Ini pengalaman yg paling mengerikan bagi saya dlm kegiatan heli elektrik..saya ceritakan agar kejadian ini tidak terjadi pada sodara2 sekalian..
Waktu itu saya baru punya Tx baru..Futaba 6EXHP... yg nota bene saya belum perna pegang sebelumnya...
Begitu sampe di rumah..saya pasang Rx di heli saya(waktu itu DF36)...
terus saya coba2 ne Tx baru...soalnya saya ga paham sm sekali dgn penjelasan dr tokonya...lalu saya pasang battery pd heli...maksudnya mau ngeliat fungsi2 Tx dan apa yg terjadi selanjutnya pd heli..posisi heli dan saya sama2 di lantai dgn jarak sekitar 30cm aja..throttle stick di bawah..
Berbekal manual book nya ...saya bolak-balik halamannya...makin puyeng...ga ngerti ...
Lalu iseng2 ngeliat fungsi Reverse pd radio...saya ga mudeng sm sekali.. kenapa channel sekian harus di reverse...trus yg laen ngga...apa ya???
Sampelah pada channel 3 (Throttle)...kondisinya Reverse...saya pikir kenapa ko begini ya?..trus saya ubah settingannya ke sebaliknya..
Kontan aja.. main blade langsung muter dgn pitch masi nol derajat..
kaget setengah mati...ditengah situasi panik saya mikir lagi..gimana cara matiin neh heli...sempat terpikir mau cabut battery helinya dr bawah ..
ini kebodohan saya...krn ragu2 tapi tangan masi maju aja.. tersambar de jari saya oleh main blade..robek...darah menetes ke manual book dan tx..
Akhirnya dengan berdarah-darah..saya berhasil matiin heli dengan cara masuk lagi ke menu Reverse di Tx...dan set ulang channel 3 tadi..
Setelah itu saya cm terduduk di lantai dan merenung aja....
Istri datang trus langsung ambil kunci kendaraan...dan membawa saya ke UGD...saya ga bisa ngomong apa2...cm meganging jari telunjuk saya yg robek ...
Demikian pengalaman dari saya...sejak saat itu..saya selalu aktifkan throttle hold kalo sedang utak-atik heli....semoga jangan terjadi pada temen2 yang laen...

salam,
budi