MAU TANYA FUNGSI SAYAP DIHEDRAL DAN UNHEDRAL ITU APA?????

Teori dan pembahasan aerodinamika

Moderator: NGL

User avatar
nopi budi prasetyo
Posts: 9
Joined: 25 Aug 2008, 19:44
Location: Jakarta
Contact:

MAU TANYA FUNGSI SAYAP DIHEDRAL DAN UNHEDRAL ITU APA?????

Post by nopi budi prasetyo »

Para aeromodelller saya mau tanya, fungsi sayap dihedral dan unhedral itu apa????? Mohon penjelasanya ya..... =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D>
User avatar
yagus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1160
Joined: 21 Apr 2008, 15:29
Location: concat jogja
Contact:

Re: MAU TANYA FUNGSI SAYAP DIHEDRAL DAN UNHEDRAL ITU APA????

Post by yagus »

[quote="nopi budi prasetyo"]Para aeromodelller saya mau tanya, fungsi sayap dihedral dan unhedral itu apa????? Mohon penjelasanya ya..... =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D> =D>[/quote]
mas coba buka http://gaero.info/forum/viewtopic.php?t=61 mungkin ini bisa membantu
User avatar
haacer07
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 214
Joined: 01 Dec 2007, 18:37
Location: jogjakarta
Contact:

Post by haacer07 »

tuh nop dah dibantu om yagus...! kurang nya apa, tanyakan aja lagi
User avatar
Adrian
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 75
Joined: 16 Sep 2007, 04:59
Location: yogyakarta
Contact:

Post by Adrian »

Iya, dah di kasi tahu om Yagus tuh.....
Gampanganya, kalo dehideral itu, kalo pesawat miring nanti mbalik lurus sendiri, jadi stabil. Semakin besar sudut dehideral semakin stabil pesawatnya....
User avatar
nopi budi prasetyo
Posts: 9
Joined: 25 Aug 2008, 19:44
Location: Jakarta
Contact:

Post by nopi budi prasetyo »

Lah kalo Unhedral fungsinya apa??????
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Post by Syafik »

bisa langsung aja ditanyakan di thread yang sudah diulas biar tidak kebanyakan thread sama topiknya...

Moggo
User avatar
NGL
Airman
Airman
Posts: 25
Joined: 23 Jan 2007, 13:30
Location: Cimahi

Post by NGL »

nopi budi prasetyo wrote:Lah kalo Unhedral fungsinya apa??????


Tentu saja kebalikkannya dihedral.
Kalau dihedral supaya stabil, unhedral supaya kurang/tidak stabil. Tujuannya supaya manuvernya jadi lincah.
Biasanya diterapkan dipesawat tempur.

Salam,
NGL
User avatar
Charles
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 704
Joined: 30 Jul 2007, 16:56
Location: Surabaya

Post by Charles »

NGL wrote:
nopi budi prasetyo wrote:Lah kalo Unhedral fungsinya apa??????


Tentu saja kebalikkannya dihedral.
Kalau dihedral supaya stabil, unhedral supaya kurang/tidak stabil. Tujuannya supaya manuvernya jadi lincah.
Biasanya diterapkan dipesawat tempur.

Salam,
NGL

Kaya'nya kurang tepat om. Coba perhatikan yang ini
Image
Image
Ini pesawat cargo yang juga butuh stabilitas yang tinggi dan bukan untuk bermanuver, tetapi menggunakan sayap unhedral. Tapi saya sendiri kurang mengerti fungsi sayap unhedral ini. Mungkin perlu eksperimen dengan sayap model ini di pesawat homemade kita.
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Post by AgoesAurelz »

itulah uniknya aeromodelling....

Belum lagi model saya seperti ini:
http://www.airliners.net/open.file/0957554/M/

itu dihederal unhederal or... opo maneh iku... aku juga ngga ngerti...
Dunia Aeromodelling dari lahirnya hingga kiamat nanti akan terus berkembang, dan bakal muncul bentuk-bentuk pesawat yg aneh-aneh..
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Charles wrote:Kaya'nya kurang tepat om. Coba perhatikan yang ini
Image


Pak Charles. Disini kasusnya berbeda.

Kita sering membahas meletakkan CG (titik berat) pesawat adalah sepanjang 25~30 MAC (Mean Aerodynamic Chord), yaitu 25~30 persen lebar sayap. Tapi kita jarang berbicara tentang tinggi titik berat dipesawat. Tinggi titik berat juga berpengaruh terhadap kestabilan pesawat. Semakin rendah ketinggian titik berat terhadap sayap, maka akan semakin stabil pesawatnya.

Kalau kita lihat pesawat diatas, titik berat pesawat sudah lebih rendah daripada sayapnya, karena sayap ada diatas badannya. Jadi pesawat sudah stabil. Mungkin kalau sayapnya dibuat dihedral, malah susah belok karena terlalalu stabil.

Design yang sama juga bisa kita lihat pada pesawat angkut raksasa C-17 Globemaster III.
Post Reply