zaki wrote:bergetar saat apa ni pak..??. klo pas idle di saat masih belum di angkat ( heli msh d lantai)..kayanya sama aja ky dulu.dulu..
.
.klo di lihat pas HOVER..heli stabil n anteng...bisa lepas stik trotle..hehe.
.
pertanyaan Anda kurang bisa saya mengerti sbenarnya,bagaimana proses Anda dlm menerbangkan heli hingga sampai pd tahap IDLE?
Heli bergetar...saat hover normal dan idle..itu maksud saya,Mas.
Saat heli di tanah jangan di IDLE.....berbahaya...bisa langsung loncat helinya ntar...klo loncat vertikal ke atas si gpp,klo loncatnya dg penampang rotor disc menghadap wajah kita,..wah..wah..
Sepertinya Anda klik IDLE,saat heli masi di tanah ya?..klo iya,saran saya,jangan dilakukan de..mudah mudahan dugaan saya salah
IDLE dimulai saat heli sudah melayang di udara,krn saat ini,heli tlah berada pd tingkat kestabilannya yaitu sudah bebas dr apa yg disebut sbg ground effect,akibat aliran udara dr rotor disc yg memantul balik ke arah heli dr bawah.
Saat heli take off, memerlukan perubahan pitch main blade yg perlahan,maka dr itu knapa digunakan NORMAL FLIGHT MODE.
Baru setelah heli berada pd ketinggian yg cukup aman,silahkan di klik IDLE nya.
Jika Anda take off dg menggunakan IDLE spt gaya pilot 3D,Anda harus cepat mengantisipasi gerak heli,jadi ya jangan heran helinya menjadi liar,krn heli masi terganggu oleh ground effect saat take off, saya pribadi si tidak menyarankanlah...terlalu riskan...saya dlm hal ini hanya mencoba utk berbagi ttg bagaimana menerbangkan heli dg aman,berdasarkan atas kesalahan2 saya di masa lampau..Mohon maaf bila ada kata2 yg kurang berkenan
salam,
Budiman