Pswt Aerobatik 3d utk Pemula

Diskusi dan sharing teknik2 manuver aerobatik dan 3D

Moderator: su-31

Post Reply
User avatar
kresna
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 99
Joined: 17 Jan 2007, 19:49
Location: Bali, NTT, Papua, Sulawesi, Sumatra, Jawa ...
Contact:

Pswt Aerobatik 3d utk Pemula

Post by kresna »

Saya perhatikan digambarnya, aileron pswt Extra tidak selebar pswt 3d lainnya, apa betul? ..... apakah itu berarti pswt extra lebih nurut dari pswt 3d lainnya?
Tapi ada juga yg bilang kalau Extra itu bukan pswt 3d, tetapi masuk katagori scale aerobatik .......... bedanya apa antara 3d dg scale aerobatik?

Kalau untuk pemula seperti saya yg baru lulus WD .... pswt 3d jenis mana yg direkomendasikan?
User avatar
Ary
Master Sergeant
Master Sergeant
Posts: 499
Joined: 16 Feb 2007, 21:10
Location: Bali

Post by Ary »

Untuk pes extra yg scale tentunya aileronnya tdk selebar pes yg 3d ,krn aslinya sendiri extra pes aerobatik, namun byak juga pes model extra yg dibuat versi 3d nya dgn aileron yg sangat lebar tentunya. Masalah nurutnya, semuanya tergantung setting throw dr aileronnya tentunya,dua2nya bisa lembut seperti trainer ataupun liar skl..

Untuk yg scale aerobatik biasanya manuvernya mengacu pada aturan IMAC (pola terbang aerobatik untuk pes scale aerobatic model) jd kita bermanuver meniru secara scale pes aerobatic yg sesungguhnya jd sdh ada pola terbangnya/pattern nya dgn nama2 tertentu ,mis cuban eight ,stall turn dll, dan kita melakukannya sepresisi mungkin...

Untuk yg 3D Manuvernya basicnya adalah prop hanging/hover,berputar ditempat /torque roll,backward alias terbang mundur dan manuver2 extrem lainnya yg byak merupakan improvisasi dari sang pilot dan tentunya manuver2 ini hampir tdk akan bisa kita lihat didunia pes aerobatik yg real...

Dan tentunya dua2nya bisa dicoba pak dgn setting control yg low dl dan kemudian ditingkatkan sesuai peningkatan kemampuan kita...

BTW..rasanya baru kemarin pak Kresna terbang WD sekarang sdh bisa aerobatik...rupanya di Biak jam terbangnya panjang panjang ya.....
=D>
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Ary wrote:BTW..rasanya baru kemarin pak Kresna terbang WD sekarang sdh bisa aerobatik...rupanya di Biak jam terbangnya panjang panjang ya.....
=D>


Ha ha ha. Bank sekarang kan pake ATM. Jadi gak perlu buka kantor. #-o
User avatar
kresna
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 99
Joined: 17 Jan 2007, 19:49
Location: Bali, NTT, Papua, Sulawesi, Sumatra, Jawa ...
Contact:

Post by kresna »

justinus wrote:
Ary wrote:BTW..rasanya baru kemarin pak Kresna terbang WD sekarang sdh bisa aerobatik...rupanya di Biak jam terbangnya panjang panjang ya.....
=D>


Ha ha ha. Bank sekarang kan pake ATM. Jadi gak perlu buka kantor. #-o


he he he ....... malu jadinya, sering kabur sebelum jam pulang ... :-#
User avatar
nubli
Airman
Airman
Posts: 42
Joined: 13 Apr 2007, 20:17
Location: Alor Star, Malaysia
Contact:

Post by nubli »

wah pak kresna, tahniah kerana sudah bisa terbang WD... dan sekarang sudah mula berjinak2 dengan aerobatic dan 3D.

Saya selalu ingatkan beginner satu perkara penting.."pesawat jarang sekali crash sewaktu kita beginner, tetapi begitu kerap crash bila sudah maher/cekap/pandai" . nampaknya kenyataan saya ini betul sudah 20 tahun lebih. itu pengalaman saya sendiri dan beberapa teman..

kenapa crash bila pandai? = kerana pilot pasti ingin melakukan manouver yang belum pernah dicoba..(nampaknya suhu2/sifu2 melakukannya dengan mudah sekali) maka kita pun mau mencoba. bila dicoba, mahu terbangnya rendah dan dekat dan laju. pepatah melayu "sepandai tupai melompat pasti jatuh ketanah". nah, suatu hari yang bagus pesawat kita pasti mencium tanah, bila berlaku sedikit kesilapan saja pada controlnya. sebab itu bila sudah pandai , mudah sekali crash.

pokoknya, bila mau main 3D/aerobatic.. cari pesawat yang mudah direpair, lagi murah belanjanya, keran sebelum kita mahir, memang kerja kita 1. terbang,,,2. repair,,,3. terbang semula 4.. srepair semula.

bila sudah mahir, malah terbang dalam dewan jadi senang.. maka kita beli pesawat yang cantik2 dan mahal...

cuma pengalaman saya saja..70% of time correct.

kalau bapak kresna mau 3D, nah bina sendiri dari foam.. extra 300/3dx/ macam2 lagi.. plannya terdapat secara percuma diinternet..

happy flying
User avatar
Snowman
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 349
Joined: 18 Jan 2007, 07:37
Location: Indramayu - Palembang

Post by Snowman »

Setuju Pak Nubli,...
tampaknya anda sudah banyak makan asam garam di hobby ini,...

kapan sempat mampir ke Indonesia ? kita terbang bareng disini...
User avatar
nyonk
Grage Idol
Grage Idol
Posts: 374
Joined: 06 Mar 2007, 12:50
Location: indramayu

Post by nyonk »

Snowman wrote:Setuju Pak Nubli,...
tampaknya anda sudah banyak makan asam garam di hobby ini,...

kapan sempat mampir ke Indonesia ? kita terbang bareng disini...

bila sudah pandai. sebaiknya kita cakap terbang hari sabtu....
bila belum maher/cakap/pandai, jangan kita melakukan manouver yang berbahaya.....karena suatu hari yang bagus pesawat kita akan mencium tanah.........bila hendak mencoba manouver, jangan laju dekat dengan tanah..............sangat berbahaya sekali buat pesawat kita dan yang hedak menonton...................

betulkan pak nubli, awak sudah mengalami nya hari kemarin.........
jangan turut mencoba.
Post Reply