Setelah dalam sekian kurun waktu,ada beberapa hal yg saya temukan utk selalu di cek dan ditangani setelah jam terbang heli mulai meningkat..
diantaranya adalah :
BELT drive
Untuk heli yg menggunakan belt drive system...perlu diperhatikan bentuk fisik dr belt....apakah sudah mulai timbul serabut2nya?...kalo iya,saya sarankan utk segera diganti saja...dr pada putus di udara...bisa berabe kitanya..hehhee...

Lalu selalu memperhatikan kekencangan dr belt...jika idle mode lebi sering dipergunakan selama terbang,maka perlu kiranya utk di cek...soalnya kalo belt kendor...heli kita hentak ..wah tailnya muter kemana-mana...menimbulkan situasi chaos yg sangat mendebarkan..hehehe...
](./images/smilies/eusa_wall.gif)

Slidder pada shaft tail rotor
Sebelum setiap kali terbang...mekanisme pada kontrol tail rotor juga mesti dicheck...biasanya yang saya jumpai ada debu atopun kotoran yg menghambat kerja slidder utk menggerakkan pitch pada tail blade..ceritanya neh,saya sendiri yg sering mengalami...servo rudder sudah setengah mati kerjanya sampe linkage rod binding(bengkok)..eee...tail blade masi diam tak bergeming...usut punya usut...ada debunya pada tail shaft...hehehhe..untung ketauan sebelum terbang

Dean connector
Nah..saya perna neh..heli tiba2 terjun bebas dr udara...padahal take off nya mulus...weladalah

](./images/smilies/eusa_wall.gif)
Jika kita sering melakukan sistem cabut pasang utk ESC ke Batterydgn menggunakan dean connector...maka..tidak ada salahnya utk memperhatikan bagaimana kondisi solderan pada masing2 dean connector...
Biasanya yg sering saya jumpai..saking seringnya cabut/pasang..ato dlm bahasa Jawa adalah plug/unplug..hehehe..biasanya ujung kabel setelah solderan akan mulai muncul serabut2 kawatnya..hati2...heatsrink yg menutupi ujung kabel sering menipu kita...krn selalu terbungkus oleh heatsrink...maka ujung kabel tidak nampak secara nyata oleh kita... jadi perlu kita waspadai bahaya laten yg satu ini..hehehehehehe

Battery
Battery Li-Po pada heli dalam hal ini yg kita perhatikan...keseimbangan tiap cell dr Li-Po,lambat laun akan menurun...oleh karenanya perlu jg utk mengadakan pengecheckan tiap cell dr battery....lalu ballancer adalah wajib digunakan setiap kali re-charging...hehehe..

Hal selanjutnya adalah cara peletakan battery di dalam heli...perlu dipikirkan bilamana terjadi crash,battery tetap aman...pelindung tambahan boleh diaplikasikan..sehingga bila terjadi crash, battery tetap aman dr segala impact..karena jika battery sampe penyok..alamat salah satu ato salah dua cell telah cacat...dan waktunya utk membeli battery baru lagi...duit lagi dee...ampoonnn...hehehehe

demikian beberapa point yg saya ingat..mungkin ada tambahan ..silahkan..
salam,
Budi