Piper J3 Cub Electrict Convert Mini Engine ( TWM ) Vol 2

Diskusi pesawat rc elektrik
User avatar
Yagee
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 273
Joined: 25 Jan 2007, 09:51
Location: Semarang Kaline Banjir
Contact:

Piper J3 Cub Electrict Convert Mini Engine ( TWM ) Vol 2

Post by Yagee »

SALAM PEMBUKA

Piper J 3cub Electrict The World Models si jago stall katanya!! tapi saya mencoba menepis anggapan itu, saya banyak ketemu beberapa supplier di indo dan mereka sepertiya pesimis dgn produk ini, satu hal lagi banyak pengalaman terbang dari rekan 2 di forum ini sangat kecewa dgn produk satu ini ....Why? :bow:

Memang dibandingakan seteru Piper J3 cub yang lainnya spt product Wattage , Balsa TWM memang lebih berat sekitar 50 gram, dan sayapnya lebuh panjang 12cm dgn tipe hampir datar.

Saya akan mengulas produk ini lebih dalam , dgn beberapa modifikasi yang saya buat sedemikian rupa sehingga diharapkan dapat mengubah image pesawat ini menjadi lebih baik dan kita pun dapat lebih bijaksana menyikapinya.

BASIC

Piper J3 CUB Electric (TWM )ARF
Spesifikasi dpt dilihat di www.theworldmodels.com

Image

hemmm...sepertinya tidak harus spt itu, tapi

Image

ada warna ungu tertanam di hidungku????

Mini engine Thunder tiger GP 07
di support mini tank dubro 2 OZ dgn Glow OS 03 dan Byron 15% + 16 Castor rasanya pasti yameeee!! =P~

Image

Modifikasi pada tail sistem adalah penanaman carbon stick 1 mm utk kestabilan kendali,

Image

dan saya mencoba mengganti tail gear dgn merubah kaki-kakinya agar terlihat lebih scale dan posisinya disesuaikan sbg balancing CG.
kalo roda aslinya terlalu ringan dan kurang real.

Image

Paling ribet urusan bongkar pasang pesawat ini, makanya di sisi kiri luar saya install suit on off + batt spy dan charger plug in so...sayap nggak perlu bongkar pasang utk urusan batt rx dan ukurannya bisa masuk ke dalam mobil apapun, bahkan di panggul di belakang sadel motor bebek sekalipun....no problem!! :-({|=

Image

Landing Gear di modifikasi juga dgn penggantian ban yng lebih lebar dan ringan di harapkan dpt mengurangi beban depan , dan di bikin lebih lebar agar daya cengkram pada tanah lebih kuat, grip pada ban adalah utk membuang resapan air jika landing di tanah basah, berat ban ini hampir setengah berat ban aslinya. ban ini hasil karya sendiri terbuat dari limbah sendal...

Image

Ada tiang penyangga di balik wind shield ( kaca depan ) ini bukan hiasan pemanis belaka ...terbuat dari carbon tube 3mm bertujuan agar dapat menahan beban main wing jika terjadi hard landing....

Demikian sekilas pandang apa saja yang sudah saya modifikasi namun hanya secara umum saja sebab ada bagian 2 bagian tertentu saya mohon maaf tidak bisa saya jabarkan disini karena ini merupakan bagian yang saya jual kepada anda2 semua.

PERSIAPAN TERBANG

Sabtu pagi 15/3 10:01 WIB
Markas PAS ( Pecinta Aeromodelling Semarang ) tepian pantai marina
kondisi cuaca cerah, kecepatan angin kira2 10 mph

Image

Karena saat break in pake byron 15/16 dgn setelan idle atas 2/4 bawah 4/4 namun karena kehabisan stok maka fuel di supply cool power 15 sehingga putaran bawahnya belum ketemu namun mesin udah mau start meskipun trim agak tinggi...
OK ...ready to test flight...

Image

Taxi..
tower report....permit to take off...north east ..very clear ...roger!!!!
Ok zero one go a heat!!!

Take Off Report

Kondisi mesin sempurna meski nggak sempat nyetel idle bawah jadi throttle trim agak tinggi karena belum bisa idle disebabkan pergantian kharakter fuel.
power yang dihasilkan dgn mesin ini menurut saya sangat pas2 an dan pertama kali saya sangat pesimis sekali dgn tenaganya yg under power...
saya coba untuk test take off

Pesawat dapat melaju head wind namun masih sulit di kendalikan karena ternyata sudut Aileron sangat banyak 80% dan jika kita buru-buru mengangkat elevator yang terjadi sayap akan membanting kekanan dan kekiri.
setelah pengurangan nilai sudut aileron menjadi 45% dan expo -30 pada elevator ,saya coba lagi take off dgn tenaga yang masih pas2 an saya biarkan tail gear lift dgn sendirinya dan ternyata dgn di biarkan saja pesawat ini dapat "air bone" tanpa menarik tuas elevator, kita tinggal menjaga posisi pesawat tetap menapak stabil di tanah dgn kendali rudder

dan

Image

waduh!!! ternyata....begitu mengudara 1 M dari ground baru terasa kalo mesin ini cukup-cukup bahkan saya harus mengurangi throttle menjadi hanya 35% saja

Result Take Off **
Butuh ketrampilan untuk menjaga agar pesawat tetap pada posisinya dan tdk perlu menarik tuas elevator karena kalo terlalu buru2 yg terjadi adalah badan pesawat akan pontang-panting lalu nungging!!!

Manuver Report

Setelah berhasil mengudara ini moment yg paling kritis , mencoba untuk berbelok / manuver , dgn menguji hasil modif sayap diharapkan nila stallnya rendah,...penambahan power menjadi 100% belok kiri dgn aileron dan apa yg terjadi???

Image

Badan pesawat hanya miring aja 45 derajat dan nggak mau belok ](*,)...setelah sedikit dgn bantuan gerakan ruder maka pesawat mau manuver dgn reflek melorot ke bawah kudu mesti di jagain dgn menarik elevator sedikit..... OK!

Image

Test Stall Spin....setelah ketemu karakter beloknya....saya mencoba untuk test yg menakutkan banyak pihak....kalo pertama tadi saya harus menambah speed menjadi 100 % untuk berbelok ternyata membuat pesawat menjadi sedikit liar ...maka pada test ke dua belok ini saya tidak melakukan penambahan nilai tetap di posisi 35% dan hasilnya sungguh mengagetkan ...tidak ada gerakan mo stall bahkan biasa2 aja spt kharakter trainer tenang dan aman meski sudut kemiringannya sangat tajam

Result Manuver ****
Dari pengalaman merakit beberapa pesawat jenis ini ada 2 kali yang menggunakan tiang penyangga tail wing, mungkin ini yang menyebabkan pesawat tidak mau berbelok hanya menggunakan gerakan aileron, harus di bantu rudder atau menarik tuas elevator. Oleh karenanya saya membuat program mix di radio AI to R dgn nila slave pada R 45% atau gerakan rudder cuman bergeser kekanan kiri 2mm dan hasilnya cukup membantu melakukan gerakan manuver
Radio Futaba
ATF Ailron 45%, Elevator 60%,Rudder 70%, Mix Ai to R 45%
EXPO Elevator -25%
secara keseluruhan manuver pesawat ini mudah di kendalikan

Glading Report

Test selanjutnya adalah bagaimana kalo terjadi mesin kita mati dan tanpa power, apakah akan masuk ke area stall spin???

Image

Pesawat pada ketinggian kira2 20m dari atas tanah saya matikan enginenya, nekat...neh [-X dari jarak saya berdiri kira2 150M hal pertama saya melakukan diving untuk mendapatkan speed namun yang mengejutkan bahwa pada saat saya mengurangi kecepatan dgn mengangkat elevator justru daya angkatnya semakin tinggi, begitu di down lagi speednya bertambah tinggi dan tidak ada tanda2 mo stall bahkan di speed paling pelan sekalipun tetep no stall...????

Image

ketika bener2 mendekati tanah dgn kecepatan pelan aku goyang2 sayapnya tetep aja no Stall

Image

angkat nose, goyang kanan .....NO STALL

Image

Recovery...steady dan landing di ujung landasan

Glide Result ****

Kharakter glade pesawat ini spt WD daya angkatnya tinggi bahkan seolah olah ogah turun, kuncinya pada permainan CG dan berat pesawat yg bener2 di minimize padahal jika dalam keadaan grounded anda tidak akan percaya dgn berat rabaan jika di angkat dgn tangan biasa terasa berat. total weight di timbang dgn timbangan tepung sekitar 750g


Normal Landing Report
Ok sekarang kita bahas mengenai landing pesawat ini dgn kondisi normal saya mengambil ancang2 100M dari titik pendaratan dgn mengurangi power menjadi 10 % saja karena udah ketahuan jika mesin mati pun tidak ada masalah...
meskipun dalam kondisi idle pesawat ini nggak mo di ajak turun...atawa drop level ....kenapa saya ambil posisi panjang untuk landing karena setiap saya paksa turun speednya pasti bertambah jadi bener2 harus head wind dan jangan terlalu maksa down karena pesawat ini akan bertambah cepat kalo perlu kita bikin manuver lingkaran pelan atau Zigzag..

Image
Tower ...ready to landing everything is clear??
Ok...zero one...same position wind direction ....North East!
Image
On Position !
Image
Roger That !

Landing Result ****

Landing normal butuh kesebaran untuk menapakkan pesawat ini ketanah karena power masih ada dan pesawat nggak mau turun alahkah baiknya jika di radio di buat program kill engine jika udah pelan menempel ketanah engine kita matikan dan elevator kita angkat max utk brake.....

Good landing capten...!

OVER ALL

Image

Power
Engine TT GP 07 2 stroke mini
Prop master screw 6x4
Glow OS 03
F Tank Dubro 2 OZ
Fuel Byron 15/16

Electrical
Half WD batt 4,8V RX Supply
2x 8g E-Sky Servo fr Aileron
2x 9g T Pro Servo fr Elev and Rudder
1x 9g T Pro servo fr Throttle
3 in 1 board panel
3 Pcs Ext

Take Off = ** Poor
Manuver = *** Good
Glading = **** excelent
Stall =*** minim
Landing =**** Excelent
Price = Not Bad
beginer to intermediet Pilot


Image

Puji syukur ke hadirat Allah SWT, atas segala rahmat dan pencerahan yg selalu menjadi berkah bagi kita semua
Terimakasih kepada Sahabat, Teman dan rekan -rekan yg selalu mendoakan kesehatan saya, Nok, Cha2 , Mbot yg terus mendukung saya, Mbah Putri yg berkenan terus menjagai workshop ku, Kenny thanks ya hasil fotonya bagus, Terimakasih kepada Pak Tedjo suherman atas adv break in enginenya, Surabaya hobby, Pak Arif Hobby aero, Om Lukman Aerotech, Om Wong Aerofly utangku catat dulu!, Uncle Diro mesinmu pasti ku ganti baru, Om Mbing Maaf sendalmu jadi Ban, Andrew Nyo2 , Om Nu2ng, Rekan2 PAS yg terus mensubsidi project2ku, Rekan2 di forum ini.
Saya hanya berbagi cerita tidak bermaksud apa2 mohon maaf kalo ada kata2 yg kurang pas!!

Special Thanks to Mr. JH and Earthsense Team for Radio Equipment

Info Produk dan modifikasi
Yagee Aeromodelle and Art
Hot line Simpati 081326438948
Last edited by Yagee on 17 Mar 2008, 19:52, edited 15 times in total.
User avatar
Redblur
Captain
Captain
Posts: 1656
Joined: 01 Apr 2007, 19:48
Location: Cinere
Contact:

Post by Redblur »

Kalau mau lebih gede lagi\


pakai OS 10


kalau kecil lagi

pakai norvel ........ kayaknya norvel 0.4 atau 0.5 atau 0.6
User avatar
Ary
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 499
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Wow mantap modifnya om yagee.....pas manis...

@ redblur : kalau pakai os 10 agak besar, nanti terlalu nongol,kasihan cowlingnya jadi byak
bolongnya... kalau pakai norvel agak kecil ,sepertinya kalau pas butuh tenaga extra, bisa kedodoran pes tsb....
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 583
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

setau sy pesawat tail dragger seperti ini memang kalau dipaksa down, hasilnya akan kenceng dan landingnya jadi bakal panjang. paling bagus dibuat mendekati stall speed, posisi hidung agak mendongak tapi ketinggian turun dengan perlahan.

pesawat tail dragger high wing (Piper Cub, Cessna 185, Cessna 180) emang ngerepotin landingnya.

thanks untuk ulasannya pak yagee...
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1319
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

Selamat buat om Yagee atas kreasi barunya... :)
Coba bikin foamy scale yg pake engine om...
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4026
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

Mantap sekali...
User avatar
kresna
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 103
Joined: 17 Jan 2007, 19:49
Location: Bali, NTT, Papua, Sulawesi, Sumatra, Jawa ...
Contact:

Post by kresna »

Mantap
User avatar
Dedy
Airman
Airman
Posts: 38
Joined: 24 Apr 2007, 12:48
Location: Manado

Post by Dedy »

Bravoo.. om.. yagee.. modif yg sangat cermat sekali..engine kecil yg bisa memuaskan..mantap..
User avatar
MrDoms
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1083
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Post by MrDoms »

Ulasannya mantap, detail, dan disertai foto-foto yang cantik.... serasa membaja majalah RC.... dengan cover om (not cover boy) yang oke.... hehehehe...
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3447
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

@om Yagee, overall modifikasi dapat dikategorikan MAJOR or MINOR guna memupus pandangan negatif terhadap brand dan jenis produk tersebut, teng kyu ...
Post Reply