Focus 400 EP, Low wing / sport trainer Elektrik

Diskusi pesawat rc elektrik
Post Reply
User avatar
hadi
Airman
Airman
Posts: 43
Joined: 22 Jan 2007, 07:49
Location: Bogor,Balikpapan
Contact:

Focus 400 EP, Low wing / sport trainer Elektrik

Post by hadi »

Sebagai tanggapan dari posting pak antonius bima, berikut aku coba nulis review untuk Focus 400 EP.
Ini bukan promosi, tapi hanya dari perspektif pemakai Focus 400.

antonius bima wrote:Pak Hadi....udah ada yang pake focus? mau dong cerita karakter low wingnya....saya udah pake mustang....liar sekali ya.....kalo focus bagaimana pak? kalo ada reportnya asik juga pak.


Dari pengalaman ku dan beberapa teman, memang P-51 D mustang enak di lihat tapi ga enak di terbangin. Desain scale dari P-51 D ke R/C model membuat psw lebih labil, gampang tip stall (kalo banking musti keep hi-speed). Mungkin kalo P-51 yg tipe sport kayak Red Mustang beda kali ya.

Focus 400 EP ini juga lincah, absolutely not for beginners.
Psw ini jelas mencoba men-scale-down Fuji Aero Subaru:
Image

Awalnya, bentuk focus seperti gambar ini:
Image
Image

Trus aku modif pake lampu flashernya Art tech utk terbang senja,dan canopynya di pilox dari dalam.
Image

Kalo prop nya di ganti yang 3-blade dan spinner, bentuknya jadi lebih scale ,
Image
Image

Terbangnya enak, predictable, lumayan lincah.
Cuma karena take-off / landing nya di rumput yg cukup tinggi utk ukuran roda nya, maka lama2 rodanya pada lepas, trus lobang penyangga roda depan (steerable, bisa belok kiri-kanan) makin gede. hehe.
utk itu support landing gear depan aku modifikasi dengan menggunakan hard-plastic .

Karena sayap low wing dan simteris, maka psw ini lebih manueverable. Loop bisa lebar ( diameter loop gede) dan smooth, roll, inverted hanya dg sedikit down-elevator.

Servo yg digunakan sudah cukup bagus, tidak ada "play" nya jadi gerakan "control surfaces" nya bisa lebih presisi.

Motor brushless towerpro -nya cukup kuat dan lebih hemat , jadi bisa terbang sampai 12 menit dg management throttle yg baik.

Yang asik, ya saat landing, karena dia pake 3-roda (tri-cycle) ,jadi saat saat psw "flair" diatas "runway" dan kemudian 2 roda belakang menyentuh landasan, beru kemudian di ikuti oleh roda depannya..

Tips yg mungkin berguna, baik utk psw elektrik / engine:
Saat final approach, jangan cut throttle dan pasrah saat psw glide menuju runway. Tapi gunakan throttle untuk menjaga ketinggian dan slope (descent rate) psw, elevator utk "brake". Jadi psw dijaga deket2 dg stall - speed nya, dan rada "ndangak"( nose up ). Usahakan "flair" dulu sebelum kedua roda menyentuh landasan..
Juga usahakan menggunakan rudder utk mengarahkan psw saat final, penggunaan aileron saat landing bisa berbahaya apalagi kalo crosswind seperti yg sering terjadi di Airstrip BAC.

Maaf kalo review nya kurang lengkap, ngantuk nih.

Kalo pak antonius bima di Balikpapan, boleh tak pinjemin deh, hahha..

Hadi
antonius bima
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 174
Joined: 21 Feb 2007, 16:21
Location: Pondok Labu - Selatannya Jakarta

Post by antonius bima »

pak Hadi terima kasih banyak atas ulasannya......udah kebayang deh sekarang karakternya......lumayan juga buat nambah2 ilmu sebelum nerbangin low wing seperti focus ini..........makin naksir nih ama focus.......dapat ijin gak ya dari pangdam di rumah untuk beli? :-k :-k .....nanti pas saya dinas ke BPN saya mampir ya pak......sekali lagi terima kasih....
Post Reply