dari dulu pengen terbangin cessna, hasil kolaborasi dengan partner hasilnya seperti ini
ws = 98 cm (ex WD)
fuse = 83 cm (gabus ditempel impraboard)
motor+esc = bm 2409-18 + bl esc 18 A
batt = lipo 3 cell
prop = 8x4E
Senin 19/3/07..maiden flight..
airborne...
pada setengah throtle pswt langsung naik dan cenderung tail heavy..(cg nya ga diukur cuman dikira2 ajah) solusinya diiketin 3 bh batt AA di bawah cowl.. pswt jadi normal...
di udara pesawat lincah sekali dan dengan mudah loop... besok pagi mo dicoba lagi setelah bobot disekitar tail dikurangin...
...nose mounted camera ????? ....ohhhh bandul biar nose heavy tooo ???? ,.... eh tapi bravo utk pswt yang pertama dan maiden dgn sukses..., dulu saya malah dah jauh jauh ke lapangan...eh txnya lupa diisi batt...
@ pak djai : yummy!
@ iwan21: smart solution nya pake btt AA hehehe...soalnya yg terlintas cuman itu..
td pagi saya coba terbangin lagi pake batt lipo 2 cell ex coco lama dan prop ex P51 Mustang TWM .. karena kemaren malem hujan lapangan gravelnya jadi agak 'nggrunjal' jadi terpaksa di hand launch.. hasilnya: pesawat terbangnya jadi lembut tapi masih agak tail heavy padahal 'nose mounted camera' nya masih terpasang dan body sekitar tail sudah dikurangi.... dan pesawat malah cenderung belok kiri... kenapa yah..
barangkali suhu-suhu bisa kasih solusi? Kalo di liat dari atas posisi motor agak mring ke kanan.. apa ada pengaruhnya yah? maaf banyak tanyak neeh..
@ windrider: mauu dong ommm stikernya... ntar tak tempel di mobil biar orang banyuwangi pada pengen terbang! ongkos kirim tak ganti dew.. hehehe
@ NF : tengkiu pak.. ini radio nya juga ex wd semua