Beda antara F3J lokal dan import.
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 517
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Beda antara F3J lokal dan import.
Menghadapi event PON Juli 2008 yang akan datang kebetulan saya di daulat untuk ikut serta di F3J, untuk ini maka hanya dalam waktu kurang dari satu bulan hari H kami harus kasak kusuk mencari informasi dimana bisa didapatkan Glider F3J. Setelah berburu di dunia maya maka pilihan jatuh pada Glider F3J OPTIMAE 2500 buatan Bandung, setelah kiriman sampai dan dicermati maka kesimpulanya pesawat ini buatanya kasar sekali, waktu order saya meminta sayapnya diperkuat dengan Carbon Fibre ternyata setelah sampai sayap tersebut masih standard sehingga terlalu riskan dan jelas kalau landingnya hard malah bisa patah, pesawat ini siap terbang beratnya 1,7Kg dan sampai hari ini belum dicoba terbang. Karena kurang puas dengan bikinan lokal yang masih meragukan performanya maka kami langsung menghubungi knv-online untuk pesan Glider import bikinan Eropah Timur dan mendapat konfirmasi pesawatnya ada dan kalau mau cepat ongkos kirimnya dua kali lipat dan hanya perlu waktu empat hari saja pesawat sudah sampai. Kamis 19 Juni 2008 pesawat telah sampai dan lansung dirakit, gila bener ini pesawat, dengan bentang sayap 2,5Mtr Fuselage 1,15Mtr beratnya hanya 0,65Kg saja, amat sangat ringan sekali, sayap sudah diperkuat dengan Carbo Fibre, buatanya halus sekali dan sangat presisi, maklum kualitas Export. Hari Minggu besok kedua pesawat lokal dan impor akan kami test flight dan perkembanganya nanti akan saya ceritakan di forum ini. To be continued.
- Abi Ghiffa
- Senior Master Sergeant
- Posts: 646
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
- arif
- Staff Sergeant
- Posts: 235
- Joined: 16 Jan 2008, 10:32
- Location: Bandung - Palembang (Dinas baru..)
- Contact:
- eidri
- Senior Master Sergeant
- Posts: 582
- Joined: 16 Apr 2007, 21:32
- Location: Starhill
- Contact:
- Dedy
- Airman
- Posts: 36
- Joined: 24 Apr 2007, 12:48
- Location: Manado
Re: Beda antara F3J lokal dan import.
sudja'i sarmo wrote:Menghadapi event PON Juli 2008 yang akan datang kebetulan saya di daulat untuk ikut serta di F3J, untuk ini maka hanya dalam waktu kurang dari satu bulan hari H kami harus kasak kusuk mencari informasi dimana bisa didapatkan Glider F3J. Setelah berburu di dunia maya maka pilihan jatuh pada Glider F3J OPTIMAE 2500 buatan Bandung, setelah kiriman sampai dan dicermati maka kesimpulanya pesawat ini buatanya kasar sekali, waktu order saya meminta sayapnya diperkuat dengan Carbon Fibre ternyata setelah sampai sayap tersebut masih standard sehingga terlalu riskan dan jelas kalau landingnya hard malah bisa patah, pesawat ini siap terbang beratnya 1,7Kg dan sampai hari ini belum dicoba terbang. Karena kurang puas dengan bikinan lokal yang masih meragukan performanya maka kami langsung menghubungi knv-online untuk pesan Glider import bikinan Eropah Timur dan mendapat konfirmasi pesawatnya ada dan kalau mau cepat ongkos kirimnya dua kali lipat dan hanya perlu waktu empat hari saja pesawat sudah sampai. Kamis 19 Juni 2008 pesawat telah sampai dan lansung dirakit, gila bener ini pesawat, dengan bentang sayap 2,5Mtr Fuselage 1,15Mtr beratnya hanya 0,65Kg saja, amat sangat ringan sekali, sayap sudah diperkuat dengan Carbo Fibre, buatanya halus sekali dan sangat presisi, maklum kualitas Export. Hari Minggu besok kedua pesawat lokal dan impor akan kami test flight dan perkembanganya nanti akan saya ceritakan di forum ini. To be continued.
Pak Jai.. apa glider lokal itu warna putih fuselage biru sayapnya? di lanud SRI ada juga kalau memang sama.. kemarin abis saya repair.. apa ditarik pake tali dulu yah terbangnya?
- Abi Ghiffa
- Senior Master Sergeant
- Posts: 646
- Joined: 19 Jan 2007, 13:30
- Location: Jakarta - Lombok
- Contact:
- dion
- Senior Airman
- Posts: 188
- Joined: 10 Oct 2007, 20:30
- Location: Jogja
- Contact:
Re: Beda antara F3J lokal dan import.
sudja'i sarmo wrote: Kamis 19 Juni 2008 pesawat telah sampai dan lansung dirakit, gila bener ini pesawat, dengan bentang sayap 2,5Mtr Fuselage 1,15Mtr beratnya hanya 0,65Kg saja, amat sangat ringan sekali, sayap sudah diperkuat dengan Carbo Fibre, buatanya halus sekali dan sangat presisi, maklum kualitas Export. Hari Minggu besok kedua pesawat lokal dan impor akan kami test flight dan perkembanganya nanti akan saya ceritakan di forum ini. To be continued.
Keren Banget tuh pesawat Pak dhe


- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
arif wrote:mantap pak jai ...
ditunggu reviewnya ...
itu peswat Optimae buatan lokal, beli dimana pak dibandung ? krn setau saya dibandung Optimae itu adanya di pak budi atmoko ..
Ha ha ha..yang pasti ya tempat yg dimaksud pakde Dja'i ya sama dg yg disebut oleh pak Arif..lah emang cuman disitu kok yg jual he hehehehe.................
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 517
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Amat disayangkan pesawat Glider import JK.Thermic 2,5M produk art hobby ( www.arthobby.com ) sayapnya harus disambung permanen dan tidak bisa dipotong dua sehingga sekali lagi amat disayangkan tidak bisa dicoba terbang pada Minggu besok karena kalau tetap dipaksakan untuk dicoba nantinya akan kesulitan membawa pesawat tersebut ke Tarakan. Oleh sebab itulah kesimpulanya pesawat terpakasa akan test flight di Tarakan saja.
- sudjai sarmo
- Senior Master Sergeant
- Posts: 517
- Joined: 30 Jan 2007, 04:37
- Location: Banjarbaru.
- Contact:
Ini photo dari dua produk lokal dan import. Yang kuning aslinya Optimae saya ganti dengan Ultimate.
Yang import ramping sekali, servonya juga yang mini, disini saya pakai HS-65HB dua buah. Sedang yang lokal sevonya Futaba S3001 dua buah. Batterynya menggunakan battery NiMh 1000mA 4,8V bekas WD yang dibelah dua untuk dua pesawat.


Yang import ramping sekali, servonya juga yang mini, disini saya pakai HS-65HB dua buah. Sedang yang lokal sevonya Futaba S3001 dua buah. Batterynya menggunakan battery NiMh 1000mA 4,8V bekas WD yang dibelah dua untuk dua pesawat.
