Page 1 of 12

Seawind Foamy

Posted: 21 Jul 2008, 13:41
by Syafik
Karena masih penasaran dengan pesawat yang buat terbang dari landas pacu air... dikarenakan banyak area air dibanding lapangan tanah, akhirnya penasarannya dituangkan dalam model meniru pesawat "SEAWIND"... semoga tiruannya tidak mengecewakan deh...

Yang ditiru seperti inilah... Seawind EP
Image

Kesengsem juga armadanya orang2 medan
Image

Spek:
Wingspan: 37" (kira2 95cm dengan lebar sayap 22cm)
fuse: 30" (kira2 78cm)

fuse bawah/float dimodel seperti berahu/boat supaya lebih mudah dikendalikan di air dan mudah take-off

Target penyelesaiannya belum jelas karena menyesuaikan longgarnya waktu... apalagi sudah mendekati agustusan pasti rame di kampung buat persiapan karnaval...

Posted: 21 Jul 2008, 13:44
by iwan21
Saya pernah buat versi profilnya, gagal terbang cuman masalah up/down thrust aja dan jatuh patah tiga waktu test flight.
.
.
.

proyek langsung masuk kotak enggak diterusin hi hi hi hi hi h hi..

Posted: 21 Jul 2008, 13:50
by Syafik
Dari hasil oret2 dan potong2 foam... seperti inilah
Bentuk wing dengan airfoil satu sisi (atas)... dengan ditambah 2 float diujung2
Image

Tampak bawah fuse
Image

Tailnya... elevator dan rudder... direncanakan akan diperkuat dg 2lapisan polyfoam lagi
Image

Setengah jadi... progres selanjutnya membuat aileron, penempatan wing, pemasangan servo2, motor dan elektronik lainnya
Image

Body dan tail bentuknya seperti ini
Image

Kalo dipasang sayapnya kira2 seperti ini...
Image

Minta saran rekan2: dilapisi apa untuk float biar tetep ringan tapi tidak tembus air... dan berapa sudut down trust dan right trust motornya...

Ditunggu saran2nya...

Posted: 21 Jul 2008, 13:52
by Syafik
iwan21 wrote:Saya pernah buat versi profilnya, gagal terbang cuman masalah up/down thrust aja dan jatuh patah tiga waktu test flight.
.
.
.

proyek langsung masuk kotak enggak diterusin hi hi hi hi hi h hi..

Apakah karakter terbangnya memang sulit pak...??
saya berusahe membuat wing yang lebar dengan airfoil semoga terbangnya lebih enak...

Bagaimana dengan penentuan up/down thrust dan right/left thrust nya?

Posted: 21 Jul 2008, 13:54
by antonius bima
kalo om yang satu ini pasti rapi jali deh.....ayo terus om penasaran nih liat hasil akhirnya yang ciamik.......

Posted: 21 Jul 2008, 13:57
by iwan21
up/down thrust baiknya jangan mati dulu agar bisa dicari2 yg pasnya, karena motor ada di atas body maka up thrust mesti coba2 berapa pasnya.
Sulitnya ya karena bodynya pendek, jadi lebih baik main di aileron aja buat belok (setau saya ya, mungkin aja salah)
Rudder dipake saat bergerak di air aja ( utk water ruddernya)

Posted: 21 Jul 2008, 14:47
by Syafik
Kalau lihat penempatan motor di pswt seawind EP pabrikan memang terlihat posisi motor miring kanan dan bawah dikit... jadi kesimpulannya tetep ada hanya belum tau seberapa miringnya...

Kalau melihat apakah kurang right/down thrust nya gimana carinya pak, seperti apa gejalanya

Posted: 21 Jul 2008, 14:48
by Syafik
antonius bima wrote:kalo om yang satu ini pasti rapi jali deh.....ayo terus om penasaran nih liat hasil akhirnya yang ciamik.......

akan diusahakan pak, semoga tercapai... tapi mungkin agak lama nih terimakasih dukungannya

Posted: 21 Jul 2008, 14:51
by iwan21
Syafik wrote:Kalau lihat penempatan motor di pswt seawind EP pabrikan memang terlihat posisi motor miring kanan dan bawah dikit... jadi kesimpulannya tetep ada hanya belum tau seberapa miringnya...

Kalau melihat apakah kurang right/down thrust nya gimana carinya pak, seperti apa gejalanya


Kalo up/down gini gejalanya

1. kurang up thrust, itu pesawat susah ninggalin air, atau kalo hand launch langsung nyungsep kayak nose heavy.
2. kourang down, gejala kayak tail heavy, maunya ndangak terus , bahkan bis aloop kebelakang.

kalo kurang side thrust itu maunya melenceng ke satu sisi terus/roll ke kiri terus

Posted: 21 Jul 2008, 15:04
by Syafik
oo gitu ya pak...
kalo lihat plannya hydroplane malah dianjurkan up thrust sekitar 2 derajat, salah satu alasannya karena posisi elevator sejajar motor, apakah seawind perlu up atau malah down thrust... apakah bener alasannya demikian... bingung juga ya #-o