Wash Out
- sandiarta
- Airman
- Posts: 46
- Joined: 03 May 2007, 16:07
- Location: Cakung Jakarta Timur
- Contact:
Wash Out
Beberapa kali saya sempat naik pesawat Airbus. Satu perbedaan yang menonjol yang terlihat oleh saya adalah pada sayap. Pada seri Airbus ujung sayap selalu ada lengkungan naik (wash out ??? tlg di koreksi kalau salah) sedangkan kompetitornya Boeing pada ujung sayap mendatar aja tanpa wash out (kecuali seri B737 900ER).
Pertanyaan saya apakah gunanya WASH OUT?
Bagaimana mengimplementasikannya di pesawat model?
Apakah pesawat model perlu menggunakan wash out?
Mohon pencerahan dari teman-teman.
Pertanyaan saya apakah gunanya WASH OUT?
Bagaimana mengimplementasikannya di pesawat model?
Apakah pesawat model perlu menggunakan wash out?
Mohon pencerahan dari teman-teman.
- NF
- Administrator
- Posts: 4082
- Joined: 18 Jan 2007, 14:10
- Location: semarang, jateng
- Contact:
- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 992
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Washout adalah: Decrease of incidence from root to tip.
Waktu ujian ground school dulu, soal ini selalu keluar.., jadi hafal definisinya.
Jadi sayap nya twist... (melintir ?), sehingga incidence lebih kecil pada Tip.
Stall pada sayap umumnya mulai dari Tip.
Tip stall, masuk spin...dan crash !.
Jadi, dalam upaya menyamakan urut2an stall pada sayap, dibuatlah washout.
Pada pesawat model, banyak digunakan washout pada model2 Scale.
Contoh, di Dakota (DC-3) saya, kit dari MK, jelas2 dibuat Washout, utk mengurangi tendency tip stall.
Washout (Twist) tidak jelas keliatan.
Kalau mau jelas harus liat dari samping (penampang/ wing chord nya).
Yg jelas keliatan, ya Winglet.., itu yg di Tip.., dan gunanya untuk mengurangi Tip Vortex.
Demikian yg saya ketahui, maaf dan mohon koreksi kalau salah...
Waktu ujian ground school dulu, soal ini selalu keluar.., jadi hafal definisinya.
Jadi sayap nya twist... (melintir ?), sehingga incidence lebih kecil pada Tip.
Stall pada sayap umumnya mulai dari Tip.
Tip stall, masuk spin...dan crash !.
Jadi, dalam upaya menyamakan urut2an stall pada sayap, dibuatlah washout.
Pada pesawat model, banyak digunakan washout pada model2 Scale.
Contoh, di Dakota (DC-3) saya, kit dari MK, jelas2 dibuat Washout, utk mengurangi tendency tip stall.
Washout (Twist) tidak jelas keliatan.
Kalau mau jelas harus liat dari samping (penampang/ wing chord nya).
Yg jelas keliatan, ya Winglet.., itu yg di Tip.., dan gunanya untuk mengurangi Tip Vortex.
Demikian yg saya ketahui, maaf dan mohon koreksi kalau salah...
- shaify
- Gaero Ambassador
- Posts: 198
- Joined: 20 Jan 2007, 20:31
- Location: PK-JT 310
- Contact:
- sandiarta
- Airman
- Posts: 46
- Joined: 03 May 2007, 16:07
- Location: Cakung Jakarta Timur
- Contact:
su-31 wrote:Washout adalah: Decrease of incidence from root to tip.
Waktu ujian ground school dulu, soal ini selalu keluar.., jadi hafal definisinya.
Jadi sayap nya twist... (melintir ?), sehingga incidence lebih kecil pada Tip.
Stall pada sayap umumnya mulai dari Tip.
Tip stall, masuk spin...dan crash !.
Jadi, dalam upaya menyamakan urut2an stall pada sayap, dibuatlah washout.
Pada pesawat model, banyak digunakan washout pada model2 Scale.
Contoh, di Dakota (DC-3) saya, kit dari MK, jelas2 dibuat Washout, utk mengurangi tendency tip stall.
Washout (Twist) tidak jelas keliatan.
Kalau mau jelas harus liat dari samping (penampang/ wing chord nya).
Yg jelas keliatan, ya Winglet.., itu yg di Tip.., dan gunanya untuk mengurangi Tip Vortex.
Demikian yg saya ketahui, maaf dan mohon koreksi kalau salah...
Sebelum berlanjut, apa benar wash out yang saya maksud? yaitu ujung sayap yang di tekuk hampir 90 derajat? kebanyakan hal ini ada di jenis pesawat Airbus?
kalau memang demikian dan gunanya seperti yang di jelaskan oleh SU-31 kenapa lebih banyak Airbus yang mempopulerkan sayap dengan wash out?
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- sandiarta
- Airman
- Posts: 46
- Joined: 03 May 2007, 16:07
- Location: Cakung Jakarta Timur
- Contact:
iwan21 wrote:yg pak Sandi liat itu yg dimaksud pak Wisnu Winglet atau wing tip vorticer, untuk mengurangi vortex.
Kalo wash out sendiri adalah wing incidence pada wingtip lebih kecil /kebawah dibanding pada wingroot.
Utk jelasnya nanti saya tunjukin kalo ke MGT-2 deh
waaaahhahahahhahahhahaha........langsung privat neeeehhhhhh.....
OK Suhu, anak2 sekolah minggu depan bakal liburan, jadi jadwal ke MGT-2 bisa diatur.....
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9769
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 992
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
shaify wrote:@ su 31: apa semua pesawat sebaiknya pake washout?
sy sering juga neh ngalamin pesawat geal geol..
..ndak juga pak Shaify...,
Jadi tergantung jenis pesawatnya dan mau terbang yg bagaimana...
Saya pribadi malah benci banget pakai Washout.
Saya suka pswt 3D profile, yg dlm manuver nya justru suka nyari2 stall.
Kalau dikasi Washout, jadi jinak (ndak geal geol), mau radical manuver malah susah.
Contoh pada saat knife edge.., itu kondisi wing adalah total/full stall.
Lagi2 kalau dikasi washout, malah susah masuk knife edge nya..., jadi banyak coupling, ke belly atau canopy.
Tapi kadang untuk jenis pswt tertentu, washout ndak bisa dihindari.
Contohnya sayap model "double tapper", apalagi "Swept Back"...,
...dijamin suka banget sama yg namanya tip stall.., ya geal geol gitulah jadinya.
Di dunia model, biasanya yg scale2 gitu.., dibuat washout.
Pesawat scale.., ya terbang scale dong ya...
Pakailah Washout.
Kalau Winglet, lain lagi ceritanya.
Saya pingin coba di profile (wayang) 3D.
Spt yg dijelaskan oom Iwan21.., sehubungan dengan berkurangnya vortex pada tip..,
...katanya sih jadi lebih stabil pada saat hover, atau low speed manuver lainnya.
Hanya saja dari segi selera (tampilan fisik), saya ndak suka Winglet.
Ini contoh Winglet pada pesawat model 3D Profile (Wayang).
Dan memang diliat dari videonya, low speed manuver nya (Hover, rolling harrier, dll) stabil sekali...
