Wing Dragon Engine conversion by: AA - Lombok Flyer

Room khusus fans berat WD
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Wing Dragon Engine conversion by: AA - Lombok Flyer

Post by AgoesAurelz »

Conceptnya dirancang untuk "EASY ON & EASY OFF"... Spirit of Minimalis & Realistis tentunya! :D
Setelah melakukan riset dan melalui "trial and error" yg melelahkan... akhirnya muncul WD4 Engine from Lombok... \:D/
The One and Only*! hehe.. maksudnya... (Mungkin) satu-satunya modifikasi WD4 yg paling "minimalis dan realistis"... huehehe (wah Ge-er banget creatornya.. *Bleetaak!!.. Auchh!!) :lol: :lol: :bow: :bow:

It's The CLEAN-est modification! Sama sekali tidak merusak body/fuselage, No drill, No cutter/saw.. No messy glue, and ...No pangsit.... :D
Bila bosen dengan engine, maka tinggal dicopot dan dikembalikan ke "selera awal" (electric) dengan sangat mudah... :bow: :bow:

Sedikit bocorannya sbb:
Body: WD4
Engine: OS .15 LA (maaf dulu aku sempet anti dgn mesin ini, sekarang ngga lagi..)
Prop: APC 8x4 for engine
Gastank: 120cc
Servos: Esky
Regulator: GWS
Receiver/Remote Futaba 7CHP (full mixing with flaperon for better takeoff/landing)
lain-lain: Tali kolor.... (buat ngiket sayap...) :lol: :lol:
.... dan sebotol Rosemont Redwine for genuine inspiration 'n imaginations... :) :-$ :-$

Image

Image

Awalnya motor Brushless 2409 akan dipertahankan di bagian buntut pswt... tapi karena dirasa tampangnya jadi "terlalu ribet" (kurang minimalis) maka motor BL dicopot... :bow:

Image

...Pictures speaks clearly than words... rite? :) \:D/ \:D/

WD4 engine ini telah diuji coba di lapangan Rembiga... dan sukses... terbangnya makjooss... kuenceeeng..(yg jelas jauh lebih kenceng dari 2409-12 deh).... puaas banget... dan sangat ngirit BBM... dengan 120cc gas tank bisa terbang 10 menitan di posisi throttle 80% keatas... :D :D

Video terbang..belum diupload... videonya ada di salah satu rekan pilot Batuhijau-Sumbawa (pak Yoyok)
User avatar
kula
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: Wing Dragon Engine conversion by: AA - Lombok Flyer

Post by kula »

itu engine di mounting di triplek lalu tripleks nya diiket ke wing pake tali kolor ?..
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: Wing Dragon Engine conversion by: AA - Lombok Flyer

Post by didin »

Augustinus Aurelius wrote:Conceptnya dirancang untuk "EASY ON & EASY OFF"... Spirit of Minimalis & Realistis tentunya! :D


Image



Ini dia yang kutunggu-kutunggu :-({|= dari thread Sowan ke Rembiga....
Terima kasih banyak Om AA.....
Mau nanya Om....CofG berada diposisi mana jadinya Om....terima kasih atas penjelasannya.
Salam,
User avatar
Arrayan
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 70
Joined: 27 Aug 2008, 19:14
Location: Green Rock
Contact:

Re: Wing Dragon Engine conversion by: AA - Lombok Flyer

Post by Arrayan »

Augustinus Aurelius wrote:WD4 engine ini telah diuji coba di lapangan Rembiga... dan sukses... terbangnya makjooss... kuenceeeng..(yg jelas jauh lebih kenceng dari 2409-12 deh).... puaas banget... dan sangat ngirit BBM... dengan 120cc gas tank bisa terbang 10 menitan di posisi throttle 80% keatas... :D :D
Video terbang..belum diupload... videonya ada di salah satu rekan pilot Batuhijau-Sumbawa (pak Yoyok)

Lost contact with Yoyok gara2 long weekend habis nyontreng - kirain dia nyontreng di site,taunya Rabu udah kabur ke Lombok. Klip video kalo dah ditangan akan segera di-upload \:D/ \:D/
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Wing Dragon Engine conversion by: AA - Lombok Flyer

Post by AgoesAurelz »

@kula.. yupp, cuma triplek biasa dan diberi alas karton (supaya ngga terlalu panas kena ke foamnya), tripleks diberi isolasi doubletape 3M ke Plastic item bawaan WD... trus iket pake tali kolor... Posisi engine bikin downthrust dikit aja...
Supaya oli ngga ngecrot kemana-mana tambahin selang panjang spt yg di foto...
Gendangan/Cone didalam knalpot dicopot (utk penyesuaian tekanan balik dgn penambahan selang tsb)... suara & RPM tambah HOT!
and.. bla bla bla... just simple as it look... Simple, Ceanest... and of course... Minimalistic & Realistic... :bow: :bow:

@Didin... CG relatif tidak berubah om... \:D/
saya pake batt 7.2volt 850mah (relatif tingan/tidak ada adjuster buat berat batt segitu).. batt ditaruh didalam moncong pswt..
kalo anda pake batt lebih berat mungkin harus tambah pemberat sedikit di bagian tail pswt...
Mau lebih sipp dan aman? flaperon diaktifkan (fullspan flap) kira2 diadjust 35%... takeoff/landing jadi lebih pendek jaraknya, efeknya kerasa/hi-lift sekali.. kalo mesin tiba-tiba mati diatas tetap bisa nyantai...glidingnya mantaff abis om... :bow: :bow:

@Arrayan... waah ditunggu banged uploadnya!.. berhubung saya juga belum lihat hasil rec nya nih... thanks alot om Adien.. :) :D
User avatar
davit123
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 518
Joined: 13 Feb 2008, 09:33

Re: Wing Dragon Engine conversion by: AA - Lombok Flyer

Post by davit123 »

Augustinus Aurelius wrote:@kula.. yupp, cuma triplek biasa dan diberi alas karton (supaya ngga terlalu panas kena ke foamnya), tripleks diberi isolasi doubletape 3M ke Plastic item bawaan WD... trus iket pake tali kolor... Posisi engine bikin downthrust dikit aja...
Supaya oli ngga ngecrot kemana-mana tambahin selang panjang spt yg di foto...
Gendangan/Cone didalam knalpot dicopot (utk penyesuaian tekanan balik dgn penambahan selang tsb)... suara & RPM tambah HOT!
and.. bla bla bla... just simple as it look... Simple, Ceanest... and of course... Minimalistic & Realistic... :bow: :bow:

@Didin... CG relatif tidak berubah om... \:D/
saya pake batt 7.2volt 850mah (relatif tingan/tidak ada adjuster buat berat batt segitu).. batt ditaruh didalam moncong pswt..
kalo anda pake batt lebih berat mungkin harus tambah pemberat sedikit di bagian tail pswt...
Mau lebih sipp dan aman? flaperon diaktifkan (fullspan flap) kira2 diadjust 35%... takeoff/landing jadi lebih pendek jaraknya, efeknya kerasa/hi-lift sekali.. kalo mesin tiba-tiba mati diatas tetap bisa nyantai...glidingnya mantaff abis om... :bow: :bow:

@Arrayan... waah ditunggu banged uploadnya!.. berhubung saya juga belum lihat hasil rec nya nih... thanks alot om Adien.. :) :D


mantap om modifikasinya, mohon tolong di fotokan dudukan servo throtel, yg menarik tuas gas di engin nya, terima kasih ya om, salam
User avatar
davit123
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 518
Joined: 13 Feb 2008, 09:33

Re: Wing Dragon Engine conversion by: AA - Lombok Flyer

Post by davit123 »

oiya satu lagi om agus, apakah sayapnya perlu di beri spar penguat, atau asli saja sayap WD, sudah cukup kuat ?
User avatar
didin
Major
Major
Posts: 1792
Joined: 27 Aug 2008, 11:01
Location: Pekanbaru

Re: Wing Dragon Engine conversion by: AA - Lombok Flyer

Post by didin »

Mau nanya lagi om AA....berat total tanpa fuel berapa om?

Salam,
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Re: Wing Dragon Engine conversion by: AA - Lombok Flyer

Post by justinus »

Augustinus Aurelius wrote:
WD4 engine ini telah diuji coba di lapangan Rembiga... dan sukses... terbangnya makjooss... kuenceeeng..(yg jelas jauh lebih kenceng dari 2409-12 deh).... puaas banget... dan sangat ngirit BBM... dengan 120cc gas tank bisa terbang 10 menitan di posisi throttle 80% keatas... :D :D



Seharusnya WD ini akan semakin mudah terbang inverted. =D>
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Re: Wing Dragon Engine conversion by: AA - Lombok Flyer

Post by flytosky »

minimalis kaga realistis ini mah. ga kebayang kepala pilot nya bakal kesambet ma props. hahahaha....

ide nya gokil banget om AA. bener bener maknyuss...

kalau dibawa manuver gila gilaan, apa engine nya ga bakal copot ya?
Post Reply