Alo Uda cengwahyuni,
salam kenal..saya coba bantu ya...servo rudder Anda panas pasca heli crashed,pd hal sebelumnya tidak..ato kah memang servo rudder sudah menunjukkan indikasi panas sebelumnya?
Servo rudder pd kondisi normal selalu bergerak cepat, krn memang dirancang sbg hi speed servo, ini dikarenakan servo mendapat signal dr gyro secara terus-menerus. Oleh karena itu.servo rudder biasanya telah disesuaikan dg kecepatan signal Gyro sbg mitra kerjanya..misalkan..Gyro Futaba 401 selalu dipasangkan dg servo Futaba 9254 ato 9257..dsb,..jika 401 dipasangkan dg servo jenis yg lain bahkan sama merk tapi berbeda serialnya..maka servo akan mengalami over heated, krn tidak mampu menerima kecepatan signal dr Gyro 401.
Pada beberapa kasus, spt pada heli T-Rex 450 EP, dg gyro 4901 dan 9254 sbg servo ruddernya, ada indikasi 9254 mengalami sedikit kenaikan pd suhunya, biasanya diredam dg semacam power regulator yg dipasangkan pd line signal gyro menuju ke servo.
Yang saya belum jelas di sini adalah..Gyro dan servo rudder apa yg Anda gunakan saat ini?..krn spesifikasi keduanya harus cocok utk aplikasi rudder control pada heli..
Anda menggunakan Heli T-Rex 600 yg seri apa?..Sport, Nitro Pro, Nitro Super Pro ,LE?...
Kemudian..jika heli saat sebelum jatuh bagaimana kerja Gyro dan servo rudder?...apakah servo mengalami kepanasan?...jika tidak, maka Gyro dan servo rudder memang pd kondisi dan spesifikasi yg tepat.
Lalu..setelah heli jatuh, Anda mengungkapkan servo rudder mengalami kepanasan...bisa jadi ada mechanical linkages mengalami kegagalan,Pak...ato shaft tail rotor heli Anda bengkok....hal2 yg demikian akan mengakibatkan kerja dr servo rudder menjadi terhambat dan mengalami kepanasan juga..
Saran saya..silahkan Anda periksa kembali antara lain sbb:
1. posisi servo rudder jika Anda memasang servo rudder pd tail boom..berubah ato masi sama?
2. mechanical linkage dr servo rudder hingga pada rudder control pd tail unit...bengkok ato lurus?
3.tail boom..masi lurus ato tidak?
4.rudder control system..termasuk slidder pd tail rotor shaft..lalu tail pitch control system..pokoknya pd tail rotor..apakah mengalami hambatan ato tidak dlm pergerakannya?...
5.spt yg telah saya sebutkan tadi..tail rotor shaft...bengkok ato tidak?..
6.bagaimana kondisi gyro Anda?...apakah gyro mengalami impact?..
7.bagaimana kondisi dr servo rudder Anda?...apakah mengalami gangguan bila servo dilepas dr linkage yg menuju ke tail unit?...ato masi tetap normal?..
8.Setelah heli crashed dan diperbaiki..apakah Anda sudah menemukan titik netral yg sama pd tail shaft,sama spt heli sebelumnya?
Mungkin beberapa hal diatas bisa memberikan petunjuk bagi Anda...Saya persilahkan untuk mencoba dan bertanya bila ada yg dirasakan kurang jelas..jangan menyerah dulu dg heli Anda,Pak..

Btw, terbang di Bukittinggi enak juga ne...adem sekali buat engine..hehehehe...saya dulu perna iseng2 terbang di kampus UNAND ..jadi terkenang masa lalu..

)
salam,
Budiman