Minta saran NexStar atau Frontier

Diskusi pesawat rc tenaga engine
User avatar
pampie
Airman
Airman
Posts: 34
Joined: 30 Nov 2007, 17:47
Location: Karawaci, Tangerang
Contact:

Minta saran NexStar atau Frontier

Post by pampie »

Rekan-rekan, saya berminat untuk pesawat trainer buat yang benar-benar pemula. Sudah coba search2 di internet sama di toko hobby ada 2 kandidat: Hobbico Nexstar sama frontier. Apakah ada yang pernah menerbangkan kedua pesawat ini? Engine berapa yang direcommend?

Thanks bantuannya
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

He he he. Lagi bingung milih.
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

@pampie, saya dua2nya udah nyobain dan dua2nya "forgiving" tapi "hantu stall spin" masih sangat nyata bisa dirasakan untuk memacu adrenalin, tapi hal ini perlu dipelajari dan dirasakan loh jangan dihindari karena ini bagian seni dari aeromodelling hobby
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

@pampie, saya dua2nya udah nyobain dan dua2nya "forgiving" tapi "hantu stall spin" masih sangat nyata bisa dirasakan untuk memacu adrenalin, tapi hal ini perlu dipelajari dan dirasakan loh jangan dihindari karena ini bagian seni dari aeromodelling hobby. Saya sendiri sudah merasakan sendiri efek dari stall spin dengan pulang membawa pesawat cukup membawa kantung plastik item ....... Tapi trus jangan mundur loh pak, karena ini part of the games dan jangan ikut2 nekad seperti saya loh ......... Selamat mencoba
User avatar
ardian
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 81
Joined: 29 Mar 2008, 10:18
Location: Cibinong now
Contact:

Post by ardian »

kalo menurut saya frontier lebih bagus buat trainer enggine om pempie, sory OOT
soalnya di club ada yang make frontier dan terbangnya anteng tapi ngebut bisa juga

Image
User avatar
pampie
Airman
Airman
Posts: 34
Joined: 30 Nov 2007, 17:47
Location: Karawaci, Tangerang
Contact:

Post by pampie »

Wah cepet banget replynya :), frontier menggoda sih karena ada yg jual paketan 1.47 jt saja udah pake engine, tapi OS 40LA, padahal katanya kalau mau invest di engine mending di .46 atau .50 sekalian :(

Nexstar banyak yg bilang bagus karena udah ada opsi antistall sama udah ready buat flapperon, cuman emang harganya dengan duit yang sama baru dapet kitnya doank :(

Untuk engine sepertinya saya mau stik saja ke OS .46 AX, ada saran yang lain? (misal JBA engine atau yg lainnya).
User avatar
ardian
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 81
Joined: 29 Mar 2008, 10:18
Location: Cibinong now
Contact:

Post by ardian »

kalo yang pic saya kirim itu pake enggine 46 om pempie...
cuman kalo saya perhatikan waktu landing selalu loncat itu frontier...ga tau pilotnya? padahal pilotnya dah mahir loh....
atau mungkin roda yang terlalu empuk ya ?? ? ? ?
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

ardian wrote:kalo yang pic saya kirim itu pake enggine 46 om pempie...
cuman kalo saya perhatikan waktu landing selalu loncat itu frontier...ga tau pilotnya? padahal pilotnya dah mahir loh....
atau mungkin roda yang terlalu empuk ya ?? ? ? ?


Nah itulah ciri2 dari trainer, glide nya enak sangat membantu untuk belajar approach landing tapi ya begitulah karakteristiknya (terkait bentuk airfoilnya, ini juga kalo enggak salah loh, tolong koreksi ya para suhu) sedikit aja ada daya lift ngangkat deh jadi emang perlu usaha lebih dikit untuk membuat si trainer enggak loncat kaya kodok waktu landingnya yang sampai saat ini saya kalo pakai trainer landingnya masih ada gaya kodoknya apalagi kalo landasannya beton atau aspal trus head windnya relatif lumayan, kalo dirumput lumayanlah ngeredamnya, yang udah2 agar supaya tidak bouncing waktu touch down diusahakan ke tiga roda menapak bareng baru deh dia nurut dengan catatan landingnya alus kalo kekencengan ya akan bouncing lebih dikarenakan rodanya sendiri yg kurang bisa meredam impaknya, nah makanya ada yg dari salah satu produsen roda ......... :-$ :-$ :-$ ada yg mengiklankan produknya bisa meredam efek bouncing tadi tapi tentunya ada catatannya tentang bagaimana landingnya ........... #-o #-o #-o

nah begitulah kira2 apa yang saya alami dan terus saya coba tekuni, mohon pengarahan lebih lanjut dari para suhu .......... :bow: :bow: :bow:
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Post by toto »

pampie wrote:Wah cepet banget replynya :), frontier menggoda sih karena ada yg jual paketan 1.47 jt saja udah pake engine, tapi OS 40LA, padahal katanya kalau mau invest di engine mending di .46 atau .50 sekalian :(

Nexstar banyak yg bilang bagus karena udah ada opsi antistall sama udah ready buat flapperon, cuman emang harganya dengan duit yang sama baru dapet kitnya doank :(

Untuk engine sepertinya saya mau stik saja ke OS .46 AX, ada saran yang lain? (misal JBA engine atau yg lainnya).


sekedar tuker pengalaman, kalo frontier dipasangin OS .46 bisa2 aja tapi kalo untuk mulai belajar kayanya entar jadi repot deh karena selain harus belajar mengendalikan posisi pesawat juga secara bersamaan harus mengendalikan throttlenya harus lebih sensitif, ini pengalaman pakai Calmato di pasang OS .46 throttlenya jadi sangat sensitif padahal sudah pakai prop pitch kecil (4) dibuka dikit ngacir dia jadi saya imbangin throttle managementnya pakai trim dibandingkan menggerakkan sticknya untuk ngakalin kesensitifitasannya tadi, kemudian saya ganti pakai OS 40LA baru deh rasanya normal artinya gerakan throttle berkisar antara 30%~60% waktu cruising dan waktu landing bermain antara 0%~ 20%, rentang gerakan throttle relatif sangat pendek jadi itu jempol bener2 musti lemes dan kalo untuk yg baru memulai entar jadi kaget2an. waktu itu pernah dicoba dengan diameternya dikecilkan bisa sih tapi sayang sama enginenya yg jadi agak melengking suaranya karena bebannya kekecilan.

kalo mo invest engine sangat tergantung selera, ada uang pasti ada barang ........ he he he ....... =P~ =P~ =P~ , produk OS pasti mulus dari kehalusan cor2annya, saya sendiri pakai juga JBA dan Magnum tapi soal ke kinclongannya ya jangan dibandingkan lah pak, kemulusan atas hasil yang akan didapatkan kembali pada kuncinya pada saat break in dimana masing-2 punya prosedure nya masing2 juga nanti selepas break in waktu digunakannya (misalnya engine dengan tipe ABC dan Ring pasti akan berbeda begitu juga antara tipe 2c dan 4c)

Semoga bermanfaat info ini pak dan para suhu mohon koreksi dan sarannya untuk terkait dengan tulisan saya di atas, terima kasih pak :bow: :bow: :bow:
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

mungkin TWM Sky Raider Trainer bisa jadi pertimbangan juga om, sy pernah pake ini pesawat, ga pake karet untuk ngikat sayapnya, dan sayap semi symetrical, ngebut bisa, pelan bisa, bahkan kemaren pake engine 52 bisa hover :p
Post Reply