walaupun pada psw gede (real plane), penggunaan rudder utk belok tidak efektif/nyaris ga bisa ?
WHY ?
Jawabnya, karena saat belok (misal ke kiri), aileron syp kanan (dilihat dari buntut psw) akan turun, dan aileron syp kiri akan naik.

Pada aileron kiri, karena posisinya naik, akan membuat hambatan aliran udara bagian atas sayap(yg bertekanan lebih rendah - sesuai hukum bernoulli) sehingga aliran udara bawah syp (yg bertekanan lebih tinggi) akan dengan senang hati mencoba nerobos ke atas (yg lebih rendah) dan membuat aliran di atas menjadi turbulence alias ga beraturan.
Pada aileron kanan, karena posisinya turun, aliran udara bagian bawah aga tertahan, sehingga ga terlalu banyak udara yg sukses berbelok ke arah atas sayap, dan turbulensi nya minimal
Karena banyak turbulensi, sayap kiri akan jadi berkurang kecepatannya relatif terhadap yg kanan, dan daya angkat juga berkurang, sehingga psw akan jadi "belok" dan miring/bank ke kiri.
Begitu juga dg rudder,
Kalo rudder di belokin ke kiri (dilihat dari buntut ke hidung), akan ada hambatan flow udara di sisi kiri, wing kanan akan lebih cepat relatif thd yg kiri, dan lift kanan akan lebih gede ketimbang yg kiri.
Hasilnya, psw akan "belok" dan bank ke kiri.
Satu hal yg musti di inget, kalo lagi belok, jangan lupa di kompensasikan dg elevator agar psw tidak loosing altitude terlalu banyak atau comes to spin..

Dikutip dari Aeronautika psw Model buat yang O'on (Model Aeronautics for Dodos )
Hadi