung Jakarta Timur
Contact:

Post by sandiarta »

iwan21 wrote:yg pak Sandi liat itu yg dimaksud pak Wisnu Winglet atau wing tip vorticer, untuk mengurangi vortex.

Kalo wash out sendiri adalah wing incidence pada wingtip lebih kecil /kebawah dibanding pada wingroot.
Utk jelasnya nanti saya tunjukin kalo ke MGT-2 deh


waaaahhahahahhahahhahaha........langsung privat neeeehhhhhh.....
OK Suhu, anak2 sekolah minggu depan bakal liburan, jadi jadwal ke MGT-2 bisa diatur.....
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Post by iwan21 »

ini mungkin sebagai gambarannya antara winglet , washout dan wing incidence
sudut washout lebih kecil dari wing incidence

Image
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 992
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Post by su-31 »

shaify wrote:@ su 31: apa semua pesawat sebaiknya pake washout?
sy sering juga neh ngalamin pesawat geal geol..


..ndak juga pak Shaify...,
Jadi tergantung jenis pesawatnya dan mau terbang yg bagaimana...
Saya pribadi malah benci banget pakai Washout.
Saya suka pswt 3D profile, yg dlm manuver nya justru suka nyari2 stall.
Kalau dikasi Washout, jadi jinak (ndak geal geol), mau radical manuver malah susah.
Contoh pada saat knife edge.., itu kondisi wing adalah total/full stall.
Lagi2 kalau dikasi washout, malah susah masuk knife edge nya..., jadi banyak coupling, ke belly atau canopy.

Tapi kadang untuk jenis pswt tertentu, washout ndak bisa dihindari.
Contohnya sayap model "double tapper", apalagi "Swept Back"...,
...dijamin suka banget sama yg namanya tip stall.., ya geal geol gitulah jadinya.
Di dunia model, biasanya yg scale2 gitu.., dibuat washout.
Pesawat scale.., ya terbang scale dong ya...
Pakailah Washout.

Kalau Winglet, lain lagi ceritanya.
Saya pingin coba di profile (wayang) 3D.
Spt yg dijelaskan oom Iwan21.., sehubungan dengan berkurangnya vortex pada tip..,
...katanya sih jadi lebih stabil pada saat hover, atau low speed manuver lainnya.
Hanya saja dari segi selera (tampilan fisik), saya ndak suka Winglet.

Ini contoh Winglet pada pesawat model 3D Profile (Wayang).
Dan memang diliat dari videonya, low speed manuver nya (Hover, rolling harrier, dll) stabil sekali...

Image
User avatar
Snowman
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 356
Joined: 18 Jan 2007, 07:37
Location: Indramayu - Palembang

Post by Snowman »

Ooo...gitu ya pak Wisnu
makanya funtana ngeluarin ini ya

Image

Senang sekali dapat penjelasan yang lengkap dari Pak Wisnu...

kok kalo copy darat nggak pernah keluar ilmunya ya........ #-o
Post Reply