Kenapa kec Piroutte Trex 450 lbh lambat dr Belt CP

Diskusi tentang heli elektrik

Moderators: Budiman, irsansaputra

User avatar
mcat
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 59
Joined: 17 Jan 2008, 07:21
Location: Karawaci

Kenapa kec Piroutte Trex 450 lbh lambat dr Belt CP

Post by mcat »

Om2 sekedar mau nanya nih kok kecepatan piroutte Trex 450 kalah cepat sama Belt CP ya? kebetulan saya pakai dua2nya. kalo dr spek:
Trex 450 pake gyro futaba 240, servo tail HS81
Belt CP pake gyro e-sky, servo tail e-sky.
mungkin rekan2 adayg tau kenpa?
dan juga bikin piroutte trex bisa lbh cepat lg gmn?
Thx.
User avatar
irsansaputra
Airman
Airman
Posts: 37
Joined: 13 Feb 2007, 18:19
Location: Jakarta

Post by irsansaputra »

Halo, salam kenal,
Begini Pak, kalo boleh saya sarankan jika mau dibandingkan seharusnya keduanya sama2 menggunakan spec Gyro dan Servo rudder yang sama. Saya pikir ini hanya diakibatkan beda karakteristik dari kedua gyro yang Anda gunakan. Btw kalo soal Gyro Esky saya agak kurang paham, namun soal GY240, jika Anda ingin Pirouette nya lebih cepat bisa mengatur melalui ATV / EPA di TX pada ch4 silakan Anda tinggikan lagi angka nya dari 100%. Sesungguhnya pada GY240, fungsi ATV / EPA adalah untuk mengatur agar Servo Rudder tidak Binding jika Anda menggerakkan Stick Rudder full ke kanan atau ke kiri. Namun Anda jangan kuatir, karena walaupun Anda gerakkan stick sampai full kanan atau kiri (dalam kondisi heli tidak terbang) sampai Binding, namun pada saat Heli terbang di udara hal tsb tidak akan terjadi. Walaupun jika Anda lihat ketika heli di darat bahwa Servo Rudder binding, namun tidak akan binding bila heli sudah mengudara. Lalu pada GY240, semakin tinggi Gain pada Gyro Anda setel, maka tingkat Pirouette Rate nya semakin melambat. lain halnya pada GY401, tidak pengaruh terhadap Gain yang Anda setel dari TX, lain pula pada GY401 ada settingan Limit, itu yang berguna agar Servo Rudder tidak Binding, dan saya katakan pada GY401, agar jangan sampai terjadi Binding, maka setting Limit harus betul2 diperhatikan. Kemudian Pirouette Rate nya diatur via ATV/EPA ch4 maka Anda akan mendapat Rate Pirouette yang Anda inginkan tanpa resiko Binding.
Singkat kata, pada GY240 memang agak ironis, dalam artian jika Anda ingin mendapat Pirouette Rate yang tinggi, maka setidaknya Anda harus menaikkan angka EPA/ATV di Ch4, dengan konsekwensi Anda akan mendapati Servo Rudder Binding bila heli di darat, tapi jangan kuatir bila heli mengudara maka Binding tsb bisa dikatakan jauh berkurang. Jadi bila heli tidak mengudara, sekiranya stick Rudder jangan dimain2kan pada full position ke kanan atau ke kiri karena akan membebankan servo Ruder. Mohon diingat bahwa hal tsb tidak terjadi pada GY401 karena beda system kerja nya dalam pengaturan Binding dan Pirouette Rate.

Salam
Moga-moga bermanfaat. Bila Bapak masih bingung silakan call saya di 0856-9955511, dengan senang hati saya akan menjelaskan :)
User avatar
mainblade
Airman
Airman
Posts: 49
Joined: 16 Jun 2007, 22:41
Location: Cengkareng - Jakarta
Contact:

Post by mainblade »

Wah mantap penjelasannya sangat detil til til til til..............
Sudah lama nih suhu Aris gak turun gunung .....hehehehe
User avatar
Tralala
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 270
Joined: 20 Jan 2007, 19:04
Location: Timika-Papua
Contact:

Post by Tralala »

waduh.....kmana aja nich suhu.......
sekali nongol langsung detail penjelasannya......
User avatar
mcat
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 59
Joined: 17 Jan 2008, 07:21
Location: Karawaci

Post by mcat »

Wah terima kasih banyak nih Om Irsan ilmunya, mau saya coba dulu. memang masih agak bingung sih. nanti kalo gagal saya tlp. Thx.
User avatar
Ary
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 499
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Saya dulu pernah coba piruet yg super kenceng ,caranya channel rudder sy mix dgn channel gain gyro
sedemikian hingga kalau rudder kita tekan kiri atau kanan untuk piruet, mixing tsb otomatis akan mengurangi gain gyro
secara proporsional sehingga piruet bisa kencang skl ....
User avatar
mcat
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 59
Joined: 17 Jan 2008, 07:21
Location: Karawaci

Post by mcat »

Ary wrote:Saya dulu pernah coba piruet yg super kenceng ,caranya channel rudder sy mix dgn channel gain gyro
sedemikian hingga kalau rudder kita tekan kiri atau kanan untuk piruet, mixing tsb otomatis akan mengurangi gain gyro
secara proporsional sehingga piruet bisa kencang skl ....

Om Ary, maaf maksudnya di mixing gimana ya? apakah dr TX atau bagaimana?
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Boleh tau trexnya yang type apa? karena kalau trexXL atau trexS system tail controlnya tidak bisa leluasa dan rangenya tidak bisa panjang seperti pada trex450 v2, mungkin di Belt CP lebih bagus tail controlnya kalau sama2 partnya yang plastik. Saya pernah buktikan sendiri dg gyro 240 dan setting gain serta ATV yang sama, setelah upgrade tail control dari yang plastik (450XL) ke metal punya 450SE v2 jadi ada perubahan kecepatan pirouet yg cukup signifikan...

Mungkin bisa sedikit membantu
User avatar
andre77
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 376
Joined: 17 Jan 2007, 14:38
Location: BANJARMASIN
Contact:

Post by andre77 »

Om Irsan lengkap banget penjelasannya,btw apa kabar nih suhu besar heli Indonesia.
User avatar
mcat
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 59
Joined: 17 Jan 2008, 07:21
Location: Karawaci

Post by mcat »

@Om Syafik : saya pake trex 450S. ok, saya coba semua. Thx bgt semuanya atas masukan2nya.
Post Reply