Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada helicopter kita

Khusus untuk membahas dasar2 heli rc

Moderators: Budiman, e12ry, Yudha

Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada helicopter kita

Post by Budiman »

Dear All,

Setelah dalam sekian kurun waktu,ada beberapa hal yg saya temukan utk selalu di cek dan ditangani setelah jam terbang heli mulai meningkat..
diantaranya adalah :

BELT drive
Untuk heli yg menggunakan belt drive system...perlu diperhatikan bentuk fisik dr belt....apakah sudah mulai timbul serabut2nya?...kalo iya,saya sarankan utk segera diganti saja...dr pada putus di udara...bisa berabe kitanya..hehhee... #-o
Lalu selalu memperhatikan kekencangan dr belt...jika idle mode lebi sering dipergunakan selama terbang,maka perlu kiranya utk di cek...soalnya kalo belt kendor...heli kita hentak ..wah tailnya muter kemana-mana...menimbulkan situasi chaos yg sangat mendebarkan..hehehe... ](*,) #-o

Slidder pada shaft tail rotor
Sebelum setiap kali terbang...mekanisme pada kontrol tail rotor juga mesti dicheck...biasanya yang saya jumpai ada debu atopun kotoran yg menghambat kerja slidder utk menggerakkan pitch pada tail blade..ceritanya neh,saya sendiri yg sering mengalami...servo rudder sudah setengah mati kerjanya sampe linkage rod binding(bengkok)..eee...tail blade masi diam tak bergeming...usut punya usut...ada debunya pada tail shaft...hehehhe..untung ketauan sebelum terbang [-o< ..makanya yang namanya Pre flight check adalah penting sekali..

Dean connector
Nah..saya perna neh..heli tiba2 terjun bebas dr udara...padahal take off nya mulus...weladalah #-o ...dean connector di battery ada yg copot solderannya... gondok sekali saya waktu itu... ](*,) ..tapi udah terlanjur...jadi ya menjadi pelajaran buat saya utk next timenya..
Jika kita sering melakukan sistem cabut pasang utk ESC ke Batterydgn menggunakan dean connector...maka..tidak ada salahnya utk memperhatikan bagaimana kondisi solderan pada masing2 dean connector...
Biasanya yg sering saya jumpai..saking seringnya cabut/pasang..ato dlm bahasa Jawa adalah plug/unplug..hehehe..biasanya ujung kabel setelah solderan akan mulai muncul serabut2 kawatnya..hati2...heatsrink yg menutupi ujung kabel sering menipu kita...krn selalu terbungkus oleh heatsrink...maka ujung kabel tidak nampak secara nyata oleh kita... jadi perlu kita waspadai bahaya laten yg satu ini..hehehehehehe =P~

Battery
Battery Li-Po pada heli dalam hal ini yg kita perhatikan...keseimbangan tiap cell dr Li-Po,lambat laun akan menurun...oleh karenanya perlu jg utk mengadakan pengecheckan tiap cell dr battery....lalu ballancer adalah wajib digunakan setiap kali re-charging...hehehe.. =P~
Hal selanjutnya adalah cara peletakan battery di dalam heli...perlu dipikirkan bilamana terjadi crash,battery tetap aman...pelindung tambahan boleh diaplikasikan..sehingga bila terjadi crash, battery tetap aman dr segala impact..karena jika battery sampe penyok..alamat salah satu ato salah dua cell telah cacat...dan waktunya utk membeli battery baru lagi...duit lagi dee...ampoonnn...hehehehe #-o

demikian beberapa point yg saya ingat..mungkin ada tambahan ..silahkan..

salam,
Budi
User avatar
dion
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 188
Joined: 10 Oct 2007, 20:30
Location: Jogja
Contact:

Post by dion »

Wah Tips Sangat Bermanfaat :)
Thanks For Sharing.

Saya cuman sharing hati2 kalo pake blade yang sudah tidak fit / sudah pernah crash. saya mengalami dua kali pecah saat hover dah terlempar keras. untung tidak mengenai orang. Yang pertama Blade Carbon fiber bawaan Belt CP, Belt ini sama sekali tidak pernag crash atau bermasalah tapi tiba2 pecah sendiri. ditengarai sudah retak dari sononya atau cacat.
Yang Kedua Blade Kayu, yang ini blade sudah pernah crash jadi ada sedikit cacat. mungkin karena bahan kayunya kurang bagus blade tiba2 lepas diiringi suara kerang kek petasan :(. Maksuud hati mau ngirit... tapi apa daya korbannya lebih buanyak :D. so be careful dengan blade yang tidak sehat :)
User avatar
Yudha
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 563
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Post by Yudha »

Tambahan

-Cek ball link dan linkage sebelum terbang terutama buat heli 50 yang selalu yang selalu fly hard
-Ada belt aftermarket heli 450 yang tidak berserabut dan keliatan masih OK jika diliat fisik nya (hanya meneluarkan serbuk2 karet hitam), sudah dua kali saya mengalami belt tersebut putus di udara, sampe sekarang masih bingung gimana ngetahuinya kalo belt itu udah mau putus :-k
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

@dion,
Terimakasih Om atas warningnya tentang blade...memang benar,kalo blade mengalami cracked ato retak..sekecil apapun..jangan dilanjutkan pemakaiannya...karena head speed heli kelas 450..rata2 diatas 3000 rpm...

@Yudha
Hoi Bro..kemana aja..ga ada kabarnya?..hehhehe...masalah belt ini memang masi berupa unsolved mystery...juga buat saya pribadi...mungkin cara untuk mengetahui life time suatu belt..ini masi mungkin lho ya...dengan menghitung sudah berapa kali kita terbang dgn menggunakan belt yg sama..terutama bila kita sering terbang dgn idle mode style..bisa jadi harus lebi sering utk mengadakan cek dan bahkan penggantian belt..

salam,

Budi
User avatar
rpramusinto
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 125
Joined: 26 Jan 2007, 00:48
Location: Bekasi
Contact:

Post by rpramusinto »

Tambahan dikit mas budi... khusus heli 450, kalo beli belt jgn yg orisinil... aneh memang tp kenyataanya yg aftermarket jauh lebih mantab ketimbang ALIGN punya...

untuk pre-flight check, selain HELI ada baiknya kita juga pre-flight check terhadap radio, mulai dari MODEL select, sampai posisi switch2 nya...
salam... O:)
User avatar
setyo antarikso
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 136
Joined: 01 Apr 2008, 12:33
Location: Jakarta Timur
Contact:

Post by setyo antarikso »

salam kenal semua..

pengalaman saya pake belt trex 450 ganti yang buatan jepang sampai 1,5 tahun belum pernah putus atau molor. Kalo diliat material yg bawaan align itu bisa molor, jadi pas mabur tau2 putus tanpa mngerluarkan serabut dulu. Itu yang saya analisa mungkin teman2 ada pengalaman yang lain thd belt trex 450.

selain itu harga belt jepang cuma 30rb..belinya juga di glodok
nama tokonya Dati beltindo, cuma itu yang jual belt spt trex.

gitu aja sharingnya, mungkin bisa dikoreksi lagi
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

setyo antarikso wrote:salam kenal semua..

pengalaman saya pake belt trex 450 ganti yang buatan jepang sampai 1,5 tahun belum pernah putus atau molor. Kalo diliat material yg bawaan align itu bisa molor, jadi pas mabur tau2 putus tanpa mngerluarkan serabut dulu. Itu yang saya analisa mungkin teman2 ada pengalaman yang lain thd belt trex 450.

selain itu harga belt jepang cuma 30rb..belinya juga di glodok
nama tokonya Dati beltindo, cuma itu yang jual belt spt trex.

gitu aja sharingnya, mungkin bisa dikoreksi lagi

Informasi sangat berharga sekali... apakah ukuran belt sama ya... atau gigi2 dari belt itu sama?
Kalau memang terbukti bagus boleh juga untuk dikulak biar punya stok banyak belt heli 450
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

Good..good....tips yg sangat bermanfaat untuk belt t-rex 450...jika ada yg punya tips utk heli selain t-rex 450....saya persilahkan juga... =D>

salam,

Budi
User avatar
Yudha
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 563
Joined: 01 May 2007, 15:20
Location: Medan
Contact:

Post by Yudha »

@Budiman
Ngga kemana-mana bro.......disini aja :)
@setyo antarikso
Wahhh harus dicoba tuh belt nya.......itu yang di glodok toko apa yang jual om ??

Kalau dari yang pernah saya pakai di heli 450 belt nya align memang gampang berserabut tapi ngga pernah putus pas terbang paling macet putarannya sehingga harus diganti, nah belt aftermarket yang saya pake sekarang ini ngga ada serabutnya dan masih keliatan bagus tapi sudah dua kali putus sewaktu iddle, setelah saya perhatiin di lapisan dalam beltnya cuma dilapisi 3 helai kawat seperti kawat tembaga tipis
User avatar
Ravenchan
Gaero Public Relation
Gaero Public Relation
Posts: 730
Joined: 31 May 2007, 11:07
Location: M-E-D-A-N
Contact:

Post by Ravenchan »

sekedar share mungkin untuk pengganti tailboom bisa digunakan joran pancing karbon. Sangat kuat namun perlu sedikit aplikasi pemasangan karena joran yang berlainan diameter ujungnya. Namun masih bisa diakali. Sudah pernah dipasang pada heli walkera 60B dan juga Blackhawk engine. Walkera sejak memakai joran pancing ini hingga sekarang tidak pernah ganti tailboom lagi walaupun beberapa kali crash.
Just sharing..
Post Reply