bagi2 pengalaman

Share cerita mengenai safety dalam aeromodelling .

Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer

User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

bagi2 pengalaman

Post by Budiman »

Alo semuanya,

Ini pengalaman yg paling mengerikan bagi saya dlm kegiatan heli elektrik..saya ceritakan agar kejadian ini tidak terjadi pada sodara2 sekalian..
Waktu itu saya baru punya Tx baru..Futaba 6EXHP... yg nota bene saya belum perna pegang sebelumnya...
Begitu sampe di rumah..saya pasang Rx di heli saya(waktu itu DF36)...
terus saya coba2 ne Tx baru...soalnya saya ga paham sm sekali dgn penjelasan dr tokonya...lalu saya pasang battery pd heli...maksudnya mau ngeliat fungsi2 Tx dan apa yg terjadi selanjutnya pd heli..posisi heli dan saya sama2 di lantai dgn jarak sekitar 30cm aja..throttle stick di bawah..
Berbekal manual book nya ...saya bolak-balik halamannya...makin puyeng...ga ngerti ...
Lalu iseng2 ngeliat fungsi Reverse pd radio...saya ga mudeng sm sekali.. kenapa channel sekian harus di reverse...trus yg laen ngga...apa ya???
Sampelah pada channel 3 (Throttle)...kondisinya Reverse...saya pikir kenapa ko begini ya?..trus saya ubah settingannya ke sebaliknya..
Kontan aja.. main blade langsung muter dgn pitch masi nol derajat..
kaget setengah mati...ditengah situasi panik saya mikir lagi..gimana cara matiin neh heli...sempat terpikir mau cabut battery helinya dr bawah ..
ini kebodohan saya...krn ragu2 tapi tangan masi maju aja.. tersambar de jari saya oleh main blade..robek...darah menetes ke manual book dan tx..
Akhirnya dengan berdarah-darah..saya berhasil matiin heli dengan cara masuk lagi ke menu Reverse di Tx...dan set ulang channel 3 tadi..
Setelah itu saya cm terduduk di lantai dan merenung aja....
Istri datang trus langsung ambil kunci kendaraan...dan membawa saya ke UGD...saya ga bisa ngomong apa2...cm meganging jari telunjuk saya yg robek ...
Demikian pengalaman dari saya...sejak saat itu..saya selalu aktifkan throttle hold kalo sedang utak-atik heli....semoga jangan terjadi pada temen2 yang laen... :bow:

salam,

budi
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Post by Wind Raider »

Terima kasih pak Budi sudah bersedia berbagi . Nah rekan2 pemula jangan sampai saking semangat , hal di atas terulang pada anda .
Rekan2 lain yang mempunyai pengalaman mengenai safety silakan sharing disini .
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

Wind Raider wrote:Terima kasih pak Budi sudah bersedia berbagi . Nah rekan2 pemula jangan sampai saking semangat , hal di atas terulang pada anda .
Rekan2 lain yang mempunyai pengalaman mengenai safety silakan sharing disini .


Iya,Pak..sekedar berbagi agar kebodohan saya ini jangan diulangi lagi oleh rekan2 sekalian..terutama para beginner ..
Ada beberapa hal yg perlu saya tambahkan :
- helikopter (electric/engine) is not a toy... this is the most dangerous R/C model
-jika ada hal2 yang meragukan dan belum tahu sebelumnya..jangan malu utk bertanya kepada para senior.
-khususnya pada helikopter,sebelum mengadakan cek pada servo..set throttle hold menu pd Tx kondisi throttle 0%(stick dibawah)...dan gunakan sebaik-baiknya...ato kalo masi ragu2 lagi...lepas semua kabel ESC yg menuju ke motor....sehingga kemungkinan main blade utk berputar tanpa sengaja,dapat diminimalisir..

salam,

budi
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

wah....berbahaya sekali ya. apa lukanya sangat dalam?

thanks untuk sharing. memang resiko 'mainan' kita ini lebih tinggi dibanding maenan jenis lain.

dan para senior, kiranya kita kita yang masih junior ini kalau bertanya tanya terus tentang hal yang sama yang belum dimengerti, mohon dimaklumi ya...toh nanti kalau udah pro, giliran kita kita 'senior-to-be' ini yang kelak akan menurunkan ilmunya juga kepada 'adik-adik'nya.
User avatar
fiha
Airman
Airman
Posts: 43
Joined: 30 Jan 2007, 10:23
Location: Indramayu

Post by fiha »

Memang Safety First pak pada mainan ini, apalagi helicopter sangat besar resikonya, kita harus biasakan menggunakan throttle hold dan untuk engine selalu aktifkan engine cut. Pengalaman saya... pernah terjadi pada saat akan hover heli maksudnya mau meluruskan blade, engine sudah keadaan hidup tiba-tiba remote jatuh ke tanah dan tidak dalam keadaan throttle hold dan throttle langsung full ...waduuuh, untungnya lagi blade sedang saya pegang dua-duanya jadinya heli sempat saya tahan dan kebetulan engine langsung mati. Selamatlah dengan jantung berdebar-debar, bagaimana tidak pak saya sempat menahan beberapa detik besarnya torsi gasoline engine heli, itulah orang timur masih ada untungnya pak..he..he..he..he.. semoga tidak terjadi lagi dan tidak terjadi kepada yang lainnya.
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

@ Pak flytoski
lumayan ,pak..jahitan 3...

@pak fiha
btul,pak..orang timur selalu mikir ada segi untung dr setiap musibah.. jujur aja..waktu sambil megangin jari yg robek...saya jg mikir.." untung bukan jempol yg kena,jadi masi bisa nerbangin heli lagi"... =P~

salam,

budi
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Cepet sembuh ya.
User avatar
flytosky
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 578
Joined: 14 Apr 2007, 17:02
Location: Nanga Pinoh
Contact:

Post by flytosky »

Ya, memang kita patut bersyukur terlahir sebagai orang timur yang selalu mencari hikmah dibalik musibah. bener banget, untung yang kena bukan jempol, kalo gak, ga bisa olah raga jempol lagi deh
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Post by Budiman »

justinus wrote:Cepet sembuh ya.


Alo Om,
saya udah sembuh ko...makasi sebelumnya..itu kejadiannya sekitar pertengahan tahun lalu...
Sekarang saya masi aktif terbang,walopun terbang solo ga ada temen..hehehhe.. =P~

salam,

budi
User avatar
justinus
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1224
Joined: 03 Apr 2007, 15:53
Location: Surabaya

Post by justinus »

Di Surabaya banyak teman...
Post Reply